cara agar semua setiap anak ayam yang menetas selalu jago dan sedikit babon nya ada cara khusus nya gak

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

cara agar semua setiap anak ayam yang menetas selalu jago dan sedikit babon nya ada cara khusus nya gak

Post  santoso on Sat 27 Mar 2010, 20:34

cara agar anak ayam yang selalu menetas jago dan sedikit babon gi mana yah

santoso
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 133
Join date : 14.10.09
Age : 45
Lokasi : palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara agar semua setiap anak ayam yang menetas selalu jago dan sedikit babon nya ada cara khusus nya gak

Post  Hendro on Sun 28 Mar 2010, 06:24

Coba dikawinkan hanya pada sore hari dan pilih telor yang cenderung lonjong jangan yang bulat...kemungkinan menetas jantan lebih besar...salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara agar semua setiap anak ayam yang menetas selalu jago dan sedikit babon nya ada cara khusus nya gak

Post  hakim on Sun 28 Mar 2010, 08:15

Hendro wrote:Coba dikawinkan hanya pada sore hari dan pilih telor yang cenderung lonjong jangan yang bulat...kemungkinan menetas jantan lebih besar...salam

Rata-rata botoh memberikan saran yang sama seperti yang dikemukakan Mas Hendro. Ada lagi botoh yang menyarankan kepada saya begini :

Siapkan benang dan jarum. Pasangkan jarum dengan benang. Tangan kiri memegang telor dan tangan kanan memegang benang, sehingga jarum tampak menggantung. Jarak antara telor dan jarum kurang lebih 0,5 cm. Lihatlah reaksi jarum :

1. Bila jarum bergerak maju mundur, kemungkinan berpotensi anak jantan.
2. Bila jarum bergerak melingkar, kemungkinan berpotensi anak betina.

Mohon maaf, sejauh ini saya pribadi belum sempat mempraktekkan. Cara diatas hanya saran seorang peternak yang pernah saya temui.
Selamat mencoba, terima kasih ...

hakim
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 90
Join date : 18.08.08
Lokasi : Yogyakarta

http://www.ayambangkok.net

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara agar semua setiap anak ayam yang menetas selalu jago dan sedikit babon nya ada cara khusus nya gak

Post  Dobrak on Sun 28 Mar 2010, 10:45

Ada lagi botoh yang menyarankan kepada saya begini :

Siapkan benang dan jarum. Pasangkan jarum dengan benang. Tangan kiri memegang telor dan tangan kanan memegang benang, sehingga jarum tampak menggantung. Jarak antara telor dan jarum kurang lebih 0,5 cm. Lihatlah reaksi jarum :

1. Bila jarum bergerak maju mundur, kemungkinan berpotensi anak jantan.
2. Bila jarum bergerak melingkar, kemungkinan berpotensi anak betina.

Tak diragukan lagi, sangat2 rasional :
-Yg maju mundur biasanya jantan.
-Yg melingkar, memutar lebih2 kaya inul atau uut pasti betina.

Dobrak
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 86
Join date : 03.12.09
Age : 49
Lokasi : Cilamaya Kulon Kab. Karawang

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara agar semua setiap anak ayam yang menetas selalu jago dan sedikit babon nya ada cara khusus nya gak

Post  Hendro on Mon 29 Mar 2010, 19:24

Dobrak wrote:
Tak diragukan lagi, sangat2 rasional :
-Yg maju mundur biasanya jantan.
-Yg melingkar, memutar lebih2 kaya inul atau uut pasti betina.

He...he...he... kayaknya bang Iqbal pengalaman maju mundur neeh.....

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara agar semua setiap anak ayam yang menetas selalu jago dan sedikit babon nya ada cara khusus nya gak

Post  alex pithik on Sat 03 Apr 2010, 10:07

Pernah saya membaca sebuah artikel, jadi begini:
Ternyata setiap telur mempunyai potensi 50% betina, 50% jantan. Tidak terpengaruh pd bentuk telur yg bulat atau lonjong. Suhu yg mengkonduksi telur memiliki pengaruh pd jenis kelamin ayam yg di tetaskan. Jika suhu yg melingkupi telur 39'c-40'c, kemungkinan besar akan menetaskan anakan jantan. Tp jika pd suhu 36'c-38'c melingkupi telur, kemungkinan besar menetas betina. Catatan, panas suhu mesti bersifat statis. Solusinya ya memakai mesin penetas telur.

alex pithik
kopral
kopral

Jumlah posting : 33
Join date : 20.03.10
Age : 46
Lokasi : Pankalan Bun Kalteng

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara agar semua setiap anak ayam yang menetas selalu jago dan sedikit babon nya ada cara khusus nya gak

Post  udinaja on Sat 03 Apr 2010, 15:30

setuju dgn pendapat mas alex,tetapi yg sy tahu hal itu brlaku utk telur2 bgsa reptil,mis.buaya,biawak,komodo dll..tp apkh hal tsbt juga brlaku pd telur2 bgsa unggas?saya agk ragu utk hal ini...menurut saya sih jenis kelamin aym trgantung kromoson pembentuknya...kalo pengin ank yg di hasilkan byk jantannya suruh aja si pacek ngawinin biangnya pkai posisi miring ke kanan.kwkwkkwk...just kiding,mas!salam. lol!

udinaja
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 128
Join date : 02.02.10
Age : 36
Lokasi : bogor

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara agar semua setiap anak ayam yang menetas selalu jago dan sedikit babon nya ada cara khusus nya gak

Post  alex pithik on Sat 03 Apr 2010, 20:39

Teori penghitungan jumlah kromosom, yg mendominasi jenis kelamin ini, lebih akurat utk jenis mamalia (jmlh kromosom dominan=jenis kelamin yg akan d lahirkan). Jd, utk unggas atau reptil teori simpelnya pd panasnya suhu yg mengkonduksi telur sesuai dg batas toleransi potensi suhu ideal penetasan. Ini menurut teori. Sdgkan faktor non teknisnya, semua tergantung pd kehendakNya. Kalau sdh begini, yo mentog wis.. Hasil USG saja bisa salah. Apa lagi kita yg cuma penganut madzhab hasil teoritis sang ilmuwan?

alex pithik
kopral
kopral

Jumlah posting : 33
Join date : 20.03.10
Age : 46
Lokasi : Pankalan Bun Kalteng

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara agar semua setiap anak ayam yang menetas selalu jago dan sedikit babon nya ada cara khusus nya gak

Post  ferry bun on Sat 03 Apr 2010, 21:42

alex pithik wrote:Pernah saya membaca sebuah artikel, jadi begini:
Ternyata setiap telur mempunyai potensi 50% betina, 50% jantan. Tidak terpengaruh pd bentuk telur yg bulat atau lonjong. Suhu yg mengkonduksi telur memiliki pengaruh pd jenis kelamin ayam yg di tetaskan. Jika suhu yg melingkupi telur 39'c-40'c, kemungkinan besar akan menetaskan anakan jantan. Tp jika pd suhu 36'c-38'c melingkupi telur, kemungkinan besar menetas betina. Catatan, panas suhu mesti bersifat statis. Solusinya ya memakai mesin penetas telur.

Nah klw >38 derajat s/d < 39 derajat jadinya ayam bencong kale.... Very Happy Very Happy Very Happy

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara agar semua setiap anak ayam yang menetas selalu jago dan sedikit babon nya ada cara khusus nya gak

Post  irfan_dui on Mon 28 Jun 2010, 06:46

alex pithik wrote:
Pernah saya membaca sebuah artikel, jadi begini:
Ternyata setiap telur mempunyai potensi 50% betina, 50% jantan. Tidak terpengaruh pd bentuk telur yg bulat atau lonjong. Suhu yg mengkonduksi telur memiliki pengaruh pd jenis kelamin ayam yg di tetaskan. Jika suhu yg melingkupi telur 39'c-40'c, kemungkinan besar akan menetaskan anakan jantan. Tp jika pd suhu 36'c-38'c melingkupi telur, kemungkinan besar menetas betina. Catatan, panas suhu mesti bersifat statis. Solusinya ya memakai mesin penetas telur.


Nah klw >38 derajat s/d < 39 derajat jadinya ayam bencong kale....

Shocked Shocked Shocked Shocked Shocked

irfan_dui
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 768
Join date : 08.06.10
Age : 35
Lokasi : yogyakarta 083840244401

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara agar semua setiap anak ayam yang menetas selalu jago dan sedikit babon nya ada cara khusus nya gak

Post  cak nur on Mon 28 Jun 2010, 12:35

irfan_dui wrote:alex pithik wrote:
Pernah saya membaca sebuah artikel, jadi begini:
Ternyata setiap telur mempunyai potensi 50% betina, 50% jantan. Tidak terpengaruh pd bentuk telur yg bulat atau lonjong. Suhu yg mengkonduksi telur memiliki pengaruh pd jenis kelamin ayam yg di tetaskan. Jika suhu yg melingkupi telur 39'c-40'c, kemungkinan besar akan menetaskan anakan jantan. Tp jika pd suhu 36'c-38'c melingkupi telur, kemungkinan besar menetas betina. Catatan, panas suhu mesti bersifat statis. Solusinya ya memakai mesin penetas telur.


Nah klw >38 derajat s/d < 39 derajat jadinya ayam bencong kale....

Shocked Shocked Shocked Shocked Shocked

Di atas 100 derajat = telur setengah matang,.... Very Happy Very Happy Very Happy

cak nur
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 2502
Join date : 10.02.10
Age : 49
Lokasi : PASURUAN. 085204243643 / 085785628857

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara agar semua setiap anak ayam yang menetas selalu jago dan sedikit babon nya ada cara khusus nya gak

Post  Arifin on Wed 28 Jul 2010, 20:17

Yang saya alami untuk mendapat hasil silangan yang banyak jantannya, saya memilih indukan yang banyak menetaskan anakan jantan. Kalau saya memilih calon indukan dari dedara, saya memilih dedara yang saudaranya satu tetasan banyak jantannya....silahkan dicoba dulu, itu menurut pengalaman saya...

Arifin
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 266
Join date : 26.09.09
Age : 39
Lokasi : Pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara agar semua setiap anak ayam yang menetas selalu jago dan sedikit babon nya ada cara khusus nya gak

Post  danks on Mon 16 Aug 2010, 20:10

hakim wrote:
Hendro wrote:Coba dikawinkan hanya pada sore hari dan pilih telor yang cenderung lonjong jangan yang bulat...kemungkinan menetas jantan lebih besar...salam

Rata-rata botoh memberikan saran yang sama seperti yang dikemukakan Mas Hendro. Ada lagi botoh yang menyarankan kepada saya begini :

Siapkan benang dan jarum. Pasangkan jarum dengan benang. Tangan kiri memegang telor dan tangan kanan memegang benang, sehingga jarum tampak menggantung. Jarak antara telor dan jarum kurang lebih 0,5 cm. Lihatlah reaksi jarum :

1. Bila jarum bergerak maju mundur, kemungkinan berpotensi anak jantan.
2. Bila jarum bergerak melingkar, kemungkinan berpotensi anak betina.

Mohon maaf, sejauh ini saya pribadi belum sempat mempraktekkan. Cara diatas hanya saran seorang peternak yang pernah saya temui.
Selamat mencoba, terima kasih ...

klo saya ada pengalaman lain, ga thu kebetulan apa mang bgtu, saya biasa mengawinkan kruang dari jam 12 siang sekitra jam 10 s/d 11 siang, anakn jantan rata rata 60 % lebih, tapi bru 3 kali periode netasin sich.

danks
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 736
Join date : 24.01.10
Age : 46
Lokasi : Bandung Barat

http://www.sketsabisnis.com/?id=bisnisku

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara agar semua setiap anak ayam yang menetas selalu jago dan sedikit babon nya ada cara khusus nya gak

Post  Bogey_PQ on Tue 17 Aug 2010, 10:02

danks wrote:
hakim wrote:
Hendro wrote:Coba dikawinkan hanya pada sore hari dan pilih telor yang cenderung lonjong jangan yang bulat...kemungkinan menetas jantan lebih besar...salam

Rata-rata botoh memberikan saran yang sama seperti yang dikemukakan Mas Hendro. Ada lagi botoh yang menyarankan kepada saya begini :

Siapkan benang dan jarum. Pasangkan jarum dengan benang. Tangan kiri memegang telor dan tangan kanan memegang benang, sehingga jarum tampak menggantung. Jarak antara telor dan jarum kurang lebih 0,5 cm. Lihatlah reaksi jarum :

1. Bila jarum bergerak maju mundur, kemungkinan berpotensi anak jantan.
2. Bila jarum bergerak melingkar, kemungkinan berpotensi anak betina.

Mohon maaf, sejauh ini saya pribadi belum sempat mempraktekkan. Cara diatas hanya saran seorang peternak yang pernah saya temui.
Selamat mencoba, terima kasih ...

klo saya ada pengalaman lain, ga thu kebetulan apa mang bgtu, saya biasa mengawinkan kruang dari jam 12 siang sekitra jam 10 s/d 11 siang, anakn jantan rata rata 60 % lebih, tapi bru 3 kali periode netasin sich.

Anak Jantan= Kawin pagi atau kawin sore?
Saya pernah membaca buku peternakan, dibuku itu dijelaskan untuk mendapatkan peluang anak jago lebih besar sebaiknya dilakukan perkawinan disaat pagi hari.
Dari pembahasan diPAPAJI pada topik lain, banyak senior yg menyarankan perkawinan sore hari untuk peluang jago lebih banyak dg alasan suhu udara yg menurun/dingin.
Ada jg materi dr Web lain yg mengatakan bahwa jenis kelamin ayam ditentukan oleh suhu pengeraman, bukan terjadi/ditentukan saat perkawinan,
Skrg ada anggota PAPAJI jg yg memiliki pengalaman mengawinkan disaat siang untuk peluang jago yg lebih banyak.
Jadi.....???
Sebenarnya adakah pengaruh saat/waktu perkawinan?
Mohon pendapat semua anggota
17 Agustus........Salam Merdeka Bung.....!!!
Thx.... Very Happy

Bogey_PQ

Jumlah posting : 5
Join date : 09.08.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara agar semua setiap anak ayam yang menetas selalu jago dan sedikit babon nya ada cara khusus nya gak

Post  ipul on Tue 17 Aug 2010, 14:57

uji coba yang selama ini saya lakukan kalo kawin pagi jago dikit dari 10 telor paling ada 2

kalo kawin siang sampe sore malah kebalikan telor dari 10 jago bisa sampai 7 yang jelas lebih dari 5 ^_^,...

sebab musababnya saya juga ngga tau ^_^

ipul
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 777
Join date : 21.12.09
Lokasi : Brebes-jawa tengah,.Jl.sunan gunung jati 3 Kel. Limbangan Wetan, kec. Brebes

http://limbanganfarm.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara agar semua setiap anak ayam yang menetas selalu jago dan sedikit babon nya ada cara khusus nya gak

Post  gebok ambrok on Tue 17 Aug 2010, 15:23

ipul wrote:uji coba yang selama ini saya lakukan kalo kawin pagi jago dikit dari 10 telor paling ada 2

kalo kawin siang sampe sore malah kebalikan telor dari 10 jago bisa sampai 7 yang jelas lebih dari 5 ^_^,...

sebab musababnya saya juga ngga tau ^_^

SETUJUUUUUUUUUUU !

gebok ambrok
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 247
Join date : 31.05.10
Age : 39
Lokasi : Sepatan Tangerang. Tlp. 087808780622

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara agar semua setiap anak ayam yang menetas selalu jago dan sedikit babon nya ada cara khusus nya gak

Post  janto_pekalongan on Wed 18 Aug 2010, 05:50

Bagaimanapun Pengalaman tetap merupakan guru terbaik,. apapun yg dikatakan oleh buku.saya tetap berpegang pada kata2 para sesepuh. Disini saya sangat sepakat dg apa yg di katakan oleh pak Moderator, kawin sore hari, dan telor lonjong u/ jantan kemudian bulat u/ betina.

Secara rasional memang jantan identik dg lonjong
dan betina menonjol pada bulatannya Laughing Laughing Laughing
Ahahaha,.. Just kidding Very Happy Very Happy Very Happy piss Smile

janto_pekalongan
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 135
Join date : 01.08.10
Age : 40
Lokasi : pekalongan

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara agar semua setiap anak ayam yang menetas selalu jago dan sedikit babon nya ada cara khusus nya gak

Post  jaghana on Wed 18 Aug 2010, 09:03

bulat bulat.....cewek....
lonjong panjang....cowok....weekekekekekk....
pirat pirat

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara agar semua setiap anak ayam yang menetas selalu jago dan sedikit babon nya ada cara khusus nya gak

Post  ari delta on Wed 18 Aug 2010, 09:43

jaghana wrote:bulat bulat.....cewek....
lonjong panjang....cowok....weekekekekekk....
pirat pirat
Apaan tuh Mas??? He..He..He..

ari delta
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1428
Join date : 30.05.10
Age : 31
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara agar semua setiap anak ayam yang menetas selalu jago dan sedikit babon nya ada cara khusus nya gak

Post  arif on Wed 18 Aug 2010, 12:27

ari delta wrote:
jaghana wrote:bulat bulat.....cewek....
lonjong panjang....cowok....weekekekekekk....
pirat pirat
Apaan tuh Mas??? He..He..He..


telurnya kan.. Very Happy haha..

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara agar semua setiap anak ayam yang menetas selalu jago dan sedikit babon nya ada cara khusus nya gak

Post  ayammimpi on Mon 08 Aug 2011, 23:03

jaghana wrote:bulat bulat.....cewek....
lonjong panjang....cowok....weekekekekekk....
pirat pirat

maaf mau ikut berpendapat, mohon maaf saya hanyalah orang awam di masalah per-ayaman, suhu2 mungkin sudah lebih berpengalaman dan banyak makan asam garam di dunia per-ayaman


pendapat mas jaghana ada benarnya, karena secara teori yang menentukan jenis kelamin telur adalah ayam betina, ayam betina memiliki kromosom ZW ayam jantan memiliki kromosom ZZ.kebalikan kita manusia yang llaki2 XY, perempuan XX.

jadi setelah dibuahi ayam jantan, jika betina melepaskan kromosom Z, artinya telurnya akan memiliki ZZ= jantan, begitupun jika betina melepaskan kromosom W, artinya telur akan memiliki ZW=betina. jadi asumsi jenis kelamin dipengaruhi oleh temperatur pengeraman dapat digugurkan.


karakteristik telur ZZ( jantan) akan mengandung putih telur yang lebih banyak dibanding telur ZW(beTINA). sehingga biasanya telur ZZ(jantan) akan lebih besar (agak lonjong/lancip) dibandingkan dengan telur ZW (betina) (agak bulat). Tapi perbandingannya harus terhadap induk yg sama yaa, maksudnya semua telur yang dibandingkan dari 1 induk.tapi ada kalanya akan terlihat sangat mirip bentuk dan ukuran dari telur2 itu, maka kita perlu lebih cermat.

contoh:



jika kita cermati contoh gambar diatas, maka kemungkinan jenis kelamin telur tsb dari kiri ke kanan : betina, jantan , betina, jantan, jantan(ini telur kelima agak kotor kemungkinan menetasnya kecil karena telur juga butuh sirkulasi yang baik, mungkin bisa dibersihkan dahulu sebelum dierami tapi kata engkong gw dulu telur yang dipegang tangan manusia kemungkinan menetasnya juga kecil, mungkin suhu2 punya solusi yang lebih baik)

maaf kalo banyak kekurangannya, hanya mencoba berpendapat biar bisa belajar bareng2 suhu2 disini

ayammimpi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 54
Join date : 01.08.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara agar semua setiap anak ayam yang menetas selalu jago dan sedikit babon nya ada cara khusus nya gak

Post  LQ on Mon 08 Aug 2011, 23:42

Arifin wrote:Yang saya alami untuk mendapat hasil silangan yang banyak jantannya, saya memilih indukan yang banyak menetaskan anakan jantan. Kalau saya memilih calon indukan dari dedara, saya memilih dedara yang saudaranya satu tetasan banyak jantannya....silahkan dicoba dulu, itu menurut pengalaman saya...
cocok,sy pny 1 babon udah dikawinkan 4periode dgn 4jantan berbeda hasilnya tetep bnyk keluar jantanya,lg beruntung kali. . .apalagi pukul berat induk betina menurun ke semua anaknya...

LQ
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 698
Join date : 28.01.10
Age : 41
Lokasi : kandang ayam,mburi omah.

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara agar semua setiap anak ayam yang menetas selalu jago dan sedikit babon nya ada cara khusus nya gak

Post  didik adi on Tue 09 Aug 2011, 11:37

jaghana wrote:bulat bulat.....cewek....
lonjong panjang....cowok....weekekekekekk....
pirat pirat
nggon cowok yo 2 bulat bulat koq... Laughing

didik adi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 511
Join date : 20.05.11
Lokasi : weleri, jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

prosentase anak jantan > dari anak betina

Post  iyang on Tue 09 Aug 2011, 11:50

saya selalu memberikan pakan terpisah antara pacek dan babon, setelah pacek di beri makan dan jamu baru disatukan dengan babon (ini dilakukan setiap hari) Alhamdulillah setiap tetasan >70% anakannya jantan (saya tidak melakukan seleksi telur jantan betina)

iyang
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 703
Join date : 09.03.10
Age : 43
Lokasi : Tarumajaya Bekasi, 085714907816

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara agar semua setiap anak ayam yang menetas selalu jago dan sedikit babon nya ada cara khusus nya gak

Post  gelung on Sun 14 Aug 2011, 12:22

ayammimpi wrote:
jaghana wrote:bulat bulat.....cewek....
lonjong panjang....cowok....weekekekekekk....
pirat pirat

maaf mau ikut berpendapat, mohon maaf saya hanyalah orang awam di masalah per-ayaman, suhu2 mungkin sudah lebih berpengalaman dan banyak makan asam garam di dunia per-ayaman


pendapat mas jaghana ada benarnya, karena secara teori yang menentukan jenis kelamin telur adalah ayam betina, ayam betina memiliki kromosom ZW ayam jantan memiliki kromosom ZZ.kebalikan kita manusia yang llaki2 XY, perempuan XX.

jadi setelah dibuahi ayam jantan, jika betina melepaskan kromosom Z, artinya telurnya akan memiliki ZZ= jantan, begitupun jika betina melepaskan kromosom W, artinya telur akan memiliki ZW=betina. jadi asumsi jenis kelamin dipengaruhi oleh temperatur pengeraman dapat digugurkan.


karakteristik telur ZZ( jantan) akan mengandung putih telur yang lebih banyak dibanding telur ZW(beTINA). sehingga biasanya telur ZZ(jantan) akan lebih besar (agak lonjong/lancip) dibandingkan dengan telur ZW (betina) (agak bulat). Tapi perbandingannya harus terhadap induk yg sama yaa, maksudnya semua telur yang dibandingkan dari 1 induk.tapi ada kalanya akan terlihat sangat mirip bentuk dan ukuran dari telur2 itu, maka kita perlu lebih cermat.

contoh:



jika kita cermati contoh gambar diatas, maka kemungkinan jenis kelamin telur tsb dari kiri ke kanan : betina, jantan , betina, jantan, jantan(ini telur kelima agak kotor kemungkinan menetasnya kecil karena telur juga butuh sirkulasi yang baik, mungkin bisa dibersihkan dahulu sebelum dierami tapi kata engkong gw dulu telur yang dipegang tangan manusia kemungkinan menetasnya juga kecil, mungkin suhu2 punya solusi yang lebih baik)

maaf kalo banyak kekurangannya, hanya mencoba berpendapat biar bisa belajar bareng2 suhu2 disini

wah analisis yang bagus mas. makasih. info2nya Smile

gelung
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 108
Join date : 04.08.11
Age : 32
Lokasi : kudus

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara agar semua setiap anak ayam yang menetas selalu jago dan sedikit babon nya ada cara khusus nya gak

Post  Sponsored content Today at 19:12


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik