Mitos Menghasilkan Anak Ayam Yang Lemas !

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Mitos Menghasilkan Anak Ayam Yang Lemas !

Post  Aptanto WSS on Fri 26 Feb 2010, 13:49

Saya punya ayam dara yang masih muda umur 8 Bulan saya kawinkan dengan Jago teman saya umur 10 Bulan. Setelah itu ayam saya bertelur banyak sekali sebanyak 22 butir, tapi sayang ayam saya begitu suka makan telur kalau pulang kerja saya sering menemukan telurnya pecah dipatuk . Pernah saya carikan ayam kamung untuk numpang dienggrami tapi saya tidak suka babon ayam kampung suka nya terbang ke genteng rumah tetangga kalau mau bertelur. PERTANYAANNYA :
1. Apakah hasil perkawinan Ayam betina Saya Umur 8 Bulan Dengan Jago Umur 10 Bulan menurut mitos akan menghasilkan anak yang lemas ( mengingat baik yang betina maupun yang jantan berumur sangat muda ) apakah mitos ini benar ?

2. Saya memutuskan beli mesin penetas untuk menetaskan telur ayam betina saya yang tinggal 5 Butir ( Bertelur 22 butir dipatok 17 Butir jadi sisa 5 Butir saja ), menurut mitos menetaskan dengan mesin penetas anak ayam akan lemas seperti ayam potong apakah mitos ini benar ?

Mohon pendapatnya para tetua, senior. Trimaksih ! Doumo Arigatou Gozaimasu !

Aptanto WSS
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 893
Join date : 05.12.09
Age : 31
Lokasi : Surabaya - 083 857 60 70 63

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mitos Menghasilkan Anak Ayam Yang Lemas !

Post  cobain on Fri 26 Feb 2010, 14:19

APTANTO wrote:Saya punya ayam dara yang masih muda umur 8 Bulan saya kawinkan dengan Jago teman saya umur 10 Bulan. Setelah itu ayam saya bertelur banyak sekali sebanyak 22 butir, tapi sayang ayam saya begitu suka makan telur kalau pulang kerja saya sering menemukan telurnya pecah dipatuk . Pernah saya carikan ayam kamung untuk numpang dienggrami tapi saya tidak suka babon ayam kampung suka nya terbang ke genteng rumah tetangga kalau mau bertelur. PERTANYAANNYA :
1. Apakah hasil perkawinan Ayam betina Saya Umur 8 Bulan Dengan Jago Umur 10 Bulan menurut mitos akan menghasilkan anak yang lemas ( mengingat baik yang betina maupun yang jantan berumur sangat muda ) apakah mitos ini benar ?

2. Saya memutuskan beli mesin penetas untuk menetaskan telur ayam betina saya yang tinggal 5 Butir ( Bertelur 22 butir dipatok 17 Butir jadi sisa 5 Butir saja ), menurut mitos menetaskan dengan mesin penetas anak ayam akan lemas seperti ayam potong apakah mitos ini benar ?

Mohon pendapatnya para tetua, senior. Trimaksih ! Doumo Arigatou Gozaimasu !


wah kalao menurut saya hipotesa itu harus dibuktikan dulu kebenarannya mas, jadi saran saya maju trus mas buktikan dulu (uji materiil) baru kalao sudah berulang kali baru bisa diambil kesimpulan mas, jangan mudah percaya dengan mitos-mitos yang kurang pasti mas,,,coba aja dulu mas hasilnya ntar kan keliatan mas,,,,,,,selamat mencoba mas,,,sukses dan maju trus cheers

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mitos Menghasilkan Anak Ayam Yang Lemas !

Post  Dobrak on Fri 26 Feb 2010, 15:30

Berdasar dg apa yg pernah saya alami, mitos tersebut tidak terbukti.

Dobrak
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 86
Join date : 03.12.09
Age : 49
Lokasi : Cilamaya Kulon Kab. Karawang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mitos Menghasilkan Anak Ayam Yang Lemas !

Post  dwidhy on Fri 26 Feb 2010, 18:20

Setuju..!!

dwidhy
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 121
Join date : 05.05.09
Age : 35
Lokasi : Sintang / Kalimantan Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mitos Menghasilkan Anak Ayam Yang Lemas !

Post  ferry bun on Fri 26 Feb 2010, 20:18

induk 8 bulan ,,,,Luar biasa telurnya banyak sampai 22 butir .... pergunakan mesin tetas adalah pilihan yang tepat .. seekor induk yang bertelur s/d 22 butir .minimal 22 hari juga ( bisa lebih )....untuk menghindari telur yang pertama ditelurkan tidak rusak/ karena terlalu lama .. solusi yang terbaik adalah mesin tetas ....
Ayam betina 8 bulan biasanya sudah 2 x siklus bertelur ...menurut saya sudah cukup umur ...mitos ayam muda anaknya lemas belum terbukti seperti yang pak iqbal sebutkan ( kemungkinan lemas disebabkan induk muda belum begitu betah saat mengeram / sering turun saat ngeram .)
Anak ayam yang ditetaskan dengan mesin tetas juga tidak akan lemas seperti ayam potong .bila saat masa penetasan dengan mesin tetas memperhatikan temprature dan humadity yang sesuai dengan kebutuhan ...
Klw anak ayam muda telur pertama kemungkinan ukuran kecil bisa terjadi karena telurnya kecil ...hal tersebut juga bisa diatasi dengan memperhatikan asupan pakan yang dimakan ..
saran Pak Anang ( Cobain ) maju terus ..wakax kax kax kax
Salam Ferry Bun,

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mitos Menghasilkan Anak Ayam Yang Lemas !

Post  Administrator on Fri 26 Feb 2010, 22:59

Saya setuju dgn bang Ferry.
Ayam betina yg terlalu muda, telur yg dihasilkannya belum sempurna. Entah cangkangnya tipis (bakteri bisa masuk), kuning telur yg kecil, kualitas kuning telur yg belum sempurna, dll.
Hal ini bisa menyebabkan anak2 ayam yg dihasilkan memiliki kekurangan dari segi fisik. Entah itu tulangan yg kurang kokoh, organ dalam tubuh yg tidak sempurna, dll. Akhirnya ayam akan terkesan lemas...

Jadi, ayam yg lemas ini bukan karena induk betina yg terlalu muda. Tapi telur yg dihasilkannya yg kurang bagus.
Ayam yg sudah berumur sekalipun, kalau telurnya tidak sempurna, akan mengakibatkan anak2nya kurang bagus.
Apalagi babon yg habis sakit, biasanya telurnya juga tidak sempurna. Alhasil, anaknya juga akan lemas/jelek.

Betina yg sanggup bertelur sampai 22 butir, harus diperhatikan nutrisinya baik2. Bayangkan, selama hampir satu bulan bertelur, berapa kalsium yg dibutuhkan utk membuat cangkang telur...??
Kalau kalsiumnya kurang, otomatis telur juga akan buruk kualitasnya. Ini bisa menyebabkan anakan ayam kurang sempurna.
Juga bila kalsium dan nutrisi tidak bisa terpenuhi dgn baik, maka tubuh ayam akan 'menggerogoti' kalsium dari tulangnya sendiri. Lama kelamaan, si babon akan keropos tulang alias osteoporosis.


CMIIW

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mitos Menghasilkan Anak Ayam Yang Lemas !

Post  Didik A on Sat 27 Feb 2010, 12:37

Kalau ditempat saya dulu, telur pertama dari babon dinamakan "tembehan". Para peternak biasanya tidak menetaskan telur2 ini karena menurut cerita dari para pendahulu hasilnya kurang bagus. Saya sendiri pernah menetaskan telur yang seperti itu dari pejantan yang sudah menang 3 kali (rata2 dibawah 2 air - di kelas pinggiran 1 kali, menengah 2 kali) dengan dara (babon muda) anakan dari pacek, yang kata penjualnya ayam jenis pukul dan sudah menang 8 kali (sebagian besar tanpa air) di Jakarta. Hasilnya dari 4 anakan yang jantan, hanya satu yang kualitasnya bagus (berdasarkan abar waktu lancuran), sedangkan yang 3 ekor kualitasnya agak jauh dibawah yang satunya (terkesan agak lemas). Yang satu tadi waktu lancuran dibeli orang luar kota dan tidak tahu kabarnya setelah itu.

Sedangkan untuk anakan kedua dan seterusnya, rata2 kualitasnya bagus2 dan menjadi indukan andalan pada waktu itu (tahun 1988-an).

Didik A
kopral
kopral

Jumlah posting : 12
Join date : 28.12.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mitos Menghasilkan Anak Ayam Yang Lemas !

Post  bengkulu on Fri 16 Apr 2010, 09:41

cobain wrote:
APTANTO wrote:Saya punya ayam dara yang masih muda umur 8 Bulan saya kawinkan dengan Jago teman saya umur 10 Bulan. Setelah itu ayam saya bertelur banyak sekali sebanyak 22 butir, tapi sayang ayam saya begitu suka makan telur kalau pulang kerja saya sering menemukan telurnya pecah dipatuk . Pernah saya carikan ayam kamung untuk numpang dienggrami tapi saya tidak suka babon ayam kampung suka nya terbang ke genteng rumah tetangga kalau mau bertelur. PERTANYAANNYA :
1. Apakah hasil perkawinan Ayam betina Saya Umur 8 Bulan Dengan Jago Umur 10 Bulan menurut mitos akan menghasilkan anak yang lemas ( mengingat baik yang betina maupun yang jantan berumur sangat muda ) apakah mitos ini benar ?

2. Saya memutuskan beli mesin penetas untuk menetaskan telur ayam betina saya yang tinggal 5 Butir ( Bertelur 22 butir dipatok 17 Butir jadi sisa 5 Butir saja ), menurut mitos menetaskan dengan mesin penetas anak ayam akan lemas seperti ayam potong apakah mitos ini benar ?

Mohon pendapatnya para tetua, senior. Trimaksih ! Doumo Arigatou Gozaimasu !


wah kalao menurut saya hipotesa itu harus dibuktikan dulu kebenarannya mas, jadi saran saya maju trus mas buktikan dulu (uji materiil) baru kalao sudah berulang kali baru bisa diambil kesimpulan mas, jangan mudah percaya dengan mitos-mitos yang kurang pasti mas,,,coba aja dulu mas hasilnya ntar kan keliatan mas,,,,,,,selamat mencoba mas,,,sukses dan maju trus cheers

menurut saya indukan n pacek muda kurang yakin! karena kalo pilih2 indukan n pacek kita mengharapkan yg bagus n bisa buat yakin kalo indukan yg udah menghasilkan anakan2 juara kan yakin! kemudian kalo kita fikir2 indukan yg udah berumur udah melewati banyak musim (hujan panas penyakit dll) jadi kekebalan tubuh udah teruji n kita mengharapkan ayam2 yg tahan thd penyakit (kuat menghadapi musim2 buruk) hehehehe

bengkulu
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 93
Join date : 13.12.09
Age : 43
Lokasi : bengkulu

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mitos Menghasilkan Anak Ayam Yang Lemas !

Post  gujukof on Fri 16 Apr 2010, 19:56

anak ayam sy baru berusia 3 bulanan dari biang 8 bulan and pacek 10 bulan...secara postur tubuh gda masalah jago nya gede2 n tulangan dah keliatan bagus.....
tapi untuk masalah yg lainnya sya belum tau...
sya juga was2 dalam membesarkannya...mudah2an mitosnya tidak berlaku..

gujukof
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 61
Join date : 14.02.10
Lokasi : tanggerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mitos Menghasilkan Anak Ayam Yang Lemas !

Post  ojieg on Wed 21 Apr 2010, 13:37

setuju mas ari, namun saran saya dibiarkan aja indukan muda itu mengeram, meskipun jumlah telurnya dikurangi aja, biar terlatih mengeram dan merawat anakan,sebab klo terlalu sering bertelur dan tidak dikasih kesmpatan mengerami, indukan bisa2 kelak menjadi tidak bertanggung jawab, mau bertelur tak mau mengerami atau mengerami tapi banyak yg tdk menetas atau bahkan gemar makan telur dan bikin ribut dg indukan lain yg lagi mengerami(kan bisa pecah semua telur2 itu) alien

ojieg
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 565
Join date : 26.03.09
Lokasi : Jombang-Jatim

http://pojokdesa.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mitos Menghasilkan Anak Ayam Yang Lemas !

Post  elnino.saigon on Wed 21 Apr 2010, 13:52

saran saya kalo bertelur terlalu banyak, telur yag awal2 sebaiknya dibuat jamu paceknya ataw yg merawat ayam daripada pacek n perawat ayam kurang jamu dan lemes....................hehehhheeheheh

elnino.saigon
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 143
Join date : 23.06.09
Age : 44
Lokasi : surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mitos Menghasilkan Anak Ayam Yang Lemas !

Post  ojieg on Wed 21 Apr 2010, 13:56

atau dikasihkan ke anak bini aja dibuat telur ceplok atau telur mata sapi, kan lumayan tambah siiip sudah makan telur dapat sapi lagi ha....ha.... Very Happy

ojieg
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 565
Join date : 26.03.09
Lokasi : Jombang-Jatim

http://pojokdesa.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mitos Menghasilkan Anak Ayam Yang Lemas !

Post  Rudd on Wed 12 May 2010, 01:08

Katanya babon yg sedang dikawinkan jangan dikasih makan voer.Nanti anak2nya yg menetas pada lemas/telur kurang bagus.Betul ga begitu teman2?

Rudd
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 136
Join date : 03.04.10
Age : 35
Lokasi : Depok,Jabar.

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mitos Menghasilkan Anak Ayam Yang Lemas !

Post  Administrator on Wed 12 May 2010, 10:15

Rudd wrote:Katanya babon yg sedang dikawinkan jangan dikasih makan voer.Nanti anak2nya yg menetas pada lemas/telur kurang bagus.Betul ga begitu teman2?

Kata siapa niy...??
Kayanya ngga bener deh...
Neutral

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mitos Menghasilkan Anak Ayam Yang Lemas !

Post  aliem on Wed 12 May 2010, 10:23

Rudd wrote:Katanya babon yg sedang dikawinkan jangan dikasih makan voer.Nanti anak2nya yg menetas pada lemas/telur kurang bagus.Betul ga begitu teman2?

Lah saya malah dikasih sebaliknya... babon yang mau nelor atau bertelor dikasih voer.... biar telornya bisa banyak.....
Mungkin karena proteinnya terpenuhi ya....

aliem
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 686
Join date : 19.08.08
Lokasi : Magelang-Pekalongan PP

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mitos Menghasilkan Anak Ayam Yang Lemas !

Post  Rudd on Wed 12 May 2010, 11:38

Waduh brarti informasi nya ga tepat tuh...emang masalah ayam tiap orang beda2 ya.Saya jg sebenarnya berfikir babon akan lbh sehat klo dikasih voer,karna akan terpenuhi gizi nya n gemuk.

Untung saya nanya di forum yah...Kata orang itu biang yg sedang dikawinkan dikasih beras merah saja,biar anaknya lincah2 gitu katanya.Saya ikuti dia,karna saya fikir dia sdh lama berternak ayam bangkok...dari saya msh anak2.Sebenarnya gimana sih pak admin?

maklum pemula...jd masih banyak coba2nya Very Happy

Rudd
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 136
Join date : 03.04.10
Age : 35
Lokasi : Depok,Jabar.

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mitos Menghasilkan Anak Ayam Yang Lemas !

Post  Sinyo_nakano on Wed 12 May 2010, 12:19

Rudd wrote:Katanya babon yg sedang dikawinkan jangan dikasih makan voer.Nanti anak2nya yg menetas pada lemas/telur kurang bagus.Betul ga begitu teman2?
Bener Mas... ngasih voer-nya sehabis babon dikawinkan ato sebelum dikawinkan... klo ngasihnya voernya waktu babon sedang dikawinkan gimana bisa makan?lah sedang kawin kok disuruh makan..

Salam

Sinyo_nakano
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 109
Join date : 25.01.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mitos Menghasilkan Anak Ayam Yang Lemas !

Post  Sponsored content Today at 21:02


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik