Katurangga

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Katurangga

Post  Administrator on Fri 05 Dec 2008, 23:46

Pengen tau pendapat temen2 semua nih...
"Apakah kaidah2 Katurangga dalam memilih ayam masih bisa diterapkan saat ini..?"

Hal ini menarik dipertanyakan karena :
1. Katurangga merupakan budaya Indonesia. Tanah Jawa khususnya. Bagaimana dgn model katurangga Bali, Sumatra, Kalimantan, Thailand, Vietnam, Burma, dll. Belum tentu memiliki kemiripan.
2. Katurangga adlh catatan peninggalan nenek moyang dari masa lampau yg nota bene masih menggunakan ayam2 lokal. Sementara saat ini sudah banyak saling silang, cross breeding dgn ayam import dari Thailand, Vietnam, Birma, Filipina, dll, yg pastinya punya kaidah katurangga sendiri di masing2 negara asal tsb.

Thread ini bukan bermaksud mempertanyakan/menyalahkan keyakinan tentang 'mukjizat' katurangga. Cuma sekedar sharing pendapat saja.

Ditunggu komentar2nya.

salam

PS : Yg dimaksud katurangga adlh ciri fisik ayam yg diyakini mempunyai kemampuan tertentu dlm pertarungan. Misalnya : Jengger, mata, warna, sisik, ekor, dll.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Katurangga

Post  azis sutanto on Sat 06 Dec 2008, 14:21

Administrator wrote:Pengen tau pendapat temen2 semua nih...
"Apakah kaidah2 Katurangga dalam memilih ayam masih bisa diterapkan saat ini..?"

Hal ini menarik dipertanyakan karena :
1. Katurangga merupakan budaya Indonesia. Tanah Jawa khususnya. Bagaimana dgn model katurangga Bali, Sumatra, Kalimantan, Thailand, Vietnam, Burma, dll. Belum tentu memiliki kemiripan.
2. Katurangga adlh catatan peninggalan nenek moyang dari masa lampau yg nota bene masih menggunakan ayam2 lokal. Sementara saat ini sudah banyak saling silang, cross breeding dgn ayam import dari Thailand, Vietnam, Birma, Filipina, dll, yg pastinya punya kaidah katurangga sendiri di masing2 negara asal tsb.

Thread ini bukan bermaksud mempertanyakan/menyalahkan keyakinan tentang 'mukjizat' katurangga. Cuma sekedar sharing pendapat saja.

Ditunggu komentar2nya.

kalau menurut pendapat saya :
1. untuk hal katurangga jawa menurut saya memiliki kemiripan dengan daerah/negara lain (walaupun tidak 100%), cuma berbeda dalam bahasa .
2. walaupun pakai ayam lokal tapi kebenarannya cukup tinggi, karena ditelaah oleh nenek moyang kita selama ratusan tahun. Cuma kadang itu dijadikan patokan atau jimat bahwa kalau yang seperti itu bakalan begitu tanpa di coba dan di evaluasi lagi.
dengan betambahnya waktu maka pengetahuan juga makin berkembang, diharapkan paham katurangga menjadi bahan untuk munculnya paham/ilmu pengetahuan yang baru dan yang lebih bisa diaplikasi di jaman sekarang ini.


salam

PS : Yg dimaksud katurangga adlh ciri fisik ayam yg diyakini mempunyai kemampuan tertentu dlm pertarungan. Misalnya : Jengger, mata, warna, sisik, ekor, dll.

azis sutanto
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 920
Join date : 16.08.08
Lokasi : Jl Majasari no 11 Pagaden Subang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Katurangga

Post  sakuraba on Fri 12 Dec 2008, 08:35

Mau ikutan nimbrung ya mas.
Klo soal KATURANGGAN menurut saya adalah dari sisi mana kita melihat mas.
Klo kita lihat dr sisi kita sebagai penghoby ayam/peternak ayam maka sisi KATURANGGAN (fisik luarnya )ini akan diperhitungkan krn dengan katuranggan yg baik maka akan meningkatkan nilai jualnya.Klo menurut saya ibaratnya seorang foto model tampilan luarnya semakin bagus maka semakin mahal nilai kontraknya... Smile Smile Smile
Tp klo kita liat dr sisi kita sbg ornga yg gemar ayam laga ( diadu ) pasti yg diutamakan adalah gaya tarungnya bahkan klo yg lebih ekstrim ayam katuranggan jelek gaya tarung jelek tp selalu menang/ bawa hoki mk bisa dinggap sebagai ayam yg baik ( menangan )
bagi saya akan lebih senang dengan ayam yg mempunyai gaya tarung yg baik ( menurut saya ) sudah itu didukung dengan katuranggan yg baik kayak ternakan sasana H NIMING ......... Smile Smile Smile
Di jawa pun kyknya masalah KATURANGGAN ini sdh banyak bergeser deh mas krn mungkin dah banyak persilangan dgn berbagai jenis ayam. Dan skrg sdh banyak penggemar2 muda yg bergabung
Mohon maaf dan pencerahan jika ada kesalahan dalam tulisan saya.
SALAM

sakuraba
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 498
Join date : 22.08.08
Age : 36
Lokasi : Demak (08112703701) pin 2A46E4C7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Katurangga

Post  arnanda sulistyo on Tue 13 Jan 2009, 10:04

ndherek rembug, mungkin bagi botoh jadul katuranggan mungkin masih dipakai tp jaman sekarang ayam sdh pinter2x, jd klo ngandalin katuranggan aja kyknya kurang menjamin, tp beberapa botoh kenalan saya masih ada aja yang fanatik sama model ayam katuranggan, monggo kalo ada yang mau menambahkan maklum pemula nih barangkali aja keliru Smile

arnanda sulistyo
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 95
Join date : 02.12.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Katurangga

Post  azis sutanto on Tue 01 Sep 2009, 20:58

arnanda sulistyo wrote:ndherek rembug, mungkin bagi botoh jadul katuranggan mungkin masih dipakai tp jaman sekarang ayam sdh pinter2x, jd klo ngandalin katuranggan aja kyknya kurang menjamin, tp beberapa botoh kenalan saya masih ada aja yang fanatik sama model ayam katuranggan, monggo kalo ada yang mau menambahkan maklum pemula nih barangkali aja keliru Smile

iya mas setelah punya ayam yang tarungnya bagus baik teknik dan pukulnya, ditambah dengan katurangga yang paten bisa lebih bangga dan pede untuk yang punya.

azis sutanto
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 920
Join date : 16.08.08
Lokasi : Jl Majasari no 11 Pagaden Subang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Katurangga

Post  Dobrak on Mon 25 Jan 2010, 13:27

Salah satu sisi dari katurangga adalah keserasian, disadari atau tidak penghoby ayadu sekarang menurut saya masih menggunakan katurangga. Saya dalam memilih ayam yg paling diutamakan adalah trah/bloodline, namun untuk trah yg sama, saya mengutamakan yg memiliki katurangga yg paling baik, salah satunya warna kaki dan paruh sama, kalo ada yg sesempurna mungkin dg embel2 sisik, ekor, dst...dst.... kaya di BETALJEMUR.

Dobrak
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 86
Join date : 03.12.09
Age : 49
Lokasi : Cilamaya Kulon Kab. Karawang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Katurangga

Post  nurkhotim on Mon 25 Jan 2010, 15:01

Iqbal wrote:Salah satu sisi dari katurangga adalah keserasian, disadari atau tidak penghoby ayadu sekarang menurut saya masih menggunakan katurangga. Saya dalam memilih ayam yg paling diutamakan adalah trah/bloodline, namun untuk trah yg sama, saya mengutamakan yg memiliki katurangga yg paling baik, salah satunya warna kaki dan paruh sama, kalo ada yg sesempurna mungkin dg embel2 sisik, ekor, dst...dst.... kaya di BETALJEMUR.

He.he.he.. ada yang sealiran rupanya.....

Terus terang,.. saya masih memegang masalah Katuranggan tersebut,.. no problem meskipun ayamnya sudah bukan jadul lagi... sekali ayam tetep ayam.. selama dia punya yang namanya sisik,... pasti ada katuranggannya...
lol!

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Katurangga

Post  cobain on Mon 25 Jan 2010, 19:36

kalao saya sedikit banyak masih percaya sama katuranggan, meskipun tetep harus liat langsung maennyya, kemarin saya ambil dari ternakan H niming yg memiliki sisik kaki "talang Emas". saya yakin pasti ada konsekuensi logisnya dari susunan sisik yang seperti itu,ehhee

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Katurangga

Post  andriVOR on Mon 25 Jan 2010, 22:13

cobain wrote:kalao saya sedikit banyak masih percaya sama katuranggan, meskipun tetep harus liat langsung maennyya, kemarin saya ambil dari ternakan H niming yg memiliki sisik kaki "talang Emas". saya yakin pasti ada konsekuensi logisnya dari susunan sisik yang seperti itu,ehhee
sisiknya gimana tuh bentuknya mas..baru dengar,maklum..kurang pengalaman.terus kelebihannya apa ya?salam

andriVOR
kopral
kopral

Jumlah posting : 13
Join date : 06.12.09
Age : 38
Lokasi : salatiga

Kembali Ke Atas Go down

Re: Katurangga

Post  ferry bun on Tue 26 Jan 2010, 00:57

Katuranggan masih banyak ada yang menganut terutama bagi yang masih percaya..menurut saya katuranggan kaitan dengan ayam sekarang sudah tidak selaras.
sebagai contoh :
1, Ayam yang mempunyai sisik buta ( kata Botho penganut katuranggan ) , bila ayam tersebut pola mainya dibawah masuk sayap keluar mukul dan lebih sering dari belakang dan tidak mau menghadap kemungkinanya untuk kena mata sangat kecil.
2. Ayam yang dikatakan tidak mempunyai sisik buta , tapi mainya menghadap dan dari depan agak lambat resiko kena mata sangat tinggi,
3. Ayam yang jalu bagus sasaran ke mata dari sudut pandang katuranggan , tapi cara dan pola pukulnya ke bagian dada dan badan bagaimana bisa kemata.
4, Ayam yang mempunyai sisik tua menang , tapi tenaga dan stamina kedodoran .
5 Banyak lagi yang bisa dibahas secara Logika . .
Namun demikaan sah -sah saja sesuai dengan kepercayaan masing .
salam ferrybun

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Katurangga

Post  zin494 on Tue 26 Jan 2010, 02:44

ferry bun wrote:Katuranggan masih banyak ada yang menganut terutama bagi yang masih percaya..menurut saya katuranggan kaitan dengan ayam sekarang sudah tidak selaras.
sebagai contoh :
1, Ayam yang mempunyai sisik buta ( kata Botho penganut katuranggan ) , bila ayam tersebut pola mainya dibawah masuk sayap keluar mukul dan lebih sering dari belakang dan tidak mau menghadap kemungkinanya untuk kena mata sangat kecil.
2. Ayam yang dikatakan tidak mempunyai sisik buta , tapi mainya menghadap dan dari depan agak lambat resiko kena mata sangat tinggi,
3. Ayam yang jalu bagus sasaran ke mata dari sudut pandang katuranggan , tapi cara dan pola pukulnya ke bagian dada dan badan bagaimana bisa kemata.
4, Ayam yang mempunyai sisik tua menang , tapi tenaga dan stamina kedodoran .
5 Banyak lagi yang bisa dibahas secara Logika . .
Namun demikaan sah -sah saja sesuai dengan kepercayaan masing .
salam ferrybun
Saya sependapat bang

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 09.07.09
Age : 34
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: Katurangga

Post  sandri on Tue 26 Jan 2010, 13:03

Iqbal wrote:Salah satu sisi dari katurangga adalah keserasian, disadari atau tidak penghoby ayadu sekarang menurut saya masih menggunakan katurangga. Saya dalam memilih ayam yg paling diutamakan adalah trah/bloodline, namun untuk trah yg sama, saya mengutamakan yg memiliki katurangga yg paling baik, salah satunya warna kaki dan paruh sama, kalo ada yg sesempurna mungkin dg embel2 sisik, ekor, dst...dst.... kaya di BETALJEMUR.

satu kitab jg ternyata..kitab betal jemur..heheheeh
kalo sya sih msh menggunakan katurangga disamping menggunakan pemilihan trah n gaya tarungnya dlm penetuan pemilihan ayam...
soalnya dr bbrp pngalaman botoh kuno..pernah ada cerita wktu itu ayam milik inggih(kepala desa) daerah tebas pny ayam batu lapak,,terbukti memang memiliki keampuhan dlm pertarungannya,,gak pernah kalah n seingat sya menang lebih dari 10x gak pernah smp ayam air..terus ada kejadian lain jg tentang batu lapak,,di kota pasuruan tepatnya kedung gambir,kec mandaranrejo,,wkt itu temen saudara sya beli ayam di pasar disembeli buat selamatan,,wktu dipotong lehernya ternyata ayamnya gak mati,,beberapa jam setelah itu seorang cina datang n dilihat telapaknya ternyata ayam batu lapak..baru satu minggu ayam tersebut disembelih akhirnya ayamnya mati kehabisan darah jg..meskipun akhirnya mati jg tp dapat ditarik kesimpulan awal bahwa betul jg yg dikatakan orang2 jawa kuno(kebetulan engkong sya orang yg ahli primbon n tukang pusaka barang kuno) bahwa setiap hewan tidak terkecuali ayam memiliki suatu ioni(aura bawaan kemenangan) tersendiri..jadi beberapa keanehan dalam ayam itu patut jg diperhatikan...
ini cuma pendapat sya..mohon ditanggapi..salam.. Very Happy

sandri
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 140
Join date : 06.11.09
Age : 26
Lokasi : pasuruan,jl margo utomo rt 03 rw 3 gayaman,

Kembali Ke Atas Go down

Re: Katurangga

Post  nurkhotim on Tue 26 Jan 2010, 14:56

sandri wrote:
Iqbal wrote:Salah satu sisi dari katurangga adalah keserasian, disadari atau tidak penghoby ayadu sekarang menurut saya masih menggunakan katurangga. Saya dalam memilih ayam yg paling diutamakan adalah trah/bloodline, namun untuk trah yg sama, saya mengutamakan yg memiliki katurangga yg paling baik, salah satunya warna kaki dan paruh sama, kalo ada yg sesempurna mungkin dg embel2 sisik, ekor, dst...dst.... kaya di BETALJEMUR.

satu kitab jg ternyata..kitab betal jemur..heheheeh
kalo sya sih msh menggunakan katurangga disamping menggunakan pemilihan trah n gaya tarungnya dlm penetuan pemilihan ayam...
soalnya dr bbrp pngalaman botoh kuno..pernah ada cerita wktu itu ayam milik inggih(kepala desa) daerah tebas pny ayam batu lapak,,terbukti memang memiliki keampuhan dlm pertarungannya,,gak pernah kalah n seingat sya menang lebih dari 10x gak pernah smp ayam air..terus ada kejadian lain jg tentang batu lapak,,di kota pasuruan tepatnya kedung gambir,kec mandaranrejo,,wkt itu temen saudara sya beli ayam di pasar disembeli buat selamatan,,wktu dipotong lehernya ternyata ayamnya gak mati,,beberapa jam setelah itu seorang cina datang n dilihat telapaknya ternyata ayam batu lapak..baru satu minggu ayam tersebut disembelih akhirnya ayamnya mati kehabisan darah jg..meskipun akhirnya mati jg tp dapat ditarik kesimpulan awal bahwa betul jg yg dikatakan orang2 jawa kuno(kebetulan engkong sya orang yg ahli primbon n tukang pusaka barang kuno) bahwa setiap hewan tidak terkecuali ayam memiliki suatu ioni(aura bawaan kemenangan) tersendiri..jadi beberapa keanehan dalam ayam itu patut jg diperhatikan...
ini cuma pendapat sya..mohon ditanggapi..salam.. Very Happy

Sak kuto,.. sak aliran,....tapi beda pengalaman...he.he.he...
piye rek,... babone.. wis ono opo durung,.... !?? tak enteni tilpune... Laughing

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Katuranggan....

Post  MONANG on Wed 27 Jan 2010, 00:34

Sy kira di Daerah lain sm sj Mas...mungkin istilahnya sj yg beda...kenapa...krn yg bnyak penghobby ayadu di daerah ya org2 Jawa jg...dn mrkalah yg jangkitkan dg suku2 lainnya...kn asalnya dr Kerajaan Singosari yg ada di Jawa...katuranggan tetap perlu...krn selain berdasarkan Trah..pertama kita beli ato lht ayam kan pisiknya nah...sdngkan pisik ayam dn ciri2 yg lain mempengaruhi cara kerja dan pukulnya....sm ky kt manusia..kenapa bnyak petinju juara org kulit hitam...pr pencari bakat sy kira gk mungkin asal comot..pasti lihat pisik dan ciri lain yg mempengaruhi bakal jd jawara...mknya kenapa orang jarang walaupun ada jg yg piara warna kelabu, wangkas..dn katuranggan kan berdasarkan pengalaman puluhan tahun di kalangan sampai sekarang dn bnyak terbukti walau kdng ada yg gk pas, tp dripd beli kucing eh ayam dalam karung......????!!mending pake katuranggan...(maaf kalo ada yg salah.)

MONANG
kopral
kopral

Jumlah posting : 11
Join date : 16.10.09
Lokasi : kalteng

Kembali Ke Atas Go down

Re: Katurangga

Post  Administrator on Wed 27 Jan 2010, 01:41

MONANG wrote:Sy kira di Daerah lain sm sj Mas...mungkin istilahnya sj yg beda...kenapa...krn yg bnyak penghobby ayadu di daerah ya org2 Jawa jg...dn mrkalah yg jangkitkan dg suku2 lainnya...kn asalnya dr Kerajaan Singosari yg ada di Jawa...katuranggan tetap perlu...krn selain berdasarkan Trah..pertama kita beli ato lht ayam kan pisiknya nah...sdngkan pisik ayam dn ciri2 yg lain mempengaruhi cara kerja dan pukulnya....

Mas Monang, seni ayam laga bukan hanya milik orang Indonesia. Apalagi cuma milik orang jawa yg asalnya dari Singosari.
Ayam laga juga banyak didapati di seluruh Indonesia dan bahkan dunia.
Maka jangan heran, paham2 katuranggan dari berbagai belahan dunia tidak ada yg sama.

Kalau mas Monang pakai katuranggan dari jaman Singosari, maka seharusnya cocok utk ayam2 pada jaman tsb.
Sementara jaman sekarang sudah banyak sekali ayam2 import dari burma, vietnam, thailand, filipina, dll.
Apakah model katuranggan di tiap2 negara ini sama dgn di sini..??
Pada kenyataannya, banyak ayam import warna kelabu yg bisa menang dg ayam lokal warna favorit.

Ujung2nya, ya terserah masing2 lah... Mau pilih mulai dari mana.
Mau liat secara nyata kerja teknik dan pukulnya dulu, ya monggo.
Mau pilih katurangganya dulu, ya sah2 saja.
Mau pilih kerja dan katuranggan sekaligus, tentu ini lebih ideal.

Menurut saya, katuranggan tidak berhubungan dgn kinerja. Tapi hubungannya dgn keberuntungan/hoki.
Ada ayam yg katurangganya dianggap jelek, tapi ternyata kerjanya bagus (teknik dan pukul).
Sementara ayam dgn katuranggan bagus, belum tentu kerjanya juga bagus.

Soal menang kalah, ini soal lain lagi. Banyak faktor yg harus dipenuhi.

MONANG wrote:....sm ky kt manusia..kenapa bnyak petinju juara org kulit hitam...pr pencari bakat sy kira gk mungkin asal comot..pasti lihat pisik dan ciri lain yg mempengaruhi bakal jd jawara...mknya kenapa orang jarang walaupun ada jg yg piara warna kelabu, wangkas..dn katuranggan kan berdasarkan pengalaman puluhan tahun di kalangan sampai sekarang dn bnyak terbukti walau kdng ada yg gk pas, tp dripd beli kucing eh ayam dalam karung......????!!mending pake katuranggan...(maaf kalo ada yg salah.)

Banyak petinju juara berkulit hitam. Jagoan sepak bola banyak yg berasal dari amerika latin. Orang2 Cina hebat dalam olah raga kelincahan (tenis meja, kungfu, badminton, dll).
Apakah ini krn katurangganya...?? Sy rasa bukan... Ini karena bakat dari masing2 ras/strain.

Orang irian (yg sama2 hitam) tidak ada yg juara dunia tinju. Orang jawa yg sama2 berkulit coklat tidak ada yg jadi legenda sepak bola.
Yg membedakan bukan tampilan fisiknya (katuranggan), melainkan bakat bawaan dari masing2 ras.
Mungkin waktu jaman singasari dulu, ayam kelabu memang tidak ada yg bagus. Tapi lain hal lagi kalau di thailand sana. Jadi yg membedakan disini jangan dilihat dari warnanya. Tapi lihatlah dari dasar bakatnya.

Seorang pelatih/pencari bakat, memilih seseorang utk dididik jadi atlit, sy rasa bukan berdasar krn warna kulitnya. Tapi dilihat bakat dasarnya. Tidak peduli bagaimana bentuk fisik 'katuranggannya'.

CMIIW

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Katuranggan

Post  MONANG on Wed 27 Jan 2010, 02:12

Betul kata Bg Admin....bgmnpun kerja dn pukul yg diutamakan...sbnrnya sy jg gk begut2 amat pake Katuranggan artinya gk smua katuranggan sy pake...tp yg kbnyakan terbukti di arena sj...entah itu turunan BK,Burma,Philipin, Brazil..dll...yg sy bingung skarang sdh bias mana katuranggan mana ciri2 pisik yg real..misalnya..ayam yang ciri paha seperti belalang, lalu ukuran kaki lebih pendek dr paha...leher bentuk S...sdngkan kita bgmanpun pda akhirnya ternak kan ada orinted bisnisnya....

MONANG
kopral
kopral

Jumlah posting : 11
Join date : 16.10.09
Lokasi : kalteng

Kembali Ke Atas Go down

Re: Katurangga

Post  Administrator on Wed 27 Jan 2010, 11:15

MONANG wrote:Betul kata Bg Admin....bgmnpun kerja dn pukul yg diutamakan...sbnrnya sy jg gk begut2 amat pake Katuranggan artinya gk smua katuranggan sy pake...tp yg kbnyakan terbukti di arena sj...entah itu turunan BK,Burma,Philipin, Brazil..dll...yg sy bingung skarang sdh bias mana katuranggan mana ciri2 pisik yg real..misalnya..ayam yang ciri paha seperti belalang, lalu ukuran kaki lebih pendek dr paha...leher bentuk S...sdngkan kita bgmanpun pda akhirnya ternak kan ada orinted bisnisnya....

Setuju mas...
Kalau kita ternak utk orientasi bisnis (selain pakai sendiri), tentu harus dilihat seperti apa selera pasar.
Kita harus realistis melihat seperti apa permintaan pasar.
Tapi disisi lain, kita juga harus idealis utk menentukan konsep seperti apa tipe ayam hasil produk kandang kita.
Jalan satu2nya, ayam2 kita ya harus bagus secara kualitas kerja, juga memenuhi unsur fisik sesuai katuranggan.

Anyway...
Sebenarnya masih banyak penggemar ayam laga yg salah kaprah dalam memahami katuranggan. Katuranggan masih dikaitkan dgn hal2 yg mistis.
Padahal, filosofi katuranggan itu sebenarnya adlh untuk 'keserasian dan keharmonisan'. Yg dinilai adlh bentuk utuh secara keseluruhan, bukan sepotong2 hanya liat warna atau bentuk saja.

Sebagai contoh, ayam warna wiring kuning dinilai serasi bila diikuti warna kaki seperti ini, paruh seperti itu, jengger begini, mata begitu, ekor seperti ini, bla.. bla.. bla..
Jengger yg miring (baret) harus diikuti oleh bentuk jalu yg seperti bla.. bla.. bla..
Ayam blorok madu harus punya warna mata seperti ini, lar sayapnya begitu, bla.. bla.. dll banyak sekali.
Semua harus seimbang agar terlihat harmonis dan serasi. Enak dilihat sehingga terkesan punya wibawa. Itu saja koq...
Apakah ayam dgn ciri fisik yg serasi tsb bisa memenuhi unsur kualitas tarung..?? Ya belum tentu juga...
Apalagi kalau dikaitkan dgn kemenangan, banyak sekali faktor yg harus terkait. Tandingan, rawatan, bebotoh, hoki, dll.

CMIIW

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Katurangga

Post  nurkhotim on Wed 27 Jan 2010, 12:02

Anyway...
Sebenarnya masih banyak penggemar ayam laga yg salah kaprah dalam memahami katuranggan. Katuranggan masih dikaitkan dgn hal2 yg mistis.
Padahal, filosofi katuranggan itu sebenarnya adlh untuk 'keserasian dan keharmonisan'. Yg dinilai adlh bentuk utuh secara keseluruhan, bukan sepotong2 hanya liat warna atau bentuk saja.

Sebagai contoh, ayam warna wiring kuning dinilai serasi bila diikuti warna kaki seperti ini, paruh seperti itu, jengger begini, mata begitu, ekor seperti ini, bla.. bla.. bla..
Jengger yg miring (baret) harus diikuti oleh bentuk jalu yg seperti bla.. bla.. bla..
Ayam blorok madu harus punya warna mata seperti ini, lar sayapnya begitu, bla.. bla.. dll banyak sekali.
Semua harus seimbang agar terlihat harmonis dan serasi. Enak dilihat sehingga terkesan punya wibawa. Itu saja koq...
Apakah ayam dgn ciri fisik yg serasi tsb bisa memenuhi unsur kualitas tarung..?? Ya belum tentu juga...
Apalagi kalau dikaitkan dgn kemenangan, banyak sekali faktor yg harus terkait. Tandingan, rawatan, bebotoh, hoki, dll.

CMIIW[/quote]

Untuk yang terakhir ini saya sependapat,....
Jadi Wiring kuning,.. tembussss busss,.. bagaimana cirinya ? apa warna paruh, mata, bulu, kaki sama jalu harus kuning ???
Ternyata tidak menurut kitab betal jemur,...he.he.he.. (kapan hari pernah diungkapkan mas Sandri... )
Dan di Kitab tersebut untuk masalah katuranggan dibagi menjadi beberapa klasifikasi, yaitu yang memiliki kemampuan hebat dan satu lagi yang memiliki kelebihan khusus (SURO)...
Kalo suro itu menurut kitab tersebut tidak terkait dengan KESERASIAN,..
Misal,. asalkan temboloknya di sebelah kiri,.. itu pasti SURO TELE
Asalkan bulu lancurnya 1 mencuat keatas,.. pasti SURO DUKUN,.. atau 2 ke atas,.. pasti SURO MANTEN... tidak pernah membahas komposisi atau keserasian harus punya kepala jambe,.. kaki jangkrik,.. tidak dijelaskan disana.

Salam

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Katurangga

Post  Administrator on Wed 27 Jan 2010, 12:38

nurkhotim wrote:
Untuk yang terakhir ini saya sependapat,....
Jadi Wiring kuning,.. tembussss busss,.. bagaimana cirinya ? apa warna paruh, mata, bulu, kaki sama jalu harus kuning ???
Ternyata tidak menurut kitab betal jemur,...he.he.he.. (kapan hari pernah diungkapkan mas Sandri... )
Dan di Kitab tersebut untuk masalah katuranggan dibagi menjadi beberapa klasifikasi, yaitu yang memiliki kemampuan hebat dan satu lagi yang memiliki kelebihan khusus (SURO)...
Kalo suro itu menurut kitab tersebut tidak terkait dengan KESERASIAN,..
Misal,. asalkan temboloknya di sebelah kiri,.. itu pasti SURO TELE
Asalkan bulu lancurnya 1 mencuat keatas,.. pasti SURO DUKUN,.. atau 2 ke atas,.. pasti SURO MANTEN... tidak pernah membahas komposisi atau keserasian harus punya kepala jambe,.. kaki jangkrik,.. tidak dijelaskan disana.

Salam


Ini mah, cuma soal pemberian nama istilah aja mas...
Ayam2 yg mempunyai bentuk keunikan tersendiri biasanya memang dihubung2kan memiliki kemampuan khusus. Suro tele, Suro manten, suro dukun, dll, dsb.
Secara filosofis, bentuk ini dikatakan 'ganjil'. Sementara ayam2 yg dianggap 'bertuah' harus memiliki keganjilan.
Ganjil dalam filosofi budaya jawa, bisa dipahami sbg sesuatu yg 'belum mencapai kesempurnaan'. Maka ayam2 yg memiliki keganjilan, dianggap memiliki semangat utk terus berupaya mencapai kesempurnaan. Sementara ayam yg dianggap 'genap' atau lurus2 saja. Dianggap sudah tidak punya langkah lagi utk mencapai sempurna.

Selanjutnya, apakah benar ayam2 tsb punya kemampuan khusus..?? Mungkin ketika jaman kitab betal jemur itu dibuat, hal ini mendekati akurat. Karena strain ayam yg diteliti utk dibuat sample masih sekitar strain ayam yg itu2 saja (lokal).

Tapi utk saat ini, dimana banyak sekali ayam2 import dari berbagai macam strain, mungkin survey sample tsb harus diteliti ulang. Krn tiap strain memiliki keunikan dan kelebihan sendiri yg belum tentu sama dgn pakem kaidah katuranggan.

Intinya, sy sama sekali tidak meremehkan pakem2 katuranggan. Sy pribadi juga senang dan bangga melihat ayam2 dgn bentuk yg serasi dan harmonis.
Tapi ada baiknya kita melihatnya dalam perspektif yang lebih luas secara global. Dipelajari dulu apa filosofi yg terkandung didalamnya, bagaimana sejarahnya, mengapa hal itu terjadi, dll, dst.
Smile Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Katurangga

Post  cobain on Wed 27 Jan 2010, 14:54

lol! lol! lol! lol!

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Katurangga

Post  ipul on Wed 27 Jan 2010, 16:21

Kalo saya masalah pakem2 katuranggan percaya tetapi siapa dulu yang melihatnya,.. walau orang dah mempelajari kitab betal jemur atau primbon per ayaman atau apa tidak bisa menerapkan ke ayam kecuali orang yang telah mempelajari sisi lainya,..

yang pernah saya tulis di judul lain,..ada orang yang tau mana ayam bagus dan ngga dari umuran 1 bln,.. pernah saya tes beberapa kali,.. dan pernah ngetes ayam orang dalam tetasan 9 anakan dia cek satu2,.. saya kaga nanya apa yang diliat pokoknya di bolak balik,..ada 1 yang di tahan sama dia tolong ini jangan di jual peliara sampe gede,..nah peliara dah sampe gede ( peliara seperti biasa di umbar tanpa latihan fisik macem2 ),.. pas dah gede di tes bener kaga ada yang berani,. nah kedengeran koh penggemar ayam,.. di bawa ayam dia untuk di tes,.. dan ternayat ayamnya kalah,..dan ayam tersebut di tawar akhirnya di beli juga deh,...padahal jangan di suruh di jual ^^ namanya orang kampung ayam di beli jutaan ya di terima lahh,..

dan ini terjadi,.. pernah ayam tetangga baru beli dia pegang2 dia liat dia bilang ini ayam di kalangan ngga bakalan lari bisa2 sampe mati di arena,.. dan terbukti

kayanya orang yang bisa melihat hal2 yang orang seperti kita ngga bisa di pahami memang ada ( untungnya dia ngga suka ngadu ayam dan ngga pernah ngasih tau ke orang2,.. kayanya orang deket dia ajah,... itu juga saya iseng2 nanya),..

kalo ada seni pertarungan ayam legal nanti saya coba bawa untuk di tes ( hasil pilihan dia ) bener atau tidak,..kalo bener berarti ada sesuatu hal yang tidak bisa di jelaskan dengan ilmiah,..

ipul
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 777
Join date : 21.12.09
Lokasi : Brebes-jawa tengah,.Jl.sunan gunung jati 3 Kel. Limbangan Wetan, kec. Brebes

http://limbanganfarm.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Katurangga

Post  Administrator on Wed 27 Jan 2010, 16:34

ipul wrote:yang pernah saya tulis di judul lain,..ada orang yang tau mana ayam bagus dan ngga dari umuran 1 bln,.. pernah saya tes beberapa kali,.. dan pernah ngetes ayam orang dalam tetasan 9 anakan dia cek satu2,.. saya kaga nanya apa yang diliat pokoknya di bolak balik,..ada 1 yang di tahan sama dia tolong ini jangan di jual peliara sampe gede,..nah peliara dah sampe gede ( peliara seperti biasa di umbar tanpa latihan fisik macem2 ),.. pas dah gede di tes bener kaga ada yang berani,. nah kedengeran koh penggemar ayam,.. di bawa ayam dia untuk di tes,.. dan ternayat ayamnya kalah,..dan ayam tersebut di tawar akhirnya di beli juga deh,...padahal jangan di suruh di jual ^^ namanya orang kampung ayam di beli jutaan ya di terima lahh,..

dan ini terjadi,.. pernah ayam tetangga baru beli dia pegang2 dia liat dia bilang ini ayam di kalangan ngga bakalan lari bisa2 sampe mati di arena,.. dan terbukti

kayanya orang yang bisa melihat hal2 yang orang seperti kita ngga bisa di pahami memang ada ( untungnya dia ngga suka ngadu ayam dan ngga pernah ngasih tau ke orang2,.. kayanya orang deket dia ajah,... itu juga saya iseng2 nanya),..

kalo ada seni pertarungan ayam legal nanti saya coba bawa untuk di tes ( hasil pilihan dia ) bener atau tidak,..kalo bener berarti ada sesuatu hal yang tidak bisa di jelaskan dengan ilmiah,..

Mas Ipul, orang2 'supranatural' seperti ini memang ada. Mereka bisa memperkirakan seperti apa 'masa depan' seekor ayam.
Apakah ini bisa dipelajari, sy juga masih ragu krn selain butuh pengalaman yg panjang, juga butuh sensitifitas feeling dalam menilai. Apa mereka2 ini menggunakan pakem katuranggan ? Menurut saya, lebih dari itu. Mungkin mereka tahu bahwa ada ciri2 tanda tersendiri yg menurut feelingnya 'mengatakan' sesuatu.
Kaya paranormal begitu kali ya...??

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Katurangga

Post  ipul on Wed 27 Jan 2010, 17:32

bukan mas,..( cuma saya ngga tau deh ketemu ajah pas lebaran kalo saya mudik ) wonk dia orang biasa ko rajin bolak balik mushola dan dagang telor asin,...saya sih di kasih dikit ciri2 yang kabur di arena itu mana yang sampe mati ngga bakalan kabur gemana,.. dan tetep di pegang dulu ayamnya,..tapi kalo yang nanya tukang ngadu ayam ngga bakalan di kasih sama dia ,...

saya sih cuma nanya2 doank,....
orang kalo diskusi ayam dia paham bener bulu yang cepet patah gemana,. kalo kaki pecah 1 sisi gemana pukulanya,..malah saya yang kaga mudeng istilah2 ayam,...

tapi itulah indonesia orangnya beragam kemampuan Very Happy Very Happy,..
kalo di bilang paranormal kaga tau deh,..
Rolling Eyes Rolling Eyes


Terakhir diubah oleh ipul tanggal Wed 27 Jan 2010, 17:36, total 1 kali diubah

ipul
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 777
Join date : 21.12.09
Lokasi : Brebes-jawa tengah,.Jl.sunan gunung jati 3 Kel. Limbangan Wetan, kec. Brebes

http://limbanganfarm.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Katurangga

Post  Hendro on Wed 27 Jan 2010, 17:33

Benar yang diceritakan mas Ipul dan saya juga sependapat dengan mas Arry...memang ada orang yang diberi kelebihan untuk membaca atau mengetahui sesuatu yang orang lain tidak pahami.....

Tahun 1997 an saya pernah ngobrol dengan salah seorang penghobi ayam di daerah Kebayoran Lama....beliau cerita bahwa tahun 80 an pernah kedatangan tamu seorang penjual pisang di pasar Kebayoran lama, orang tua asal Klaten Jateng dan berjualan pisang dipasar....karena sering lewat depan rumahnya maka suatu ketika sang bapak tua tersebut mampir sambil ngobrol2 tentang ayam yang dijemur dihalaman rumah tersebut.....

Bapak tua tadi menebak karakter dan peruntungan masing2 ayam yang sedang dijemur...ada yang dikatakan ayam ini kuat menang sampai 7 kali, ada yang dikatakan ayam ini akan buta jika diadu, ada yang dikatakan ayam ini akan kalah pada pertarungan pertama tetapi akan menang sampai 5 kali pada pertarungan berikutnya dan lain2....

Antara percaya dan tidak percaya penghobi ayam tersebut mencoba membuktikan semua tebakan sang bapak tua....singkat cerita menurut beliau, hampir semua tebakan yang disampaikan bapak tua tadi terbukti..!! sampai karena sering menang maka sebagai ucapan terima kasih sang bapak tua dibelikan sawah di desa ( Klaten ) oleh penghobi ayam ini...tapi sayangnya sampai sang bapak tua meninggal beliau tidak pernah mau membuka rahasia bagaimana cara membaca/menebak derajat ayam....
( sampai saat beliau cerita tahun 1997 hubungan baik beliau dengan keluarga bapak tua masih terjalin baik, termasuk dengan anak2nya bapak tua tersebut sekalipun mereka tidak mewarisi kemampuan supranatural bapaknya )

Salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Katurangga

Post  Administrator on Wed 27 Jan 2010, 17:52

ipul wrote:bukan mas,..( cuma saya ngga tau deh ketemu ajah pas lebaran kalo saya mudik ) wonk dia orang biasa ko rajin bolak balik mushola dan dagang telor asin,...saya sih di kasih dikit ciri2 yang kabur di arena itu mana yang sampe mati ngga bakalan kabur gemana,.. dan tetep di pegang dulu ayamnya,..tapi kalo yang nanya tukang ngadu ayam ngga bakalan di kasih sama dia ,...

saya sih cuma nanya2 doank,....
orang kalo diskusi ayam dia paham bener bulu yang cepet patah gemana,. kalo kaki pecah 1 sisi gemana pukulanya,..malah saya yang kaga mudeng istilah2 ayam,...

tapi itulah indonesia orangnya beragam kemampuan Very Happy Very Happy,..
kalo di bilang paranormal kaga tau deh,..
Rolling Eyes Rolling Eyes

Mas Ipul, maksud saya bukan semacam 'dukun'. Tapi ini lebih kepada kelebihan kemampuan feeling 'membaca' ayam. Seperti 'sixth sense' atau indra keenam.
Silakan mas Ipul pelajari apa yg dikatakannya. Tapi kalau dipraktekkan, belum tentu bisa sama hasilnya.

Kesimpulannya, kadang kelebihan kemampuan seperti ini tidak bisa dipelajari. Feeling harus kuat, butuh pengalaman panjang, dst.
Bukan hanya pada ayam laga. Pada merpati aduan, perkutut dan kuda juga ada orang2 dgn kemampuan khusus seperti ini.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Katurangga

Post  Sponsored content Today at 21:05


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik