Tentang Babon..

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Tentang Babon..

Post  Sinyo_nakano on Wed 24 Mar 2010, 10:35

All Papajiers...
menurut pengalaman anda semua berapa lama masa produktif seekor babon?
Misal ada kasus seekor babon tidak mau berproduksi(nelor) lagi apa yang bisa di lakukan agar babon tersebut produktif kembali?

Terima kasih

Sinyo_nakano
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 109
Join date : 25.01.10

Kembali Ke Atas Go down

Tentang babon

Post  Andreaz on Thu 25 Mar 2010, 07:42

Saya punya babon umurnya kira2 7 tahun.saya dapat dari temen 3 tahun yg lalu.sampai saat ini memang babon tsb msh bs nelor,tp jmlh telor nya sdh mulai sdikit.hanya 5 - 8 butir.dan siklus nelornya jg lambat.3 bln baru nelor lg.klo menurut saya yg penting babon tdk pernah terserang penyakit psti masa produksinya lama.babon hrs sering diumbar dan makannya jgn terlalu bnyk,jgn terlalu sdikit,yg penting kandungan gizinya terpenuhi.
Salam..

Andreaz
kopral
kopral

Jumlah posting : 43
Join date : 06.12.09
Age : 33
Lokasi : Jambi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tentang Babon..

Post  nurkhotim on Thu 25 Mar 2010, 12:14

Andreaz wrote:Saya punya babon umurnya kira2 7 tahun.saya dapat dari temen 3 tahun yg lalu.sampai saat ini memang babon tsb msh bs nelor,tp jmlh telor nya sdh mulai sdikit.hanya 5 - 8 butir.dan siklus nelornya jg lambat.3 bln baru nelor lg.klo menurut saya yg penting babon tdk pernah terserang penyakit psti masa produksinya lama.babon hrs sering diumbar dan makannya jgn terlalu bnyk,jgn terlalu sdikit,yg penting kandungan gizinya terpenuhi.
Salam..

Sangat setuju sekali,.....!!! study

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tentang Babon..

Post  zin494 on Thu 25 Mar 2010, 12:25

Babon tertua yg pernah saya pelihara itu sekitar 10 tahun lebih (udah lupa), akhirnya saya sembelih setahun yg lalu krn sudah tidak bertelur. Dari pengalaman sebelumnya babon msh bisa bertelur sampe usia 9-10 tahunan kok mas. Tapi lama kelamaan produktivitasnya semakin berkurang dan jarang. Mungkin itu tergantung perawatan dan makanan juga.

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 09.07.09
Age : 34
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tentang Babon..

Post  Sinyo_nakano on Fri 26 Mar 2010, 10:55

ohh jadi kalo umur sekitar 3 tahunan masih bisa diandalkan ya bro semua...
Terima kasih infonya..

Sinyo_nakano
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 109
Join date : 25.01.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tentang Babon..

Post  mas anto klaten on Wed 07 Apr 2010, 09:50

saya punya babon uzur/tua ya kira2 dah umur 5th-nanlah. dulu sebelum terserang penyakit rutin nelor dan netas baik. tetapi setelah kena penyakit 6 bln kemudian baru mau berelor. tapi yang jadi masalah telor tidak menetas dan sampai sekarang masih seperti itu.

mas anto klaten
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 748
Join date : 26.11.09
Age : 45
Lokasi : wedi klaten

http://hadiyantoprima@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tentang Babon..

Post  khairul_rizqi on Wed 07 Apr 2010, 12:32

sy punya koleksi babon tua, umur di atas 8 tahun
Babon/biang yang satu pernah kena ND tapi ga mati, produksi telor menurun drastis sejak terserang ND, dari 11 turun menjadi 5-6 butir/periode, pernah mogok nelor selama hampir 2 tahun, sekarang aktif lagi
Sedangkan babon/biang yang satu lagi produksi tetap stabil dan daya tetas masih tinggi

khairul_rizqi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 54
Join date : 10.11.08
Age : 48
Lokasi : Warujaya Parung Bogor

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tentang Babon..

Post  Hendro on Thu 08 Apr 2010, 06:50

khairul_rizqi wrote:sy punya koleksi babon tua, umur di atas 8 tahun
Babon/biang yang satu pernah kena ND tapi ga mati, produksi telor menurun drastis sejak terserang ND, dari 11 turun menjadi 5-6 butir/periode, pernah mogok nelor selama hampir 2 tahun, sekarang aktif lagi
Sedangkan babon/biang yang satu lagi produksi tetap stabil dan daya tetas masih tinggi


Wahhh...rupanya rekan2 ini lebih senang pada babon tua yang udah uzuur ya...?? kalo saya kok lebih memilih babon yang mudaan...he...he...he....

Peace

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tentang Babon..

Post  mas anto klaten on Thu 08 Apr 2010, 08:27

Hendro wrote:
khairul_rizqi wrote:sy punya koleksi babon tua, umur di atas 8 tahun
Babon/biang yang satu pernah kena ND tapi ga mati, produksi telor menurun drastis sejak terserang ND, dari 11 turun menjadi 5-6 butir/periode, pernah mogok nelor selama hampir 2 tahun, sekarang aktif lagi
Sedangkan babon/biang yang satu lagi produksi tetap stabil dan daya tetas masih tinggi


Wahhh...rupanya rekan2 ini lebih senang pada babon tua yang udah uzuur ya...?? kalo saya kok lebih memilih babon yang mudaan...he...he...he....

Peace
babon tua saya sudah tak jual karena ndak pernah netas. dan jelas pilih anakan dragon dari biang slenger soale pasti anakannya berkualitas. walau sekarang baru pertama nelor (tembean:jawa) tapi tuk kedepannya pasti oke. betulkan mas hendro??????

mas anto klaten
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 748
Join date : 26.11.09
Age : 45
Lokasi : wedi klaten

http://hadiyantoprima@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tentang Babon..

Post  ferry bun on Thu 08 Apr 2010, 09:47

zin494 wrote:Babon tertua yg pernah saya pelihara itu sekitar 10 tahun lebih (udah lupa), akhirnya saya sembelih setahun yg lalu krn sudah tidak bertelur. Dari pengalaman sebelumnya babon msh bisa bertelur sampe usia 9-10 tahunan kok mas. Tapi lama kelamaan produktivitasnya semakin berkurang dan jarang. Mungkin itu tergantung perawatan dan makanan juga.
kasihan Bro disembeleh karena habis terulnya ...wkaxkakxakxakxakx

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tentang Babon..

Post  ferry bun on Thu 08 Apr 2010, 09:59

zin494 wrote:Babon tertua yg pernah saya pelihara itu sekitar 10 tahun lebih (udah lupa), akhirnya saya sembelih setahun yg lalu krn sudah tidak bertelur. Dari pengalaman sebelumnya babon msh bisa bertelur sampe usia 9-10 tahunan kok mas. Tapi lama kelamaan produktivitasnya semakin berkurang dan jarang. Mungkin itu tergantung perawatan dan makanan juga.
Sayang ya Bro ...berati sudah banyak hasilnya .....

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tentang Babon..

Post  mas anto klaten on Thu 08 Apr 2010, 10:33

ya iyalah................

mas anto klaten
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 748
Join date : 26.11.09
Age : 45
Lokasi : wedi klaten

http://hadiyantoprima@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tentang Babon..

Post  zin494 on Thu 08 Apr 2010, 10:53

Kalo saya mikirnya rasional aja bang, kalo babon kan yg diambil fungsi reproduksinya, kalo sudah nggak bisa bertelur tentu sudah sia2 dipelihara. Kalo lebih tepatnya bapak saya yg pelihara, udah sejak saya belum lahir ortu udah hobby ngadu sama ternak ayam. Saya baru beberapa tahun ini aja hobby ternak walaupun udah senang lihat adu ayam sejak kecil. Kalo mandiin sama ngerawat ayam saya kurang bisa, istilah2 kalangan jg krg ngerti, maklumlah cuman hobby ngabar aja, ga gitu senang taruhannya.
Sebenarnya tuh ayam dipiara lama krn masih pemberian saudara yg hobbi main ayam di siantar dulu, makanya sayang untuk disembelih, tapi sekarang keturunannya udah banyak yg lebih bagus dari segi tehnik dan pukulnya, apalagi kemarin dapat pacek sama indukan birma jd dipikir2 untuk apalagi dipertahankan krn udah ga nelor. Gitu ceritanya bang

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 09.07.09
Age : 34
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tentang Babon..

Post  Karismadi on Thu 08 Apr 2010, 11:41

Selain dari masa produksi telur...
melihat babonan yg baik itu seperti apa yah... dari segi fisik? dari segi main mesti di tes gebrak juga ya?...
jumlah telur berpengaruh juga tak terhadap kualitas anak ayam nantinya...
thaks info na....

Karismadi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 239
Join date : 07.04.10
Age : 29
Lokasi : Lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tentang Babon..

Post  zin494 on Thu 08 Apr 2010, 12:35

Udah ada kok dijelaskan di forum sebelumnya mas, udah cukup lengkap kok, coba lihat di metode pemuliaan ternak

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 09.07.09
Age : 34
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tentang Babon..

Post  Karismadi on Thu 08 Apr 2010, 13:02

oke thaks mas....
maklum baru jadi belum explor semua info di sini.. he he he

Karismadi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 239
Join date : 07.04.10
Age : 29
Lokasi : Lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tentang Babon..

Post  Sponsored content Today at 15:41


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik