kucirku mana?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

kucirku mana?

Post  Arifin on Mon 01 Feb 2010, 19:40

Dulu sy punya babon yg punya kucir pada bulu lehernya. Babonan kucirnya sudah tewas kena sakit dan sekarang saya memakai anakannya untuk dijadikan babon tapi sayang anakannya tdk memiliki bulu kucir pada lehernya. sudah saya jadikan babonan tapi tdk pernah memunculkan anak berbulu kucir walau gonta ganti pacekan. Teman2 papaji, gimana ni... Supaya anakan dari babon tersebut bisa keluarkan anakan yg mempunyai bulu kucir pada bulu lehernya?

Arifin
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 266
Join date : 26.09.09
Age : 39
Lokasi : Pemalang

Kembali Ke Atas Go down

RE

Post  BETHU on Mon 01 Feb 2010, 20:25

Wah kalo menurut saya, banyak berdoa aja sama Tuhan.xixixi....just kidd.
monggo para senior barangkali ada yg tau jawabnya.

BETHU
kopral
kopral

Jumlah posting : 25
Join date : 09.01.10
Age : 32
Lokasi : Jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: kucirku mana?

Post  arif on Mon 01 Feb 2010, 22:09

Arifin wrote:Dulu sy punya babon yg punya kucir pada bulu lehernya. Babonan kucirnya sudah tewas kena sakit dan sekarang saya memakai anakannya untuk dijadikan babon tapi sayang anakannya tdk memiliki bulu kucir pada lehernya. sudah saya jadikan babonan tapi tdk pernah memunculkan anak berbulu kucir walau gonta ganti pacekan. Teman2 papaji, gimana ni... Supaya anakan dari babon tersebut bisa keluarkan anakan yg mempunyai bulu kucir pada bulu lehernya?

Hehe.. Wah Ini yang berat mas, tapi bisa.. kadang keinginan untuk memunculkan sifat atau penampakan seperti yang anda inginkan belum terpenuhi dari beberapa kali proses. Coba runut kembali, proses yang telah dilakukan. Runutan yang dilakukan ke silsilah babon kucir tersebut. bapakanya atau indukan yang menghasikan babon tersebut. Kalau sudah diketahui, kemungkinan untuk mendaptkan ciri ayng sama ada, walaupun masih relatif kecil. Smile

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: kucirku mana?

Post  zin494 on Mon 01 Feb 2010, 22:25

Arifin wrote:Dulu sy punya babon yg punya kucir pada bulu lehernya. Babonan kucirnya sudah tewas kena sakit dan sekarang saya memakai anakannya untuk dijadikan babon tapi sayang anakannya tdk memiliki bulu kucir pada lehernya. sudah saya jadikan babonan tapi tdk pernah memunculkan anak berbulu kucir walau gonta ganti pacekan. Teman2 papaji, gimana ni... Supaya anakan dari babon tersebut bisa keluarkan anakan yg mempunyai bulu kucir pada bulu lehernya?
Ada beberapa kemungkinan mas
1. alel pembawa sifat bulu kucir bersifat resesif sehingga tidak akan muncul kecuali dia menjadi homozigot (alel resesif ketemu resesif jg)
2. Indukannya dulu adalah heterozigot(memiliki pasangan alel yg berbeda). Ini terjadi jika alel ini bersifat dominan.
Jika kemungkinan kedua yg terjadi maka artinya sifat tersebut tidak turun pada anakan sehingga tidak akan bisa didapatkan anak dengan sifat seperti andukan yg td.
Mungkin penjelasan sederhananya seperti itu mas.

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 09.07.09
Age : 34
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Kucirku Mana...?

Post  MONANG on Tue 02 Feb 2010, 00:26

Induk tsb berarti bukan carier (pembawa sifat)...mungkin sj saudaranya yg lain yg gk kucir malah pembawa sifat...cb kawinkan dg jago yg kucir jg...kemungkinan akan muncul kucir....

MONANG
kopral
kopral

Jumlah posting : 11
Join date : 16.10.09
Lokasi : kalteng

Kembali Ke Atas Go down

Re: kucirku mana?

Post  Jhon Gultom on Tue 02 Feb 2010, 07:22

di kawinkan saja terus mungkin nanti akan keluar anakannya dengan bentuk fisik yang di harapkan.
soalnya dulu pernah macekin ayam merah dan biangnya warna kuning pas netes anaknya ada yang berwarna burik batu, tapi setelah itu tidak pernah lagi keluar anakan burik lagi.
mungkin ada periodenya untuk bisa mengeluarkan warna atau sifat atau bentuk fisik nenek moyangnya.



john

Jhon Gultom
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1369
Join date : 14.10.08
Age : 34
Lokasi : jatibening, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

kucirku mana?

Post  Arifin on Tue 02 Feb 2010, 10:14

Sdh hampir 10thn dijadikan babonan, dan saudara2nya habis semua kena penyakit. Apa dgn pemuliaan ternak bisa mas?

Arifin
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 266
Join date : 26.09.09
Age : 39
Lokasi : Pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: kucirku mana?

Post  zin494 on Tue 02 Feb 2010, 10:31

Saran saya, coba cari pejantan dengan bulu kuncir aja mas, mgkn bisa. Tapi sbnrnya kalo menurut saya bulu itu ga begitu penting mas, daripada buang2 waktu untuk menghasilkan anakan dgn bulu kuncir apa nggak lebih baik mengutamakan karakter tarungnya mas? Sekedar saran aja..

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 09.07.09
Age : 34
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: kucirku mana?

Post  Jhon Gultom on Tue 02 Feb 2010, 10:32

mungkin bisa juga dengan pemuliaan ternak bang, di coba aja dulu baca artikelnya dan diterapkan.
mudah-mudahan bisa tercapai harapannya.

Jhon Gultom
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1369
Join date : 14.10.08
Age : 34
Lokasi : jatibening, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: kucirku mana?

Post  Administrator on Tue 02 Feb 2010, 10:36

Arifin wrote:Sdh hampir 10thn dijadikan babonan, dan saudara2nya habis semua kena penyakit. Apa dgn pemuliaan ternak bisa mas?

Bisa tuh mas... coba saja di inbreed.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: kucirku mana?

Post  zin494 on Tue 02 Feb 2010, 10:50

Kalo di inbreed mungkin saja mas, tapi itu hanya dimungkinkan jika indukan tsb memiliki alel resesif yg tidak muncul, dan itupun akan makan waktu lama dan belum tentu berhasil. Sementara kita ga tau apakah indukan benar2 mewarisi sifat bulu kucir apa nggak krn dia sendiri ga ada bulu kucirnya. Lagipula kata mas arifin ga ada saudaranya yg hidup kan? Bakal lebih sulit lagi, otomatis minimal kita harus tunggu anakannya dulu baru bisa di inbreed. Coba baca2 dulu ilmu pemuliaan ternak mas, dan lebih baik baca2 prinsip2 dasar ilmu genetika mungkin bisa membantu, diinternet jg banyak kok.

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 09.07.09
Age : 34
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: kucirku mana?

Post  Kumbang on Tue 02 Feb 2010, 12:43

Tuk kasus ini sy lebih condong klo di terapin 'rekayasa pemulian ternak' yg seperti pernah di sampaikan sama mas Admin, kan Niatan & semangat awalnya pengen nimbulin trah si kuncir.
Coba di cross breed dng jago yg kuncir jg mudah2 langsung keluar si kuncinr Jr tp klo blom jg maka lakukan inbreed... mudah2 berhasil, memang terkesan lama tp apalah artinya di banding pengetahuan yg bisa mas Arifin bagi keteman2 nantinya... Embarassed

salam,

Kumbang
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 158
Join date : 19.08.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: kucirku mana?

Post  arif on Tue 02 Feb 2010, 13:46

Mungkin ini pertanyaan aga menyimpang.. Apa keistimewaan ayam kucir yang Mas Arifin maksud ya? (Mudah-mudahan bukan pertanyaan bodoh) Smile

Sehingga Mas Arifin benar-benar ingin memunculkan kembali ciri tersebut.

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: kucirku mana?

Post  Hendro on Wed 03 Feb 2010, 05:26

arif wrote:Mungkin ini pertanyaan aga menyimpang.. Apa keistimewaan ayam kucir yang Mas Arifin maksud ya? (Mudah-mudahan bukan pertanyaan bodoh)

Sehingga Mas Arifin benar-benar ingin memunculkan kembali ciri tersebut.

Yang pasti keistimewaannya ya unik & lucunya itu...he..he..he... kalo masalah yang lain2 mas Arifin yang lebih tau.....saran dari rekan2 sudah cukup memenuhi jawaban pertanyaan mas Arifin...

Saran saya kalo mau cepet anakannya juga punya kucir...sejak masih lancuran/dedara bulu rawis dibiasakan diikat pake karet gelang membentuk kucir dan jangan dimandikan, nantikan dalam beberapa minggu saja sudah jadi kucirnya...he...he...he.... (just kidding)

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: kucirku mana?

Post  Sponsored content Today at 16:41


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik