Penyebab bubul?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Penyebab bubul?

Post  Sinyo_nakano on Fri 26 Mar 2010, 11:04

Telah banyak di ulas penanganan ayam yang kena bubul pada kaki, akan tetapi bukankah lebih baik tahu penyebab penyakit bubul tersebut? sehingga akan lebih mudah mencegahnya..
Bagi temen-temen sharing donk penyebab bubul tuh apa saja?
Terima kasih

Sinyo_nakano
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 109
Join date : 25.01.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyebab bubul?

Post  teddy on Fri 26 Mar 2010, 11:09

Sinyo_nakano wrote:penyebab penyakit bubul tersebut?

itu dikarenakan .. luka yg tidak terkontrol, .. penyebab luka bisa macam-macam ... salah satu-nya yg sering terabaikan adalah kandang yg lembab atau basah, sehingga kaki jadi lebih lembek dan mudah luka.

salam,

++teddy

teddy
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 315
Join date : 22.08.08
Age : 71
Lokasi : Riung Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyebab bubul?

Post  Sinyo_nakano on Fri 26 Mar 2010, 11:34

Makasih kang Teddy.. loh berarti kalo ayamnya diumbar dari kecil gk mungkin kena bubul ya?
terima kasih

Sinyo_nakano
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 109
Join date : 25.01.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyebab bubul?

Post  teddy on Fri 26 Mar 2010, 12:58

Sinyo_nakano wrote:loh berarti kalo ayamnya diumbar dari kecil gk mungkin kena bubul ya?

ini tidak melihat apa, ayam itu di ubar dari kecil atau di kandang terus ... yg pasti ada luka dan terinfeksi ... yg terlambat diobati sehingga berkembang jadi bubul.

saran-nya, harus dilakukan pemeriksaan 1x dalam 1-2bln, .. kalau ada yg terindikasi langsung dikarantina dan diobati sampai sembuh.
-----=,

biasanya yg saya lakukan kalau ada yg bubul tingkat ringan-sedang (bau sudah timbul) .. cukup dengan rajin 1x/2-3hr : cuci dengan air, bersihkan luka, buang kotoran/kulit/upil keras dan diolesi neoblue, biasanya 3-4 minggu bersih.

salam,

++teddy

teddy
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 315
Join date : 22.08.08
Age : 71
Lokasi : Riung Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyebab bubul?

Post  jibrut_007 on Fri 26 Mar 2010, 19:47

teddy wrote:
Sinyo_nakano wrote:penyebab penyakit bubul tersebut?

itu dikarenakan .. luka yg tidak terkontrol, .. penyebab luka bisa macam-macam ... salah satu-nya yg sering terabaikan adalah kandang yg lembab atau basah, sehingga kaki jadi lebih lembek dan mudah luka.

salam,

++teddy
pantesan ayam saya bubulan kandang basah mana ayam muda cuma 3 yg bubul 2 yg 1 parah pula.kalo sembuh masih bisa kepake ga yah.

jibrut_007
kopral
kopral

Jumlah posting : 37
Join date : 13.01.10
Age : 40
Lokasi : pdk gede - tambun

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyebab bubul?

Post  Joko on Fri 26 Mar 2010, 20:32

Sinyo_nakano wrote:Telah banyak di ulas penanganan ayam yang kena bubul pada kaki, akan tetapi bukankah lebih baik tahu penyebab penyakit bubul tersebut? sehingga akan lebih mudah mencegahnya..
Bagi temen-temen sharing donk penyebab bubul tuh apa saja?
Terima kasih

Menurut saya bubul itu timbul karena beberapa hal :
1. kandang basah sehingga talapak kaki selalu dalam kondisi basah sehingga menjadi pecah2 dan akhirnya membubul,
2. Kandang kurang bersih sehingga kaki selalu kotor oleh kotoran ayam,
3. Kadang klo kandang kita pakai sekam (kulit padi) dan sekamnya basah bisa menimbulkan bubul juga

Solusinya : jaga supaya telapak kaki selau kering dan bersih

Pengbatan : Klo bubulnya ringan coba diolesi tieh ta yau jin semacam betadin harganya sekitar 12-14 ribu lalu diplester biar tidak kontak dengan kotoran, semoga berhasil

Salam JK

Joko
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 274
Join date : 25.08.08
Age : 50
Lokasi : 08156032235

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyebab bubul?

Post  Tamu on Fri 26 Mar 2010, 21:24

Bubul memang datang dari luka kecil yang menjadi infeksi, penyebab luka nya macam macam tetapi yang perlu di perhatikan adalah perawatan setiap saat dengan memperhatikan kondisi kesehatan ayam dan kecepatan penanganan serta pengobatan yang di berikan ketika terinfeksi sebelum semakin parah. (Makanya usahakan paling tidak seminggu sekali di periksa kondisi kaki nya ada luka apa tidak, kalo Obat saya rasa sudah banyak di jual di tempat penjual pakan dan obat serta kebutuhan unggas, bilang aja cari obat bubul).

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyebab bubul?

Post  Administrator on Sat 27 Mar 2010, 00:30

Joko wrote:
Menurut saya bubul itu timbul karena beberapa hal :
1. kandang basah sehingga talapak kaki selalu dalam kondisi basah sehingga menjadi pecah2 dan akhirnya membubul,
2. Kandang kurang bersih sehingga kaki selalu kotor oleh kotoran ayam,
3. Kadang klo kandang kita pakai sekam (kulit padi) dan sekamnya basah bisa menimbulkan bubul juga

Solusinya : jaga supaya telapak kaki selau kering dan bersih

Pengbatan : Klo bubulnya ringan coba diolesi tieh ta yau jin semacam betadin harganya sekitar 12-14 ribu lalu diplester biar tidak kontak dengan kotoran, semoga berhasil

Salam JK

Sy setuju dgn kang Teddy. Bubul itu adlh krn ada luka di kakinya.
Jadi intinya bukan krn basah atau kering.
Meskipun kering, kalau luka, ya jadi bubul juga.
Lantai yg basah hanya menyebabkan kulit telapak kaki menjadi lunak shg mudah terluka.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyebab bubul?

Post  Bonimanuk on Mon 14 Jun 2010, 10:54

teddy wrote:
Sinyo_nakano wrote:loh berarti kalo ayamnya diumbar dari kecil gk mungkin kena bubul ya?

ini tidak melihat apa, ayam itu di ubar dari kecil atau di kandang terus ... yg pasti ada luka dan terinfeksi ... yg terlambat diobati sehingga berkembang jadi bubul.

saran-nya, harus dilakukan pemeriksaan 1x dalam 1-2bln, .. kalau ada yg terindikasi langsung dikarantina dan diobati sampai sembuh.
-----=,

biasanya yg saya lakukan kalau ada yg bubul tingkat ringan-sedang (bau sudah timbul) .. cukup dengan rajin 1x/2-3hr : cuci dengan air, bersihkan luka, buang kotoran/kulit/upil keras dan diolesi neoblue, biasanya 3-4 minggu bersih.

salam,

++teddy
Beli neoblue nya dimana kang tedi ??

salam boniman

Bonimanuk
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 671
Join date : 03.03.10
Age : 42
Lokasi : Ciparay Bandung

http://bonimanuk@yahoo.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyebab bubul?

Post  alvin85 on Mon 14 Jun 2010, 19:53

salam semuanya..!
saya mau kasi saran saja..! ayamnya di buad kan sandal dari karet ban dalam bekas saja..! aman kok..! Smile

alvin85
kopral
kopral

Jumlah posting : 20
Join date : 30.01.10
Age : 31
Lokasi : Kupang _ NTT

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyebab bubul?

Post  Yons on Tue 15 Jun 2010, 17:55

alvin85 wrote:salam semuanya..!
saya mau kasi saran saja..! ayamnya di buad kan sandal dari karet ban dalam bekas saja..! aman kok..! Smile

wah... ide bagus tuh Smile Smile Smile
di upload donk.... pictnya... biar pd tau semua
barang kli jg ada ide bikin sepatu.... nya bounce bounce bounce

Yons
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 80
Join date : 17.08.08
Lokasi : ds Tanjung wangi Kec Cijambe Subang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyebab bubul?

Post  alvin85 on Wed 16 Jun 2010, 07:45

http://ayamlaga.com/index.php?option=com_joomgallery&func=detail&id=11046&Itemid=47
cobe deh di buka ..! mungkin bisa membantu..! hehehehe Laughing

alvin85
kopral
kopral

Jumlah posting : 20
Join date : 30.01.10
Age : 31
Lokasi : Kupang _ NTT

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyebab bubul?

Post  gebok ambrok on Tue 22 Jun 2010, 00:18

Menurut sang PEMULA :
1. Bubul karena faktor jenis ayam ( ayam batu rante,batu lapak ) sangat mudah terkena sakit bubulan.
2. Kaki ayam terluka akibat ( paku, batu, bambu,lompat dari ketinggian dll ) terus kemasukan kotoran/terinfeksi dalam waktu lama .
Intinya bubulan ngak bedanya sama korep yang di sebabkan terluka terus tidak di bersihkan atau kurang bersih dalam membersikannya

gebok ambrok
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 247
Join date : 31.05.10
Age : 39
Lokasi : Sepatan Tangerang. Tlp. 087808780622

Kembali Ke Atas Go down

Apakah bubul

Post  Fandi Soputan on Sun 31 May 2015, 07:06

Apakah ini termasuk bubul? Mohon bantuannya teman2

Fandi Soputan
kopral
kopral

Jumlah posting : 14
Join date : 20.04.15
Age : 31
Lokasi : Manado

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyebab bubul?

Post  benkliwon on Sun 31 May 2015, 12:13

Fandi Soputan wrote:Apakah ini termasuk bubul? Mohon bantuannya teman2

Gambarnya mana bro? Atau karena hp ku yg jadul. Very Happy

benkliwon
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 274
Join date : 21.03.15
Age : 40
Lokasi : jombang, 081234094357

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyebab bubul?

Post  mushafir on Sun 31 May 2015, 18:44

Bubul obat luar dan obat oral juga harus rutin

Obat luar cukup antibakteri dan anti radang bisa seperti betadine, revanol, salep anti luka dll

Obat minumnya bisa amoxan, amoxcilin dll yang fungsinya mengeringkan luka
Ditambahkan juga boleh seperti obat anti nyeri

mushafir
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 371
Join date : 10.10.14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyebab bubul?

Post  Fandi Soputan on Tue 02 Jun 2015, 17:50

Eh maaf hehe ini gambarx senior2

Fandi Soputan
kopral
kopral

Jumlah posting : 14
Join date : 20.04.15
Age : 31
Lokasi : Manado

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyebab bubul?

Post  Sponsored content Today at 02:49


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik