HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Post  ERWIN_Rajawali on Mon 06 Aug 2012, 15:18

SALAM HANGAT PARA SENIOR2 PAPAJI....
Saya mau nanya neh...apakah babon yg sedang masa bertelur perlu dikawinkan setiap hari...??
masalahnya saya punya babon kalo satu hari paceknya di kurung hari ke dua setelah pacek dikurung babon ga bertelur.....mohon penjelasan nya para senoir2 / teman2 yang terhormat....terima kasih sebelumnya atas penjelasan nya.......

ERWIN_Rajawali
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 50
Join date : 07.03.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Post  black tunder on Mon 06 Aug 2012, 16:04

iy perlu maz, supaya semua telor terbuahi dg baik oleh indukan jantan ..
bgtu lah ... salam hobby Very Happy Very Happy

black tunder
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1205
Join date : 16.05.12
Lokasi : Sidoarjo - Nganjuk pin bb:75EC2611

http://www.facebook.com/dico.improve

Kembali Ke Atas Go down

Re: HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Post  ERWIN_Rajawali on Mon 06 Aug 2012, 16:12

black tunder wrote:iy perlu maz, supaya semua telor terbuahi dg baik oleh indukan jantan ..
bgtu lah ... salam hobby Very Happy Very Happy

Terima kasih mas black tunder atas penjelasannya....salam hobby jg.....

ERWIN_Rajawali
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 50
Join date : 07.03.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Post  kedubrag on Mon 06 Aug 2012, 19:06

katanya sih ayam tetep bertelur cm gak bakal netes krna gak dibuahi...ada lg pendapat ayam cukup dikawini di awalnya saja setelah bertelur ga perlu dikawini lagi...saya jg bingung yg mana yg bener...ikut nyimak ja dah

kedubrag
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 913
Join date : 18.10.11
Lokasi : depok, jawa barat

http://idbrahimovic@gmail.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Post  ERWIN_Rajawali on Mon 06 Aug 2012, 19:26

kedubrag wrote:katanya sih ayam tetep bertelur cm gak bakal netes krna gak dibuahi...ada lg pendapat ayam cukup dikawini di awalnya saja setelah bertelur ga perlu dikawini lagi...saya jg bingung yg mana yg bener...ikut nyimak ja dah

betul sekali mas ....saya juga pernah baca teori yg seperti mas utarakan....tapi pas saya praktekin ko hasilnya ga sesuai dengan teori ya......nunggu pendapat teman2 papaji yg lebih pengalaman di bidang ternak deh.....

ERWIN_Rajawali
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 50
Join date : 07.03.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Post  robroy on Tue 07 Aug 2012, 01:15

Ikutan urun rembug......menurut pengalaman saya, sebaiknya babon dipacek setiap hari, biar semua telur dibuahi sempurna. Salam kenal Very Happy

robroy
kopral
kopral

Jumlah posting : 21
Join date : 20.08.11
Lokasi : bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Post  hendra on Tue 07 Aug 2012, 03:23

ikut nyimak aja ah study

hendra
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 446
Join date : 15.07.12
Lokasi : purwokerto

Kembali Ke Atas Go down

Re: HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Post  buayakarang on Tue 07 Aug 2012, 09:42

kedubrag wrote:katanya sih ayam tetep bertelur cm gak bakal netes krna gak dibuahi...ada lg pendapat ayam cukup dikawini di awalnya saja setelah bertelur ga perlu dikawini lagi...saya jg bingung yg mana yg bener...ikut nyimak ja dah

buayakarang
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 275
Join date : 28.10.11
Lokasi : Bandar Lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Post  Administrator on Tue 07 Aug 2012, 12:29

Yang perlu dipahami :

- Betina yg normal tetap akan bertelur meski tidak dikawinin. Ini krn sudah masa siklusnya bertelur.
- Telur hanya akan menetas bila dibuahi sperma jantan. Jadi tanpa kawin telur tsb tdk akan menetas.
- Jadi pandai2lah mengatur waktu perkawinan. Sesuaikan dgn jadwal bertelurnya. Kawin setiap hari sekalipun tidak akan membuat betina bertelur selama siklus bertelurnya belum tiba.
- Yg harus diperhatikan dalam mengawinkan ayam adlh kualitas sperma si jantan. Harus dipastikan jantan memiliki sperma yg bagus secara kualitas dan kuantitas serta tepat masuk membuahi si betina.
Meskipun setiap hari kawin, kalau sperma tidak ada, kualitas jelek, tidak masuk, dsb, ya sama aja percuma.
- Jadi patokan pembuahan telur yg bagus bukan dilihat dari banyaknya jumlah kawin. Tapi lihat dari waktu kawin yg tepat serta kualitas dan kuantitas sperma yg membuahi.
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Post  ERWIN_Rajawali on Tue 07 Aug 2012, 12:59

robroy wrote:Ikutan urun rembug......menurut pengalaman saya, sebaiknya babon dipacek setiap hari, biar semua telur dibuahi sempurna. Salam kenal Very Happy

terima kasih atas urun rembugnya mas.....salam kenal juga...

ERWIN_Rajawali
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 50
Join date : 07.03.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Post  ERWIN_Rajawali on Tue 07 Aug 2012, 13:09

Administrator wrote:Yang perlu dipahami :

- Jadi patokan pembuahan telur yg bagus bukan dilihat dari banyaknya jumlah kawin. Tapi lihat dari waktu kawin yg tepat serta kualitas dan kuantitas sperma yg membuahi.
Smile

terima kasih banyak pak admin sudah mau membagi ilmu dan pengalamanya.....
mau tanya lagi neh pak....sperma jantan dengan "kualitas dan kuantitas yang baik serta musim kawin yg tepat" kira2 mampu membuahi berapa telur boss....??? mohon maaf sblmnya banyak nanya..... salam kenal dari pemula....

ERWIN_Rajawali
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 50
Join date : 07.03.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Post  Administrator on Tue 07 Aug 2012, 13:12

ERWIN_Rajawali wrote:....sperma jantan dengan "kualitas dan kuantitas yang baik serta musim kawin yg tepat" kira2 mampu membuahi berapa telur boss....??? mohon maaf sblmnya banyak nanya..... salam kenal dari pemula....
Kalau semua lancar dan memenuhi syarat, sekali kawin-pun semua telur bisa terbuahi.
Tapi tidak otomatis begitu saja dipastikan menetas. Harus dilihat lagi cara pengeramannya.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Post  ERWIN_Rajawali on Tue 07 Aug 2012, 13:21

Administrator wrote:
Kalau semua lancar dan memenuhi syarat, sekali kawin-pun semua telur bisa terbuahi.
Tapi tidak otomatis begitu saja dipastikan menetas. Harus dilihat lagi cara pengeramannya.


Ohh begitu ya pak....berarti pemacek yg saya punya kualitas spermanya hanya 50% ya pak,....karena pernah saya coba hentikan kawin dengan betina setelah betina bertelor yg pertama, diantara 10 telur yg menetas hanya 5 saja....sekali lagi terima kasih pak....

ERWIN_Rajawali
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 50
Join date : 07.03.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Post  Administrator on Tue 07 Aug 2012, 13:25

ERWIN_Rajawali wrote:Ohh begitu ya pak....berarti pemacek yg saya punya kualitas spermanya hanya 50% ya pak,....karena pernah saya coba hentikan kawin dengan betina setelah betina bertelor yg pertama, diantara 10 telur yg menetas hanya 5 saja....sekali lagi terima kasih pak....
Tidak menetas belum tentu krn paceknya.
Bisa juga krn ngeramnya ga bener, telur terguncang, kotor, retak, dsb.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Post  ERWIN_Rajawali on Tue 07 Aug 2012, 13:32

Administrator wrote:
Tidak menetas belum tentu krn paceknya.
Bisa juga krn ngeramnya ga bener, telur terguncang, kotor, retak, dsb.

itu hanya asumsi saya pak, soalnya pada periode sebelumnya dengan pacek dan babon yg sama, "ketika saya belum baca teori sekali kawin semua telur terbuahi" pacek dan babon saya kumpulkan sampai babon mengeram, dan hasilnya lumayan memuaskan, diantara 11 telur yg dierami bisa netas hingga 10 anak ayam.....

ERWIN_Rajawali
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 50
Join date : 07.03.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Post  zali_kebumen on Wed 08 Aug 2012, 09:04

Administrator wrote:Yang perlu dipahami :

- Betina yg normal tetap akan bertelur meski tidak dikawinin. Ini krn sudah masa siklusnya bertelur.
- Telur hanya akan menetas bila dibuahi sperma jantan. Jadi tanpa kawin telur tsb tdk akan menetas.
- Jadi pandai2lah mengatur waktu perkawinan. Sesuaikan dgn jadwal bertelurnya. Kawin setiap hari sekalipun tidak akan membuat betina bertelur selama siklus bertelurnya belum tiba.
- Yg harus diperhatikan dalam mengawinkan ayam adlh kualitas sperma si jantan. Harus dipastikan jantan memiliki sperma yg bagus secara kualitas dan kuantitas serta tepat masuk membuahi si betina.
Meskipun setiap hari kawin, kalau sperma tidak ada, kualitas jelek, tidak masuk, dsb, ya sama aja percuma.
- Jadi patokan pembuahan telur yg bagus bukan dilihat dari banyaknya jumlah kawin. Tapi lihat dari waktu kawin yg tepat serta kualitas dan kuantitas sperma yg membuahi.
Smile

pnjelasan yg logis
lol!

zali_kebumen
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 195
Join date : 21.07.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Post  udinaja on Sat 11 Aug 2012, 06:06

pemula ijin urun rembug...menurut saya mah gak harus tiap hari mas zail cukup dua hari aja tiap sore,kenapa tiap sore karna kalo pagi atau siang takutnya perkawinan tak sempurna karna masih ada telornya yg mau keluar hari ini...diasumsikan ayam bertelor pagi atau siang.
Yang kedua takutnya kalo mengandalkan sekali kawin diawal2 masa bertelor dikawatirkan anakan yg dihasilkan byk betinanya...sy berpikir bahwa proses pembuahan bakal calon telur di dlm tbh ayam utk tiap2 telurnya berbeda2 waktunya tiap telurnya sedangkan sperma jantan yg terlalu lama di saluran sel tlr bisa bertahan beberapa hari..yg sy kawatirkan kromosom gen pembawa jantan kalah tdk salah kromosom x pd sperma jantan cepet mati duluan dibanding kromosom y pembawa gen betina.
Untuk mengetahui sebuah telur di buahi tidak saya memakai cara sederhana dgn melihat kuning telurnya ada titik putihnya bulatan kecil yg jadi bakal janin sang anak.tentunya dg cara memecahkanya..
Maaf jika ada yg salah.salam

udinaja
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 128
Join date : 02.02.10
Age : 36
Lokasi : bogor

Kembali Ke Atas Go down

Re: HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Post  ERWIN_Rajawali on Mon 13 Aug 2012, 16:40

udinaja wrote:pemula ijin urun rembug...menurut saya mah gak harus tiap hari mas zail cukup dua hari aja tiap sore,kenapa tiap sore karna kalo pagi atau siang takutnya perkawinan tak sempurna karna masih ada telornya yg mau keluar hari ini...diasumsikan ayam bertelor pagi atau siang.
Yang kedua takutnya kalo mengandalkan sekali kawin diawal2 masa bertelor dikawatirkan anakan yg dihasilkan byk betinanya...sy berpikir bahwa proses pembuahan bakal calon telur di dlm tbh ayam utk tiap2 telurnya berbeda2 waktunya tiap telurnya sedangkan sperma jantan yg terlalu lama di saluran sel tlr bisa bertahan beberapa hari..yg sy kawatirkan kromosom gen pembawa jantan kalah tdk salah kromosom x pd sperma jantan cepet mati duluan dibanding kromosom y pembawa gen betina.
Untuk mengetahui sebuah telur di buahi tidak saya memakai cara sederhana dgn melihat kuning telurnya ada titik putihnya bulatan kecil yg jadi bakal janin sang anak.tentunya dg cara memecahkanya..
Maaf jika ada yg salah.salam


trima kasih mas....sudah mau bagi2 ilmu dan pengalaman nya.....salam kenal....

ERWIN_Rajawali
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 50
Join date : 07.03.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Post  tetep.teges on Tue 14 Aug 2012, 23:46

Kalo gak Kawin tiap hari....efeknya lemessssssss

tetep.teges
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 466
Join date : 05.10.11
Age : 40
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Post  Kadirvanhoten on Wed 15 Aug 2012, 00:58

tetep.teges wrote:Kalo gak Kawin tiap hari....efeknya lemessssssss

Laughing Laughing Laughing

Kadirvanhoten
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 481
Join date : 09.12.11
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Post  qhincay on Wed 15 Aug 2012, 05:18

biasanya si betina tau kapan dia siap kawin, ketemu jago langsung ambil posisi jongkok... Very Happy Very Happy

qhincay
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 191
Join date : 05.02.12
Age : 37
Lokasi : Kerinci-Jambi /HP 081386135697/BB 29439F2A

http://ayamjagoan.wordpress.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Post  ERWIN_Rajawali on Wed 15 Aug 2012, 17:09

tetep.teges wrote:Kalo gak Kawin tiap hari....efeknya lemessssssss

yg lemes ayam nya, bakal calon anak ayam nya atau botoh nya boss......?? hehehe
salam kenal....

ERWIN_Rajawali
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 50
Join date : 07.03.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Post  ERWIN_Rajawali on Wed 15 Aug 2012, 17:14

qhincay wrote:biasanya si betina tau kapan dia siap kawin, ketemu jago langsung ambil posisi jongkok... Very Happy Very Happy

betul sekali Boss.....memang beda dengan ayam kampus....kalo ayam kampus pingen kawin posisinya malah terlentang....wkwkwkwk.....pisss boss.....salam kenal.

ERWIN_Rajawali
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 50
Join date : 07.03.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Post  greylife on Sat 18 Aug 2012, 17:39

udinaja wrote:pemula ijin urun rembug...menurut saya mah gak harus tiap hari mas zail cukup dua hari aja tiap sore,kenapa tiap sore karna kalo pagi atau siang takutnya perkawinan tak sempurna karna masih ada telornya yg mau keluar hari ini...diasumsikan ayam bertelor pagi atau siang.
Yang kedua takutnya kalo mengandalkan sekali kawin diawal2 masa bertelor dikawatirkan anakan yg dihasilkan byk betinanya...sy berpikir bahwa proses pembuahan bakal calon telur di dlm tbh ayam utk tiap2 telurnya berbeda2 waktunya tiap telurnya sedangkan sperma jantan yg terlalu lama di saluran sel tlr bisa bertahan beberapa hari..yg sy kawatirkan kromosom gen pembawa jantan kalah tdk salah kromosom x pd sperma jantan cepet mati duluan dibanding kromosom y pembawa gen betina.
Untuk mengetahui sebuah telur di buahi tidak saya memakai cara sederhana dgn melihat kuning telurnya ada titik putihnya bulatan kecil yg jadi bakal janin sang anak.tentunya dg cara memecahkanya..
Maaf jika ada yg salah.salam

Hampir sama dengan proses pembuahan sel telur manusia ya ?
ada perhitungan kromosom X dan Y ,..
saya pernah denger kalo sekali kawin bisa membuahi sampe 4 butir telur ,benr ga ?
trus saat kawin apa sel sperma langsung masuk ke el telur apa istirahat di saluran sel telurnya ?

greylife
kopral
kopral

Jumlah posting : 29
Join date : 17.08.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Post  phyxius on Sun 19 Aug 2012, 00:48

udinaja wrote:pemula ijin urun rembug...menurut saya mah gak harus tiap hari mas zail cukup dua hari aja tiap sore,kenapa tiap sore karna kalo pagi atau siang takutnya perkawinan tak sempurna karna masih ada telornya yg mau keluar hari ini...diasumsikan ayam bertelor pagi atau siang.
Yang kedua takutnya kalo mengandalkan sekali kawin diawal2 masa bertelor dikawatirkan anakan yg dihasilkan byk betinanya...sy berpikir bahwa proses pembuahan bakal calon telur di dlm tbh ayam utk tiap2 telurnya berbeda2 waktunya tiap telurnya sedangkan sperma jantan yg terlalu lama di saluran sel tlr bisa bertahan beberapa hari..yg sy kawatirkan kromosom gen pembawa jantan kalah tdk salah kromosom x pd sperma jantan cepet mati duluan dibanding kromosom y pembawa gen betina.
Untuk mengetahui sebuah telur di buahi tidak saya memakai cara sederhana dgn melihat kuning telurnya ada titik putihnya bulatan kecil yg jadi bakal janin sang anak.tentunya dg cara memecahkanya..
Maaf jika ada yg salah.salam
Babon saya gak tentu nelurnya gan. Kadang pagi, kadang siang, kadang sore. Bahkan pernah malam-malam nelornya. Hayooooo........gimana nih nyetel kawin Question Question Question

phyxius
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 550
Join date : 05.07.11
Age : 38
Lokasi : Banda Aceh

Kembali Ke Atas Go down

Re: HARUS KAH KAWIN SETIAP HARI...??

Post  Sponsored content Today at 02:53


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik