ayam bubulan ternyata tidak mau tarung/abar dulu.

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

ayam bubulan ternyata tidak mau tarung/abar dulu.

Post  Black Cemani on Sun 23 Sep 2012, 10:10

saya punya ayam umur 7 bulan. belum pernah di abar. tp setiap hari d umbar bebas.
tp yg membuat saya bingung adalah.

pernah suatu kali saya ingin mengabar ayam saya dengan ayam tetangga ( dg ayam seumuran)
tapi anehy ayam saya kok gk mau tarung tapi malah langsung lari. ( terkesan seperti meghindar dr pertarungan).

( tapi bukan stress lho, kl stress pasti ayam pernah di keok sebelumnya)

setelah saya selidiki ternyata kaki ayam saya terkena bubulan.
sehingg dr kejadian tersebut saya berkesmipulan bahwa :

ayam yang terkena bubulan cenderung selalu menghindari pertarungan, dengan alasan kaki yng bubulan sedang sakit dan jika dipaksakan akam memperparah penyakin bubulan terebut.

sebagaimana diketahui ketika bertarung ayam akan melompat dan mendarat dengan kaki. nah jika kaki ayam tersebut terkena bubulan, otomatis ayam akan merasakan sakit lebih besar pada kaki akibat lompatan ketika sedang bertarung.

kira2 masuk akal tidak yah analogi saya ...?


Terakhir diubah oleh Black Cemani tanggal Mon 24 Sep 2012, 11:34, total 2 kali diubah

Black Cemani
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 85
Join date : 11.01.12
Age : 97
Lokasi : Di Kandang Ayam

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam bubulan ternyata tidak mau tarung/abar dulu.

Post  La masia on Sun 23 Sep 2012, 23:12

bubulan tidak mempengaruhi mental ayam mas, ayam bubulan tetap mau bertarung dan gak akan menghindar tapi kemampuan bertarungnya sedikit menurun

La masia
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 407
Join date : 21.05.12
Lokasi : bandarlampung pp unit2

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam bubulan ternyata tidak mau tarung/abar dulu.

Post  la ummasa on Mon 24 Sep 2012, 10:28

Black Cemani wrote:saya punya ayam umur 7 bulan. belum pernah di abar. tp setiap hari d umbar bebas.
tp yg membuat saya bingung adalah.

pernah suatu kali saya ingin mengabar ayam saya dengan ayam tetangga ( dg ayam seumuran)
tapi anehy ayam saya kok gk mau tarung tapi malah langsung lari. ( terkesan seperti meghindar dr pertarungan).

( tapi bukan stress lho, kl stress pasti ayam pernah di keok sebelumnya)

setelah saya selidiki ternyata kaki ayam saya terkena bubulan.
sehingg dr kejadian tersebut saya berkesmipulan bahwa :

ayam yang terkena bubulan cenderung selalu menghindari pertarungan, dengan alasan kaki yng bubulan sedang sakit dan jika dipaksakan akam memperparah penyakin bubulan terebut. sebagaimana diketahui ketika bertarung ayam akan melompat dan mendarat dengan kaki. nah jika kaki ayam tersebut terkena bubulan, otomatis ayam akan merasakan sakit lebih besar pada kaki akibat lompatan ketika sedang bertarung

kira2 masuk akal tidak yah analogi saya ...?
saya sering menjumpai ayam seperti ini, bahkan saat kondisinya drop si ayam cenderung menyembunyikan kepalanya, seolah takut dengan ayam. beberapa botoh tua malah menyebut ayam seperti ini ayam bagus. benar tidaknya, saya sendiri tidak tahu. tetapi yang pasti, ayam demikian dapat meminimalisir kerugian yang lebih besar Laughing Laughing Laughing

la ummasa
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 621
Join date : 20.05.10
Lokasi : Depok

http://wn.com/laummasa

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam bubulan ternyata tidak mau tarung/abar dulu.

Post  Administrator on Mon 24 Sep 2012, 11:28

sy setuju dgn bang agus la ummasa.
Bila ada sesuatu sakit yg dirasakan, beberapa ayam lbh memilih menghindari musuh.


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam bubulan ternyata tidak mau tarung/abar dulu.

Post  norick on Mon 24 Sep 2012, 12:03

menurut saya gak begitu mas. karena ayam sendiri mempunyai naluri. tidak pernah memikirkan cidera anggota badanya. yang ada cuma kawin dan tarung

norick
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 206
Join date : 22.12.11
Age : 42
Lokasi : pontianak kal-bar

http://tanjungkarangframblog.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam bubulan ternyata tidak mau tarung/abar dulu.

Post  topanbadai on Mon 24 Sep 2012, 12:08

norick wrote:menurut saya gak begitu mas. karena ayam sendiri mempunyai naluri. tidak pernah memikirkan cidera anggota badanya. yang ada cuma kawin dan tarung

Loh, kalo begitu berarti tidak ada ayam keok dong????

topanbadai
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 654
Join date : 07.09.10
Age : 43
Lokasi : Banda Aceh

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam bubulan ternyata tidak mau tarung/abar dulu.

Post  Administrator on Mon 24 Sep 2012, 15:40

norick wrote:menurut saya gak begitu mas. karena ayam sendiri mempunyai naluri. tidak pernah memikirkan cidera anggota badanya. yang ada cuma kawin dan tarung
Kalau cidera ketika sedang bertarung, ya mungkin saja dia terus berkelahi.
Tapi kalau lagi pemulihan cidera atau sakit, reaksi tiap ayam bisa berbeda.

Maksud saya begini,
Ada ayam yg berani tarung ketika bubulan. Entah krn mentalnya bagus, atau krn bubulnya tidak terlalu sakit.
Tapi ada juga ayam yg tidak mau tarung ketika kondisi ada yg tidak beres.
Bahkan ada ayam jawara yg ketika mabung tidak pernah mau bertarung (takut ayam).
Ini hal yg wajar saja.
Beda ayam beda karakter.


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam bubulan ternyata tidak mau tarung/abar dulu.

Post  Black Cemani on Tue 25 Sep 2012, 01:48

norick wrote:menurut saya gak begitu mas. karena ayam sendiri mempunyai naluri. tidak pernah memikirkan cidera anggota badanya. yang ada cuma kawin dan tarung

hah... kok ghitu...??
berarti ayam tidak pernah bisa merasakan rasa sakit donk...???
dan kl ayam tidak pernah merasakan rasa sakit ( baik fisik luar maupun organ dalam) pasti dia akan
kelihatan seperti ayam lainya ( yg sehat)

Black Cemani
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 85
Join date : 11.01.12
Age : 97
Lokasi : Di Kandang Ayam

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam bubulan ternyata tidak mau tarung/abar dulu.

Post  Bakul_Ayam on Tue 25 Sep 2012, 05:58

Black Cemani wrote:saya punya ayam umur 7 bulan. belum pernah di abar. tp setiap hari d umbar bebas.
tp yg membuat saya bingung adalah.

pernah suatu kali saya ingin mengabar ayam saya dengan ayam tetangga ( dg ayam seumuran)
tapi anehy ayam saya kok gk mau tarung tapi malah langsung lari. ( terkesan seperti meghindar dr pertarungan).

tuh salah satu faktor kenapa ayam nya tidak mau tarung karena usianya masih 7 bulan, mungkin masih pilih2 lawan dan anda bilang sendiri kalau itu ayam tidak pernah di abar sama sekali.

Bakul_Ayam
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 169
Join date : 26.03.12
Age : 44
Lokasi : cawang

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam bubulan ternyata tidak mau tarung/abar dulu.

Post  Lock Thea on Tue 25 Sep 2012, 08:23

Stuju bgt neh ama kang bakul,wajar ayam masi muda nyali blum bnr2 full..!bhkan ada ayam yg nyalinya baru full saat beres mabung...!dan ada yg tiba2 ilang saat mabung ato dipabung paksain..!dan prnah juga punya ayam bubul specialis bengkokin leher..!heuhehe...kl g slh ada rkan disneh jga yg udh prnh nyobain ayamx..!

Lock Thea
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 2091
Join date : 24.07.11
Age : 30
Lokasi : Kuningan

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam bubulan ternyata tidak mau tarung/abar dulu.

Post  TotoAryo on Sun 30 Sep 2012, 00:37

hehe setuju mas lock thea, ane jg punya si bubul yg spc. menina boboin lwn. tp skrg dah pensiun ga tega dipakai lg (sampe bubulnya berdarah tetep kekeh aja Mad kalo lwn blm dibikin bobo ckckck), tugasnya skrg berganti me nina boboin biang2 di kmr. alhamdulillah para penerusnya dah masuk usia rawat Smile

TotoAryo
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1245
Join date : 30.01.12
Age : 34
Lokasi : Bengkulu, Indonesia +6281367622224 - http://www.youtube.com/user/TotoAryoFarm

http://www.youtube.com/user/TotoAryoFarm

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam bubulan ternyata tidak mau tarung/abar dulu.

Post  norick on Sun 16 Dec 2012, 10:47




norick wrote:menurut saya gak begitu mas. karena ayam sendiri mempunyai naluri. tidak pernah memikirkan cidera anggota badanya. yang ada cuma kawin dan tarung



hah... kok ghitu...??
berarti ayam tidak pernah bisa merasakan rasa sakit donk...???
dan kl ayam tidak pernah merasakan rasa sakit ( baik fisik luar maupun organ dalam) pasti dia akan
kelihatan seperti ayam lainya ( yg sehat)




bukanya ayam tidak pernah merasakan sakit, cuma pada sa'at ayam punya naluri bertarung ayam tidak terpikir kalau dari anggota badan nya ada yang cidera,
sebagai contoh mungkin dari rekan rekan pernah punya ayam yang kondisi kaki nya mengalami bengkak,pincang bubul dan lain sebagainya,tepi suatu saat dengan kondisi yang sedemikian lemah ayam tersebut cenderung pengen bertarung apa bila ketemu dengan ayam yang mungkin bisa dilawan,
nah itulah yang dimaksud dengan naluri ayam petarung

norick
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 206
Join date : 22.12.11
Age : 42
Lokasi : pontianak kal-bar

http://tanjungkarangframblog.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam bubulan ternyata tidak mau tarung/abar dulu.

Post  cak nur on Sun 16 Dec 2012, 14:13

norick wrote:


norick wrote:menurut saya gak begitu mas. karena ayam sendiri mempunyai naluri. tidak pernah memikirkan cidera anggota badanya. yang ada cuma kawin dan tarung



hah... kok ghitu...??
berarti ayam tidak pernah bisa merasakan rasa sakit donk...???
dan kl ayam tidak pernah merasakan rasa sakit ( baik fisik luar maupun organ dalam) pasti dia akan
kelihatan seperti ayam lainya ( yg sehat)




bukanya ayam tidak pernah merasakan sakit, cuma pada sa'at ayam punya naluri bertarung ayam tidak terpikir kalau dari anggota badan nya ada yang cidera,
sebagai contoh mungkin dari rekan rekan pernah punya ayam yang kondisi kaki nya mengalami bengkak,pincang bubul dan lain sebagainya,tepi suatu saat dengan kondisi yang sedemikian lemah ayam tersebut cenderung pengen bertarung apa bila ketemu dengan ayam yang mungkin bisa dilawan,
nah itulah yang dimaksud dengan naluri ayam petarung

Menurutku,.. bisa ya,.. bisa tidak,..
karena dari pengalamanku,.. yang cukup cethek ini,.. ada beberapa kategori...
1. Ada memang ayam yang mentalnya bagus,... gak peduli kondisi dia (entah bubulan, tengah mabung,.. dst yang menurut kita lagi gak enak badan,..he.he.) itu tetep mau tarung,... alias,.. napsu besar,.. tenaga kurang,..
2. Ada juga memang ayam yang ketika kondisinya kurang fit (ada bubul, lagi mabung, demam,..),. dia tidak sehebat waktu kondisi sehat,.. ini pun dibagi 2 setahuku :
a. Dia mau tarung dulu,.. tapi gak lama,.. bahkan kadang cuma 1-2 gebrak sudah lari
b. Dia gak mau ngadep,.. alias melihat lawan,.. sudah langsung tegak bulu kuduknya,..

just sharing.. Very Happy

cak nur
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 2502
Join date : 10.02.10
Age : 49
Lokasi : PASURUAN. 085204243643 / 085785628857

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam bubulan ternyata tidak mau tarung/abar dulu.

Post  paracetamol on Sun 16 Dec 2012, 19:29

Lock Thea wrote:Stuju bgt neh ama kang bakul,wajar ayam masi muda nyali blum bnr2 full..!bhkan ada ayam yg nyalinya baru full saat beres mabung...!dan ada yg tiba2 ilang saat mabung ato dipabung paksain..!dan prnah juga punya ayam bubul specialis bengkokin leher..!heuhehe...kl g slh ada rkan disneh jga yg udh prnh nyobain ayamx..!
setuju

paracetamol
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1325
Join date : 23.01.12
Lokasi : west borneo

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam bubulan ternyata tidak mau tarung/abar dulu.

Post  hamas on Mon 17 Dec 2012, 12:05

norick wrote:menurut saya gak begitu mas. karena ayam sendiri mempunyai naluri. tidak pernah memikirkan cidera anggota badanya. yang ada cuma kawin dan tarung

bisa jadi betul, ayamku sudah kakinya bengkak (turun urat) sobek krn bengkak, masih mau tarung tuh. kalau ga dikurung bahaya


hamas
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1793
Join date : 24.01.12
Age : 47

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam bubulan ternyata tidak mau tarung/abar dulu.

Post  hamas on Mon 17 Dec 2012, 12:08

cak nur wrote:
norick wrote:


norick wrote:menurut saya gak begitu mas. karena ayam sendiri mempunyai naluri. tidak pernah memikirkan cidera anggota badanya. yang ada cuma kawin dan tarung



hah... kok ghitu...??
berarti ayam tidak pernah bisa merasakan rasa sakit donk...???
dan kl ayam tidak pernah merasakan rasa sakit ( baik fisik luar maupun organ dalam) pasti dia akan
kelihatan seperti ayam lainya ( yg sehat)




bukanya ayam tidak pernah merasakan sakit, cuma pada sa'at ayam punya naluri bertarung ayam tidak terpikir kalau dari anggota badan nya ada yang cidera,
sebagai contoh mungkin dari rekan rekan pernah punya ayam yang kondisi kaki nya mengalami bengkak,pincang bubul dan lain sebagainya,tepi suatu saat dengan kondisi yang sedemikian lemah ayam tersebut cenderung pengen bertarung apa bila ketemu dengan ayam yang mungkin bisa dilawan,
nah itulah yang dimaksud dengan naluri ayam petarung

Menurutku,.. bisa ya,.. bisa tidak,..
karena dari pengalamanku,.. yang cukup cethek ini,.. ada beberapa kategori...
1. Ada memang ayam yang mentalnya bagus,... gak peduli kondisi dia (entah bubulan, tengah mabung,.. dst yang menurut kita lagi gak enak badan,..he.he.) itu tetep mau tarung,... alias,.. napsu besar,.. tenaga kurang,..
2. Ada juga memang ayam yang ketika kondisinya kurang fit (ada bubul, lagi mabung, demam,..),. dia tidak sehebat waktu kondisi sehat,.. ini pun dibagi 2 setahuku :
a. Dia mau tarung dulu,.. tapi gak lama,.. bahkan kadang cuma 1-2 gebrak sudah lari
b. Dia gak mau ngadep,.. alias melihat lawan,.. sudah langsung tegak bulu kuduknya,..

just sharing.. Very Happy

Setuju !

hamas
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1793
Join date : 24.01.12
Age : 47

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam bubulan ternyata tidak mau tarung/abar dulu.

Post  Richard on Mon 17 Dec 2012, 14:21

Kalau bubulnya nggak terlalu bengkak sih biasanya ayam tetap berani ayam. Mungkin ayam Mas memang masih muda. Masih pilih pilih. Nggak masalah tuh.. tunggu aja. Nanti juga berani..

Richard
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 184
Join date : 02.07.09
Lokasi : Ternak dan jual di Gading Serpong, Tangerang Hp 081808916888

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam bubulan ternyata tidak mau tarung/abar dulu.

Post  Petto on Sat 22 Dec 2012, 22:30

Menurutku,.. bisa ya,.. bisa tidak,..
karena dari pengalamanku,.. yang cukup cethek ini,.. ada beberapa kategori...
1. Ada memang ayam yang mentalnya bagus,... gak peduli kondisi dia (entah bubulan, tengah mabung,.. dst yang menurut kita lagi gak enak badan,..he.he.) itu tetep mau tarung,... alias,.. napsu besar,.. tenaga kurang,..
2. Ada juga memang ayam yang ketika kondisinya kurang fit (ada bubul, lagi mabung, demam,..),. dia tidak sehebat waktu kondisi sehat,.. ini pun dibagi 2 setahuku :
a. Dia mau tarung dulu,.. tapi gak lama,.. bahkan kadang cuma 1-2 gebrak sudah lari
b. Dia gak mau ngadep,.. alias melihat lawan,.. sudah langsung tegak bulu kuduknya,..

just sharing.. Very Happy
[/quote]
Setuju Cak Smile
Nanti klo hati nya udh bener,mendingan jgn d abar dl mas,selama masih bubul,nanti malah tambah parah,maaf lancang kasih saran Smile

Petto
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 378
Join date : 18.07.12
Lokasi : Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam bubulan ternyata tidak mau tarung/abar dulu.

Post  Kembangsawit on Mon 24 Dec 2012, 09:01

jadi ingat ayam cerdas...
ayam yang bisa ukur diri sendiri mampu tarung atau tidak saat kondisi tidak fit menurut saya itu wajar dan sangat normal. ( ayam yang cerdas ).


apalagi umur masih 7 bulan, kondisi tidak fit, tentunya dengan sendirinya ayam tidak mau tarung..itu menurut pengalaman temen2 yg punya kasus sama...

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam bubulan ternyata tidak mau tarung/abar dulu.

Post  Sponsored content Today at 17:34


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik