Mitos ayam aduan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Mitos ayam aduan

Post  BETHU on Fri 05 Feb 2010, 20:14

Salam PAPAJI!
Temen2 mohon share donk mitos2 mengenai ayam aduan di daerah temen2 masing.misal kalo jengger bgini pasti mental nya begitu dll.kita tdk akan memperdebatkan mengenai benar salahnya mitos itu.hanya brbagi pengetahuan ajah.
monggo siapa mulai duluan!

BETHU
kopral
kopral

Jumlah posting : 25
Join date : 09.01.10
Age : 31
Lokasi : Jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mitos ayam aduan

Post  Hendro on Fri 05 Feb 2010, 20:28

Waduh mas Bethu ini ( Bener2 thulalit ) he..he..he.. ( peace ) ...topik ini juga sudah sering dibahas maaas....mulai dari jengger, sisik kaki, warna bulu, dan lain2....semua mitos2 yang dipercaya didaerah2 tertentu juga sudah dibahas jadi kalo mau tau infonya tolong dibaca dulu semua postingan yang sudah ada biar tidak terjadi pengulangan pembahasan.....

Salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

RE

Post  BETHU on Fri 05 Feb 2010, 21:24

He...he...he... ya maap pak hendro, habisnya kalo dibuka2 semua pegel jg pak.bukanya aja pake hape lemot kayak gini.

BETHU
kopral
kopral

Jumlah posting : 25
Join date : 09.01.10
Age : 31
Lokasi : Jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mitos ayam aduan

Post  ferry bun on Fri 05 Feb 2010, 21:49

hahaha. galak amat pak

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mitos ayam aduan

Post  Dobrak on Sat 06 Feb 2010, 00:30

BETHU wrote:Salam PAPAJI!
Temen2 mohon share donk mitos2 mengenai ayam aduan di daerah temen2 masing.misal kalo jengger bgini pasti mental nya begitu dll.kita tdk akan memperdebatkan mengenai benar salahnya mitos itu.hanya brbagi pengetahuan ajah.
monggo siapa mulai duluan!

Yg akan saya sampaikan ini sesuai dg judul, sesuai dg pemaparan dari Mas BETHU, tapi lain dg yg diharapkan, karena yg diharapkan Mas BETHU sebagaimana Mas Hendro sampaikan telah banyak dibahas pada topik2 yg lain.
Karawang dalam berdirinya NKRI, tercatat dalam sejarah karena menjelang Proklamasi salah satu Proklamator berada di Rengasdengklok Kab Karawang.
Di dunia ayam aduan Karawang juga punya trah ayam aduan tersendiri yaitu ayam Ciparage, mungkin diantara hobiis ada yg pernah baca atau mendengar mengenai ayam Ciparage. Mitos mengenai ayam Ciparage yaitu berbulu jali emas ada juga yg menyebut jalak, tidak seragam, lain dg ciri sisik tidak ada perbedaan yaitu yang besisik ubed/sembang di bawah jalu kaki sebelah kiri. Sebagian hobiis di daerah saya termasuk saya sendiri percaya kalo ayam Ciparage ini senantiasa ada, hanya kadang ada di hobiis atau di penduduk yg ga suka dg adu ayam. Memang bisa dibilang tahayul tapi saya pernah memiliki dan jadi juara. Beberapa tahun yg lalu saya mendengar di desa tetangga ada ayam yg dah menang 12 kali, setelah saya lihat saya bilang sama yg punya kalo ayam itu adalah ayam Ciparage. Setelah beberapa lama saya ketemu lagi sama pemilik ayam tsb, saya menanyakan apa ayam itu masih ada? Dia bilang dah mati empat bulan yg lalu. Saya tanya lagi dibuang apa dikubur? Katanya dikubur. Saya suruh dia untuk menggali, ini dorongan saya untuk pembuktian klo ayam tsb bukan ayam biasa. Dia menuruti saran saya, ternyata ayam tidak hancur setelah 4 bulan, kulit dan daging masih utuh padahal waktu itu musim penghujan. Pemilik ayam tsb sampai sekarang jadi teman dekat saya. DILANJUT! Mungkin daerah lain punya mitos? Bang Ferry Bun. Please.

Dobrak
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 86
Join date : 03.12.09
Age : 49
Lokasi : Cilamaya Kulon Kab. Karawang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mitos ayam aduan

Post  Hendro on Sat 06 Feb 2010, 05:39

Iqbal wrote:
Saya suruh dia untuk menggali, ini dorongan saya untuk pembuktian klo ayam tsb bukan ayam biasa. Dia menuruti saran saya, ternyata ayam tidak hancur setelah 4 bulan, kulit dan daging masih utuh padahal waktu itu musim penghujan. Pemilik ayam tsb sampai sekarang jadi teman dekat saya. DILANJUT! Mungkin daerah lain punya mitos? Bang Ferry Bun. Please.

Eiits...elok tenan....pasti ayam itu sangat ampuh waktu hidupnya sampai2 semut, belatung dan cacing tidak doyan sama daging dan kulitnya.....atau jangan2 sebelum dikubur sudah dibalsem dulu....? kayak mumi dong...he..he...he...

Silakan dilanjut kalo ada cerita atau pengalaman menarik semacam ini....sekalipun agak berbeda dengan judulnya tapi masih relevan dan memberi banyak manfaat untuk semua......

Salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

mitos ayam karang balé

Post  udinaja on Sat 06 Feb 2010, 11:28

Di daerah brebes,khussny masy. desa karang bale meyakini jika tpt mlm jumat KLIWON ada kokok ayam mk aym yg netes di mlm itu di percayai mewarisi sifat dn kedigdayaan aym karangbalé yg msh di perĺyai ADA secara ghaib.adapun ciri buluny brwarna merah.Cerita ini blm sepnhny lengkp..mk sy brniat menggali lbh jauh cerita ini jk sy plg ke brebes.Jujr scr pribdi sy mmprcyainya..karena bg sy 'keghaiban itu mmg benar adany,maaf jk sy salah.salam

udinaja
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 128
Join date : 02.02.10
Age : 36
Lokasi : bogor

Kembali Ke Atas Go down

mitos ayam

Post  gerimis on Sat 06 Feb 2010, 12:09

Kalo saya pribadi mitos2 mengenai ayam merupakan sebuah bukti warisan bahwa di indonesia memang sejak jaman dahulu sudah ada budaya adu ayam.
Saya pernah punya guru ayam bangkok ( botoh tua asal purwokerto) dia cerita bahwa ayam aduan itu ada hitungan primbonya. Seperti misalkan ayam jalak kaki putih diadunya sabtu legi (contoh). Atau kalau mau lepas ayam saat ngadu harus dari sebelah barat. Mungkin cara ini masih di pakai oleh botoh2 di daerah pulau jawa.


Salam Smile

gerimis
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 335
Join date : 01.02.10
Age : 35
Lokasi : jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mitos ayam aduan

Post  santoso on Sat 06 Feb 2010, 19:55

gerimis wrote:Kalo saya pribadi mitos2 mengenai ayam merupakan sebuah bukti warisan bahwa di indonesia memang sejak jaman dahulu sudah ada budaya adu ayam.
Saya pernah punya guru ayam bangkok ( botoh tua asal purwokerto) dia cerita bahwa ayam aduan itu ada hitungan primbonya. Seperti misalkan ayam jalak kaki putih diadunya sabtu legi (contoh). Atau kalau mau lepas ayam saat ngadu harus dari sebelah barat. Mungkin cara ini masih di pakai oleh botoh2 di daerah pulau jawa.


Salam Smile

gak ush terlalu percaya mas nanti jadi sirik loh

santoso
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 133
Join date : 14.10.09
Age : 45
Lokasi : palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mitos ayam aduan

Post  gerimis on Sun 07 Feb 2010, 02:13

santoso wrote:
gerimis wrote:Kalo saya pribadi mitos2 mengenai ayam merupakan sebuah bukti warisan bahwa di indonesia memang sejak jaman dahulu sudah ada budaya adu ayam.
Saya pernah punya guru ayam bangkok ( botoh tua asal purwokerto) dia cerita bahwa ayam aduan itu ada hitungan primbonya. Seperti misalkan ayam jalak kaki putih diadunya sabtu legi (contoh). Atau kalau mau lepas ayam saat ngadu harus dari sebelah barat. Mungkin cara ini masih di pakai oleh botoh2 di daerah pulau jawa.


Salam Smile

gak ush terlalu percaya mas nanti jadi sirik loh

Kalo saya sih ngga, itu guru saya yg sampai skrng masih menggunakan itu. Kalo saya sih lebih ke yang sifatnya logis aja ah.. Smile

gerimis
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 335
Join date : 01.02.10
Age : 35
Lokasi : jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mitos ayam aduan

Post  black_cocks on Sun 07 Feb 2010, 05:41

kl saya antara katuranggan (mitos) dng kenyataan hanya identik saja alias ada kemungkinan besar bener seperti itu bisa saja salah....

krn mitos spt itu kan jg dari hasil pengamatan tentunya....turun temurun

bagi yg percaya apabila kebetulan ayam yg dimiliki berkaturanggan tertentu memiliki sifat atau kemampuan spt yg sesuai dng katuraggannya...bagi yg tidak tu krn kebtulan ayam sifat ayam berkaturanggan yg dimiliki atau dilihat tidak sesuai dng katurangganya..

bagi saya hanya memang kebanyakan seperti itu misal ayam dng sisik bawah jari batu rante maka memiliki sifat pukulan yang besar keras....tapi kebanyakan memang seperti itu (dari beberapa ayam yg saya punya atau pernah saya liat)...meski ada jg yg tidak..makanya untuk yg sudah siap ya digebrak dulu untuk yakinnya...

tapi biasa saya pakai untuk memilih anakan...tapi itu bila indukannya dah terbukti kualitasnya..apabila memilih anak ayam diantara beberapa ekor maka saya akan cari2 dulu yg memiliki keunikan tertentu..entah sisik ubed, batu rante atau sisik melik kanan kiri, dll..

tpi saya tidak fanatik dng adanya katuranggan spt itu..harus benar2 melihat pada abarannya

smogta bermanfaat

black_cocks
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 131
Join date : 28.12.09
Age : 31
Lokasi : sukoharjo(selatan kota solo)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mitos ayam aduan

Post  alex pithik on Mon 22 Mar 2010, 23:14

Stuju dg black_cock.
Saya punya ayam, saking jelek katurangganya, saya beri nama SULAK. Ayam ini saya dptkn di pasar kiloan, seolah dia berkata, "Take me out man.."
Saya rawat sdh 4bln ini, sdh 3X abaran, hasilnya ciamik tenan.. Ayam yg sdh cukup pengalaman & cukup umur lawan tandingnya, di buat keteteran sama si SULAK. Masa depanmu cemerlang sulak.. I take you, so give me u'r fight win

alex pithik
kopral
kopral

Jumlah posting : 33
Join date : 20.03.10
Age : 46
Lokasi : Pankalan Bun Kalteng

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mitos ayam aduan

Post  Sponsored content Today at 17:11


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik