pengobatan ayam ngorok

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

pengobatan ayam ngorok

Post  iyang on Sun 21 Mar 2010, 12:39

saya penggemar ayadu baru, kemarin ayam saya terserang penyakit ngorok.. tolong informasi cara pengobatannya ?

iyang
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 703
Join date : 09.03.10
Age : 43
Lokasi : Tarumajaya Bekasi, 085714907816

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengobatan ayam ngorok

Post  Tamu on Sun 21 Mar 2010, 21:01

Pertanyaan anda masih kurang jelas! gejala apa saja yang timbul selain ngorok, bentuk kotoran, leher yang berbentuk huruf S, serta umur ayam anda.
Mungkin untuk pertolongan pertama bisa di korok dulu mulut nya menggunakan bulu ayam untuk mengeluarkan lendir di kerongkongan nya, kemudian beri obat tetraclor sesuai aturan pakai, kemudian istirahatkan dan kerantina ayam anda dari ayam lain, juga beri makan Pur/ Pelet kering tanpa di beri minum agar lendir yang ada di kerongkongan nya bisa ikut terserap pur/ pelet tadi.
Mungkin hanya itu pengalaman yang bisa saya bagi kan buat anda.
Trim's

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: pengobatan ayam ngorok

Post  Dobrak on Mon 22 Mar 2010, 08:32

Untuk ngorok biasa saya pake tetrachlor 2 kpsl pagi dan sore dg salah satunya dibuka. Buat Bang ocol dan papajier lainnya mohon pencerahan utk yg lehernya berbntuk S, saya kesulitan pengobatannya.

Dobrak
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 86
Join date : 03.12.09
Age : 49
Lokasi : Cilamaya Kulon Kab. Karawang

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengobatan ayam ngorok

Post  Tamu on Thu 25 Mar 2010, 22:30

Untuk ayam yang sudah sakit parah hingga lehernya berputar atau pun berbentuk huruf S biasanya yang utama saya harus lakukan adalah mengembalikan stamina ayam yang sakit dan karantina, dengan cara mencabuti bulu nya kemudian memasukkan ke dalam sebuah kotak yang di beri lampu jangan lupa di beri sedikit madu untuk memulihkankan stamina nya di ikuti pemberian obat yang sesuai dengan penyakit yang di derita.

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: pengobatan ayam ngorok

Post  Administrator on Sat 27 Mar 2010, 00:26

Sekedar menambahkan, Tetra Chlor itu sebenarnya bukan obat. Melainkan vitamin yg mengandung sedikit antibiotik. Fungsi utamanya utk pencegahan penyakit. Bukan utk menyembuhkan.
Tapi kalau penyakitnya masih ringan, bisa saja sembuh.

Utk ngorok atau penyakit saluran pernapasan lainnya, bisa pakai Baytril, Tylaprim, Coryvit, Neo Medtril, dll.

Leher dan kepala yg berputar, itu akibat serangan Tetelo/ND (Newcastle Desease).
Penyebabnya adlh virus Paramixo Virus yg menyerang syaraf.
Jadi, leher dan kepala yg berputar itu adlh krn syaraf2nya cacat. Kalau masih dalam tahap kerusakan ringan, masih bisa sembuh. Tapi kalau sudah parah, sepertinya agak sulit.

CMIIW

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6425
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengobatan ayam ngorok

Post  darmi on Sun 28 Mar 2010, 17:49

pake ultrafu jg bisa.ayam saya ngorok sdh agak parah trus saya ksih ultrafu habis 3butir nyatanya bisa sembuh kembali kok

darmi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 56
Join date : 04.11.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengobatan ayam ngorok

Post  Sigit H on Thu 08 Apr 2010, 15:10

Saya biasa pakai trimezyn kapsul mas, 1 butir prhari sesuai aturan dosis di kemasan. Selama ini saya gunakan terbukti manjur, 3 sampai 5 hari sembuh. Aman karena memang obat untuk ayam dan unggas lainnya, jadi gak perlu mengira ira dosisnya.

Sigit H
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 232
Join date : 12.11.09
Age : 36
Lokasi : Sitiung 1 Dharmasraya SUMBAR

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengobatan ayam ngorok

Post  terrra on Fri 16 Apr 2010, 07:12

pakai doxyvet aja mas..makannya pur aja dulu dan jangan dilatih dulu(jemur atau fisik)..di box aja dulu..perlakuan seperti itu yg biasa saya lakukan

terrra
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 206
Join date : 20.10.09
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengobatan ayam ngorok

Post  Lan9it on Thu 22 Apr 2010, 03:05

klo saya saya beri Trimizyin pd sore hari lalu paginya saya beri Teh manis dicampur dengan Mecin setengah sendok teh ... besoknya ayam saya langsung bs jalan-jalan kecil ...
Salam Gebrak !!

Lan9it
kopral
kopral

Jumlah posting : 15
Join date : 22.04.10
Age : 30
Lokasi : Ciputat - Jakarta Selatan

http://www.paradisme.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengobatan ayam ngorok

Post  ajik on Wed 25 May 2011, 22:58

iyang wrote:saya penggemar ayadu baru, kemarin ayam saya terserang penyakit ngorok.. tolong informasi cara pengobatannya ?
kemarin ayam Saya juga ada yang ngorok nafasnya bunyi,dan mulutnya keluar lendir, Saya korokin pake bulu kemudian Saya kasih Komix kid 0,5 shaset alhamdulillah sembuh, monggo saran yang lain

ajik
kopral
kopral

Jumlah posting : 31
Join date : 07.05.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengobatan ayam ngorok

Post  Refal on Sat 08 Mar 2014, 08:33

Tamu wrote:Pertanyaan anda masih kurang jelas! gejala apa saja yang timbul selain ngorok, bentuk kotoran, leher yang berbentuk huruf S, serta umur ayam anda.
Mungkin untuk pertolongan pertama bisa di korok dulu mulut nya menggunakan bulu ayam untuk mengeluarkan lendir di kerongkongan nya, kemudian beri obat tetraclor sesuai aturan pakai, kemudian istirahatkan dan kerantina ayam anda dari ayam lain, juga beri makan Pur/ Pelet kering tanpa di beri minum agar lendir yang ada di kerongkongan nya bisa ikut terserap pur/ pelet tadi.
Mungkin hanya itu pengalaman yang bisa saya bagi kan buat anda.
Trim's
Nah kebetulan nih, ayam saya usia 3 bulan sudah 2 2 hari tidak nafsu makan terus pas tadi pagi ayam saya kelihatan loyo dan ngorok dan beraknya putih. padahal semalam saya kasih makan denga cara di loloh sampai temboloknya penuh, nah cara mengatasi/mengobati ayam dengan gejala tersebut bagaimana bang? ditunggu jawabannya sekian terima kasih.


Refal
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 157
Join date : 30.10.12
Age : 31
Lokasi : Karwang, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengobatan ayam ngorok

Post  jawara on Sat 08 Mar 2014, 12:29

iyang wrote:saya penggemar ayadu baru, kemarin ayam saya terserang penyakit ngorok.. tolong informasi cara pengobatannya ?

doxyvet/meditril bisa bang.

jawara
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1458
Join date : 20.11.12
Age : 35
Lokasi : Banyuwangi - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengobatan ayam ngorok

Post  aditp on Sat 08 Mar 2014, 16:22

Kasih Top.1. Beres..
Ngorok langsung hilang.. Laughing

aditp
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1307
Join date : 05.08.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengobatan ayam ngorok

Post  losi on Sat 08 Mar 2014, 19:19

numpang nyimak

losi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 944
Join date : 21.01.14
Lokasi : Dapur magma

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengobatan ayam ngorok

Post  hamas on Mon 10 Mar 2014, 14:40

ajik wrote:
iyang wrote:saya penggemar ayadu baru, kemarin ayam saya terserang penyakit ngorok.. tolong informasi cara pengobatannya ?
kemarin ayam Saya juga ada yang ngorok nafasnya bunyi,dan mulutnya keluar lendir, Saya korokin pake bulu kemudian Saya kasih Komix kid 0,5 shaset alhamdulillah sembuh, monggo saran yang lain

setuju, kalau ada jamu kunit asem yg sachet cair. boleh dicoba

hamas
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1793
Join date : 24.01.12
Age : 47

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengobatan ayam ngorok

Post  hamas on Mon 10 Mar 2014, 14:41

Administrator wrote:Sekedar menambahkan, Tetra Chlor itu sebenarnya bukan obat. Melainkan vitamin yg mengandung sedikit antibiotik. Fungsi utamanya utk pencegahan penyakit. Bukan utk menyembuhkan.
Tapi kalau penyakitnya masih ringan, bisa saja sembuh.

Utk ngorok atau penyakit saluran pernapasan lainnya, bisa pakai Baytril, Tylaprim, Coryvit, Neo Medtril, dll.

Leher dan kepala yg berputar, itu akibat serangan Tetelo/ND (Newcastle Desease).
Penyebabnya adlh virus Paramixo Virus yg menyerang syaraf.
Jadi, leher dan kepala yg berputar itu adlh krn syaraf2nya cacat. Kalau masih dalam tahap kerusakan ringan, masih bisa sembuh. Tapi kalau sudah parah, sepertinya agak sulit.

CMIIW

Betul.
pasal 1 Admin tdk pernah salah
pasal 2 kalau salah, kembali ke pasal1

hamas
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1793
Join date : 24.01.12
Age : 47

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengobatan ayam ngorok

Post  losi on Mon 10 Mar 2014, 17:24

hamas wrote:
Administrator wrote:Sekedar menambahkan, Tetra Chlor itu sebenarnya bukan obat. Melainkan vitamin yg mengandung sedikit antibiotik. Fungsi utamanya utk pencegahan penyakit. Bukan utk menyembuhkan.
Tapi kalau penyakitnya masih ringan, bisa saja sembuh.

Utk ngorok atau penyakit saluran pernapasan lainnya, bisa pakai Baytril, Tylaprim, Coryvit, Neo Medtril, dll.

Leher dan kepala yg berputar, itu akibat serangan Tetelo/ND (Newcastle Desease).
Penyebabnya adlh virus Paramixo Virus yg menyerang syaraf.
Jadi, leher dan kepala yg berputar itu adlh krn syaraf2nya cacat. Kalau masih dalam tahap kerusakan ringan, masih bisa sembuh. Tapi kalau sudah parah, sepertinya agak sulit.

CMIIW

Betul.
pasal 1 Admin tdk pernah salah
pasal 2 kalau salah, kembali ke pasal1

losi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 944
Join date : 21.01.14
Lokasi : Dapur magma

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengobatan ayam ngorok

Post  arlusa on Sat 07 Jun 2014, 19:33

Pengalaman kemarin ini
Musim hujan mulai datang
Satu ekor ayam jago muda terserang ngorok + bersin-bersin
Ngoroknya udah parah dan kalau bersin pasti muncrat cairan
Fase awal terserang dikasih tetra chlor selama dua hari nggak mempan, kemudian siang harinya cari buah mengkudu dan sorenya kasih ke ayam 3 potong kecil + tetra chlor. Besok pagi dan sorenya dikasih lagi 3 potong kecil kecil + tetra chlor. Besoknya lagi gak ada megang ayam karna keluar kota dan pulang udah malam dan besok paginya udah sembuh

arlusa

Jumlah posting : 9
Join date : 18.03.14
Age : 27
Lokasi : pekanbaru

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengobatan ayam ngorok

Post  kahfy on Sat 07 Jun 2014, 22:48

Administrator wrote:Sekedar menambahkan, Tetra Chlor itu sebenarnya bukan obat. Melainkan vitamin yg mengandung sedikit antibiotik. Fungsi utamanya utk pencegahan penyakit. Bukan utk menyembuhkan.
Tapi kalau penyakitnya masih ringan, bisa saja sembuh.

Utk ngorok atau penyakit saluran pernapasan lainnya, bisa pakai Baytril, Tylaprim, Coryvit, Neo Medtril, dll.

Leher dan kepala yg berputar, itu akibat serangan Tetelo/ND (Newcastle Desease).
Penyebabnya adlh virus Paramixo Virus yg menyerang syaraf.
Jadi, leher dan kepala yg berputar itu adlh krn syaraf2nya cacat. Kalau masih dalam tahap kerusakan ringan, masih bisa sembuh. Tapi kalau sudah parah, sepertinya agak sulit.

CMIIW



kalaw ngorok seperti org asma..tapi nafsu makan msh normal..
gejal ngorok nya klw malm tambah prh bang..
udah d asih tetraklor,trymizin.tp ga sembuh sembuh.
Baytril, Tylaprim, Coryvit, Neo Medtril, itu bisa d beli dmna bang..??Laughing

kahfy
kopral
kopral

Jumlah posting : 33
Join date : 23.04.13
Lokasi : Parung,Bogor

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengobatan ayam ngorok

Post  Tosan Aji on Wed 11 Jun 2014, 16:47

kahfy wrote:
Administrator wrote:Sekedar menambahkan, Tetra Chlor itu sebenarnya bukan obat. Melainkan vitamin yg mengandung sedikit antibiotik. Fungsi utamanya utk pencegahan penyakit. Bukan utk menyembuhkan.
Tapi kalau penyakitnya masih ringan, bisa saja sembuh.

Utk ngorok atau penyakit saluran pernapasan lainnya, bisa pakai Baytril, Tylaprim, Coryvit, Neo Medtril, dll.

Leher dan kepala yg berputar, itu akibat serangan Tetelo/ND (Newcastle Desease).
Penyebabnya adlh virus Paramixo Virus yg menyerang syaraf.
Jadi, leher dan kepala yg berputar itu adlh krn syaraf2nya cacat. Kalau masih dalam tahap kerusakan ringan, masih bisa sembuh. Tapi kalau sudah parah, sepertinya agak sulit.

CMIIW




kalaw ngorok seperti org asma..tapi nafsu makan msh normal..
gejal ngorok nya klw malm tambah prh bang..
udah d asih tetraklor,trymizin.tp ga sembuh sembuh.
Baytril, Tylaprim, Coryvit, Neo Medtril, itu bisa d beli dmna bang..??Laughing
nyimak... monggo senior?

Tosan Aji
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 62
Join date : 19.02.14
Lokasi : Campurdarat

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengobatan ayam ngorok

Post  Ranowibowo on Mon 16 Jun 2014, 05:37

arlusa wrote:Pengalaman kemarin ini
Musim hujan mulai datang
Satu ekor ayam jago muda terserang ngorok + bersin-bersin
Ngoroknya udah parah dan kalau bersin pasti muncrat cairan
Fase awal terserang dikasih tetra chlor selama dua hari nggak mempan, kemudian siang harinya cari buah mengkudu dan sorenya kasih ke ayam 3 potong kecil + tetra chlor. Besok pagi dan sorenya dikasih lagi 3 potong kecil kecil + tetra chlor. Besoknya lagi gak ada megang ayam karna keluar kota dan pulang udah malam dan besok paginya udah sembuh

ikut berbagi pengalaman tentang penyakit ngorok... saat ayam mengalami ngorok baik ringan / berat istirahatkan dulu ayam di kandang box.(tidak dijemur,tidak dimandiin) setiap pagi dan sore selalu dibersihkan tenggorakannya dengan bulu korok sampai bersih,lebih bagus menggunakan air hangat. kemudian setiap pagi dan sore beri buah mengkudu masak (pace) 2 iris besarnya sekitar 1 jempol. 3 hari kemudian sembuh total ngoroknya.. uraian diatas yg sy lakukan untuk mengobati penyakit ngorok dan terbukti sangat ampuh..dengan biaya yang sangat murah.. karena buah mengkudunya tinggal minta ke tetangga hehehe.. demikian pengalaman dr saya.. terima kasih

Ranowibowo
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 867
Join date : 11.08.12
Age : 30
Lokasi : SOBA, Hp: 085252564940 / BB : 55291D93

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengobatan ayam ngorok

Post  Dian Syariful Alamsyah on Tue 17 Jun 2014, 01:58

Wah saya juga punya masalah yg sama dengan Mas Kahfi..saya punya indukan 2 ekor yg sudah satu bulan ngorokya ngak sembuh..dikasih tetraclor sudah,dikasih trimicyn sudah..ayamnya nafsu makan biasa,aktifitas tetetap biasa .tetap bertelur dan ngeram,akan tetapi ngorok..apa ada jenis penyakit baru ya?kira2 para senior punya pengalaman untuk membuat ngorok ayam saya hilang?

Dian Syariful Alamsyah
kopral
kopral

Jumlah posting : 21
Join date : 10.11.13
Age : 35
Lokasi : Air Molek,Inhu,Riau

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengobatan ayam ngorok

Post  Gan Samed on Sat 21 Jun 2014, 04:19

ikut nyimak gan

Gan Samed
kopral
kopral

Jumlah posting : 30
Join date : 04.06.14

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengobatan ayam ngorok

Post  Akbar BTM on Sat 21 Jun 2014, 22:41

mohon bantuannya dari senior2,lancuran saya umur 5 bln ngorok nya keras banget, udah hampir sebulan blm sembuh,aktivitas ayam normal(2 minggu ini saya biarkan bebas), hanya nafsu makan kurang,,kalo makannya dilolohkan apakah ada efeknya?soalnya saya khawatir pertumbuhannya ntar jadi gak maksimal,karena kurang makan...SadSad

Akbar BTM
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 344
Join date : 19.06.14
Age : 27
Lokasi : Cicadas, Bandung 0857-2227-3210

Kembali Ke Atas Go down

Re: pengobatan ayam ngorok

Post  Sponsored content Today at 13:10


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik