Ayam N' Jalu

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Ayam N' Jalu

Post  bhozo on Tue Aug 19, 2008 3:13 pm

Salam Kukuruyuuukkk...

Mas-mas yang baik, kemarin aku tes ayam ku, karena ayam ku itu ayam jalu, maka pas ditesnya jalunya tidak ditutup, akubatnya kepala belakang ayam ku ena jalu dah...
sekarang luka-lukanya sudah sembuh kecuali yg dibelakang kepala, disitu ada lubangnya dan disekitar lubang tersebut bengkak, tlg donk mas-mas senior-senior sekalian, gimana cara mengobati luka yg berlubang dan bengkaknya?
aku tunggu jawabannya segera yaaaaa....
Embarassed Embarassed Embarassed Embarassed Embarassed
Terima kasih sebelumnya


Tony,

bhozo
kopral
kopral

Jumlah posting: 37
Join date: 16.08.08
Age: 41
Lokasi: Jl. Belimbing Kel.Wonorejo Kec.Marpoyan Damai Pekanbaru - RIAU

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam N' Jalu

Post  Administrator on Tue Aug 19, 2008 6:19 pm

Waduh mas bhozo... koq ngetes ayam jalunya ga dibungkus sih...? Masih untung kalo bocor atau sobek... kalau 'tipam' atau kena mata gimana..? Belum lagi tusukan di badan yg ngga keliatan dan terlewatkan utk diobati. Bisa amsyong tuh mas... Lain kali dibungkus aja mas. Lagian dgn posisi jalu dibungkus-pun, keliatan juga koq, jalu masuk atau tidak. Smile
-----------------------
Luka yg dialami ayam mas Bhozo sepertinya infeksi tuh... Tandanya bengkak atau bernanah.
Luka kena jalu sebaiknya diobatin pakai salep antiseptik khusus luka anti infeksi. Bisa dibeli di apotik. Ga mahal koq...
Merknya macam2. Tanyakan saja sama apotekernya, dia akan kasih rekomendasi yg paling manjur.

Obat salep ini harus dioleskan pada sumber luka/sumber infeksi. Jadi kalau luka diluarnya sudah kering, sebaiknya di'kupas' dulu supaya obat bisa mencapai sumber infeksi. Sebaiknya luka dikompres dulu pakai rivanol supaya 'lunak' dan bisa di 'kupas' dgn aman.

Mudah2an bisa membantu

_________________
www.hn61.blogspot.com

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6130
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam N' Jalu

Post  bhozo on Thu Aug 21, 2008 10:43 am

Makasih Kasih Mas atas saran2nya, tp luka diayam saya itu kering, berlobang n disekitarnya bengkak, tp sarn mas akan saya terapkan.
mas apa luka tersebut tidak berpengaruh kepada ayam saya?
sekarang ayam tersebut sehat2 saja, seperti biasa (sebelum kena jalu).

Thanks,

Bhozo

bhozo
kopral
kopral

Jumlah posting: 37
Join date: 16.08.08
Age: 41
Lokasi: Jl. Belimbing Kel.Wonorejo Kec.Marpoyan Damai Pekanbaru - RIAU

Kembali Ke Atas Go down

Ayam N' Jalu

Post  jipojp on Mon Aug 25, 2008 7:40 pm

Salam Kukuruyuuukkk...

mas2 senior di dunia perayaman. saya mau tanya? aku punya ayam kakinya kena jalunya sendiri, saat bertanding,dan skrng kakinya pincang. sudah ku obati dg supertetra dan tiap sore tak olesi salep boxing .sudah ada seminggu. tapi kok belum sembuh juga. apa obatnya yg lebih manjur untuk ayam saya?

jipojp

Jumlah posting: 1
Join date: 25.08.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam N' Jalu

Post  Administrator on Mon Aug 25, 2008 7:45 pm

jipojp wrote:Salam Kukuruyuuukkk...

mas2 senior di dunia perayaman. saya mau tanya? aku punya ayam kakinya kena jalunya sendiri, saat bertanding,dan skrng kakinya pincang. sudah ku obati dg supertetra dan tiap sore tak olesi salep boxing .sudah ada seminggu. tapi kok belum sembuh juga. apa obatnya yg lebih manjur untuk ayam saya?

Utk luka tersayat, tertusuk atau berdarah, jangan pakai boxing mas... Boxing mengandung menthol aktif. Tdk baik utk luka tsb.
Boxing digunakan utk memar, bengkak, keseleo atau pegal2.

_________________
www.hn61.blogspot.com

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6130
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Cara mengasah jalu

Post  bhozo on Thu Sep 04, 2008 9:48 am

Salam Kukuruyuuukkk...

Para senior n' mas2x sekalian, dalam mengasah (memperuncing) jalu sebaiknya seperti apa/bentuknya seperti apa? jalu dengan bentuk yg gimana yang kalo nancep ketubuh lawan bisa berakibat fatal? kan ada juga jalu yg hanya mencabik2x saja alias tidak menusuk. apakah hal tersebut tergantung cara mengasahnya?
mohon pencerahan swnor2x, mas2x n' rekan2x sekalian...

ttd,


bhozo

bhozo
kopral
kopral

Jumlah posting: 37
Join date: 16.08.08
Age: 41
Lokasi: Jl. Belimbing Kel.Wonorejo Kec.Marpoyan Damai Pekanbaru - RIAU

Kembali Ke Atas Go down

Cara Potong Jalu Yg Baik & Aman

Post  Leonard on Thu Sep 04, 2008 12:29 pm

Mas Admin, Ayam pacek saya jalunya kepanjangan sehingga babon saya badannya pada rusak kena jalunya, bagaimana cara potong jalu yg aman?

Salam,

Leonard

Leonard

Jumlah posting: 7
Join date: 19.08.08
Lokasi: Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam N' Jalu

Post  Administrator on Thu Sep 04, 2008 5:25 pm

bhozo wrote:
Para senior n' mas2x sekalian, dalam mengasah (memperuncing) jalu sebaiknya seperti apa/bentuknya seperti apa? jalu dengan bentuk yg gimana yang kalo nancep ketubuh lawan bisa berakibat fatal? kan ada juga jalu yg hanya mencabik2x saja alias tidak menusuk. apakah hal tersebut tergantung cara mengasahnya?
mohon pencerahan swnor2x, mas2x n' rekan2x sekalian...

Cara ngasah jalu, susah jelasinnya nih mas... harus praktek atau minimal dgn gambar/foto.
Paling cuma tips dikit aja ya...
1. Jalu yg bagus (makan) adalah yg dekat dan searah dgn jari kelingkingnya.
Maka usahakan meraut jalu sehingga bentuknya dekat dan searah kelingking.
2. Untuk jalu yg tajam dan menusuk dalam, harus diraut dari pangkal jalu. dibentuk seperti tusukan es. Bukan seperti pinsil (hanya runcing depannya saja).
3. Untuk ayam muda belum mabung, sulit diharapkan jalunya runcing dan tajam. Diraut sebagus apapun, jalu cepat tumpul krn jalu masih 'muda'. Belum kristal.

Mudah2an ada yg nambahin.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6130
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam N' Jalu

Post  Administrator on Thu Sep 04, 2008 5:35 pm

Leonard wrote:Mas Admin, Ayam pacek saya jalunya kepanjangan sehingga babon saya badannya pada rusak kena jalunya, bagaimana cara potong jalu yg aman?

Memotong jalu
Sediakan :
1. Gergaji besi yg masih tajam (gerigi masih lengkap, tdk gerompal)
2. Minyak kelapa.
3. Serbuk lilin secukupnya. Cara buat serbuk lilin : lilin digergaji tipis2 dgn gergaji besi, serbuknya ditampung.

Cara potong :
1. Minta bantuan teman untuk 'menggendong' ayam dgn posisi kedua kaki dipegang, dan badan dijepit di ketek supaya tdk berontak.
2. Oleskan gergaji besi dgn minyak kelapa di kedua sisi sebanyak mungkin.
3. Gergaji perlahan saja, gerakan harus konstan dan jangan berhenti.
4. Setelah putus, segera ambil serbuk lilin, oleskan sambil ditekan pada permukaan jalu yg telah dipotong.
Fungsi serbuk lilin adlh utk menutup pori2 jalu yg terpotong supaya darah tdk keluar.
Biasanya, jika menggunakan minyak kelapa, gergaji yg tajam dan cara potongnya benar, darah tidak keluar sama sekali.

Mudah2an berhasil.

_________________
www.hn61.blogspot.com

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6130
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam N' Jalu

Post  boby boksink on Fri Sep 05, 2008 10:59 am

bhozo wrote:Salam Kukuruyuuukkk...

Mas-mas yang baik, kemarin aku tes ayam ku, karena ayam ku itu ayam jalu, maka pas ditesnya jalunya tidak ditutup, akubatnya kepala belakang ayam ku ena jalu dah...
sekarang luka-lukanya sudah sembuh kecuali yg dibelakang kepala, disitu ada lubangnya dan disekitar lubang tersebut bengkak, tlg donk mas-mas senior-senior sekalian, gimana cara mengobati luka yg berlubang dan bengkaknya?
aku tunggu jawabannya segera yaaaaa....
Embarassed Embarassed Embarassed Embarassed Embarassed
Terima kasih sebelumnya


Tony,

salam kenal mas Bhozo

untuk ayam yg terkena jalu biasa nya saya pake obat Oxybiotic(warna kuning) trus dicampur B12(cair/warna merah),trus disuntik pada ayam sehabis tarung(0,5mlg/ekor)......trus obat oxybiotic(warna kuning) disempotkan pada bagian yg luka atau lubang yg terkena jalu

mungkin itu saja pengalaman dari saya,semoga bermanfaat bagi kita semua

salam kompak

boby boksink

boby boksink
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 61
Join date: 28.08.08
Age: 33
Lokasi: Bukit Besar(palembang)

Kembali Ke Atas Go down

Jalu Patah

Post  bhozo on Thu Nov 06, 2008 10:12 am

Salam Kukuruyuukkk...

Para senior dan rekan sekalian tlg beri pencerahannya.
1. apa penyebab jalu pada ayam mudah patah?
2. kaalau patah apa obat nya ?
3.bagaimana supaya jalu tidak mudah patah (PERAWATANNYA)?

Terima kasih banyak atas pencerahan dari senior2 dan rekan2 sekalian...


salam,

bhozo

bhozo
kopral
kopral

Jumlah posting: 37
Join date: 16.08.08
Age: 41
Lokasi: Jl. Belimbing Kel.Wonorejo Kec.Marpoyan Damai Pekanbaru - RIAU

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam N' Jalu

Post  Administrator on Thu Nov 06, 2008 1:45 pm

Jalu patah banyak sebab mas..
1. Diraut terlalu tipis dari pangkalnya.
2. Terlalu panjang.
3. Tenaga belum ada, ayam jatuhnya ga bener, jalu mentok lantai.
4. Memukul sesuatu yg keras.

Kalau sudah patah, tdk bisa diapa apakan. Paling diobatin pake antiseptik supaya luka patahnya tdk infeksi. Setelah itu, menunggu sampai jalu tumbuh kembali. Atau bisa juga disambung dgn jalu pasangan.

Supaya tdk mudah patah, ya kebalikan dari point 1-5 diatas. Selain itu, biar keras jalu diolesi gambir+kapur.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6130
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam N' Jalu

Post  cumi_cumi on Wed Nov 19, 2008 3:04 am

Untuk ayam kena jalu saya punya obat yang sangat manjur (menurut saya Laughing ) yaitu setelah ayam kena jalu bersihkan luka ayam dengan air hangat setelah di adu diberi NEBACETIN bisa di beli di apotik
setelah diberi obat jangan sampai kena air lagi.


pesan dokter
semoga lekas sembuh Wink

cumi_cumi
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting: 957
Join date: 05.11.08
Lokasi: cimanggis depok

http://www.facebook.com/#!/profile.php?id=100002649957365

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam N' Jalu

Post  cumi_cumi on Wed Nov 19, 2008 3:08 am

Administrator wrote:
Leonard wrote:Mas Admin, Ayam pacek saya jalunya kepanjangan sehingga babon saya badannya pada rusak kena jalunya, bagaimana cara potong jalu yg aman?

Memotong jalu
Sediakan :
1. Gergaji besi yg masih tajam (gerigi masih lengkap, tdk gerompal)
2. Minyak kelapa.
3. Serbuk lilin secukupnya. Cara buat serbuk lilin : lilin digergaji tipis2 dgn gergaji besi, serbuknya ditampung.

Cara potong :
1. Minta bantuan teman untuk 'menggendong' ayam dgn posisi kedua kaki dipegang, dan badan dijepit di ketek supaya tdk berontak.
2. Oleskan gergaji besi dgn minyak kelapa di kedua sisi sebanyak mungkin.
3. Gergaji perlahan saja, gerakan harus konstan dan jangan berhenti.
4. Setelah putus, segera ambil serbuk lilin, oleskan sambil ditekan pada permukaan jalu yg telah dipotong.
Fungsi serbuk lilin adlh utk menutup pori2 jalu yg terpotong supaya darah tdk keluar.
Biasanya, jika menggunakan minyak kelapa, gergaji yg tajam dan cara potongnya benar, darah tidak keluar sama sekali.

Mudah2an berhasil.




tambahan kalau motong jalu sebaiknya pagi hari atau sore hari , kalau siang hari bisanya darahnya banyak karena darah ayam sudah bersirkulasi karena aktivitas ayam tersebut

cumi_cumi
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting: 957
Join date: 05.11.08
Lokasi: cimanggis depok

http://www.facebook.com/#!/profile.php?id=100002649957365

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam N' Jalu

Post  pacita on Sat Jan 14, 2012 2:06 pm

ikut menyimak..... Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy

pacita
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 768
Join date: 25.10.10

Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik