METODE SELEKSI TELUR

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

METODE SELEKSI TELUR

Post  haqi on Sat 13 Feb 2010, 18:00

..skrg sy lagi nyoba ternakin ayam kesayangan sy..1 pacek dan 4 babon,kbetulan yg 2 dah netas n yg 2 lg msh eram..salah satu babon netas 9 ekor,sayang jantannya cmn 4,anakan dr babon yg satunya lg blm dpt d liat jantan betina krn umurnya br 1 mggu..yg inggn sy tanyakan: bagaimana cr menyortir telor yg betina? ada yg menganjurkan memakai metode cincin emas,bgmn cr-nya? atokah msh ada cara/metode yg lain?..mohon pencerahannya..(maaf klo dah p'nah di posting,krn sy anggota br)..trims!

haqi
kopral
kopral

Jumlah posting : 31
Join date : 06.02.10
Age : 36
Lokasi : sleman jogjakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: METODE SELEKSI TELUR

Post  Tamu on Tue 16 Feb 2010, 11:17

saya nyeleksi telur pakai cara tradisional saja.. telur yang lancip/lonjong biasanya jantan, yang agak bulat betina..biasanya cara ini lumayan akurat 80-90%. kalo ada temen2 yang mo nambahin monggo! Laughing

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: METODE SELEKSI TELUR

Post  fakhry on Tue 16 Feb 2010, 15:16

haqi wrote:..skrg sy lagi nyoba ternakin ayam kesayangan sy..1 pacek dan 4 babon,kbetulan yg 2 dah netas n yg 2 lg msh eram..salah satu babon netas 9 ekor,sayang jantannya cmn 4,anakan dr babon yg satunya lg blm dpt d liat jantan betina krn umurnya br 1 mggu..yg inggn sy tanyakan: bagaimana cr menyortir telor yg betina? ada yg menganjurkan memakai metode cincin emas,bgmn cr-nya? atokah msh ada cara/metode yg lain?..mohon pencerahannya..(maaf klo dah p'nah di posting,krn sy anggota br)..trims!
mungkin eksperimen ini bisa membantu mas. kita pisah kan dulu telur yg lonjong atau lancip dengan telur yg agak bulat kemudian salah satu bentuk telur tersebut kita erami pada seekor ayam betina (bisa betina kampung) tanpa di campur dgn telur ayam tersebut yg tentu nya ayam betina tersebut dalam kondisi sedang mengeram sedangkan bentuk telur yg lain di erami oleh indukannya sendiri. Munngkin di situ lah kita bisa tahu kalau telur berbentuk agak lonjong itu akan menghasilkan anakan jantan dan yg agak bulau menghasilkan anakan betina. Sori kalo ada yg salah. Salam

fakhry
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 955
Join date : 10.01.10
Lokasi : Kota Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: METODE SELEKSI TELUR

Post  haqi on Tue 16 Feb 2010, 17:30

..@mas fakhry n mas goes babe..terima kasih atas tips2nya..

haqi
kopral
kopral

Jumlah posting : 31
Join date : 06.02.10
Age : 36
Lokasi : sleman jogjakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: METODE SELEKSI TELUR

Post  dipa_opics on Mon 16 Apr 2012, 14:17

Maaf baru ikut nimbrung perihal masalah seleksi telur karena saya baru dapat info katanya setelah telur diseleksi dari bentuk kemudian ada bbrp peternak yg menseleksi lagi telur nya dgn dimasukan kedalam air.
telur lonjong hasil seleksi bentuk yg tenggelam katanya akan menghasilkan produk unggulan sedangkan yang mengambang atau mengapung belum tentu akan menghasilkan anakan jantan yang bagus.
apa benar seperti itu? apa telur kalau dimasukan kedalam air tetap akan menetas setelah dieramin?

tolong dong info nya bagi para peternak yg sdh nahun (bertahun-tahun) menjiwai ayam nih termasuk dedengkot papaji: pak moderator, pak admin dan pak eko jaghana ksh info nya.

tararengkyu.....

dipa_opics
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 451
Join date : 02.04.12
Lokasi : Bogor

Kembali Ke Atas Go down

Re: METODE SELEKSI TELUR

Post  riokoji on Mon 16 Apr 2012, 14:43

Hayo pak hendro,mas ary,dan mas eko jaghana.ada yg panggil2 nama mu tuh...hihihi... Razz

riokoji
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 439
Join date : 18.12.11
Age : 30
Lokasi : Manggarai jakarta selatan

Kembali Ke Atas Go down

Re: METODE SELEKSI TELUR

Post  ipul on Mon 16 Apr 2012, 14:59

jika berternak pacek + babon sudah memenuhi keinginan kita, anak2nya yang jantan akan dapat di ketahui bagus atau tidak tunggu sampe lancuran dan sudah di abar beberapa kali,..kadang2 pacek bagus babon bagus kalau tidak cocok anak2nya jelek ( namun kalau 2-2nya bagus biasanya rata-rata anakanya bagus)

kalau saya semua telur ditetesin yang keluar jantan atau betina sama saja hehehe,...( jantan di peliara sampai gede, betina 2 bulan sudah cukup untuk di konsumsi ^_^)

kalau masalah telur yang tenggelam atau mengambang setau saya untuk mengetes telur yang sudah dierami 21 hari jika tenggelam telurnya tidak jadi / tidak akan mecah,.. kalau mengambang 1/2 nya dan bergerak2 berarti ada kehidupan dalam telurnya dan akan mecah...

hoby ayam belum tentu hoby berternak
hoby berternak biasanya hoby ayam

jadi dalam berternak kudu sabar ^_^


ipul
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 777
Join date : 21.12.09
Lokasi : Brebes-jawa tengah,.Jl.sunan gunung jati 3 Kel. Limbangan Wetan, kec. Brebes

http://limbanganfarm.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: METODE SELEKSI TELUR

Post  kedubrag on Mon 16 Apr 2012, 15:29

goes babe wrote:saya nyeleksi telur pakai cara tradisional saja.. telur yang lancip/lonjong biasanya jantan, yang agak bulat betina..biasanya cara ini lumayan akurat 80-90%. kalo ada temen2 yang mo nambahin monggo! Laughing
yg ini jago seleksi saya aja dikasih kutuk 3 ekor jadinya betina semua,......wkwkwkwkwk piss bang.

kedubrag
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 913
Join date : 18.10.11
Lokasi : depok, jawa barat

http://idbrahimovic@gmail.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: METODE SELEKSI TELUR

Post  henz on Mon 16 Apr 2012, 20:04

Kalo telurnya ngambang telurnya berarti sdh rusak. Kalo dulu orang banyak bilang, telur yg lonjong adalah calon jantan.....tapi kalo teori skrg, yg besar dan lebih bulat ujung telurnya, itu yg jantan. pastinya saya blm yakin, baru dicoba 1,5bln, saya sortir yg bundar saja yg saya tetasin. tapi kelihatannya sortiran saya ternyata benar banyak jantannya.....

henz
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 325
Join date : 13.04.12
Lokasi : Cemara Farm, Cicalengka Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: METODE SELEKSI TELUR

Post  dipa_opics on Tue 17 Apr 2012, 10:48

@kang Henz: Hatur Nuhun Info na, salam ka warga cicalengka ya

dipa_opics
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 451
Join date : 02.04.12
Lokasi : Bogor

Kembali Ke Atas Go down

Re: METODE SELEKSI TELUR

Post  henz on Tue 17 Apr 2012, 18:04

sawangsulna kang dipa......

henz
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 325
Join date : 13.04.12
Lokasi : Cemara Farm, Cicalengka Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: METODE SELEKSI TELUR

Post  coki on Tue 17 Apr 2012, 23:06

haqi wrote:..skrg sy lagi nyoba ternakin ayam kesayangan sy..1 pacek dan 4 babon,kbetulan yg 2 dah netas n yg 2 lg msh eram..salah satu babon netas 9 ekor,sayang jantannya cmn 4,anakan dr babon yg satunya lg blm dpt d liat jantan betina krn umurnya br 1 mggu..yg inggn sy tanyakan: bagaimana cr menyortir telor yg betina? ada yg menganjurkan memakai metode cincin emas,bgmn cr-nya? atokah msh ada cara/metode yg lain?..mohon pencerahannya..(maaf klo dah p'nah di posting,krn sy anggota br)..trims!

Telur tersebut Harus minimal 2 Minggu telah di erami. tinggal tunggu 1 minggu menetas. Buat iseng-iseng Tebak-Tebak Buah Manggis.
Caranya :
1. Cincin EMAS Murni harus yg 5 gram tidak lebih tidak kurang.
2. Kemudian Cincin tersebut di ikat benang jahit dan di Jantur. cukup 15 cm saja benangnya.
3. pengang Telur di tangan Kiri dan pengan Ujung Benang yg sudah ada cincinnya di tangan Kanan.
4. Cincin yg di jantur tersebut kita dekatkan dengan Telur.
5. Perhatikan Arah cincin bergerak.
6. Jika Cincin bergerak ke depan dan ke belakang. Maka telur tersebut Jantan
7. Jika Cincin bergerak melingkar. Maka telur tersebut Betina.
OK''

coki
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1274
Join date : 10.01.12
Age : 34
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: METODE SELEKSI TELUR

Post  Andi Babe on Wed 18 Apr 2012, 00:42

lonjong jantan / bulat betina percaya atau tidak..........

Andi Babe
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3513
Join date : 08.04.12
Lokasi : Beliton Farm Palembang 082178678607

http://beliton.farm.yahoo.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: METODE SELEKSI TELUR

Post  Tamu on Thu 19 Apr 2012, 09:55

kedubrag wrote:
goes babe wrote:saya nyeleksi telur pakai cara tradisional saja.. telur yang lancip/lonjong biasanya jantan, yang agak bulat betina..biasanya cara ini lumayan akurat 80-90%. kalo ada temen2 yang mo nambahin monggo! Laughing
yg ini jago seleksi saya aja dikasih kutuk 3 ekor jadinya betina semua,......wkwkwkwkwk piss bang.

lagian disuruh milih sendiri g mau tongue
kuthuknya juga br umur 3 hari pengen disosor confused
yauda gw asal ngambil aja.. emang rejeki ente dapet babon tongue



Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: METODE SELEKSI TELUR

Post  Kuncoro on Thu 19 Apr 2012, 11:41

coki wrote:
haqi wrote:..skrg sy lagi nyoba ternakin ayam kesayangan sy..1 pacek dan 4 babon,kbetulan yg 2 dah netas n yg 2 lg msh eram..salah satu babon netas 9 ekor,sayang jantannya cmn 4,anakan dr babon yg satunya lg blm dpt d liat jantan betina krn umurnya br 1 mggu..yg inggn sy tanyakan: bagaimana cr menyortir telor yg betina? ada yg menganjurkan memakai metode cincin emas,bgmn cr-nya? atokah msh ada cara/metode yg lain?..mohon pencerahannya..(maaf klo dah p'nah di posting,krn sy anggota br)..trims!

Telur tersebut Harus minimal 2 Minggu telah di erami. tinggal tunggu 1 minggu menetas. Buat iseng-iseng Tebak-Tebak Buah Manggis.
Caranya :
1. Cincin EMAS Murni harus yg 5 gram tidak lebih tidak kurang.
2. Kemudian Cincin tersebut di ikat benang jahit dan di Jantur. cukup 15 cm saja benangnya.
3. pengang Telur di tangan Kiri dan pengan Ujung Benang yg sudah ada cincinnya di tangan Kanan.
4. Cincin yg di jantur tersebut kita dekatkan dengan Telur.
5. Perhatikan Arah cincin bergerak.
6. Jika Cincin bergerak ke depan dan ke belakang. Maka telur tersebut Jantan
7. Jika Cincin bergerak melingkar. Maka telur tersebut Betina.
OK''
Setuju bang, kl gak ada cincin emas bisa pake jarum jahit yg paling besar. Krn ujung jarum jahit sangat sensitif. Smoga bermanfaat.

Kuncoro
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 126
Join date : 16.02.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: METODE SELEKSI TELUR

Post  Andi Babe on Thu 19 Apr 2012, 11:54

SETUJU pake jaru jahit ,.. biar yg netas jantan jalunya kaya jarum...hahahahahahah.....becanda.. Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Razz Razz Razz

Andi Babe
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3513
Join date : 08.04.12
Lokasi : Beliton Farm Palembang 082178678607

http://beliton.farm.yahoo.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: METODE SELEKSI TELUR

Post  hadi97 on Thu 19 Apr 2012, 12:29

Andi Babe wrote:SETUJU pake jaru jahit ,.. biar yg netas jantan jalunya kaya jarum...hahahahahahah.....becanda.. Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Razz Razz Razz
atau pake linggis.. Very Happy Very Happy

hadi97
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1258
Join date : 15.12.11
Age : 37
Lokasi : Makassar CP 081343181946/PIN 26182769

Kembali Ke Atas Go down

Re: METODE SELEKSI TELUR

Post  Andi Babe on Thu 19 Apr 2012, 12:50

KALAU pake linggis TELOR DINOSAURUS dong namanya mas hadi wkwkwkw... Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy

Andi Babe
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3513
Join date : 08.04.12
Lokasi : Beliton Farm Palembang 082178678607

http://beliton.farm.yahoo.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: METODE SELEKSI TELUR

Post  wahono on Tue 24 Apr 2012, 09:47

" caranya gimana mas???"
Cool Cool

wahono
kopral
kopral

Jumlah posting : 48
Join date : 24.04.12
Age : 36
Lokasi : Kedri

Kembali Ke Atas Go down

Re: METODE SELEKSI TELUR

Post  Ringgas Hutagaol on Tue 24 Apr 2012, 11:26

Saya sdh coba semua metoda yang disarankan disini, tapi tidak ada yang terbukti. Sebaiknya yang disampaikan disini adalah pengalaman teman2 yang sdh pernah dicoba sendiri dan terbukti. Kalau yang konon2 itu sebaiknya disimpan saja karena bisa menyesatkan orang lain.

Bentuk telur tidak berpengaruh pada kelamin, faktanya : telur ayam ras yang tidak dibuahin bentuknya berbeda-beda. Ada yang bulat, lonjong, besar, kecil, lancip, tumpul, dll. Apa ada yang bisa membantah fakta ini ? Mari kita diskusikan ....

Ringgas Hutagaol
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1055
Join date : 27.02.11
Age : 52
Lokasi : Jakarta Utara - 081398023456

Kembali Ke Atas Go down

Re: METODE SELEKSI TELUR

Post  Sponsored content Today at 01:38


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik