Susu Baik Buat Ayam ? Apa benar ?

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Ya

Post  Andi Uppy on Sat 17 Aug 2013, 22:38

Ya

Andi Uppy

Jumlah posting : 9
Join date : 14.02.13
Age : 38
Lokasi : Bone

Kembali Ke Atas Go down

Re: Susu Baik Buat Ayam ? Apa benar ?

Post  timbul on Thu 22 Aug 2013, 21:33

Laughing susu adalah salah salah satu sarana untuk melanjutkan generasi,

timbul
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 72
Join date : 20.02.10
Lokasi : Tajur Halang - Bogor 085280583432

Kembali Ke Atas Go down

Re: Susu Baik Buat Ayam ? Apa benar ?

Post  Kembangsawit on Fri 23 Aug 2013, 11:28

dilihat saja penyerapan kandungan susu atau 511 jika terlalu sering dimanfaatkan pada ayam aduan.

kekurangan
1. lemak menumpuk di daerah telapak kaki dan paha. silahkan periksa sendiri ya bandingkan anakan ayam dengan pakan tanpa susu dan pakan plus susu.
penggunaan 511 khusus ayam aduan sebaiknya dibatasi, karena akan menambah penimbunan lemak jenuh saja.

2. ayam akan cepat haus, sehingga bukan daging padat yang didapat tapi lemak yang bertumpuk. ayam terlihat sehat besar tapi loyo karena lemak yang menumpuk.

3. susu basi ??? ini buat banyak tanda tanya. susu normal juga masih tanda tanya kok fungsi dan kegunaan kepada ayam. apalagi susu basi bisa2 ayam keracunan.

menurut hematnya saja. pakan ayam aduan dengan ransum yang sudah pakem dengan register dari dinas peternakan dan sudah diteliti dengan seksama oleh dinas terkait contohnya saja voer 591,592,593,594 ini adalah ransum yang sudah paten, ya ini saja sudah cukup kandungan yang baik untuk ayam aduan tentunya.

kalau pakan tambahan karena ayam termasuk omnivora pemakan segala dan bisa mencerna apasaja jenis makanan maka lebih baik dicampur dengan daun2an seperti cacahan daun pepaya, dedak halus, umbi2an.

untuk protein bisa ditambahkan tulang ikan, cacing, belut, telur.

nah biar padet berisi ayam mending diumbar bebas saja pagi sampai sore, sebelum tidur masukin saja ke box biar ga kedinginan. atau kalau punya tangkringan ayam biarkan saja para ayam tidur disitu.

itu masukan saya pribadi saja. silahkan teliti sendiri dan coba2 saja ya..biar bisa terlihat secara ilmiah saja.. praktekan.

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: Susu Baik Buat Ayam ? Apa benar ?

Post  kheling on Fri 23 Aug 2013, 19:48

Bin_Rooster wrote: Administrator on Thu Feb 23, 2012 7:42 am

Point 7 ini sepertinya harus di kaji lagi. Susu memang mengandung banyak zat yg berguna utk tubuh. Termasuk utk daya tahan.
Tapi ada satu zat di dalam susu yang sepertinya kurang cocok utk unggas.

Susu mengandung laktosa.
Laktosa adalah bentuk disakarida dari karbohidrat yang -utk mencernanya (diserap usus)- harus dipecah menjadi bentuk lebih sederhana yaitu galaktosa dan glukosa.
Pemecahan laktosa dilakukan dgn menggunakan enzim laktase.
Tanpa dipecah, laktosa tdk akan dicerna tubuh. Akibatnya laktosa akan terfermentasi (asam) didalam tubuh.

Nah, enzim laktase hanya dimiliki oleh hewan mamalia dan manusia. Ayam tidak memproduksi enzim laktase.
Utk manusia, semakin tua seseorang, maka semakin sedikit enzim laktase yg diproduksinya. Akibatnya, mereka yg produksi enzim laktasenya sudah berkurang, akan merasa 'sakit perut' dan mencret setelah minum susu. Ini akibat fermentasi laktosa.
mungkinklo telalu sering

Bagaimana dgn ayam? Apa ikutan sakit perut juga? Apakah fermentasi laktosa ini bisa meningkatkan kadar bakteri dalam tubuhnya?
Sejauh ini sy belum dapat jawabannya.


Ini tulisan dari bang admin, kayanya masuk akal deh tulisan bang admin,mungkin ada masukan dari rekan-rekan yang lain?
mungkin saja karena terlalu sering, semua yang berlebihan g baik mas

kheling
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 149
Join date : 20.02.13
Age : 28
Lokasi : jambi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Susu Baik Buat Ayam ? Apa benar ?

Post  squallj on Fri 23 Aug 2013, 20:37

study  study 

squallj
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1062
Join date : 26.02.13
Lokasi : Kediri - Nganjuk

Kembali Ke Atas Go down

Re: Susu Baik Buat Ayam ? Apa benar ?

Post  jauhari on Sat 24 Aug 2013, 08:43

study  scratch  study 

jauhari
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 282
Join date : 21.10.12
Age : 27
Lokasi : Banyuwangi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Susu Baik Buat Ayam ? Apa benar ?

Post  sugiarto on Mon 26 Aug 2013, 10:41

pakai susu baik juga untuk ayam, susu basi g masalah buat ayam, tapi g bagus buat manusia. juga g bagus untuk kantong kita hehehe......( kalau ayam 1 , 2 ekor gpp pakai aja. )

saya juga sering pakai susu basi, g masalah tuh buat ayam saya.

sugiarto
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 310
Join date : 15.03.12
Lokasi : jl. Jelidro 79 surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Susu Baik Buat Ayam ? Apa benar ?

Post  Walang Sangit on Mon 26 Aug 2013, 21:26

Bin_Rooster wrote:Apa benar susu bagus buat ayam? karena ayam bukan hewan menyusui, kalo hanya untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral, apa tidak bisa dicari dari sumber makanan yg lain? Mohon penjelasan dari rekan-rekan, soalnya terus terang saya ragu kalo susu bagus buat ayam. Tks.
semula saya juga penasaran mengenai perlu tidaknya susu sbg makanan tambahan
untuk anak ayam, saya cari tahu tanya sana sini juga tanya mbah google jawabannya beragam
ada pro kontra, sampai akhirnya saya menemukan buku kuno terbitan 1958
yg disusun Dr. Seno Sastroamidjojo yg banyak adopsi buku Nederland dan German
di halaman 89 disebutkan makanan anak ayam sampai usia 1 minggu perlu diberikan
tepung air susu tumbukan 4 bagian.

Walang Sangit
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 306
Join date : 26.12.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Susu Baik Buat Ayam ? Apa benar ?

Post  santoso_ on Sat 21 Sep 2013, 01:46

Walang Sangit wrote:
Bin_Rooster wrote:Apa benar susu bagus buat ayam? karena ayam bukan hewan menyusui, kalo hanya untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral, apa tidak bisa dicari dari sumber makanan yg lain? Mohon penjelasan dari rekan-rekan, soalnya terus terang saya ragu kalo susu bagus buat ayam. Tks.
semula saya juga penasaran mengenai perlu tidaknya susu sbg makanan tambahan
untuk anak ayam, saya cari tahu tanya sana sini juga tanya mbah google jawabannya beragam
ada pro kontra, sampai akhirnya saya menemukan buku kuno terbitan 1958
yg disusun Dr. Seno Sastroamidjojo yg banyak adopsi buku Nederland dan German
di halaman 89 disebutkan makanan anak ayam sampai usia 1 minggu perlu diberikan
tepung air susu tumbukan 4 bagian.

santoso_
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 267
Join date : 06.06.12
Lokasi : cengkareng jakarta barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: Susu Baik Buat Ayam ? Apa benar ?

Post  santoso_ on Sat 21 Sep 2013, 01:49

Hati2 kalaw berlebihan bisa berak darah..

santoso_
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 267
Join date : 06.06.12
Lokasi : cengkareng jakarta barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: Susu Baik Buat Ayam ? Apa benar ?

Post  litato on Sat 21 Sep 2013, 19:54

ayam cenderung omnivora ....
jangkrik, serangga, capung, ikan kecil dimakan ...
butir padi, jagung, kacang di makan juga ...
susu kan ada yang dari susu kedele dan susu sapi-i

jadi kalau ada yang keder susu cocok apa engga buat ayam???

gimana kamu son ... semua jenis makanan nabati hewani saja dimakan kok sama ayam ...

litato
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1836
Join date : 28.11.11
Age : 43
Lokasi : Brebe$$$

http://ayambangkok.info

Kembali Ke Atas Go down

Re: Susu Baik Buat Ayam ? Apa benar ?

Post  zakiburma on Sat 21 Sep 2013, 20:03

Numpang komen ya, anggota baru. Menurut saya bagus asal jangan kebanyakan. Susu bubuk sudah saya praktekin, sejak beberapa tahun lalu hingga sekarang. Tidak selalu, hanya kalo ada aja susu bubuk bekas (masih putih warnanya) dari pengumpul yang harganya hanya Rp 8.000/kg. Bahkan sekarang2 ini saya sudah kasihkan untuk anak ayam baru netas, yang dicampur pur, kira2 untuk 1/2 kg pur dicampur dengan 10 sendok susu. Jika sudah umur 2 bulan bisa diberi pakan basah campuran dedak+pur+susu agak banyakan dikit ngak apa2, ayam cepat gemuk dan besar.

zakiburma
kopral
kopral

Jumlah posting : 26
Join date : 21.09.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Susu Baik Buat Ayam ? Apa benar ?

Post  winnchester on Sun 22 Sep 2013, 04:38

sekedar pengaLaman pribadi..
saya pernah coba bandingan anakan yg di kasih susu ama gak dalam satu tetasan..hasilnya anak yg pake susu terlihat lebih lincah dan pertumbuhannya lebih cepat n besar..

jadi,sampe sekarang sya tetep pake susu bubuk (merk bonetto )...

perbedaan adalah keragaman yg membuat hidup lebih hidup..
so,pilihan ada di tangan kamu... Smile

winnchester
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 144
Join date : 09.09.13
Lokasi : surakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Susu Baik Buat Ayam ? Apa benar ?

Post  aw on Tue 24 Sep 2013, 09:29

Ternakan saya 6 bulan ini menggunakan campuran susu 1: 10. Skrng tinggal nunggu bulu lancurnya tuntas ngebung.

G ada masalah, malah pakan jadi ngirit 2000/kg dibanding 594...

aw
BANNED
BANNED

Jumlah posting : 105
Join date : 15.05.11
Lokasi : Jogja-Jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: Susu Baik Buat Ayam ? Apa benar ?

Post  aw on Tue 24 Sep 2013, 09:36

Ternakan saya 6 bulan ini menggunakan campuran susu 1: 10. Skrng tinggal nunggu bulu lancurnya tuntas ngebung.

G ada masalah, malah pakan jadi ngirit 2000/kg dibanding 594...

aw
BANNED
BANNED

Jumlah posting : 105
Join date : 15.05.11
Lokasi : Jogja-Jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: Susu Baik Buat Ayam ? Apa benar ?

Post  surya27 on Tue 24 Sep 2013, 11:26


kalo saya memberikan susu hanya pada anakan ayam saja...2 atau 3 sachet dancow bubuk dicampur di pur untuk ukuran 900gram/kaleng susu yang besar. setelah umur 1 bulan ditambah kalk seminggu 1 sampai 2 tablet.

selama ini sih ayam pertumbuhannya maksimal.....Very Happy 

surya27
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1771
Join date : 16.12.09
Age : 39
Lokasi : JAKARTA BARAT

Kembali Ke Atas Go down

Re: Susu Baik Buat Ayam ? Apa benar ?

Post  Sponsored content Today at 23:36


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik