Mata ayam berair

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Mata ayam berair

Post  BETHU on Tue Feb 02, 2010 7:26 pm

Temen2 senior, mau nanya lg.apa sih obat utk mata ayam yg berair.agak berbusa.apa bisa dg obt tetes mata buat manusia.maaf kalo udh pernah dibahas.

BETHU
kopral
kopral

Jumlah posting: 25
Join date: 09.01.10
Age: 29
Lokasi: Jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mata ayam berair

Post  ferry bun on Tue Feb 02, 2010 8:31 pm

Klw obat mata khusus ayam kayaknya belum ada . Jadi ya pakai yg untuk manusia . Bisa dengan tetes mata cendo fenicol. Teramycin salep mata yang 10%.

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 1622
Join date: 21.01.09
Age: 51
Lokasi: Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mata ayam berair

Post  alang on Tue Feb 02, 2010 8:46 pm

Sebaiknya dilihat dulu kondisi nya mas. Terus didiagnosa dulu, kira2 apa penyebabnya. Setahu saya, unggas matanya berair bisa bbrp sebab. Bisa sakit mata, flu atau pilek, bisa juga cacingan. Kalo sepintas kondisinya baik2 saja, tapi badanya kurus, bisa jadi dia cacingan. Bisa diberi cacing exitor atau obat cacing untuk manusia.
Salam.

alang
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 989
Join date: 28.07.09
Age: 42
Lokasi: Ciputat, Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

RE

Post  BETHU on Wed Feb 03, 2010 10:25 pm

Makasih mas fery n mas alang atas sarannya.
@mas alang:maksudnya cacingan tuh cacing dlm usus apa yg di mata?kalo cacing di mata gimana ngobatin nya ya?kayaknya ada cacing di mata aym ku

BETHU
kopral
kopral

Jumlah posting: 25
Join date: 09.01.10
Age: 29
Lokasi: Jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mata ayam berair

Post  Hendro on Thu Feb 04, 2010 5:18 am

Cacing biasanya menyerang bagian usus/pencernaan dan organ bagian dalam ( hati ), tetapi jika sudah agak parah juga sampai ke mata...berikan obat cacing untuk manusia dengan dosis setengah tablet dan setengahnya lagi untuk diminumkan seminggu kemudian ( diulang ) tujuannya biar cacing yang ada benar2 mati....atau kalo mau bisa juga diberikan biji pinang muda ( jambe ), caranya biji pinang dibelah menjadi 4 - 5 bagian kemudian masing2 digulung dengan nasi sekepalan dan disuapkan kepada ayam cukup 2 kepalan saja...kasi minum dan tunggu beberapa menit pasti cacing2 akan keluar melalui kotoran ayam....

Salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting: 5936
Join date: 06.08.09
Age: 45
Lokasi: Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mata ayam berair

Post  Jhon Gultom on Thu Feb 04, 2010 8:50 am

kalo sakit mata gitu biasanya di tetesin perasan air daun bolong-bolong ( nama yg biasa saya bilang ) tanaman itu tumbuh di pinggir jalan atau pinggir parit mas.



salam
john

Jhon Gultom
Jendral
Jendral

Jumlah posting: 1362
Join date: 14.10.08
Age: 31
Lokasi: jatibening, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mata ayam berair

Post  alang on Thu Feb 04, 2010 11:34 am

BETHU wrote:Makasih mas fery n mas alang atas sarannya.
@mas alang:maksudnya cacingan tuh cacing dlm usus apa yg di mata?kalo cacing di mata gimana ngobatin nya ya?kayaknya ada cacing di mata aym ku

Salah satu ciri unggas cacingan adalah matanya berair. Kalo sudah keliatan ada cacing dimatanya berarti sdh cukup parah. Ikuti saran Mas Hendro, mas. Insya Allah masih bisa diselamatkan. Kalo dibiarkan, lama2 ayam bisa buta. Kalo saya biasa pake combantrin setengah tablet sebelum makan (satu kali minum). Kalo mau lebih ampuh, ayam dipuasakan dulu satu hari sebelum diberi obat.
Salam.

alang
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 989
Join date: 28.07.09
Age: 42
Lokasi: Ciputat, Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

RE

Post  BETHU on Fri Feb 05, 2010 7:40 pm

Apakah jenis cacing yg di mata itu sama dengan yg di usus?juga penangananya sama dg cacing yg diusus?mungkin ada yg bisa menjawab? monggo n tengkyu sblmnya.

BETHU
kopral
kopral

Jumlah posting: 25
Join date: 09.01.10
Age: 29
Lokasi: Jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mata ayam berair

Post  sandri on Sat Feb 06, 2010 10:25 pm

BETHU wrote:Temen2 senior, mau nanya lg.apa sih obat utk mata ayam yg berair.agak berbusa.apa bisa dg obt tetes mata buat manusia.maaf kalo udh pernah dibahas.

kalo mata berair itu biasanya indikasi kena cacingan..dikasih obat cacing aj mas,,ato kalo obat tradisionalnya dikasih kunci,temulawak sm kencur..trims..

sandri
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 140
Join date: 06.11.09
Age: 24
Lokasi: pasuruan,jl margo utomo rt 03 rw 3 gayaman,

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mata ayam berair

Post  cobain on Sun Feb 07, 2010 8:32 pm

kalao itu snot saya biasa kasih sebutir bodrexin + setengah amoxilin pagi dan sore biasanya dalam jangka waktu 3 hari sudah sembuh mas

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 667
Join date: 23.08.09
Lokasi: pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

AYAM MATANYA BERAIR

Post  didik gombo on Sat Feb 13, 2010 11:18 am

BETHU wrote:Temen2 senior, mau nanya lg.apa sih obat utk mata ayam yg berair.agak berbusa.apa bisa dg obt tetes mata buat manusia.maaf kalo udh pernah dibahas.

ayamnya cacingen mas [list=1][*]

didik gombo
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 109
Join date: 06.02.10
Age: 35
Lokasi: sumberingin kidul ngunut t.agung

http://didikgombo.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mata ayam berair

Post  ibnu ulil amri on Sat Apr 26, 2014 3:14 pm

Kalo berair saja kayak nangis gitu nggak berbusa..obat nya apa ya..?

Salam kenal smw nya..wong anyar.. terimakasih

ibnu ulil amri

Jumlah posting: 5
Join date: 26.04.14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mata ayam berair

Post  hamas on Fri May 02, 2014 8:00 am

ibnu ulil amri wrote:Kalo berair saja kayak nangis gitu nggak berbusa..obat nya apa ya..?

Salam kenal smw nya..wong anyar..  terimakasih

Itu..itu..! Mungkin dia terharu

hamas
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting: 1824
Join date: 24.01.12
Age: 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mata ayam berair

Post  dhekoko on Mon May 05, 2014 9:39 pm

cobain wrote:kalao itu snot saya biasa kasih sebutir bodrexin + setengah amoxilin pagi dan sore biasanya dalam jangka waktu 3 hari sudah sembuh mas

paling mudah diduga snot, penyakit saluran napas atas, atau bisa juga efek samping dari penggunaan antibiotik dengan dosis tinggi sehingga menyebabkan ketidakstabilan asam dari saluran napas atas pada ayam yg menyebabkan tumbuhnya jamur dengan patogen didalamnya, biasa terjadi pada saluran pembuangan air mata ayam yg menyambung dengan lubang bawah hidung/belakang paruh. daerah ini sangat miskin pembuluh darah sehingga sedikit saja gangguan pada area ini bisa menyebabkan mata berair sampai berbusa....(kekeekkekekekekek,.........ngomongnya mantab persis dokter hewan gadungan) pengalaman saya mencoba paling simpel dikasih cendo xitro daripada cendo fenicol. karena dalam cendo xitrol terdapat kandungan dexamethosan yg memperingan peradangan dari patogen. sedang cendo fenikol isinya cuma kloramfenikol. antibiotik dikasih cefadroxil, kalo tembolok tidak turun, antibiotik pake thiamyfenikol....

nb; sering juga cacingan pada taraf akut bisa menunjukan gejala klinis yg sama.
sekedar sharing saja, barangkali senior yg lain punya pengalaman mengatasi hal tersebut dengan cara berbeda... Very Happy  Very Happy  Very Happy 

dhekoko
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 731
Join date: 27.04.13
Lokasi: kalibaru timur semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mata ayam berair

Post  Joe_jago on Sat May 10, 2014 11:36 pm

Numpang nimbrung ya mas...

Gejalanya sama persis dengan ayam saya mas, mata nya banyak mengeluarkan busa. Sudah saya tiup busanya hilang. Tapi tidak berapa lama busa nya keluar lagi dari kedua belah matanya sampai ayam saya kerepotan sendiri membersihkan busanya. Kalau snot atau pilek kelopak mata agak bengkak, tapi ini kelopak mata tidak bengkak dan tidak ada indikasi pilek atau snot. Mungkin memang benar terkena cacingan. Tapi kalau cacingan ketika ayam bab tidak pernah terlihat mengeluarkan cacing dari kloakanya. Mohon petunjuk para senior gejala penyakit ini apa bisa di katagorikan cacingan? kemudian bagaimana cara penanggulangannya dan pengobatan yang paling efektif..salam kluruk...

Joe_jago
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 150
Join date: 09.02.14
Lokasi: Bandar Lampung

Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik