solah ayam berubah-rubah

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

solah ayam berubah-rubah

Post  paul on Sun Sep 02, 2012 7:56 pm

saya punya ayam, sekarang umur 10-bulanan. sudah saya abar 3 kali, dengan ayam yang berbeda-beda, tapi solahnya kok berubah-rubah ya...
abaran pertama, ayam solahnya kebawah, malas adu leher, begitu kalah adu leher dia turun terus muter-mute.
abaran kedua, dia mau adu leher, meluk kanan-kiri, ga ada nyayap, ga ada ngalung, hanya kontrol biasa aja.
abaran ketiga, ayam ini ngontrol, meluk dan ada ngalungnya juga. kira-kira gimana ya solah sebenarnya ayam ini? apa solah ayam memang berubah-rubah tergantung lawannya?

paul
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 195
Join date : 12.07.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: solah ayam berubah-rubah

Post  Boomerang on Mon Sep 03, 2012 12:12 am

kalo menurut saya yang junior ini..
tu ayam masih nyari jati diri bagaimana cara tarung yg menurut dia pas.
abar aja terus ampe pas..ntar juga kliatan
Shocked Shocked Shocked
menurut saya lho...gx bisa jadi patokan..namanya juga junior

Boomerang
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 177
Join date : 12.08.12
Lokasi : Palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: solah ayam berubah-rubah

Post  ekotepong on Mon Sep 03, 2012 4:35 am

Biasa mas,ayam ganti musuh biasanya juga sering ganti solah kalo dpt musuh yg solahnya juga ganti2 ato musuh yg solahnya sama tapi kwalitasnya ganti.
Kalo diabar 3X...lawan ayam yg sama...trus solahnya ganti2. Itu baru jadi pertanyaan. Emang dasar ayamnya ato kondisinya yg berubah.

Mungkin begitu mas. Biar lbh jelasnya,nunggu dijawab yg sepuh2 aja mas....hehehe

ekotepong
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 441
Join date : 18.10.11
Lokasi : Ungaran

Kembali Ke Atas Go down

Re: solah ayam berubah-rubah

Post  rayhanfz on Mon Sep 03, 2012 9:18 am

ekotepong wrote:Biasa mas,ayam ganti musuh biasanya juga sering ganti solah kalo dpt musuh yg solahnya juga ganti2 ato musuh yg solahnya sama tapi kwalitasnya ganti.
Kalo diabar 3X...lawan ayam yg sama...trus solahnya ganti2. Itu baru jadi pertanyaan. Emang dasar ayamnya ato kondisinya yg berubah.

Mungkin begitu mas. Biar lbh jelasnya,nunggu dijawab yg sepuh2 aja mas....hehehe

setuju nih sama mas ini..

kebanyakan ayam memang menyesuaikan tehnik dan gaya tarung ayam yg jadi lawannya..

rayhanfz
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1570
Join date : 06.07.12
Age : 30
Lokasi : (sidoarjo-jawa timur) BBM D05492AD / 081252592555

http://karang-ayam.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: solah ayam berubah-rubah

Post  koco on Mon Sep 03, 2012 7:30 pm

oalah itu biasa mas.... ayam punya naluri... jika musuh berbeda beda. cara bertarungnya jg berbeda.....iibarat tinju.... musuhnya beda ... ya menggunakan stategi yang beda pula. heheheheh

koco
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 64
Join date : 24.11.11
Age : 33
Lokasi : ponorogo

Kembali Ke Atas Go down

Re: solah ayam berubah-rubah

Post  sii ngedrop on Mon Sep 03, 2012 8:17 pm

biasa itu mas.. ayam saya jg sering gitu kalo lawan'y ganti2. mungkin emang udah strategi itu ayam kali yah bagaimana cara menghancurkan lawan

sii ngedrop
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 72
Join date : 20.07.12
Lokasi : cengkareng jak-bar

Kembali Ke Atas Go down

Re: solah ayam berubah-rubah

Post  paul on Mon Sep 03, 2012 10:33 pm

terima kasih masukannya, akan saya abar sekali lagi, gimana kira-kira...

paul
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 195
Join date : 12.07.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: solah ayam berubah-rubah

Post  anankok on Sat Sep 08, 2012 9:33 am

kondisi ayam

anankok
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 62
Join date : 16.05.11
Age : 38
Lokasi : temanggung

Kembali Ke Atas Go down

Re: solah ayam berubah-rubah

Post  TotoAryo on Thu Dec 06, 2012 8:43 am

paul wrote:saya punya ayam, sekarang umur 10-bulanan. sudah saya abar 3 kali, dengan ayam yang berbeda-beda, tapi solahnya kok berubah-rubah ya...
abaran pertama, ayam solahnya kebawah, malas adu leher, begitu kalah adu leher dia turun terus muter-mute.
abaran kedua, dia mau adu leher, meluk kanan-kiri, ga ada nyayap, ga ada ngalung, hanya kontrol biasa aja.
abaran ketiga, ayam ini ngontrol, meluk dan ada ngalungnya juga. kira-kira gimana ya solah sebenarnya ayam ini? apa solah ayam memang berubah-rubah tergantung lawannya?
kalo dr cerita sy simpulkan:
abar 1 = solah ngebeng (muter2 krn kalah otot leher - bs jd lwnnya lebih tua, seumuran tp tulangan besar & kasar atau lwn telah bnyk di abar shingga tdk ada pilihan selain muter nempelin lwnnya/ngebeng)
abar 2 = solah kontrol (otot leher lebih kuat semenjak abar 1 atau sama2 kuat)
abar 3 = solah kontrol + ada ngalung (bs jd krn otot leher lebih kuat dr lwn abar atau ayam memang ada tipikal ngalung tp krn abar 1 & abar 2 blm bagus otot lehernya jd blm bs ngalungin lwnnya, bisa jd jg lwn sudah kalah otot leher mainnya jg jelek sehingga minta dikalung setiap kalah adu otot leher - trkdng ada tipe ayam bgini dimana lwnnya cuma kontrol biasa tp krn mainnya jelek & kalah otot leher jd setiap abar seperti selalu sengaja kena kalung lwnnya)
kesimpulannya ayam tsb solah atas (kontrol) tp blm jd (wjr baru 3x abar)
salam solah Very Happy

TotoAryo
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1245
Join date : 30.01.12
Age : 34
Lokasi : Bengkulu, Indonesia +6281367622224 - http://www.youtube.com/user/TotoAryoFarm

http://www.youtube.com/user/TotoAryoFarm

Kembali Ke Atas Go down

Re: solah ayam berubah-rubah

Post  Administrator on Thu Dec 06, 2012 9:21 am

Kalau menurut saya ngoyor itu bukan karena otot leher. Otot leher memang berpengaruh, tapi tidak terlalu signifikan. Ngoyor itu krn ayam kita kalah langkah dan kurang 'pandai' utk berusaha mencari posisi yg bagus.
Buktinya ayam untulan sy lehernya otot sebesar singkong, tapi tetep aja tekniknya ngoyor2 kebawah. Kalah sama ayam lancuran yg baru tarung.
Ayam yg jago ngelock rata2 malah berleher ramping. Tidak besar.
Jadi jangan dibayangkan seperti adu panco karena yg lebih berperan besar dalam mengambil posisi diatas adlh langkahnya.
Smile

Utk memastikan tarungnya berubah atau tidak, harus di gebrak dgn musuh yg sama beberapa kali.
Beda musuh, pasti beda hasilnya. Kecuali musuhnya dari tipe teknik yg sama.

Bila di gebrak dgn beberapa ayam tipe yg berbeda hasilnya masih sama, itu namanya konsisten.
Konsisten bagus atau konsisten jelek.
hehehe...

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 14.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: solah ayam berubah-rubah

Post  cay on Thu Dec 06, 2012 11:54 pm

study

cay
moderator
moderator

Jumlah posting : 3975
Join date : 07.11.11
Lokasi : depok PIN BB: 51CC3639

Kembali Ke Atas Go down

Re: solah ayam berubah-rubah

Post  pamanuye on Fri Dec 07, 2012 4:34 am

Administrator wrote:Kalau menurut saya ngoyor itu bukan karena otot leher. Otot leher memang berpengaruh, tapi tidak terlalu signifikan. Ngoyor itu krn ayam kita kalah langkah dan kurang 'pandai' utk berusaha mencari posisi yg bagus.
Buktinya ayam untulan sy lehernya otot sebesar singkong, tapi tetep aja tekniknya ngoyor2 kebawah. Kalah sama ayam lancuran yg baru tarung.
Ayam yg jago ngelock rata2 malah berleher ramping. Tidak besar.
Jadi jangan dibayangkan seperti adu panco karena yg lebih berperan besar dalam mengambil posisi diatas adlh langkahnya.
Smile

Utk memastikan tarungnya berubah atau tidak, harus di gebrak dgn musuh yg sama beberapa kali.
Beda musuh, pasti beda hasilnya. Kecuali musuhnya dari tipe teknik yg sama.

Bila di gebrak dgn beberapa ayam tipe yg berbeda hasilnya masih sama, itu namanya konsisten.
Konsisten bagus atau konsisten jelek.
hehehe...

study study study sipppppp

pamanuye
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 384
Join date : 06.11.12
Age : 36
Lokasi : pati, jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: solah ayam berubah-rubah

Post  NUR WAKHID on Fri Dec 07, 2012 8:18 am

Administrator wrote:Kalau menurut saya ngoyor itu bukan karena otot leher. Otot leher memang berpengaruh, tapi tidak terlalu signifikan. Ngoyor itu krn ayam kita kalah langkah dan kurang 'pandai' utk berusaha mencari posisi yg bagus.
Buktinya ayam untulan sy lehernya otot sebesar singkong, tapi tetep aja tekniknya ngoyor2 kebawah. Kalah sama ayam lancuran yg baru tarung.
Ayam yg jago ngelock rata2 malah berleher ramping. Tidak besar.
Jadi jangan dibayangkan seperti adu panco karena yg lebih berperan besar dalam mengambil posisi diatas adlh langkahnya.
Smile
Utk memastikan tarungnya berubah atau tidak, harus di gebrak dgn musuh yg sama beberapa kali.
Beda musuh, pasti beda hasilnya. Kecuali musuhnya dari tipe teknik yg sama.
Bila di gebrak dgn beberapa ayam tipe yg berbeda hasilnya masih sama, itu namanya konsisten.
wah masih kalah cermat ma bang admin, eh bang kalo silangan burma tapi keluarnya ngelock n main peluk n tempel prospek ga bang? masalahnya babon burmaQ bukan yang atret (fisik burma murni sawat ke rahang telak, ukuran kecil banget, kutukan baru netesnya juga kecil2. trims


NUR WAKHID
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 676
Join date : 05.04.11
Age : 43
Lokasi : Bantul Yogyakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: solah ayam berubah-rubah

Post  TotoAryo on Fri Dec 07, 2012 9:05 am

iya betul mas ari (admin), langkah menentukan.
Namun yg saya cerna dr cerita dmn ayam tsb bisa mengalungi lwnnya pd abaran ke 3 berarti tipikal langkahnya jg bagus namun blm konsisten pd abar perdananya (otomatis dr ceritanya lwn abar perdananya bkn untul & otot lehernya pun pasti lebih kenceng/lebih matang abar drpd ayam tsb - shg bknnya mengalungi lwn melainkan mnjd ngoyor/ngebeng). andaikan saat abaran itu ayam tsb sdh jd (matang di abar & solah ngalungnya selalu keluar) maka saya yakin lwnnya dpt dikalung walau langkahnya bagus sekalipun.
saran sy coba dahulu abar sampai 2 air dgn ayam yg lain yg cenderung bisa di kalung, shg dirasa tekniknya tdk berubah lg..lalu ketemukan lg dgn lwn abarnya yg pertama. saya yakin ayam tersebut tdk ngoyor bahkan mungkin bs mengalungi lwn Very Happy
knp sy menganjurkan bertemu lwn yg lain dahulu kok tdk langsung dgn abarannya yg pertama?
pengalaman sy apabila ayam tsb dr awal telah ngoyor di hadapan lwnnya bahkan sampai di test gebrak berulangkali, maka solah ngoyor itulah yg selalu akan dia pakai untuk ke depannya.
saya prnh punya pengalaman dmn saudar setetasannya tipikal ngalung semua, namun yg 1 ekor berbeda sendiri/ngoyor (pdhl pacek x induk sama).
kesalahan yg saya buat adalah saat diabar dr perdana selalu dgn ayam yg lebih matang yg tengok ki-ka nya bagus & otot leherpun sdh jadi (maklum ga da untul krn selalu dipotong stiap ada yg afkir), shg sampai diturunkan pun ayam tsb lebih suka ngoyor drpd peluk2an leher sambil mencari celah utk tempel pukul tp untungnya krn selalu begitu ngoyornya jd lumayan cpt sambil berlari kecil shg pukulan lwn susah mengena, bila bertemu dgn yg langkahnya bnr2 bagus susah di tempel pukul maka tarik dasinya keluar (ini yg sy sebut salah didikan dari dasar).
itulah knp sy lebih memposisikan pengalaman bertarung & otot (termasuk otot leher) drpd langkah sbg patokan utk gandeng di abaran perdana sampai dinilai ayam telah mematangkan solah bawaan trahnya tsb. namun andaikan solah bawaannya tdk bs keluar disaat ayam sdh matang di abar, baru sy asumsikan lwn jg bagus langkahnya atau lebih bagus.
jd saya lebih menganggap ayam tsb kalah otot leher di abaran perdananya krn menurut sy lawannya sudah lebih matang di abar dgn tengok ki-ka bagus sedangkan dia perdana, tp klo lwn perdananya tsb blm matang di abar abaikan sj asumsi sy krn telah meleset jauh pirat
maaf kalo salah mas ari, maklum msh bljr dr pnglmn pribadi sih ekeke Very Happy
slm

TotoAryo
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1245
Join date : 30.01.12
Age : 34
Lokasi : Bengkulu, Indonesia +6281367622224 - http://www.youtube.com/user/TotoAryoFarm

http://www.youtube.com/user/TotoAryoFarm

Kembali Ke Atas Go down

Re: solah ayam berubah-rubah

Post  Administrator on Fri Dec 07, 2012 5:13 pm

NUR WAKHID wrote:kalo silangan burma tapi keluarnya ngelock n main peluk n tempel prospek ga bang? masalahnya babon burmaQ bukan yang atret (fisik burma murni sawat ke rahang telak, ukuran kecil banget, kutukan baru netesnya juga kecil2. trims
Silangan burmanya jantan apa betina?
Maksudnya prospek utk apa nih? Utk adu apa utk ternak?


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 14.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: solah ayam berubah-rubah

Post  Kembangsawit on Fri Dec 07, 2012 5:23 pm

hal biasa untuk ayam muda. gaya tarung suka2. yang penting hajar bleh

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 28.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: solah ayam berubah-rubah

Post  Administrator on Fri Dec 07, 2012 5:53 pm

TotoAryo wrote:
iya betul mas ari (admin), langkah menentukan.
Namun yg saya cerna dr cerita dmn ayam tsb bisa mengalungi lwnnya pd abaran ke 3 berarti tipikal langkahnya jg bagus namun blm konsisten pd abar perdananya (otomatis dr ceritanya lwn abar perdananya bkn untul & otot lehernya pun pasti lebih kenceng/lebih matang abar drpd ayam tsb - shg bknnya mengalungi lwn melainkan mnjd ngoyor/ngebeng). andaikan saat abaran itu ayam tsb sdh jd (matang di abar & solah ngalungnya selalu keluar) maka saya yakin lwnnya dpt dikalung walau langkahnya bagus sekalipun.
saran sy coba dahulu abar sampai 2 air dgn ayam yg lain yg cenderung bisa di kalung, shg dirasa tekniknya tdk berubah lg..lalu ketemukan lg dgn lwn abarnya yg pertama. saya yakin ayam tersebut tdk ngoyor bahkan mungkin bs mengalungi lwn Very Happy
knp sy menganjurkan bertemu lwn yg lain dahulu kok tdk langsung dgn abarannya yg pertama?
pengalaman sy apabila ayam tsb dr awal telah ngoyor di hadapan lwnnya bahkan sampai di test gebrak berulangkali, maka solah ngoyor itulah yg selalu akan dia pakai untuk ke depannya.
saya prnh punya pengalaman dmn saudar setetasannya tipikal ngalung semua, namun yg 1 ekor berbeda sendiri/ngoyor (pdhl pacek x induk sama).
kesalahan yg saya buat adalah saat diabar dr perdana selalu dgn ayam yg lebih matang yg tengok ki-ka nya bagus & otot leherpun sdh jadi (maklum ga da untul krn selalu dipotong stiap ada yg afkir), shg sampai diturunkan pun ayam tsb lebih suka ngoyor drpd peluk2an leher sambil mencari celah utk tempel pukul tp untungnya krn selalu begitu ngoyornya jd lumayan cpt sambil berlari kecil shg pukulan lwn susah mengena, bila bertemu dgn yg langkahnya bnr2 bagus susah di tempel pukul maka tarik dasinya keluar (ini yg sy sebut salah didikan dari dasar).
itulah knp sy lebih memposisikan pengalaman bertarung & otot (termasuk otot leher) drpd langkah sbg patokan utk gandeng di abaran perdana sampai dinilai ayam telah mematangkan solah bawaan trahnya tsb. namun andaikan solah bawaannya tdk bs keluar disaat ayam sdh matang di abar, baru sy asumsikan lwn jg bagus langkahnya atau lebih bagus.
jd saya lebih menganggap ayam tsb kalah otot leher di abaran perdananya krn menurut sy lawannya sudah lebih matang di abar dgn tengok ki-ka bagus sedangkan dia perdana, tp klo lwn perdananya tsb blm matang di abar abaikan sj asumsi sy krn telah meleset jauh pirat
maaf kalo salah mas ari, maklum msh bljr dr pnglmn pribadi sih ekeke Very Happy
slm

Memang betul ada kemungkinan otot2nya sudah berkembang di abaran ke 3. Tapi bukan semata2 otot leher, tapi seluruh otot badannya. Pengalamannya juga semakin bertambah sehingga naluri bertarungnya juga semakin baik.

Kemungkinan kedua adlh krn musuhnya yg berbeda. Meskipun tambah otot, tambah pengalaman, tapi dasar teknik tidak bisa berubah. Ayam yg ngoyor tetap memiliki kecenderungan utk ngoyor. Ini akan kelihatan ketika ayam mulai lelah waktu bertarung. Ngoyornya akan keluar lagi.

Tapi sy setuju dgn mas Toto. Latih dulu supaya tambah pengalaman dan naluri aslinya terasah, lalu gebrak lagi dgn ayam yg pertama.




Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 14.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: solah ayam berubah-rubah

Post  d'SANTOS on Fri Dec 14, 2012 11:29 am

koco wrote:oalah itu biasa mas.... ayam punya naluri... jika musuh berbeda beda. cara bertarungnya jg berbeda.....iibarat tinju.... musuhnya beda ... ya menggunakan stategi yang beda pula. heheheheh

Oooo...gitu ya mas bro???..
Ternyata ayam bisa beradaptasi dengan lawan????
Baru tahu.....terima kasih mas bro...
wkwkwk.....

d'SANTOS
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 469
Join date : 22.12.11
Lokasi : BAKUL PITIK di SOLO AREA 081326768794

Kembali Ke Atas Go down

Re: solah ayam berubah-rubah

Post  Sponsored content Today at 7:24 am


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik