cara membuat tulang lebih kuat

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

cara membuat tulang lebih kuat

Post  aris setiawan on Mon 15 Feb 2010, 20:56

tiap hari di beri minum susu yang memmpunyai kadar kalsium tinggi plus di tambah sedikit makanan pur yang sesuai dengan umur ayam,lalu di campur

aris setiawan

Jumlah posting : 1
Join date : 29.01.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara membuat tulang lebih kuat

Post  rio on Mon 15 Feb 2010, 21:50

Setuju Mas...itu bisa dilakukan.
Namun mesti diingat, ketika ayam memasuki masa remaja harus dikurangi

rio
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 204
Join date : 16.06.09
Age : 52
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara membuat tulang lebih kuat

Post  ferry bun on Mon 15 Feb 2010, 23:01

rio wrote:Setuju Mas...itu bisa dilakukan.
Namun mesti diingat, ketika ayam memasuki masa remaja harus dikurangi
kenapa ya mas masa remaja dikurangi ???????? Question Question Question Question

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara membuat tulang lebih kuat

Post  rio on Tue 16 Feb 2010, 12:52

Masa anak2 s/d masa remaja perlu dimanjakan dengan makanan yg kadar lemak dan kalsium tinggi.
Hal ini dilakukan agar pertumbuhan ayam dapat sesuai dengan yg kita inginkan.

Tapi menjelang remaja harus dikurangi, dengan tujuan agar ayam tidak terlalu gemuk dan terlalu besar.
Ayam yg terlalu gemuk, akan sedikit sulit pada masa perawatan adu dan ayam yg terlalu besar = terlalu kecil ( akan susah cari tandingannya saat diadu ).

Itu yg saya jalani selama ini, jadi ketika ayam umur 8 bulan..ukurannya cukup dan berat badan / tulang yg ideal ( +/- ukuran 7,5 ).

Maklumlah saya kan ternak untuk dijual...jadi untuk memenuhi keinginan konsumen.

rio
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 204
Join date : 16.06.09
Age : 52
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara membuat tulang lebih kuat

Post  haqi on Tue 16 Feb 2010, 18:25

rio wrote:Masa anak2 s/d masa remaja perlu dimanjakan dengan makanan yg kadar lemak dan kalsium tinggi.
Hal ini dilakukan agar pertumbuhan ayam dapat sesuai dengan yg kita inginkan.

Tapi menjelang remaja harus dikurangi, dengan tujuan agar ayam tidak terlalu gemuk dan terlalu besar.
Ayam yg terlalu gemuk, akan sedikit sulit pada masa perawatan adu dan ayam yg terlalu besar = terlalu kecil ( akan susah cari tandingannya saat diadu ).

Itu yg saya jalani selama ini, jadi ketika ayam umur 8 bulan..ukurannya cukup dan berat badan / tulang yg ideal ( +/- ukuran 7,5 ).

Maklumlah saya kan ternak untuk dijual...jadi untuk memenuhi keinginan konsumen.
...setuju...! sy pernah bc di artikel ayam laga,kalo gk salah penulisnya mas adek harahap..pemberian susu yg di campur voor sampai umur 4 bln saja,karena fase emas pertumbuhan ayam pada usia 0 - 4 bln,usia di mana prosentasi kalsium sgt di butuhkan..

haqi
kopral
kopral

Jumlah posting : 31
Join date : 06.02.10
Age : 36
Lokasi : sleman jogjakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara membuat tulang lebih kuat

Post  Administrator on Wed 17 Feb 2010, 00:46

Sy agak ragu dgn pemberian susu utk ayam. Entah benar atau tidak, sy berpikir bahwa susu adlh makanan untuk hewan menyusui dimana ada kandungan laktosa di dalamnya. Laktosa adlh gula susu. Gula susu ini harus diproses di dalam tubuh, dipecah menjadi monosakarida yg siap diserap oleh tubuh yaitu menjadi glukosa dan galaktosa. Proses pemecahan laktosa membutuhkan enzim laktase yg hanya ada pada hewan menyusui.

Jika enzim laktase tidak ada, maka laktosa yg ada tidak akan mengalami proses pencernaan. Selanjutnya, laktosa yg tdk dicerna ini akan dipecah oleh bakteri, dan terjadi fermentasi di dalam usus. Akhirnya menimbulkan gas, menyebabkan kembung dan rasa sakit. Laktosa yg tersisa menyebabkan tidak adanya penyerapan air pada feses. Kotoran akan encer (cair/mencret) dan bisa menimbulkan dehidrasi akibat diare.

Selain itu, sistem pencernaan ayam (unggas) berbeda dgn hewan menyusui. Unggas menyimpan dulu makanannya di dalam tembolok, sementara mamalia langsung mengolah makanan yg masuk.
Sy khawatir, susu yg tersimpan di tembolok, bercampur dgn enzim2, tersimpan dalam jangka waktu tertentu, bisa menyebabkan susu menjadi basi.

Kalau sekedar utk memenuhi kebutuhan kalsium, masih ada makanan substitusi lain yg sy anggap lebih cocok. Grit, kalk, tepung tulang, biofost, dll.

Ini sekedar wacana pemikiran lho... Kalau rekan2 punya pengalaman bahwa susu baik utk ayam, ya silakan dilanjut.
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara membuat tulang lebih kuat

Post  fakhry on Wed 17 Feb 2010, 02:04

Kalo untuk memenuhi kebutuhan kalsium sih memang cukup dgn kalk atau tepung tulang.

fakhry
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 955
Join date : 10.01.10
Lokasi : Kota Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara membuat tulang lebih kuat

Post  akikeren on Wed 17 Feb 2010, 20:24

Mas Cobain kayaknya lagi nyoba metode tersebut. Gimana hasilnya Mas Cobain?

akikeren
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 109
Join date : 28.07.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara membuat tulang lebih kuat

Post  cobain on Wed 17 Feb 2010, 20:35

kalao mnurut saya seh terjadi perbedaan signifikan mas,,saya sudah tes ngambil dari teman ternakan disini, ditempat dia ada 8 anakan terdiri dari 5 jantan dan 3 betina,,,,dari kelima jantan saya ambil sebagai sample 2 ekor,,setelah saya pelihara kuranglebih satu bulan anakan ayam ditempat saya menjadi lebih besar daripada sodara-saodaranya yg masih diternakan aslinya,,,tapi ini saya ambil sample aja lho mas,,,,secara statistik aja tanpa melihat kondisi-kondisi diluar pakan plus susu,,,,,,,,mksh

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara membuat tulang lebih kuat

Post  ipul on Thu 18 Feb 2010, 16:53

ngomong2 kalk itu beli dimana ya??,... maklum baru tau

ipul
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 777
Join date : 21.12.09
Lokasi : Brebes-jawa tengah,.Jl.sunan gunung jati 3 Kel. Limbangan Wetan, kec. Brebes

http://limbanganfarm.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara membuat tulang lebih kuat

Post  wIRa on Thu 18 Feb 2010, 17:05

ipul wrote:ngomong2 kalk itu beli dimana ya??,... maklum baru tau

di apotik-apotik terdekat jg ada boss,,,,,,,,,
selamat mencoba,,,,,,,,,, cheers

wIRa
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 54
Join date : 30.12.09
Age : 46
Lokasi : Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara membuat tulang lebih kuat

Post  mas anto klaten on Tue 02 Mar 2010, 12:12

memang ada pengaruhnya ke tulang kalau dikasih kalk?......
kalau ngasih kalk sampai umur berapa?............
nuwun

mas anto klaten
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 748
Join date : 26.11.09
Age : 45
Lokasi : wedi klaten

http://hadiyantoprima@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara membuat tulang lebih kuat

Post  alvin85 on Tue 02 Mar 2010, 15:13

maaf saya pemula..!
kalo ayamnya di kasi minum susu cair mungkin kalo di simpan lama di tembolok bisa basi..! tapi kalo susu bubuk di campur dgn makanan ayam ? apa berpengaruh juga di tembolok yah??? Question

alvin85
kopral
kopral

Jumlah posting : 20
Join date : 30.01.10
Age : 31
Lokasi : Kupang _ NTT

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara membuat tulang lebih kuat

Post  Hendro on Tue 02 Mar 2010, 20:08

alvin85 wrote:maaf saya pemula..!
kalo ayamnya di kasi minum susu cair mungkin kalo di simpan lama di tembolok bisa basi..! tapi kalo susu bubuk di campur dgn makanan ayam ? apa berpengaruh juga di tembolok yah???

Mas Alvin...semua makanan jika masuk tembolok pasti akan basi...karena memang fungsi tembolok adalah penyimpan makanan pada unggas sebelum dilumat/dihancurkan oleh usus...

Salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara membuat tulang lebih kuat

Post  cobain on Tue 02 Mar 2010, 20:20

alvin85 wrote:maaf saya pemula..!
kalo ayamnya di kasi minum susu cair mungkin kalo di simpan lama di tembolok bisa basi..! tapi kalo susu bubuk di campur dgn makanan ayam ? apa berpengaruh juga di tembolok yah??? Question

wakkakakaaa,justru kalao sudah sampai masuk tembolok ngga bisa basi malah bahaya mas,,itu namnya dia ngga bisa dicerna,,,kalao makanan mau dicerna kan memang harus dihancurkan dulu mas sama zat2 kimia didalam saluran pencernaan

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

agar tulang lebih tebal

Post  udinaja on Tue 02 Mar 2010, 20:31

menurut saya kebutuhan kalsium slm pertumbuhan tlg ayam selain dr kalk,tpg tlg atopun susu bisa di dpt jg dr berbagai macam sayuran hijau,mis. daun bayam,daun ubi jalar,sawi bs jg trmsk tanaman rumput yg tumbuh di sektr kta...ato klo dr smbr hewani mis. keong mas,udang,berbgai mcm kerang,ketam dan bgsa yuyu trtm pd cangkangnya,dll...jd utk yg berkntg tps mcm sy lbh tpt memkai cr ini..back to nature...mhn mf klau keliru.salam

udinaja
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 128
Join date : 02.02.10
Age : 36
Lokasi : bogor

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara membuat tulang lebih kuat

Post  mas anto klaten on Fri 23 Jul 2010, 08:04

menurut informasi kalau dikasih susu formula untuk bayi/anak akan ada pengaruhnya pada tulang dan besarnya ayam, jadi bukan susu untuk hewan ternak menyusui. nuwun

mas anto klaten
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 748
Join date : 26.11.09
Age : 45
Lokasi : wedi klaten

http://hadiyantoprima@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara membuat tulang lebih kuat

Post  jaghana on Fri 23 Jul 2010, 10:26

udin_kopral wrote:menurut saya kebutuhan kalsium slm pertumbuhan tlg ayam selain dr kalk,tpg tlg atopun susu bisa di dpt jg dr berbagai macam sayuran hijau,mis. daun bayam,daun ubi jalar,sawi bs jg trmsk tanaman rumput yg tumbuh di sektr kta...ato klo dr smbr hewani mis. keong mas,udang,berbgai mcm kerang,ketam dan bgsa yuyu trtm pd cangkangnya,dll...jd utk yg berkntg tps mcm sy lbh tpt memkai cr ini..back to nature...mhn mf klau keliru.salam

jangan lupa imunisasi....waakakkkakkk.... Razz Razz Laughing Laughing lol!

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara membuat tulang lebih kuat

Post  paul on Thu 29 Jul 2010, 23:01

kalau saya belum pernah nyoba susu, biasanya saya pakai kalk aja, 2-3 hari sekali + makanan yang bergizi, sesekali dikasih tepung ikan atau ikan segar, ikan kecil-kecil dikasihkan hidup-hidup, kalau ikan besar dicacah dulu supaya tulangnya empuk dan bisa ditelan. makanan pokok tetap jagung atau gabah campur dedak untuk ayam umur dibawah 6 bulan. setelah 6 bulan tidak pernah lagi dikasih dedak. dan saya juga tidak pernah pakai voor. sayuran rutin hampir tiap hari, hhanya sekedar campuran atau selingan saja.

paul
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 195
Join date : 13.07.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara membuat tulang lebih kuat

Post  rooster on Sun 05 Sep 2010, 05:05

cara pemberian kalknya gmn y????
maklum amatir nich. Smile Smile Smile Smile Smile Smile Smile

rooster
kopral
kopral

Jumlah posting : 15
Join date : 01.06.10
Lokasi : cikampek karawang jawa barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara membuat tulang lebih kuat

Post  janto_pekalongan on Mon 06 Sep 2010, 01:14

mas anto klaten wrote:memang ada pengaruhnya ke tulang kalau dikasih kalk?......
kalau ngasih kalk sampai umur berapa?............
nuwun
Kalo dr pengalaman saya, kalk memang berpengaruh terhadap Pertumbuhan tulang seekor ayam.
dan yg saya memberi kalk pada anak ayam dr mulai umur 1-6bulan saja,sbab dr yg sudah pernah saya amati,pemberian kalk dg takaran yg sama pada ayam usia lbih dr 6 bulan justru menjadikan tulangan ayam itu menjadi kaku. tp itu hanya menurut pengalaman dan pengamatan saya lho mas.

salam Smile

janto_pekalongan
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 135
Join date : 01.08.10
Age : 40
Lokasi : pekalongan

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara membuat tulang lebih kuat

Post  pak_tri on Mon 06 Sep 2010, 05:13

ha..ha..ha... susunya buat saya aja mas.......!!
biar badan saya jadi gemuk......!!!

pak_tri
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1783
Join date : 02.06.10
Lokasi : Semarang

http://www.facebook.com/notifications.php#!/profile.php?id=10000

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara membuat tulang lebih kuat

Post  ojieg on Mon 06 Sep 2010, 11:45

pengalaman pribadi saya menunjukkan bahwa pemberian susu pada ayam usia 0-4 blm memberikan dampak signifikan pada tumbuh kembang anakan, 3 tahun yg lalu saya mulai coba mempraktekkan hal ini dg uji coba tetatasan 2 indukan yg berbeda masing-masing saya ambil setengahnya, saya berikan perlakuan yg berbeda, ternyata hasilnya berbeda jauh, baik dari ukuran maupun kebugarannya(gerakan lebih aktif dan kuat) semenjak itu saya selalu memberikan susu pada anak2 ayam saya.

ojieg
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 565
Join date : 26.03.09
Lokasi : Jombang-Jatim

http://pojokdesa.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara membuat tulang lebih kuat

Post  Hendro on Mon 06 Sep 2010, 12:21

pak_tri wrote:ha..ha..ha... susunya buat saya aja mas.......!!
biar badan saya jadi gemuk......!!!

Wah pak Tri ini sudah mau punya CUCU kok masih suka SUSU.....he...he...he... Razz Razz

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara membuat tulang lebih kuat

Post  danks on Mon 06 Sep 2010, 19:53

Administrator wrote:Sy agak ragu dgn pemberian susu utk ayam. Entah benar atau tidak, sy berpikir bahwa susu adlh makanan untuk hewan menyusui dimana ada kandungan laktosa di dalamnya. Laktosa adlh gula susu. Gula susu ini harus diproses di dalam tubuh, dipecah menjadi monosakarida yg siap diserap oleh tubuh yaitu menjadi glukosa dan galaktosa. Proses pemecahan laktosa membutuhkan enzim laktase yg hanya ada pada hewan menyusui.

Jika enzim laktase tidak ada, maka laktosa yg ada tidak akan mengalami proses pencernaan. Selanjutnya, laktosa yg tdk dicerna ini akan dipecah oleh bakteri, dan terjadi fermentasi di dalam usus. Akhirnya menimbulkan gas, menyebabkan kembung dan rasa sakit. Laktosa yg tersisa menyebabkan tidak adanya penyerapan air pada feses. Kotoran akan encer (cair/mencret) dan bisa menimbulkan dehidrasi akibat diare.

Selain itu, sistem pencernaan ayam (unggas) berbeda dgn hewan menyusui. Unggas menyimpan dulu makanannya di dalam tembolok, sementara mamalia langsung mengolah makanan yg masuk.
Sy khawatir, susu yg tersimpan di tembolok, bercampur dgn enzim2, tersimpan dalam jangka waktu tertentu, bisa menyebabkan susu menjadi basi.

Kalau sekedar utk memenuhi kebutuhan kalsium, masih ada makanan substitusi lain yg sy anggap lebih cocok. Grit, kalk, tepung tulang, biofost, dll.

Ini sekedar wacana pemikiran lho... Kalau rekan2 punya pengalaman bahwa susu baik utk ayam, ya silakan dilanjut.
Smile
Mas klo dapetin grit, tepung tulang n biofost dimana n cara pemberiannya bagaimana ?

danks
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 736
Join date : 24.01.10
Age : 46
Lokasi : Bandung Barat

http://www.sketsabisnis.com/?id=bisnisku

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara membuat tulang lebih kuat

Post  Sponsored content Today at 11:11


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik