Penangkal flu burung

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Penangkal flu burung

Post  AHINJAWARA on Tue 31 Jul 2012, 23:12

Salam .. semuanya...................
share pengalaman,,,,minggu lalu atau sebulan ini byk kalangan diserang flu burung atau penyakit apa saya jg kurang paham..daerah bt kuis byk ayam yg mati baik kampung/bangkok..begitu jg didaerah siantar dan khususnya di sidamanik (kampung borek) jauh di balik kebun teh,,
Minggu lalu bawa ayam ke sidamanik kata saudara saya, ayam tetangga,(pas kandang bersebelahan hanya dibatasi tepas bambu) dpn rumah dan sekitarnya ayam pada mati...KENAPA dikandang saudara saya satu pun ngak ada yang mati..(sehat semua)..
MENURUT DIA karena sisa pembakaran (arang)
Arang disebar kesetiap sudut kandang dan ada jg dibiarkan untuk dimakan setiap harinya..
Di siantar jg farm teman,,,Arang digantung disetiap sudut kandang,, ayam jg sehat (tapi ngak dibiarkan untuk dimakan)

APAKAH ARANG memang bisa untuk penangkal virus AYAm?


AHINJAWARA
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 200
Join date : 21.05.12
Age : 44
Lokasi : MEDAN-P.SIANTAR

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penangkal flu burung

Post  sant on Wed 01 Aug 2012, 14:57

ada 2 kemungkinan yg menyerang dan semuanya adalah penyakit virus.
ND atau H5N1 tergantung dari ciri2 fisik ayam yg sudah mati.
penyakit virus tidak ada penangkal kecuali vaksinasi.
Mungkin kebetulan aja kandang tersebut tidak terserang ... jadi aman.
Monggo di koment yg lain.

sant
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 174
Join date : 16.01.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penangkal flu burung

Post  AgungSedayu717 on Wed 01 Aug 2012, 18:13

#Maaf ,Mo nimbrung ni Mas...
Kalo orang tua dahulu di t4 aku kasih tips begini:
#Di tiap2 sudut kandang ditempeli tapal kuda (biasanya bekas) nah katanya mereka percaya bisa "kalis" (terhindar) dari segala penyakit.
Kalo temen ada yg kasih tips begini:
# Jarak kaki (panjang kaki) kandang dengan tanah minimal antara 50cm s/d 80cm.
maksut dan tujuanya :
-mudah dlm membersihkan kotoran dan sisa makanan dan
-yang penting uap kotoran yg jatuh di bawah kandang tdk bisa terhirup Si ayam (pernafasan sehat)/Dengan jarak kaki kandang tsb uap tdk bisa sampai ke Ayam.
#Kalo cuaca dingin seperti saat ini makanan bisa dicampur dengan unsur lain yg tdk beracun mislnya:
-dari bahan kimiawi misalnya :Sulfamix
-dari rempah2an misalnya :madu sari bunga randu, kencur,cabe (sering buatjamu jawa) bukan cabai lho dll yg intinya buat suhu badan hangat .
#Kebersihan tanah di jaga dan dirawat.
#Untuk pencegahan paling efektif flu burung adalah dengan menyiram lahan tanah lokasi peternakan dengan air detergen sisa nyuci2 pakaian (kalo perlu buat air dicampur detergen khusus untuk siram tanah lok kandang peternakan, red.sumber dari dinas peternakan kab,Sleman)
#Untuk pencegahan virus Nd kalo mau yg praktis pakek "Vaksin ND-in actif " karena bila ada sisa masih bisa untuk besok, biasanya kalo dari Dinas Peternakan Vaksinya jenis activ .Jadi sekali dibuka harus habis dan bahkan tdk boleh lebih dari 30menit harus habis dengan perlakuan suhu tertentu harus dipertahankan.
Perbedaan antara Vaksin ND activ dan Vaksin ND in-actif adalah pemberian berkala vaksinasinya
, yaitu 3-4 bulan (Vaksin ND actif) dengan 1-2 bulanan (Vaksin ND in-actif)
#Nah ada lagi yang Farmnya dikondisikan kandang dibuatkan didalam rumah lantai dasar tetap tanah/ubin .Tujuanya adalah menghindari air hujan masuk ke lok kandang ,bila air hujan kena kotoran ayam maka akan terjadi reaksi dan menimbulkan gas. Dan gas tsb bila terhirup niscaya akan mati ,fisik jengger dll berwarna kebiru-biruan karena gas merusak sistem pernapasan (g ada obatnya kalo kena gas tsb )
Nah smoga dpt bermanfaat ,mohon koreksinya to all members PAPAJI ....
Tq



AgungSedayu717
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 108
Join date : 25.07.12
Age : 44
Lokasi : Yogyakarta ,Bantul

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penangkal flu burung

Post  putra guba on Wed 01 Aug 2012, 20:25



MENURUT DIA karena sisa pembakaran (arang)
Arang disebar kesetiap sudut kandang dan ada jg dibiarkan untuk dimakan setiap harinya..
Di siantar jg farm teman,,,Arang digantung disetiap sudut kandang,, ayam jg sehat (tapi ngak dibiarkan untuk dimakan)

APAKAH ARANG memang bisa untuk penangkal virus AYAm?
Setuju banget mas,,peternak ditempatku sudah pernah membuktikanya diera taon 80-an dahulu.,,hehehehehe
[/quote]

putra guba
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 149
Join date : 23.04.12
Age : 33
Lokasi : Tulangbawang barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penangkal flu burung

Post  harno on Wed 01 Aug 2012, 22:21

AHINJAWARA wrote:Arang disebar kesetiap sudut kandang dan ada jg dibiarkan untuk dimakan setiap harinya..
Di siantar jg farm teman,,,Arang digantung disetiap sudut kandang,, ayam jg sehat (tapi ngak dibiarkan untuk dimakan)

sedikit pengetahuan yg saya ketahui, semoga bisa menjadi sebagian jawabannya.

Arang dari sisa pembakaran sekam padi mengadung derajat keasaman (pH) yang tinggi yaitu 8.5 9. Jadi ketika arang sekam padi ditaburkan ditanah sekitar kandang akan meningkatkan pH asam tanah dan berguna karena bakteri tidak menyukainya.

Fungsi lain untuk ternak dari arang yang mengandung zat hidrat arang adalah sebagai energi untuk aktifitas

Sebagai penyerap/penyaring udara dari zat-zat beracun dan berbahaya seperti tingginya kadar amonia yang berasal dari kotoran ayam yg mengandung kadar protein ransum yang terlalu berlebih yg ikut terbuang bersama kotoran ayam

harno
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 595
Join date : 03.02.11
Age : 44
Lokasi : Sukoharjo - Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penangkal flu burung

Post  AHINJAWARA on Wed 01 Aug 2012, 23:04

mudah2an ARANG bisa berguna..vaksinasi dan kebersihan kandang jg faktor utama kali yah?

AHINJAWARA
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 200
Join date : 21.05.12
Age : 44
Lokasi : MEDAN-P.SIANTAR

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penangkal flu burung

Post  Amie Com on Wed 01 Aug 2012, 23:19

AHINJAWARA wrote:Salam .. semuanya...................
share pengalaman,,,,minggu lalu atau sebulan ini byk kalangan diserang flu burung atau penyakit apa saya jg kurang paham..daerah bt kuis byk ayam yg mati baik kampung/bangkok..begitu jg didaerah siantar dan khususnya di sidamanik (kampung borek) jauh di balik kebun teh,,
Minggu lalu bawa ayam ke sidamanik kata saudara saya, ayam tetangga,(pas kandang bersebelahan hanya dibatasi tepas bambu) dpn rumah dan sekitarnya ayam pada mati...KENAPA dikandang saudara saya satu pun ngak ada yang mati..(sehat semua)..
MENURUT DIA karena sisa pembakaran (arang)
Arang disebar kesetiap sudut kandang dan ada jg dibiarkan untuk dimakan setiap harinya..
Di siantar jg farm teman,,,Arang digantung disetiap sudut kandang,, ayam jg sehat (tapi ngak dibiarkan untuk dimakan)

APAKAH ARANG memang bisa untuk penangkal virus AYAm?



postingan dari teman2 terdahulu mungkin bisa membantu memberi pencerahan... silahkan Klik di sini

Amie Com
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 183
Join date : 15.10.11
Age : 34
Lokasi : Jakabaring,Palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penangkal flu burung

Post  Win Kastubi on Thu 02 Aug 2012, 02:03

Masukan yg bagus banget..nih..!
Gak ada salahnya, kita coba terapkan dikandang2 kita..!
Tokh, tdk mahal.., tdk ruwet.., dan bahan2nya mudah didapat...!
Bukankah, mencegah itu lebih baik...?!


Salam saya......

Win Kastubi
Panglima
Panglima

Jumlah posting : 3555
Join date : 27.04.12
Lokasi : Jakarta Timur.. 0812-8867.8067 ; 0817-25.29.25...

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penangkal flu burung

Post  Sponsored content Today at 04:11


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik