Ayam SURO kah..??????

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Ayam SURO kah..??????

Post  Rozaqna-wahyu on Sun 13 May 2012, 20:53

salah satu ayam sy ada yg mempunyai suara aneh saat di abar... pertama kali sempat sy kira ayam mempunyai sakit pernafasan, tp lama kelamaan sy merasa heran & aneh dgn ayam sy...

abar pertama & kedua durasi 5 menit ayam spt layaknya ayam biasa...
abar ke 3 mulai ambil durasi agak panjang 10 menit : disini ayam sperti ayam khabisan nafas(ayam sy angkat)
abar ke4, sperti waktu abar ke-3. akan tetapi pukulan & akurasi masih tepat...
waktu abar ke-5 (ambil 1 air lebih 5 menit) : di sinilah sy merasa heran & baru kali ini sy melihat ayam yg aneh menurut sy... stelah sy amati stiap ayam merasa lelah pasti berbunyi sperti kaungan srigala / suara kokok ayam pelung (meraung-raung) yg membuat ayam lawan jd memtalnya agak down...
biasanya kalau ayam yg kehabisan nafas pasti akurasi pukulan akan melemah tp beda halnya dgn ayam yg 1 ini, trlihat sperti khabisan nafas(meraung-raung) akan tetepi pukulan & akurasi malah tambah bagus(bisa membuat lawan jd sempoyongan).

apakah ayam sy ini ayam suro, kalau dilihat dr suara yg meraung-raungnya..???
kalau memang benar, ini termasuk suro apa..??

maaf kalau agak panjang ceritanya(sulit yg mau jelaskan).... Crying or Very sad Crying or Very sad Crying or Very sad
trimakasih atas jawaban dr rekan2 & para senior2...
salam.....

Rozaqna-wahyu
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 658
Join date : 09.10.11
Age : 24
Lokasi : karanganyar(rmh solo) jember(tmpt kerjo) bondowoso (kosant)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam SURO kah..??????

Post  Andi Babe on Sun 13 May 2012, 20:59

Iya mas ayam suro kebetulan saya punya 2babon, ini rezeki dapatnya mas satu tapak jalak
Yang satu biasa............lanjut Question Question Smile Smile Smile

Andi Babe
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3513
Join date : 08.04.12
Lokasi : Beliton Farm Palembang 082178678607

http://beliton.farm.yahoo.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam SURO kah..??????

Post  Alvin on Sun 13 May 2012, 21:00

hmmm, surowung atau surawung mungkin,,,suro yg meraung2 Very Happy

Alvin
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 353
Join date : 27.11.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam SURO kah..??????

Post  henz on Sun 13 May 2012, 21:28

Alvin wrote:hmmm, surowung atau surawung mungkin,,,suro yg meraung2 Very Happy
Surawung mah lalab atuh....... Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing

henz
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 325
Join date : 13.04.12
Lokasi : Cemara Farm, Cicalengka Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam SURO kah..??????

Post  herikris haidar on Sun 13 May 2012, 23:55

Coba mas diabar lagi dan nanti pada saat2 seperti yang sampeyan katakan diatas, direkam saja dan dishare disini vidionya supaya rekan2 semua tau dan bisa memberikan penjelasan.

Kalau dalam sepanjang sejarah saya mengenal dunia perayaman yang nota bene baru kemarin sore sih baru denger tuh kalo ada ayam suro yang meraung raung kayak serigala Laughing Laughing Mad

salam

herikris haidar
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 976
Join date : 02.07.11
Age : 40
Lokasi : jati sampurna, bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam SURO kah..??????

Post  usupnaruto on Mon 14 May 2012, 00:15



ayam suro,suroboyo kali ya!maaf ga ngerti suro-suroan gitu tapi ikut nyimak aja

usupnaruto
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 294
Join date : 09.03.12
Age : 33
Lokasi : legok tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam SURO kah..??????

Post  cay on Mon 14 May 2012, 01:44

Hmmm saya buka buka kitab kok gak ada yach ayam suro seperti ini, mungkin ada kitab laen apa yach.... Ijin nyimak ajah deh... Monggo dilanjut

cay
moderator
moderator

Jumlah posting : 3975
Join date : 08.11.11
Lokasi : depok PIN BB: 51CC3639

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam SURO kah..??????

Post  Rozaqna-wahyu on Mon 14 May 2012, 05:55

bang Andi @ kalau memang ayam suro ya alhamdulillah bang... kalau memang bukan ya ayam sy cocok di taruh di atas panci... makasih bang andi..
Alvin @ malah jd bingung, kok ada mungkinnya ya... scratch scratch
herikriz @ ok om kriz, insyaallah 2 minggu lg mw sy abar lg, ya sbenarnya ada videonya tp cm pas baru muncul ky yg khabisan nafas(meraungnya belum muncul) memori sudah penuh jd g kerekam.
bang cay @ sy jg haran kok bang, sy sudah buka di artikel2 primbon ayam tp di primbon kok gak lengkap. kmaren botoh di daerah sy jg heran sm ni ayam(smpat dikira ayam khabisan nafas jg)..

monggo lanjut dulu smbil nunggu videonya...

Rozaqna-wahyu
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 658
Join date : 09.10.11
Age : 24
Lokasi : karanganyar(rmh solo) jember(tmpt kerjo) bondowoso (kosant)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam SURO kah..??????

Post  Hendro on Mon 14 May 2012, 07:44

Tipe ayam yang unik biasanya ayam yang kebakaran alias kehabisan nafas akan berbunyi kok...kook...kooook......dan kepala jadi ngoyor, sayap turun, langkah gontai dan konsentrasi hilang dan akhirnya kabur jika tidak segera diselamatkan................tapi ini kalo kebakaran justru keluar suara meraung ?! scratch scratch mungkin ada masalah atau kelainan dengan saluran pernafasannya sehingga mengeluarkan bunyi yang berbeda dari kebanyakan ayam lainnya, tetapi prinsipnya sekalipun nafas kelihatan habis tetapi jika akurasi pukulan tetap bagus dan tenaga masih oke maka mungkin itu bawaan lahir dan tidak menjadi masalah, justru bisa menjadi potensi keunggulan tersendiri karena akan dianggap remeh oleh lawan..................

Salam Smile

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam SURO kah..??????

Post  Rozaqna-wahyu on Mon 14 May 2012, 16:13

Hendro wrote:Tipe ayam yang unik biasanya ayam yang kebakaran alias kehabisan nafas akan berbunyi kok...kook...kooook......dan kepala jadi ngoyor, sayap turun, langkah gontai dan konsentrasi hilang dan akhirnya kabur jika tidak segera diselamatkan................tapi ini kalo kebakaran justru keluar suara meraung ?! scratch scratch mungkin ada masalah atau kelainan dengan saluran pernafasannya sehingga mengeluarkan bunyi yang berbeda dari kebanyakan ayam lainnya, tetapi prinsipnya sekalipun nafas kelihatan habis tetapi jika akurasi pukulan tetap bagus dan tenaga masih oke maka mungkin itu bawaan lahir dan tidak menjadi masalah, justru bisa menjadi potensi keunggulan tersendiri karena akan dianggap remeh oleh lawan..................

Salam Smile

trimakasih om Hendro atas masukannya...


Rozaqna-wahyu
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 658
Join date : 09.10.11
Age : 24
Lokasi : karanganyar(rmh solo) jember(tmpt kerjo) bondowoso (kosant)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam SURO kah..??????

Post  superbudi85 on Tue 15 May 2012, 09:11

kebetulan saya jg punya 1 pacek yg modelnya spt yg mas ceritakan..........jika sy kasi tarung ronde 1 suaranya belum muncul setelah masuk ronde ke2 mulailah suaranya muncul..........sempat sih kirain ni ayam nafasnya kurang bagus tp setelah sy perhatikan beberapa kali tarung bahkan terakhir sebelum mabung sy coba tes mainkan 4 ronde bobot dan akurasi pukulannya sih tdk banyak berubah dari ronde awal........cuman ada tambahan suara kaya ayam yg kehabisan nafas...............yg uniknya lg kalau ayam ini sy jemur dipanas matahari abis dimandiin saat berkokok ada tambahan suara seperti kokok ayam ketawa khas asli sulawesi ( ada yg pernah dengar suara ayam ketawa ngak......? )

superbudi85
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 165
Join date : 25.03.12
Age : 30
Lokasi : sorowako

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam SURO kah..??????

Post  cak nur on Tue 15 May 2012, 12:22

Memang ada beberapa jenis suro untuk kreteria ayam.. bukan cuma ayam aduan,..
tapi kalo yang seperti ini kok aku belum pernah denger,... yang umum dan sudah pada dikenal yaitu :
1. Suro Dukun : ekor lancuran 1 helai naik
2. Suro Manten : Sepasang ekor lancuran naik
3. Suro telih : telihnya disebelah kiri (kalo ada isinya)
4. Suro Kopyor : kalo diangkat berbunyi seperti air mengalir didalam tubuh ayam
5. Dan suro-suro yang lain yang aku lupa..... he.he.he.. Very Happy

cak nur
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 2502
Join date : 10.02.10
Age : 49
Lokasi : PASURUAN. 085204243643 / 085785628857

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam SURO kah..??????

Post  Andi Babe on Tue 15 May 2012, 13:56

cak nur wrote:Memang ada beberapa jenis suro untuk kreteria ayam.. bukan cuma ayam aduan,..
tapi kalo yang seperti ini kok aku belum pernah denger,... yang umum dan sudah pada dikenal yaitu :
1. Suro Dukun : ekor lancuran 1 helai naik
2. Suro Manten : Sepasang ekor lancuran naik
3. Suro telih : telihnya disebelah kiri (kalo ada isinya)
4. Suro Kopyor : kalo diangkat berbunyi seperti air mengalir didalam tubuh ayam
5. Dan suro-suro yang lain yang aku lupa..... he.he.he.. Very Happy
Mantap ni suronya cak nur boleh di simpat kalau ada ayam ciri ciri kaya gini......lanjut Question Question Smile Smile

Andi Babe
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3513
Join date : 08.04.12
Lokasi : Beliton Farm Palembang 082178678607

http://beliton.farm.yahoo.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam SURO kah..??????

Post  coki on Tue 15 May 2012, 14:01

cak nur wrote:Memang ada beberapa jenis suro untuk kreteria ayam.. bukan cuma ayam aduan,..
tapi kalo yang seperti ini kok aku belum pernah denger,... yang umum dan sudah pada dikenal yaitu :
1. Suro Dukun : ekor lancuran 1 helai naik
2. Suro Manten : Sepasang ekor lancuran naik
3. Suro telih : telihnya disebelah kiri (kalo ada isinya)
4. Suro Kopyor : kalo diangkat berbunyi seperti air mengalir didalam tubuh ayam
5. Dan suro-suro yang lain yang aku lupa..... he.he.he.. Very Happy
6. Suro Teweh : Mata selalu mengeluarkan Air Percis seperti Menangis, tapi bukan sakit Snot atau Pilek.
OK''

coki
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1274
Join date : 10.01.12
Age : 34
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam SURO kah..??????

Post  Rozaqna-wahyu on Tue 15 May 2012, 17:04

superbudi85 wrote:kebetulan saya jg punya 1 pacek yg modelnya spt yg mas ceritakan..........jika sy kasi tarung ronde 1 suaranya belum muncul setelah masuk ronde ke2 mulailah suaranya muncul..........sempat sih kirain ni ayam nafasnya kurang bagus tp setelah sy perhatikan beberapa kali tarung bahkan terakhir sebelum mabung sy coba tes mainkan 4 ronde bobot dan akurasi pukulannya sih tdk banyak berubah dari ronde awal........cuman ada tambahan suara kaya ayam yg kehabisan nafas...............yg uniknya lg kalau ayam ini sy jemur dipanas matahari abis dimandiin saat berkokok ada tambahan suara seperti kokok ayam ketawa khas asli sulawesi ( ada yg pernah dengar suara ayam ketawa ngak......? )

hampir persis dgn ayam sy ni bang, beda hanya pas di jemur kokok ayam sy masih tetap spt biasa..

Rozaqna-wahyu
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 658
Join date : 09.10.11
Age : 24
Lokasi : karanganyar(rmh solo) jember(tmpt kerjo) bondowoso (kosant)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam SURO kah..??????

Post  Rozaqna-wahyu on Tue 15 May 2012, 18:24

cak nur wrote:Memang ada beberapa jenis suro untuk kreteria ayam.. bukan cuma ayam aduan,..
tapi kalo yang seperti ini kok aku belum pernah denger,... yang umum dan sudah pada dikenal yaitu :
1. Suro Dukun : ekor lancuran 1 helai naik
2. Suro Manten : Sepasang ekor lancuran naik
3. Suro telih : telihnya disebelah kiri (kalo ada isinya)
4. Suro Kopyor : kalo diangkat berbunyi seperti air mengalir didalam tubuh ayam
5. Dan suro-suro yang lain yang aku lupa..... he.he.he.. Very Happy

kalau dulu sy pernah punya suro jirit (kalau jalan jinjit/ tumpuan pke jari) & suro pengantin..
lah yg stu ini sy heran ++++ bingung... ayam suro / bukan... Mad Mad Mad

Rozaqna-wahyu
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 658
Join date : 09.10.11
Age : 24
Lokasi : karanganyar(rmh solo) jember(tmpt kerjo) bondowoso (kosant)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam SURO kah..??????

Post  Rozaqna-wahyu on Tue 15 May 2012, 18:26

coki wrote:
6. Suro Teweh : Mata selalu mengeluarkan Air Percis seperti Menangis, tapi bukan sakit Snot atau Pilek.
OK''

alhamdulillah dpt ilmu lg....

Rozaqna-wahyu
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 658
Join date : 09.10.11
Age : 24
Lokasi : karanganyar(rmh solo) jember(tmpt kerjo) bondowoso (kosant)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam SURO kah..??????

Post  Sponsored content Today at 13:49


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik