Ngirim ayam lewat darat..

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Ngirim ayam lewat darat..

Post  Jhon Gultom on Mon 15 Feb 2010, 16:37

Saya mw bw ayam dari jakarta ke jambi dengan bis, nah perlakuannya bagaimana mengingat jarak yang jauh.

Jhon Gultom
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1369
Join date : 14.10.08
Age : 34
Lokasi : jatibening, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngirim ayam lewat darat..

Post  amrogen on Mon 15 Feb 2010, 17:04

ini sy ada pengalaman ...
persiapan:

1. box (ukuran 70x25x60)supaya ayam bisa duduk, berdiri
cukup ventilasi...alasi dg pelepah pohon pisang..
2. makan yg lembek nasi/pur jangan terlalu banyak,hati2 tembolok macet..
tomat dan gula merah..
3. taruh ditempat teduh...waktu di dalam bis, pada saat istirahat biarkan ayam keluar box untuk sekedar kepak2 atau relaksasi otot2nya...
4. jangan kirim ayam dalam kondisi sakit, atau baru divaksin...

monggo yg laen ...sharing Very Happy

agun/krw

amrogen
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1276
Join date : 12.09.08
Lokasi : Klarifornia, Karawang West Java

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngirim ayam lewat darat..

Post  jayadi on Mon 15 Feb 2010, 17:15

Mas Amrogen, pakai box sebesar itu apa ngga repot bawanya..??
Kalau cuma 1-2 ekor, pake kisa juga bisa kali mas...

Setiap berhenti, ayam dikeluarkan. Biarkan kepak2, usap pakai spon basah dan kasih makan voor. Tidak usah terlalu banyak krn kalau makannya banyak, kotorannya juga jadi banyak.

Sebaiknya perjalanan malam hari supaya adem.
Smile

jayadi

Jumlah posting : 2
Join date : 15.02.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngirim ayam lewat darat..

Post  Hendro on Mon 15 Feb 2010, 18:24

Pendapat Kang Agun & mas Jayadi benar, mengirim ayam via darat bisa menggunakan boks atau kisa tergantung jumlah dan kondisi kendaraannya.....beberapa hari yang lalu saya mengirimkan ayam dari Semarang menuju Belitang Martapura Sumatera Selatan dengan menggunakan bis non AC....ayam ditempatkan dalam kisa yang alasnya diberi koran basah setiap bis berhenti istirahat ayam dikeluarkan dari kisa biar kepak2 sayap dan relaksasi dan alas koran diganti baru tapi tetap dicelup air dulu, sebelum dimasukkan dalam kisa, ayam diseka air untuk menurunkan suhu tubuhnya.....setelah menempuh perjalanan selama 40 jam ayam tiba di Belitang dalam kondisi baik dan sehat.....
Lebih baik jika ayam diberi suplemen vitamin sebelum perjalanan untuk menjaga kondisi....

Salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngirim ayam lewat darat..

Post  D@ffa on Mon 15 Feb 2010, 19:40

benar pak hendro, saya pernah bawa 2 ekor ayam dari makassar sampai medan via darat, dari makassar naik kapal turun di surabaya, dari surabaya naik bus als sampai medan. perlakuannya gak rumit, waktu bus berhenti dirumah makan ayam dikeluarkan bergantian utk kepak2 sayap lalu dikasih makan habis itu dilap badannya pakai spon yg dah saya siapkan, krn bawa 2 ekor ayam diurusnya bergantian, selesai ngurus ayam baru saya bersih2 dan makan, selama 4 hari 3 malam perjalanan ayam sehat dan bugar.....salam.

D@ffa
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 175
Join date : 11.07.09
Age : 38
Lokasi : Medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngirim ayam lewat darat..

Post  Marlone on Mon 15 Feb 2010, 19:42

emang dodol lo ya jon kaya gitu aja pake nanya di forum
hahahaha..udah tau gw sering dikirimin ayam dari medan k jakarta....
cukup dikisain aja coy..terus dikasih makan deh kalo bisnya berhenti..hahahahahahaha

Marlone
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 67
Join date : 27.11.08
Age : 28
Lokasi : Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngirim ayam lewat darat..

Post  ferry bun on Wed 17 Feb 2010, 00:09

Marlone wrote:emang dodol lo ya jon kaya gitu aja pake nanya di forum
hahahaha..udah tau gw sering dikirimin ayam dari medan k jakarta....
cukup dikisain aja coy..terus dikasih makan deh kalo bisnya berhenti..hahahahahahaha
galak amat Bozz......

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngirim ayam lewat darat..

Post  Sponsored content Today at 06:52


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik