Sayap Kopong

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Sayap Kopong

Post  jenggerblangkon on Thu 25 Feb 2010, 15:31

Halo para rekan.....ada yg punya saran ga..? Saya pacekin pejantan yg menurut saya bagus.....saya juga dah koleksi 4 betina yg menurut saya ciamik....saya ternak dg ke 4 babon itu....Alhamdulillah walau baru berumur 3-5 bulan...sudah terlihat teknik tarung dan pukul pada anak2nya yg cukup memuaskan.....akan tetapi yg bikin saya agak kecewa....kenapa pada setiap petarangan dari ke 4 babon itu...selalu keluar anakannya laki2 yg sayapnya pd kopong.....tapi yg betina ngga.....perbandingannya kalo lakinya 4....paling hanya 1 ekor yg normal...sisanya ada yg kopong.....apakah bakat sayap kopong pd anaknya itu berasal dari paceknya..? (paceknya tidak kopong)....apakah ada cara utk mengurangi anakan yg kopong..?

jenggerblangkon

Jumlah posting : 8
Join date : 04.02.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sayap Kopong

Post  Hendro on Thu 25 Feb 2010, 16:53

Sayap "gothang" atau kopong/bolong/tidak utuh rapat, memang hanya ditemukan pada ayan jantan sedangkan pada betina sangat jarang terjadi....penyebabnya karena faktor genetik dan nutrisi pada awal pertumbuhan...perbanyak kalk dan mineral pada ransum untuk mengurangi sayap gothang tersebut.....sebenarnya tidak ada kaitan antara sayap kopong dengan kinerja ayam tetapi lebih untuk penampilan secara keseluruhan menjadi kurang gagah....bisa juga sayap yang kopong tersebut dijahit pada bagian pangkal bulu sehingga mengurangi kesan kopongnya....

Salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7285
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

rep:

Post  jenggerblangkon on Thu 25 Feb 2010, 21:10

Gitu ya mas.....apakah jika anakan betina yg tidak kopong....jika kita jd kan indukan berpotensi menurunkan anakan yg kopong juga..? mengingat betina tsb juga punya turunan kopong dr trah bapaknya (walau paceknya ga kopong)..? dari anakan/ khutuk umur brp sebaiknya kalk di berikan mas..? mohon pencerahan ari mas hendro dan senior lainnya...mengingat biaya ternak sampai pembesaran yg cukup makan biaya.....agak sayang aja kalo tiap petarangan selalu lbh banyak keluar anakan jantan yg kopong....Tq

jenggerblangkon

Jumlah posting : 8
Join date : 04.02.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sayap Kopong

Post  Rudd on Thu 29 Apr 2010, 15:18

Klo teman saya bulu sayap nya dicabutin sebagian,katanya biar nanti numbuhnya akan lbh bagus n rapih.Bulu yg sdh tua saja katanya,jgn yg msh muda...nanti numbuhnya malah jelek.

Itu dari teman saya mas...klo saya blm punya pengalaman itu.Ada jg yg bulu buntutnya dicabutin.Mohon pencerahan dari pakar2 ternak kita di papaji....

Rudd
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 136
Join date : 03.04.10
Age : 35
Lokasi : Depok,Jabar.

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sayap Kopong

Post  kevin on Mon 24 May 2010, 11:53

saya pikir itu karena asupan gizi dan kurangnya vitamin yg dikonsumsi pada anakan ayam jantan....karena pertumbuhan anakan sangat tergantung pada makanan yg mengandung cukup gizi dan vitamin....mgkn dgn pemberian kalk, vitamin B dan vit c atau multi vitamin serta disertai pemberian dedaunan/sayuran dapat mempercepat tumbuhnya bulu pada anakan termasuk ppertumbuhan bulu pada sayap

kevin
kopral
kopral

Jumlah posting : 35
Join date : 18.08.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sayap Kopong

Post  nicky on Mon 24 May 2010, 15:12

klo mnurut saya itu pengaruh gen induknya mas,saya juga punya indukan yang tiap kali punya turunan klo dari 4 jantan cman 1 ato 2 yang sayapnya bagus tapi biar cuman 1 ato 2 udah pasti teknik n' pukulnya mantep deh...

nicky
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 357
Join date : 07.05.10
Age : 28
Lokasi : Manado,Malalayang 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sayap Kopong

Post  Rudd on Thu 03 Jun 2010, 10:55

Yg saya perhatikan jago yg sayap nya kopong cendrung memiliki pukulan yg keras...lbh keras dari yg tdk kopong.

Cuma ya klihatan jelek aja klo lg tarung...sayapnya cepat turun.

Rudd
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 136
Join date : 03.04.10
Age : 35
Lokasi : Depok,Jabar.

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sayap Kopong

Post  cak nur on Thu 03 Jun 2010, 12:27

Rudd wrote:Yg saya perhatikan jago yg sayap nya kopong cendrung memiliki pukulan yg keras...lbh keras dari yg tdk kopong.

Cuma ya klihatan jelek aja klo lg tarung...sayapnya cepat turun.

Saya rasa nggak ada korelasi,.. dan belum terbukti secara ilmiah untuk yang kopong = pukulan keras.

Begitu juga asupan makanan dengan pertumbuhan bulu...
Logikanya,.. pori-pori ayam ya tetep ikut gennya,..
Nggak mungkin orang jawa bisa tumbuh brewok seperti orang Arab,..kalo dikasih kacang hijau terus,...(!??) he.he.he..

Yang pasti ada sesuatu dari gen keturunan di atasnya,...

pizz lol!

cak nur
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 2502
Join date : 10.02.10
Age : 49
Lokasi : PASURUAN. 085204243643 / 085785628857

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sayap Kopong

Post  Tamu on Fri 11 Jun 2010, 22:29

sayap kopong sebenarnya gak masalah....cuma kl pas disayap kl lawan gak bisa keluar...kecantol.....cm muter2.....cepat lelah....

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Sayap Kopong

Post  Sponsored content Today at 05:14


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik