NGLATIH AYAM MUDA

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

NGLATIH AYAM MUDA

Post  BETHU on Fri 29 Jan 2010, 21:24

Temen2 senior, sudah bnyk dibahas mengenai nglath aym muda ga boleh lama2.nah yg bikin saya bingung, bukankah ayam yg cenderung jarang kepukul akan kurang tahan dipukul jika dibw ke arena?apa ga sebaiknya ayam juga terlath utk dipukul biar tahan pukul?
mohon berbagi pengalaman.

BETHU
kopral
kopral

Jumlah posting : 25
Join date : 09.01.10
Age : 31
Lokasi : Jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: NGLATIH AYAM MUDA

Post  rio on Mon 01 Feb 2010, 08:44

Salam Mas Bethu..

Mungkin maksudnya jangan lama2 kalau ayam muda di abar sama ayam tua...tapi kalau sama2 muda
sih saya rasa ga apa2..namun tetap harus diingat, waktu dalam abaran harus bertahap.
Tahapan bisa dimulai dari 10 menit, lalu ditambah lagi waktunya utk selanjutnya dan Mas Bethu harus
mengontrol jarak waktu antara abar berikutnya, kesehatan ayam dan jangan lupa extra puding utk
mengembalikan stamina.

Tks

rio
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 204
Join date : 16.06.09
Age : 52
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: NGLATIH AYAM MUDA

Post  ferry bun on Mon 01 Feb 2010, 09:38

BETHU wrote:Temen2 senior, sudah bnyk dibahas mengenai nglath aym muda ga boleh lama2.nah yg bikin saya bingung, bukankah ayam yg cenderung jarang kepukul akan kurang tahan dipukul jika dibw ke arena?apa ga sebaiknya ayam juga terlath utk dipukul biar tahan pukul?
mohon berbagi pengalaman.
Jangan binggung Mas Bethu .... maksud dari mgelatih ayam mudah jangan lama2 ...tujuan nya ayam mudah gampang cedera. dan pembentukan otot ayam mudah masih belum sempurna ....mental ayam sebagian masih yang belum sempurna .. ( bila terdapat pukulan yang sakit karena otot yang masih belum kuat ntar akan terjadi terganggunya mental ayam )

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: NGLATIH AYAM MUDA

Post  Hendro on Mon 01 Feb 2010, 10:25

Benar yang disampaikan bung Rio dan bang Ferry...untuk melatih ayam muda harus bertahap dan dengan sesama ayam muda dahulu...tujuannya bukan untuk jual beli pukulan tetapi lebih membentuk karakter tarung dan memantapkan mental ayam, ayam muda masih dalam pertumbuhan tulang dan bulunya, sehingga jika terlalu lama dilatih gebrakan, akan mengganggu pertumbuhan tulang dan merusak bulu2 ayam....jangan juga terlalu senang jika ayam muda yang digebrak mendominasi dan sering memukul dengan keras, biasanya ayam muda yang terlalu kuat dan sering memukul bisa turun urat jika penanganan pasca gebrakan tidak benar, untuk itu latihan gebrakan secara bertahap sangat menentukan masa depan ayam......

Salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: NGLATIH AYAM MUDA

Post  Administrator on Mon 01 Feb 2010, 10:39

Intinya, kita harus jeli melihat sampai dimana kesanggupan si ayam. Ayam memang harus merasakan 'dipukul' supaya terbiasa pada pertarungan sesungguhnya.
Tapi, ya diliat2 dulu. Kalau ga sanggup atau belum saatnya dipukulin, ada baiknya dihentikan. Rawat dulu supaya otot2nya sanggup menerima pukulan.
Bahkan ayam sudah berumur yg diabar dgn musuh yg punya pukulan dahsyat, ada baiknya segera dihentikan.

Jangan gengsi utk segera mengangkat ayam kita yg terdesak kena pukul telak. Dan ada baiknya, kalau teman kita datang membawa ayam muda utk digebrak, jangan jahil atau iseng ngasih 'untulan' yg pukulnya bisa bikin rusak.
Kasihan mas....
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

RE

Post  BETHU on Mon 01 Feb 2010, 21:06

Makasih banget temen2 senior.
sy bbrapa waktu lalu aku beli ayam muda.saya ngabarnya asal.ga peduli aym tua.bahkan karena aym sulit di pukul n pukulnya keras, sy biasa nglatih pake 2 untulan bergantian.intinya biar aymku kepukul n jd tahan pukul.bahkan luka blm smbh btl udh tak abar lg.hasilnya skrg aym makin kurus n kadang berani kadang tidak.pdhl dulu berani bgt aymnya.huuuh gimana ni mbetulin mental n powernya lg ya?latihan fisik yg spt apa yg cocok buat aym sy yg karakternya ngalung,bongkar sayap,n hobinya mukul dr blkg.

BETHU
kopral
kopral

Jumlah posting : 25
Join date : 09.01.10
Age : 31
Lokasi : Jogja

Kembali Ke Atas Go down

salam kenal

Post  gerimis on Mon 01 Feb 2010, 21:27

salam kenal nih mas.
Bukan maksud ngajarin, tapi bagi2 pengalaman aja nih ya. Masing2 orang punya caranya sendiri buat ngelatih ayam muda, dan semuanya bener, tinggal ikutin aja mana yang enak buat mas. Tapi kalo saya sih gebrakin ayam muda(6-7 bulan) ngga pernah lebih dari 5 menit. Itupun digebraknya sama2 ayam muda, terus liat juga kondisi ayam kita, kalo posisi ayam kita ga bisa ngimbangin lawan, ya... ga ada salahnya diangkat.

gerimis
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 335
Join date : 01.02.10
Age : 35
Lokasi : jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: NGLATIH AYAM MUDA

Post  arif on Mon 01 Feb 2010, 22:04

BETHU wrote:Makasih banget temen2 senior.
sy bbrapa waktu lalu aku beli ayam muda.saya ngabarnya asal.ga peduli aym tua.bahkan karena aym sulit di pukul n pukulnya keras, sy biasa nglatih pake 2 untulan bergantian.intinya biar aymku kepukul n jd tahan pukul.bahkan luka blm smbh btl udh tak abar lg.hasilnya skrg aym makin kurus n kadang berani kadang tidak.pdhl dulu berani bgt aymnya.huuuh gimana ni mbetulin mental n powernya lg ya?latihan fisik yg spt apa yg cocok buat aym sy yg karakternya ngalung,bongkar sayap,n hobinya mukul dr blkg.

Istirahatkan dulu saja mas.. sampai kondisi benar-benar pulih baik secara fisik dan mental. Seberapa lama..? tidak ada ukuran yang pasti.. Gunakan feeling anda untuk mengetahui kesiapan mental dan fisik ayam anda.

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: NGLATIH AYAM MUDA

Post  Hendro on Tue 02 Feb 2010, 05:52

Yupz....benar yang disampaikan mas Arif....ayam harus diistirahatkan sambil diberikan vitamin dan banyak diumbar dengan babon dan anakan ayam biar dia merasa paling jagoan dilingkungannnya.....dan jangan lupa pengalaman ini diambil hikmahnya untuk perawatan ayam kedepan.....tidak ada metode latihan khusus untuk ayam dengan tipe tertentu, yang terpenting pembentukan fisik dan mental ayam serta persiapkan kondisi ayam tetap prima, maka ayam akan mengeluarkan kemampuan terbaiknya, baik teknik maupun pukulan.....

Salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: NGLATIH AYAM MUDA

Post  Jhon Gultom on Tue 02 Feb 2010, 07:04

latihan cukup secara berkala dan istirahat cukup, di tambah pemberian pakan dan vitamin yang pas pasti ayamnya akan cepat mencapai ferforma yang di inginkan.



john

Jhon Gultom
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1369
Join date : 14.10.08
Age : 34
Lokasi : jatibening, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

RE

Post  BETHU on Wed 03 Feb 2010, 22:32

Makasih atas pencerahanya temen2 senior.laen kali sy akan lbh hati2 dlm merawat ayam muda.
salam hormat dari kopral di jogja.TENGKYU NDAN....

BETHU
kopral
kopral

Jumlah posting : 25
Join date : 09.01.10
Age : 31
Lokasi : Jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: NGLATIH AYAM MUDA

Post  kesawan on Thu 18 Feb 2010, 10:07

sangat informatif, saya juga mengucapkan terima kasih untuk senior2 disini karena saya juga punya masalah yang sama dengan bang BeTHU. ayam muda saya sekarang bacul (takut sama ayam) karena hari itu pernah sekali dia lawan ayam tua waktu lepas dan akunya ga tau, udah berdarah2 baru ketauan dan diangkat.

tapi bang Hendro, kalo di gabung sama babon dia jadi ngawin.. apakah gapapa? ayam mudanya ngawin?

kesawan
kopral
kopral

Jumlah posting : 17
Join date : 23.06.09
Age : 39
Lokasi : medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: NGLATIH AYAM MUDA

Post  udho5545 on Fri 19 Feb 2010, 22:39

[quote="Hendro"]Benar yang disampaikan bung Rio dan bang Ferry...untuk melatih ayam muda harus bertahap dan dengan sesama ayam muda dahulu...tujuannya bukan untuk jual beli pukulan tetapi lebih membentuk karakter tarung dan memantapkan mental ayam, ayam muda masih dalam pertumbuhan tulang dan bulunya, sehingga jika terlalu lama dilatih gebrakan, akan mengganggu pertumbuhan tulang dan merusak bulu2 ayam....jangan juga terlalu senang jika ayam muda yang digebrak mendominasi dan sering memukul dengan keras, biasanya ayam muda yang terlalu kuat dan sering memukul bisa turun urat jika penanganan pasca gebrakan tidak benar, untuk itu latihan gebrakan secara bertahap sangat menentukan masa depan ayam......


Penanganan yang benar setelah gebrak ayam muda gimana mas hendro?? Thanxz.. Question Question Question

udho5545
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 56
Join date : 01.09.09
Age : 33
Lokasi : Jember

Kembali Ke Atas Go down

Re: NGLATIH AYAM MUDA

Post  Sponsored content Today at 23:22


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik