Bulu Ayam Sering Rontok

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Bulu Ayam Sering Rontok

Post  phyxius on Sun 26 Aug 2012, 12:58

Salam rekan-rekan papajier.......Assalamu'alaikum.........
Ayam-ayam saya rentan dengan kerontokan bulu. Saya dah berusaha dan mencoba beberapa referensi dari teman-teman tapi gak berhasil. Minyak ikanpun dah coba saya berikan hasilnya tetap sama. Untuk obat-obatan dan vitamin agak sulit ditemukan didaerah saya (Aceh).

Ada gak saran dan acuan dari teman-teman papjier untuk mengatasi kerontgokan bulu secara tradisional dan intermediate... Question Question Question Question Question

Dimohon saran dan masukannya.... study study study

phyxius
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 550
Join date : 05.07.11
Age : 38
Lokasi : Banda Aceh

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bulu Ayam Sering Rontok

Post  Anzirk on Sun 26 Aug 2012, 13:32

wah...
wajib nyimak nih...
jago saya juga gtu soalnya... Rolling Eyes

Anzirk
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 590
Join date : 23.07.12
Lokasi : Nganjuk,Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bulu Ayam Sering Rontok

Post  phyxius on Mon 27 Aug 2012, 10:38

Silahkan..................... Very Happy Very Happy Very Happy

phyxius
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 550
Join date : 05.07.11
Age : 38
Lokasi : Banda Aceh

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bulu Ayam Sering Rontok

Post  [BEJO] on Mon 27 Aug 2012, 17:45

minyak ikan, beli diapotik banyak .... Very Happy

[BEJO]
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 76
Join date : 04.07.12
Age : 32
Lokasi : prambanan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bulu Ayam Sering Rontok

Post  si baret on Mon 27 Aug 2012, 22:15

ransum pakan jagung nya di hentikandlu mas,, ganti beras merah dlu/ 594...
mohon maaf pemula . . Very Happy

si baret
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 364
Join date : 05.03.11
Lokasi : jakarta, Bintara

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bulu Ayam Sering Rontok

Post  alexarpanto on Mon 27 Aug 2012, 22:47

phyxius wrote:Salam rekan-rekan papajier.......Assalamu'alaikum.........
Ayam-ayam saya rentan dengan kerontokan bulu. Saya dah berusaha dan mencoba beberapa referensi dari teman-teman tapi gak berhasil. Minyak ikanpun dah coba saya berikan hasilnya tetap sama. Untuk obat-obatan dan vitamin agak sulit ditemukan didaerah saya (Aceh).

Ada gak saran dan acuan dari teman-teman papjier untuk mengatasi kerontgokan bulu secara tradisional dan intermediate... Question Question Question Question Question

Dimohon saran dan masukannya.... study study study
pakannya pakai opo Mas Bro...??? apakah pakai vitamin tambahan apa nih...
siapa tahu salah pakan atau obat"an/vitamin" yg berlebihan...???

alexarpanto
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 455
Join date : 08.08.10
Age : 35
Lokasi : Jl. MS Batubara 18 Teluk Betung Utara, B. Lampung; CP:085758502020

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bulu Ayam Sering Rontok

Post  phyxius on Mon 27 Aug 2012, 23:17

alexarpanto wrote:
pakannya pakai opo Mas Bro...??? apakah pakai vitamin tambahan apa nih...
siapa tahu salah pakan atau obat"an/vitamin" yg berlebihan...???
Pakan di Aceh cuma ada 511, 512, 551 untuk 592, 593, 594 gak ada. Paling untuk lancuran saya beri dedak halus campur anak beras/nasi plus jagung dan padi. Untuk vitamin di Acehpun agak susah gan Alex, yang saya pakai cuma Vitastrong/Vitastress plus minyak ikan. Gimana gan apa kurang atau berlebihan ?? Mohon masukkan dan sarannya... study study study

phyxius
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 550
Join date : 05.07.11
Age : 38
Lokasi : Banda Aceh

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bulu Ayam Sering Rontok

Post  phyxius on Mon 27 Aug 2012, 23:21

si baret wrote:ransum pakan jagung nya di hentikandlu mas,, ganti beras merah dlu/ 594...
mohon maaf pemula . . Very Happy
Ada pengaruhnya yaa gan kalo kebanyakan jagung ??? Pakan 594 gak ada di Banda Aceh dan beras meras agak sukar dicari, kalaupun ada pasti mahal... Crying or Very sad Crying or Very sad Crying or Very sad

phyxius
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 550
Join date : 05.07.11
Age : 38
Lokasi : Banda Aceh

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bulu Ayam Sering Rontok

Post  si baret on Tue 28 Aug 2012, 00:31

phyxius wrote:
si baret wrote:ransum pakan jagung nya di hentikandlu mas,, ganti beras merah dlu/ 594...
mohon maaf pemula . . Very Happy
Ada pengaruhnya yaa gan kalo kebanyakan jagung ??? Pakan 594 gak ada di Banda Aceh dan beras meras agak sukar dicari, kalaupun ada pasti mahal... Crying or Very sad Crying or Very sad Crying or Very sad

klo terlalu banyak jagung pun bulu akan getas{mudah patah},, ayam nya usia brp mas..??? Very Happy

si baret
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 364
Join date : 05.03.11
Lokasi : jakarta, Bintara

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bulu Ayam Sering Rontok

Post  phyxius on Tue 28 Aug 2012, 01:44

si baret wrote:
klo terlalu banyak jagung pun bulu akan getas{mudah patah},, ayam nya usia brp mas..??? Very Happy
Usia ayamnya kira-kira 15 bulanan...

phyxius
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 550
Join date : 05.07.11
Age : 38
Lokasi : Banda Aceh

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bulu Ayam Sering Rontok

Post  Win Kastubi on Tue 28 Aug 2012, 19:59

1. Bisa aja/ mungkin saja ayamnya mau nyulam/ mabung...!?
2. Selain faktor pakan..., perhatikan jg masalah sirkulasi udara kandang ayamnya..! Udara yg pengap/panas bisa jadi yg menjadi penyebabnya...!?
3. Apalagi, ditambah dgn bau kotoran ayamnya yg "naik" keatas..! Bau/hawa yg mengandung amoniak tsb, sangat mempengaruhi kondisi ayam2 tsb...



Salam saya.....

Win Kastubi
Panglima
Panglima

Jumlah posting : 3555
Join date : 27.04.12
Lokasi : Jakarta Timur.. 0812-8867.8067 ; 0817-25.29.25...

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bulu Ayam Sering Rontok

Post  iceman_13 on Tue 28 Aug 2012, 21:00

Win Kastubi wrote:1. Bisa aja/ mungkin saja ayamnya mau nyulam/ mabung...!?
2. Selain faktor pakan..., perhatikan jg masalah sirkulasi udara kandang ayamnya..! Udara yg pengap/panas bisa jadi yg menjadi penyebabnya...!?
3. Apalagi, ditambah dgn bau kotoran ayamnya yg "naik" keatas..! Bau/hawa yg mengandung amoniak tsb, sangat mempengaruhi kondisi ayam2 tsb...



Salam saya.....

Oh gitu ya..
jadi yg bagus kandang itu pakai papan/teriplek
atau bambu untuk sirkulasi udaranya ?
tx b4

iceman_13
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 598
Join date : 19.01.12
Lokasi : Pamulang-cilodong bbm 5E152674

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bulu Ayam Sering Rontok

Post  phyxius on Tue 28 Aug 2012, 21:57

Win Kastubi wrote:1. Bisa aja/ mungkin saja ayamnya mau nyulam/ mabung...!?
2. Selain faktor pakan..., perhatikan jg masalah sirkulasi udara kandang ayamnya..! Udara yg pengap/panas bisa jadi yg menjadi penyebabnya...!?
3. Apalagi, ditambah dgn bau kotoran ayamnya yg "naik" keatas..! Bau/hawa yg mengandung amoniak tsb, sangat mempengaruhi kondisi ayam2 tsb...



Salam saya.....
Thank's gan Win untuk masukannya. Memang kandang ayamnya agak tertutup karena saya buat dari bambu yang jaraknya agak rapat. Maksudnya agar ayamnya gak masuk angin, tp pagi dan sore ayamnya saya jemur. Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy

phyxius
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 550
Join date : 05.07.11
Age : 38
Lokasi : Banda Aceh

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bulu Ayam Sering Rontok

Post  alexarpanto on Tue 28 Aug 2012, 22:53

phyxius wrote:
Win Kastubi wrote:1. Bisa aja/ mungkin saja ayamnya mau nyulam/ mabung...!?
2. Selain faktor pakan..., perhatikan jg masalah sirkulasi udara kandang ayamnya..! Udara yg pengap/panas bisa jadi yg menjadi penyebabnya...!?
3. Apalagi, ditambah dgn bau kotoran ayamnya yg "naik" keatas..! Bau/hawa yg mengandung amoniak tsb, sangat mempengaruhi kondisi ayam2 tsb...



Salam saya.....
Thank's gan Win untuk masukannya. Memang kandang ayamnya agak tertutup karena saya buat dari bambu yang jaraknya agak rapat. Maksudnya agar ayamnya gak masuk angin, tp pagi dan sore ayamnya saya jemur. Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy
pantes mas bro... menurut saya:
1. komposisi pakan pur dikurangi saja dulu, cenderung ke gabah/perbanyak komposisi dedak
2. jika ayam dimandikan/dilap usahakan sudah kering betul sewaktu masuk ke kandang (Penting).
3. jarak bambu kandang bagian kanan dan kiri minimal seukuran jari telunjuk (cara cepat saja) dan bagian depan 2 jari supaya sirkulasi udara lancar.
4. klo kandang diluar, usahakan diberi penutup kandang untuk menghangatkan badan ayam.
5. klo masih rontok juga berarti sedang nyulam/mabung, krn ayam mabung memang normalnya diumuran 15-17 Bulan.

ini sih menurut saya, ndak tau bagaimana rekan" Papaji sekalian... monggo...

alexarpanto
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 455
Join date : 08.08.10
Age : 35
Lokasi : Jl. MS Batubara 18 Teluk Betung Utara, B. Lampung; CP:085758502020

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bulu Ayam Sering Rontok

Post  phyxius on Wed 29 Aug 2012, 11:40

alexarpanto wrote:
pantes mas bro... menurut saya:
1. komposisi pakan pur dikurangi saja dulu, cenderung ke gabah/perbanyak komposisi dedak
2. jika ayam dimandikan/dilap usahakan sudah kering betul sewaktu masuk ke kandang (Penting).
3. jarak bambu kandang bagian kanan dan kiri minimal seukuran jari telunjuk (cara cepat saja) dan bagian depan 2 jari supaya sirkulasi udara lancar.
4. klo kandang diluar, usahakan diberi penutup kandang untuk menghangatkan badan ayam.
5. klo masih rontok juga berarti sedang nyulam/mabung, krn ayam mabung memang normalnya diumuran 15-17 Bulan.

ini sih menurut saya, ndak tau bagaimana rekan" Papaji sekalian... monggo...
Thank's banget untuk infonya gan Alex, sangat bermanfaat buat saya...... Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy

phyxius
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 550
Join date : 05.07.11
Age : 38
Lokasi : Banda Aceh

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bulu Ayam Sering Rontok

Post  alexarpanto on Wed 29 Aug 2012, 19:16

phyxius wrote:
alexarpanto wrote:
pantes mas bro... menurut saya:
1. komposisi pakan pur dikurangi saja dulu, cenderung ke gabah/perbanyak komposisi dedak
2. jika ayam dimandikan/dilap usahakan sudah kering betul sewaktu masuk ke kandang (Penting).
3. jarak bambu kandang bagian kanan dan kiri minimal seukuran jari telunjuk (cara cepat saja) dan bagian depan 2 jari supaya sirkulasi udara lancar.
4. klo kandang diluar, usahakan diberi penutup kandang untuk menghangatkan badan ayam.
5. klo masih rontok juga berarti sedang nyulam/mabung, krn ayam mabung memang normalnya diumuran 15-17 Bulan.

ini sih menurut saya, ndak tau bagaimana rekan" Papaji sekalian... monggo...
Thank's banget untuk infonya gan Alex, sangat bermanfaat buat saya...... Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy
tp dedak untuk campuran pur pakan yg betul" bagus... kalau bisa masih ada menirnya...
ini sih menurut saya, ndak tau bagaimana rekan" Papaji sekalian... monggo...

alexarpanto
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 455
Join date : 08.08.10
Age : 35
Lokasi : Jl. MS Batubara 18 Teluk Betung Utara, B. Lampung; CP:085758502020

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bulu Ayam Sering Rontok

Post  phyxius on Wed 29 Aug 2012, 21:01

alexarpanto wrote:
tp dedak untuk campuran pur pakan yg betul" bagus... kalau bisa masih ada menirnya...
ini sih menurut saya, ndak tau bagaimana rekan" Papaji sekalian... monggo...
Betul gan, kalau di Aceh namanya "nekhut" atau anak beras. Saya memang cari dedak halus yang campuran anak berasnya/nekhut/menirnya banyak. Kadang saya beli menir/nekhutnya saja untuk di masak menjadi nasi dan dicampur dengan dedak halus tsb. Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy

phyxius
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 550
Join date : 05.07.11
Age : 38
Lokasi : Banda Aceh

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bulu Ayam Sering Rontok

Post  Sponsored content Today at 13:47


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik