Mulai Beternak

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Mulai Beternak

Post  akar on Mon 08 Mar 2010, 16:30

Rencana bulan depan saya mau buat kandang untuk breeding Ayam Bangkok.....saya masih pemula dalam hal beternak secara profesional...kalau dulu SMP sampai kuliah memang hobi memelihara ayam aduan...tapi gara2 bekerja terbengkalai itu hobi dan sekarang mau mulai lagi...
Spesifikasi :
Luas Tanah : 150 m2

rencana saya mau ternakan dengan 3 indukan jago (2 indukan jago bangkok, 1 jago vietnam) dan 4 betina (3 betina bangkok, 1 vietnam)
apakah luas tanah yang rencana saya pakai itu memadai...karena nantinya saya ingin menempatkan kandang lancuran, kandang yang baru menetas dan umbaran....dan tanah saya dulu bekas sawah....apa bener tanahnya harus di kasih kapur gamping..terus tanah gembur....tutup pasir dan terakhir tanah gembur lagi......

mohon sarannya

salam hangat

akar

akar

Jumlah posting : 9
Join date : 03.03.10
Age : 45
Lokasi : ambarawa kab. semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mulai Beternak

Post  Hendro on Tue 09 Mar 2010, 05:55

Mas Agoes untuk beternak luasan tanah 150 m2 sudah sangat mencukupi denga beberapa jenis kandang yang mas Agoes inginkan tersebut...beberapa kandang bisa dibuat sistem kadang susun...kalo perbandingan pacek dengan babon kayaknya masih kurang seimbang babon seharusnya minimal 6 ekor biar produksi kontinue.....mengenai lapisan tanah yang bekas sawah saya rasa tidak ada masalah kalo pemberian kapur itu lebih untuk meminimalkan tumbuhnya jamur dan mematikan bakteri penyakit...kalo tanah bekas sawah tersebut sudah cukup lama dibiarkan padat & terkena sinar matahari maka sudah cukup baik dan tidak perlu ditimbun tanah gembur lagi...biarkan juga sebagian ditumbuhi rumput liar untuk kandang umbaran ayam....

Salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mulai Beternak

Post  akar on Tue 09 Mar 2010, 07:55

makasih banyak atas masukannya pa.....berarti 1 jago 2 babon ya pa.......

salam

akar

Jumlah posting : 9
Join date : 03.03.10
Age : 45
Lokasi : ambarawa kab. semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mulai Beternak

Post  Rendro on Mon 07 Jun 2010, 13:02

Saya juga baru mulai memelihara ayam bangkok. Dulu saya memelihara ayam kampung tapi badannya kecil-kecil dan saya ingin beralih ke ayam aduan. Saya mulai dengan 1 pejantan dan 2 betina dari teman yang katanya trah. Saya kurang tahu apa itu trah tapi katanya tarungnya bagus, rata-rata keturunannya menang di laga. Saya ingin mengenal lebih banyak tentang ayam aduan ini. Kira-kira untuk wilayah jogja kepada siapa saya harus belajar. Terima kasih.

Rendro
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 273
Join date : 27.05.10
Age : 43
Lokasi : Berbah Sleman DIY

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mulai Beternak

Post  Tamu on Fri 11 Jun 2010, 22:35

mungkin mas rendro bisa datang pas tgl 27 juni bsk...disana semua pemikiran dan pertanyaan kita bisa ditanyakan dan disampaikan kepada master2 kita...banyak co:pak hakim, mas herry, mas jane, mas warix, pak kelik, mas aji (bnyak impornya lhoo), dll...
makasih

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Mulai Beternak

Post  Rendro on Sat 12 Jun 2010, 08:02

Kalau tidak ada halangan saya akan hadir ke acara tersebut. Semoga saya bisa mendapatkan ilmu dari para senior.

Rendro
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 273
Join date : 27.05.10
Age : 43
Lokasi : Berbah Sleman DIY

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mulai Beternak

Post  ojieg on Sat 12 Jun 2010, 10:37

niat yng mulia, suiip!!! tetap semangat jangan lupa tetap ceria Razz Razz , perhatikan juga bung soal kondisi lingkungan, jangan sampe :
1.Para tetangga pada gak setuju jika ada yg beternak ayam dilingkungannya, bisa puyeng tuh
2.kondisi keamanan jga perlu dipertimbangkan tuh,jangan sampe uda susah payah merawat e...ee.. ternyata hasilnya pada kabur keluar kandang bersama pencuri
3.Berbaik-baiklah dg tetangga biar bisa juga bantu mengawasi dan tidak ada yang merecoki
4. diluar utusan itu semua semoga sukses ya

ojieg
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 565
Join date : 26.03.09
Lokasi : Jombang-Jatim

http://pojokdesa.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mulai Beternak

Post  gebok ambrok on Sat 12 Jun 2010, 13:33

nambain dikit bos = apapun alasannya jangan sekali - kali memotong ayam yg sedang SAKIT + kalau mau di vaksin harus rutin kalau ngak bisa mendingan ngak usah sekalian. selamat berjuang semoga sukses bounce

gebok ambrok
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 247
Join date : 31.05.10
Age : 39
Lokasi : Sepatan Tangerang. Tlp. 087808780622

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mulai Beternak

Post  Cebong on Wed 16 Jun 2010, 13:48

mantap pak, saya juga pengin tuh ternak ayam aduan. berhubung modal kecil dapetya cuman anakan, jadi masih nunggu lama kl mau diternak. Sabarrrrrr clown

Cebong
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 258
Join date : 15.06.10
Age : 35
Lokasi : Alaska ( alas karet ), Ungaran Jateng

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mulai Beternak

Post  arjho on Wed 16 Jun 2010, 14:15

gebok ambrok wrote:nambain dikit bos = apapun alasannya jangan sekali - kali memotong ayam yg sedang SAKIT + kalau mau di vaksin harus rutin kalau ngak bisa mendingan ngak usah sekalian. selamat berjuang semoga sukses bounce

MAS MAU NIMBRUNG NIH< kenapa ngak boleh memotong ayam yang sakit mas ? maaf pemula jadi pemula ,asih bisanya tanya aja

arjho
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 86
Join date : 26.05.10
Lokasi : sukoharjo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mulai Beternak

Post  cak nur on Thu 17 Jun 2010, 12:15

arjho wrote:
gebok ambrok wrote:nambain dikit bos = apapun alasannya jangan sekali - kali memotong ayam yg sedang SAKIT + kalau mau di vaksin harus rutin kalau ngak bisa mendingan ngak usah sekalian. selamat berjuang semoga sukses bounce

MAS MAU NIMBRUNG NIH< kenapa ngak boleh memotong ayam yang sakit mas ? maaf pemula jadi pemula ,asih bisanya tanya aja

Maksudnya adalah :
Khawatir bila penyakit ayam itu menular,.. atau justru mengganggu ke orang yang mengkonsumsi,... itu saja,..
Tapi kalo yakin bahwa pada saat menyembelih itu bersih, kotoran dan bulunya dibakar,..atau ditanam, masaknya mendidih,.. dsb yang memenuhi syarat ISO 14000,.. atau SMK3 ya,.. nggak apa-apa,.... he.he..he.. lol!

cak nur
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 2502
Join date : 10.02.10
Age : 49
Lokasi : PASURUAN. 085204243643 / 085785628857

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mulai Beternak

Post  aliem on Thu 17 Jun 2010, 12:52

Menurut pengalaman, kebanyakan kalo menyembelih ayam sakit.... akan menular penyakitnya ke ayam2 kita yg masih sehat.. mungkin hawa sakitnya yang menyebar...

Mungkin bau masakan ayam yg sakit bisa jadi penyebarnya ya??

aliem
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 686
Join date : 19.08.08
Lokasi : Magelang-Pekalongan PP

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mulai Beternak

Post  cak nur on Thu 17 Jun 2010, 15:01

aliem wrote:Menurut pengalaman, kebanyakan kalo menyembelih ayam sakit.... akan menular penyakitnya ke ayam2 kita yg masih sehat.. mungkin hawa sakitnya yang menyebar...

Mungkin bau masakan ayam yg sakit bisa jadi penyebarnya ya??

Kalo sudah jadi masakan sih mestinya penyakitnya "Laperrrrr",..he.he.he.... lol!

cak nur
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 2502
Join date : 10.02.10
Age : 49
Lokasi : PASURUAN. 085204243643 / 085785628857

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mulai Beternak

Post  gebok ambrok on Mon 21 Jun 2010, 21:40

betul sekali ( menurut saya sih )
virus ayam sakit yang di potong akan mudah sekali menyebar ke ayam lain . bahkan virus yg ada di benda mati lebih ganas di banding yg masih di dalam ayam itu sendiri. kalau ngak percaya ini bisa di buktikan caranya :
1.campurkan 5 ayam sehat & 1 ayam sakit dalam satu kandang
2.campurkan 5 ayam sehat & 1 ayam sakit yg sudah di potong dalam satu kandang.
silahkan anda amati sendiri hasilnya Evil or Very Mad
cara penyebaranya pun banyak sekali . lewat darah,bulu ,tulang,ke bawa angin , air yg buat nyuci daging, peralatan motong dll. itu sih secara medis . tapi secara batin apakah kita tega membunuh binatang kesayangan kita !

gebok ambrok
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 247
Join date : 31.05.10
Age : 39
Lokasi : Sepatan Tangerang. Tlp. 087808780622

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mulai Beternak

Post  Sponsored content Today at 19:11


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik