Seriuskah Beternak Ayam..

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Seriuskah Beternak Ayam..

Post  Basugito on Tue 02 Feb 2010, 17:49

Menjadi peternak ayam kadang sebuah cita2 tp waktu dan biaya yg dibutuhkan juga tidak sedikit, hal yg ditakuti oleh peternak salah satunya wabah penyakit ayam ..bisa habis...ayam sekandang..!!! walau vaksin dan obat2an jg nggak kurang2 tp kalo dah panik ayam2 kesayangan bergelimpangan dikandang ( sayapun pernah mengalaminya beberapa kali ) kadang hampir frustasi dan males main ayam..tapi kharisma ayam aduan mengalahkan segalanya dan mencoba lagi...dari nol lagi, ini salah satu tips buat peternak yg mau selamat dari wabah penyakit tanpa ribet dengan jadwal Vaksin:

- Beternak dan merawat ayam siap diadu harus dipisah
Ternak jangan dicampur merawat ayam aduan kecuali ternaknya iseng2, karena ayam yg siap dirawat dan diadu sering keluar masuk dan bertemu/beradu/bersentuhan dengan ayam lain maupun lingkungan yg blum tentu sehat bagi ayam tsb.

- Kandang untuk beternak sebaiknya yg tertutup
Tidak boleh ada ayam luar masuk (kecuali kita yakin ayam yg akan dibawa masuk ke kandang tsb sehat) apalagi ada ayam kampung jangan sampai..!!!

- Sediakan unthulan sendiri untuk tester ayam yg sudah berani digebrak.
Kalo perlu direkam waktu digebrak, ini untuk menghindari digebrak berkali2 seandainya ada orang mau beli ayam cukup melihat ‘sample’ gebrakanya di video).

Memang agak ‘Saklek’ dalam hal ini apalagi bagi teman kita yg sering datang bw ayam untuk gebrak dikandang kita, jadi kalo mau merawat sebaiknya percayakan sama teman yg gampang kita kontrol dan dilihat keadaanya ayamnya hal ini juga untuk menghidari orang datang bw ayam untuk gebrak/abar, sayapun melakukan spt ini jadi kalo ada orang main ke kandang isinya ya Cuma pemacek dan babon serta anakan yg masih kecil.
Seriuskah beternak atau iseng2 beternak ? – terima kasih – Salam PAPAJI.
Saran dr rekan2 yg lain ditunggu...!!! Laughing lol! lol! lol!

Basugito
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 79
Join date : 16.01.09
Age : 49
Lokasi : Pabuaran - Bojonggede Bogor

Kembali Ke Atas Go down

Re: Seriuskah Beternak Ayam..

Post  zin494 on Tue 02 Feb 2010, 21:07

Basugito wrote:Menjadi peternak ayam kadang sebuah cita2 tp waktu dan biaya yg dibutuhkan juga tidak sedikit, hal yg ditakuti oleh peternak salah satunya wabah penyakit ayam ..bisa habis...ayam sekandang..!!! walau vaksin dan obat2an jg nggak kurang2 tp kalo dah panik ayam2 kesayangan bergelimpangan dikandang ( sayapun pernah mengalaminya beberapa kali ) kadang hampir frustasi dan males main ayam..tapi kharisma ayam aduan mengalahkan segalanya dan mencoba lagi...dari nol lagi, ini salah satu tips buat peternak yg mau selamat dari wabah penyakit tanpa ribet dengan jadwal Vaksin:

- Beternak dan merawat ayam siap diadu harus dipisah
Ternak jangan dicampur merawat ayam aduan kecuali ternaknya iseng2, karena ayam yg siap dirawat dan diadu sering keluar masuk dan bertemu/beradu/bersentuhan dengan ayam lain maupun lingkungan yg blum tentu sehat bagi ayam tsb.

- Kandang untuk beternak sebaiknya yg tertutup
Tidak boleh ada ayam luar masuk (kecuali kita yakin ayam yg akan dibawa masuk ke kandang tsb sehat) apalagi ada ayam kampung jangan sampai..!!!

- Sediakan unthulan sendiri untuk tester ayam yg sudah berani digebrak.
Kalo perlu direkam waktu digebrak, ini untuk menghindari digebrak berkali2 seandainya ada orang mau beli ayam cukup melihat ‘sample’ gebrakanya di video).

Memang agak ‘Saklek’ dalam hal ini apalagi bagi teman kita yg sering datang bw ayam untuk gebrak dikandang kita, jadi kalo mau merawat sebaiknya percayakan sama teman yg gampang kita kontrol dan dilihat keadaanya ayamnya hal ini juga untuk menghidari orang datang bw ayam untuk gebrak/abar, sayapun melakukan spt ini jadi kalo ada orang main ke kandang isinya ya Cuma pemacek dan babon serta anakan yg masih kecil.
Seriuskah beternak atau iseng2 beternak ? – terima kasih – Salam PAPAJI.
Saran dr rekan2 yg lain ditunggu...!!! Laughing lol! lol! lol!
Kalo saya masih menjadikan ternak ayam sebagai hobby saja dan tidak terlalu serius menjalaninya. Apalagi masih belum berpikir untuk menetap dan mungkin ingin melanjut sekolah lg sehingga nggak kepingin bangun kandang yg memadai untuk beternak, sayang kalo suatu saat ditinggalkan. Demikian jg halnya beli ayam cukup hanya yg harganya terjangkau, paling2 cuma untuk dijadikan pacek ataupun indukan. Ortu saya yg dulu suka ngadu ayam dikalangan dan saya cuma ikut nonton doang, sayang sekarang udah nggak ada lg kalangan krn ga ada lg org kuat yg punya cukup koneksi untuk buka kalangan disini.

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 09.07.09
Age : 34
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: Seriuskah Beternak Ayam..

Post  alang on Tue 02 Feb 2010, 21:39

Dari kecil saya memang suka beternak. Dulu dirumah saya banyak ayam kampung,angsa, bebek, marmut, kambing, domba, kerbau bahkan anjing pemburu. Buat saya beternak bukan sekedar memelihara hewan dekat rumah, bukan sekedar mencari keuntungan, bukan pula sekedar hobi, tetapi sebagai terapi menumbuhkan rasa kasih sayang terhadap sesama makhluk, memperhalus perasaan dan melatih kesabaran. Setelah punya anak,rupanya rasa sayang kepada binatang peliharaan turun kepada anak saya. Dialah yg awalnya minta dibelikan ayam, burung, kelinci, hamster, domba bahkan anjing. Dari semua permintaannya, hanya anjing yg belum saya belikan,karena istri saya tidak setuju. Dari umur 1 tahun, anak saya merengek minta dibelikan anjing, lalu hewan2 lainnya.
Jika ditanya seriuskah saya beternak? Tentu saja saya serius. Bukan soal keuntungan atau hobi, tapi menurut saya, ini soal nyawa. Kalo saya tidak serius, artinya saya mengabaikan nyawa suatu makhluk. Mungkin terdengar lebay,hehehe.... tapi nyatanya memang begitu.Kkita memelihara ayam, suatu makhluk yg punya nyawa, kalo mati karena kelalaian kita, tentu saja ada hukumnya. Dan saya tidak mau terjerat hukum karena kelaian diri sendiri. Untuk itu saya mencoba serius, dalam pengertian sungguh2 memeliharanya, setidaknya memberinya pakan yg memenuhi syarat sehat seekor hewan. Jadi ini soal kasih sayang, bukan lagi soal hobi atau prospek masa depan. Tetapi biasanya, kalo kita memberikan sesuatu dengan ikhlas terhadap sesuatu, suatu saat nanti sesuatu itu akan memberikan balasan yg sesuai. Jadi...kita lihat saja nanti. Hehehe.....
Salam.

alang
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 988
Join date : 28.07.09
Age : 44
Lokasi : Ciputat, Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Seriuskah Beternak Ayam..

Post  Administrator on Tue 02 Feb 2010, 21:54

Banyak juga teman2 kita yg karena berbagai keterbatasan, melakukan ternak hanya sekedar iseng saja.
Tapi menurut saya, meski sekedar iseng, kalau mau maju, sebaiknya ternak juga dilakukan dgn serius.
Serius disini artinya dipelajari dgn cermat. Bukan sekedar pasrah jodohin begitu saja.
Jadi, meskipun ternak kecil2an, hasilnya tetap bisa maksimal dan tdk kalah dgn kandang ternakan besar.
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Seriuskah Beternak Ayam..

Post  zin494 on Tue 02 Feb 2010, 23:05

alang wrote:Dari kecil saya memang suka beternak. Dulu dirumah saya banyak ayam kampung,angsa, bebek, marmut, kambing, domba, kerbau bahkan anjing pemburu. Buat saya beternak bukan sekedar memelihara hewan dekat rumah, bukan sekedar mencari keuntungan, bukan pula sekedar hobi, tetapi sebagai terapi menumbuhkan rasa kasih sayang terhadap sesama makhluk, memperhalus perasaan dan melatih kesabaran. Setelah punya anak,rupanya rasa sayang kepada binatang peliharaan turun kepada anak saya. Dialah yg awalnya minta dibelikan ayam, burung, kelinci, hamster, domba bahkan anjing. Dari semua permintaannya, hanya anjing yg belum saya belikan,karena istri saya tidak setuju. Dari umur 1 tahun, anak saya merengek minta dibelikan anjing, lalu hewan2 lainnya.
Jika ditanya seriuskah saya beternak? Tentu saja saya serius. Bukan soal keuntungan atau hobi, tapi menurut saya, ini soal nyawa. Kalo saya tidak serius, artinya saya mengabaikan nyawa suatu makhluk. Mungkin terdengar lebay,hehehe.... tapi nyatanya memang begitu.Kkita memelihara ayam, suatu makhluk yg punya nyawa, kalo mati karena kelalaian kita, tentu saja ada hukumnya. Dan saya tidak mau terjerat hukum karena kelaian diri sendiri. Untuk itu saya mencoba serius, dalam pengertian sungguh2 memeliharanya, setidaknya memberinya pakan yg memenuhi syarat sehat seekor hewan. Jadi ini soal kasih sayang, bukan lagi soal hobi atau prospek masa depan. Tetapi biasanya, kalo kita memberikan sesuatu dengan ikhlas terhadap sesuatu, suatu saat nanti sesuatu itu akan memberikan balasan yg sesuai. Jadi...kita lihat saja nanti. Hehehe.....
Salam.
Salut dengan mas alang, benar2 berhati tulus..

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 09.07.09
Age : 34
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: Seriuskah Beternak Ayam..

Post  alang on Wed 03 Feb 2010, 09:53

Administrator wrote:Banyak juga teman2 kita yg karena berbagai keterbatasan, melakukan ternak hanya sekedar iseng saja.
Tapi menurut saya, meski sekedar iseng, kalau mau maju, sebaiknya ternak juga dilakukan dgn serius.
Serius disini artinya dipelajari dgn cermat. Bukan sekedar pasrah jodohin begitu saja.
Jadi, meskipun ternak kecil2an, hasilnya tetap bisa maksimal dan tdk kalah dgn kandang ternakan besar.
Smile

Setuju dengan Mas Ary.Serius atau tidak serius, biaya yang keluar relatif sama. Ayam bagus atau jelek yang diternak, biaya juga tetap saja sama. Jadi ya mendingan serius sekalian, soal hasil, itu soal nanti. Yang penting berusaha maksimal...hehehe.
Salam.

alang
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 988
Join date : 28.07.09
Age : 44
Lokasi : Ciputat, Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Seriuskah Beternak Ayam..

Post  alang on Wed 03 Feb 2010, 09:54

zin494 wrote:Salut dengan mas alang, benar2 berhati tulus..

Hahaha.....bukan tulus kali bang...terlalu apa adanya, karena modalnya kurang...hahahaha......
Salam.

alang
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 988
Join date : 28.07.09
Age : 44
Lokasi : Ciputat, Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Seriuskah Beternak Ayam..

Post  D4v1d on Wed 03 Feb 2010, 10:04

Bener2 serius...nambah kandang terus.... Very Happy Very Happy Very Happy

D4v1d
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 448
Join date : 20.10.09
Lokasi : Buitenzorg

Kembali Ke Atas Go down

Re: Seriuskah Beternak Ayam..

Post  alang on Wed 03 Feb 2010, 12:03

Huahahahahahahahahahaaha.......

alang
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 988
Join date : 28.07.09
Age : 44
Lokasi : Ciputat, Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Seriuskah Beternak Ayam..

Post  Dobrak on Wed 03 Feb 2010, 12:37

Serius. Konsumsi, dijual, pakai sendiri

Dobrak
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 86
Join date : 03.12.09
Age : 49
Lokasi : Cilamaya Kulon Kab. Karawang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Seriuskah Beternak Ayam..

Post  nurkhotim on Wed 03 Feb 2010, 14:59

alang wrote:Huahahahahahahahahahaaha.......

Rupanya ada yang kena sindir kang David nih... he.he.he..

Tapi bagaimanapun juga,.. beternak akan tetap terbatasi oleh wilayah...hik..hik..hik..

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Serius Banget

Post  Basugito on Wed 03 Feb 2010, 16:56

Pak Lik dan Pak De sekalian ... terimakasih masukan nya, hal ini saya posting agar kita saling berbagi ilmu khususnya ternak ayam laga, saya sendiri punya kandang ayam tidak besar dan sangat terbatas, apalagi saya tinggal dikomplek perumahan bisa dibayangkan ..dulu waktu masih sering tenteng2 ayam kekalangan rasanya 'gerah' kalo nggak gebrak/adu ayam, walaupun hanya melihat/nonton...dan waktu itu sambil ternak juga, tapi ya.. begitu sudah punya pacek dan indukan bagus...dan anak2nya dah pd diadu dan ada menang bagus, ..akhirnya kalah juga sama penyakit..ayam, dan coba lagi ..cari lagi indukan dan beli pacekan dikalangan..ya akhirnya penyakit juga yang habisin..ayam dikandang..., dari kejadian2 yg saya alami menjadikan saya lebih hati2 ...dan mencari metode dan cara agar 'PABRIK' nya selamat. walaupun hobi ternak hanya sepasang tp kalo bagus dan serius pasti menghasilkan/mencetak anakan spt yg diinginkan... kan bangga kalo ayam kita menjadi jawara..apalagi dibeli cukup mahal (walau sengaja untuk dijual tapi sy nggak terlalu Komersil dan Meterialistis apalagi klo temen2 yg beli ya pasti harga 'temen' juga). dan saat ini baru merintis ternak lagi...ada rekan PAPAJI yg baik hati meminjamkan PACEK dan INDUKAN, saya berusaha nggak ngadu lagi (dah tua takut jantungnya nggak kuat deg2an dikalangan, apalagi ...ada bunyi DAR DER DOR...JANGAN LARI.....wah... )..
saya yakin anda pasti bisa...!!! lebih baik lagi, amin.
Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing

Basugito
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 79
Join date : 16.01.09
Age : 49
Lokasi : Pabuaran - Bojonggede Bogor

Kembali Ke Atas Go down

Re: Seriuskah Beternak Ayam..

Post  kesawan on Tue 16 Feb 2010, 10:56

salam kenal semua

saya setuju dengan mas Alang, memelihara hewan atau berternak butuh waktu, tenaga dan biaya. keseriusan tetap diperlukan. sekalian aja nyemplung di dunia perayaman..Smile

kesawan
kopral
kopral

Jumlah posting : 17
Join date : 23.06.09
Age : 39
Lokasi : medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Seriuskah Beternak Ayam..

Post  fakhry on Tue 16 Feb 2010, 15:24

Ibarat pepatah bilang " sambil menyelam minum ayam eh.... Miara ayam" cayo cayo....

fakhry
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 955
Join date : 10.01.10
Lokasi : Kota Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Seriuskah Beternak Ayam..

Post  kevin on Tue 09 Mar 2010, 11:31

saya pikir beternak ayam bangkok harus dgn keseriusan dan dijalani sepenuh hati....walaupun dgn populasi yg kecil bahkan dgn jumlah ternak yg sangat kecil..karena ayam2 kita juga perlu perhatian selayaknya mahluk hidup lainnya...niscaya memperlakukan ayam aduan kita dgn sepenuh hati akan menghasilkan ayam2 unggulan dgn fisik dan mental yg bagus

kevin
kopral
kopral

Jumlah posting : 35
Join date : 18.08.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: Seriuskah Beternak Ayam..

Post  Rendro on Thu 10 Jun 2010, 12:27

Kalau saya serius ternak ayam tapi untuk menghasilkan petarung yang hebat. Saya baru mulai ternak dan berusaha mencari pacek dan biang yang bagus. semoga dengan modal kesabaran bisa menhasilkan ayam sperti yang saya idam-idamkan.

Rendro
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 273
Join date : 27.05.10
Age : 43
Lokasi : Berbah Sleman DIY

Kembali Ke Atas Go down

Re: Seriuskah Beternak Ayam..

Post  ojieg on Thu 10 Jun 2010, 18:32

gak usah melakukan apapun, klo gak serius, wong yg serius ae sering kali hasilnya tidak selalu memuaskan, apalagi gak serius, apa yg bisa diharapkan bos, soal besar kecil itu hanya ukuran saja, tpi keseriusan dan cinta itu prinsip, klo pendapat yg lain? Razz

ojieg
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 565
Join date : 26.03.09
Lokasi : Jombang-Jatim

http://pojokdesa.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Seriuskah Beternak Ayam..

Post  Hendro on Thu 10 Jun 2010, 19:15

Rendro wrote:Kalau saya serius ternak ayam tapi untuk menghasilkan petarung yang hebat. Saya baru mulai ternak dan berusaha mencari pacek dan biang yang bagus. semoga dengan modal kesabaran bisa menhasilkan ayam sperti yang saya idam-idamkan.

Dengan sistem pemuliaan ternak maka mudah2 an akan menghasilkan kualitas ternakan yang sesuai harapan...tapi memang harus sabar karena hasilnya baru bisa dinikmati setelah 3 tahun dari awal perjalanan dimulainya ternak....

Salam Rolling Eyes Smile

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Seriuskah Beternak Ayam..

Post  ferry bun on Thu 10 Jun 2010, 21:27

klw ditanya seriuskah berternak ayam ?.
sudah tentu serius ,,,karena yg kita ternak adalah yg bernyawa ,, bila tidak serius atau setengah serius ..maka hasilya juga setengah juga ....
berternak ayam ada suatu kepuasan tersendiri bila berhasil sesuai apa yang kita inginkan ...
bila gagal anggap saja keberhasilan yg tertunda ....perlajari lagi sebab2 kegagalan ..
Tips : pemulian tenak ada solusi yg tepat . dan jangan kecewa saat ditengah perjalanan ada hal yg diluar dugaan kita , jangan putus asa ...yang paling penting adalah Visi dan Misi akan menghasilkan ayam yg bagaimana akan diciptakan
salam Ferry Bun

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Seriuskah Beternak Ayam..

Post  Butcher on Fri 11 Jun 2010, 12:56

SERIUS...!!!

Meskipun dari NOL lagi.....tetep mencari ilmu yang terbaik dan pastinya turunan jawara....

Makanya saya gabung di PAPAJI supaya bisa berbagi mengenai segala macam soal AYAM ADUAN...!!!

BRAVO PAPAJI

Butcher
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 193
Join date : 12.04.10
Age : 35
Lokasi : Cianjur

http://www.facebook.com/home.php?#!/profile.php?id=1000012276673

Kembali Ke Atas Go down

Re: Seriuskah Beternak Ayam..

Post  Tamu on Fri 11 Jun 2010, 22:20

yang jelas dengan modal yang gak dikit...

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Seriuskah Beternak Ayam..

Post  Butcher on Fri 11 Jun 2010, 22:27

mr.aan wrote:yang jelas dengan modal yang gak dikit...

Betul Banget Mr.Aan...makanya saya mulai dari nol lagi...alias beli ayam anakan...hqhqhq...asal jelas pacek+babon nya...

Butcher
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 193
Join date : 12.04.10
Age : 35
Lokasi : Cianjur

http://www.facebook.com/home.php?#!/profile.php?id=1000012276673

Kembali Ke Atas Go down

Re: Seriuskah Beternak Ayam..

Post  Sponsored content Today at 10:47


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik