Ayam lokal unggul

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Ayam lokal unggul

Post  boy on Thu 08 Jan 2009, 09:19

Semasa saya masih kecil hoby saya dgn teman2 mengadu ayam tapi tdk pakai taruhan, pd saat itu ayam yang dipakai ayam lokal dgn ciri2, ukuran sedang 7-8 , jengger besar, kaki lebih pndk dari paha, paha bulat berotot, sisik buah salak nongol keluar, taji kristal pjng tajam ,ekor melengkung, mata kuning tatapan sadis, nyali besar tarung ada sampai mati dan adakalanya menyerang orang tanpa alasan, pernah saya lihat ayam jenis ini melawan burung elang yg menyambar anak ayam sehingga anak tsbt lepas dari cengkeraman elang tsbt, tarungnya cepat biasanya awalnya pukulan disekitar paha dan beruntun sampai 6x , pernah satu saat ayam ini diadu dgn ayam bangkok 6 x loncatan mata bangkok ke2 matanya buta. Nah bagi teman papaji yg berada di Sumut boleh mencari jenis ayam ini dan dikembang biakkan atau disilang untuk menutupi kekuranganya, Mungkin Bang Adek H, di Siantar bersama Tongat dapat berburu jenis ayam ini didaerah dataran tinggi Karo, Horas, dan salam hormat buat semua rekan2 Papaji

boy
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 250
Join date : 02.12.08
Lokasi : CARUBAN jl.KALIMAS N045 ( masuk dari depan terminal CARUBAN)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam lokal unggul

Post  ferry bun on Tue 10 Mar 2009, 13:57

mas boy yang anda maksud itu yang jengger besar bilah kayak gergaji ya. .......kalu yg jenis ini sudah ( langka ) ......trus itu mungkin ayam hutan dataran tinggi .....dan atau mungkin hasil perkawinan ayam hutan sumatera yang merah dengan ayam lokal barangkali gitu .......kalau jalu ayam tipe ini menang sangat nakal . menang saya juga mau cari yang hutan sumatera yang tipe tulang besar .jantan untuk silang dengan ayam bangkok mungkin saran dari teman teman yang lain .

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam lokal unggul

Post  boy on Wed 11 Mar 2009, 10:26

ferry bun wrote:mas boy yang anda maksud itu yang jengger besar bilah kayak gergaji ya. .......kalu yg jenis ini sudah ( langka ) ......trus itu mungkin ayam hutan dataran tinggi .....dan atau mungkin hasil perkawinan ayam hutan sumatera yang merah dengan ayam lokal barangkali gitu .......kalau jalu ayam tipe ini menang sangat nakal . menang saya juga mau cari yang hutan sumatera yang tipe tulang besar .jantan untuk silang dengan ayam bangkok mungkin saran dari teman teman yang lain .


Benar Bang Ferry , `jenggernya seperti anda sampaikan, sebenarnya ciri2 ayam tsbt mirip ayam Burma yg lagi ngetern dan juara di Bangkok menurut media ayam terbitan terahir ( dah almarhum ) , kalau saya tdk salah jenis ayam tersebut disebut KINANTAN di sumut, kalau ada waktu mungkin didaerah Langkat ( deli serdang )jenis ayan ini masih ada atau dataran tinggi karo, manatau juga ayam burma tersebut asalusulnya dari Sumut. salam pemain buat anak Medan

boy
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 250
Join date : 02.12.08
Lokasi : CARUBAN jl.KALIMAS N045 ( masuk dari depan terminal CARUBAN)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam lokal unggul

Post  botoh_tegal on Fri 22 May 2009, 11:22

Salam kenal semuanya,
Mas boy, apa betul ayam burma yang tersohor itu asal-usulnya dari indukan ayam kinantan? Shocked
Wah,,,kalo betul kita patut bangga tuh,,, Very Happy

botoh_tegal

Jumlah posting : 4
Join date : 22.05.09
Age : 38
Lokasi : Tegal - Jawa Tengah

Kembali Ke Atas Go down

Ayam lokal unggul

Post  aji on Fri 22 May 2009, 14:09

Kayaknya sih bukan mas Botoh Tegal, menurut kawan yang pernah main ke Miyanmar ayam Burma asli di negara asalnya itu kecil-kecil rata-rata dibawah 3 kg, dengan tipe main tampar habis gak mau pegang lawan tetapi karena mereka main juga ke Bangkok mereka silangkan dengan ayam Burma yang besar supaya anak-anaknya bisa dapat gandeng di Bangkok. Mengenai ayam Kinantan saya tanya kawan yang di daerah Berastagi dia malah gak tahu, kalau ayam Burma dari SUMUT kita bisa dapat murah dong he he he. sedangkan saya minta kawan carikan ayam Burma di bandrol lebih mahal dari pada BK. silahkan kawan-kawan menanggapi.

salam Hangat,

aji

aji
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 276
Join date : 25.08.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam lokal unggul

Post  boy on Sat 23 May 2009, 05:31

botoh_tegal wrote:Salam kenal semuanya,
Mas boy, apa betul ayam burma yang tersohor itu asal-usulnya dari indukan ayam kinantan? Shocked
Wah,,,kalo betul kita patut bangga tuh,,, Very Happy


Mas Botoh memang gaya ayam tarung yg kami pake semasa kecil sangat mirip gaya ayam burma dan juga bentuk phisiknya , ini saya sapaikan setelah mengamati vcd tarung burma dan ternakan saya sayang ayamnya telah tiwas, soal asalnya dari indonesia saya tdk dpt pastikan, tapi bisa jadi pengembangan unggas ini melebar dari indonesia sehingga ke burma atau sebaliknya dan disilang silangkan dan jadi seperti yg sekarang ini.



salam moga bermanfaat.

boy
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 250
Join date : 02.12.08
Lokasi : CARUBAN jl.KALIMAS N045 ( masuk dari depan terminal CARUBAN)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam lokal unggul

Post  Hendro on Tue 19 Jan 2010, 18:37

Sebuah bukti lagi bahwa sebenarnya ayam aduan lokal kita tidak kalah bagusnya dengan ayam aduan luar...beberapa ayam aduan import juga sudah bukan asli keturunan murni tetapi hasil kawin silang....cerita diatas menggambarkan bahwa ayam burma yang asli identik dengan ayam philipine dan ayam brasil juga ayam lokal kita......yaitu kecil lincah dan banyak timpuk alias mranggal.....kombinasi dengan ayam saigon dan bangkok akan menghasilkan keturunan bertulang tebal dan bermental baja dengan ukuran yang cukup besar tetapi masih lincah dan terampil.....
Salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam lokal unggul

Post  cobain on Tue 19 Jan 2010, 21:08

wah bener mas,,,,,,,,,,,,,,,suatu saat kita bisa ekspor ayam neh,,,,,,,siapa tahu botoh2 luar pengen nyoba ayam indonesia kan,,,,,

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam lokal unggul

Post  Sponsored content Today at 07:56


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik