Prinsip Airan dan Jemur

Halaman 2 dari 7 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: Prinsip Airan dan Jemur

Post  Kembangsawit on Tue Oct 30, 2012 12:48 pm

yap semua aku setuju. Namun permasalahan muncul sejak ayam aduan diperlakukan khusus, seperti dimandikan dilatih dan diberi ramuan untuk lebih kuat. disaat permasalahan ini jadi polemik, saya berupaya menarik garis dasar, bahwa kipu dengan pasir adalah metode yang paling membuat ayam bahagia, karena kadar minyak serta kutu yang ada akan berkurang akibat adanya sterilisasi dari pasir. untuk kebersihan sendiri, aku pikir tanpa harus membasahi ayam seluruh tubuh bisa dibersihkan juga dengan telaten. untuk bau ayam memang ciri khas ayam mempunyai aroma unggas, namun dalam hal kesehatan kita juga harus selalu telaten membersihkan kandang ayam secara menyeluruh. sedangkan jika ayam sedang berlaga, jika terlalu sering dibiasakan dengan air maka kondisi ayam akan sangat manja, jika air telah mengering ayam akan lemas, dan akhirnya bersifat doping. namun jika ayam terbiasa kering maka dengan metabolisme normal ayam kembali seperti semula secara normal. secara logika ayam airan sama saja seperti menggunakan doping, tapi jika ayam kering dilatih secara alami dengan stamina murni dari hasil pakan serta kebiasaan sehari2. maka ayam akan kuat secara alami dan tahan banting. mungkin pendapat saya bisa diterima dengan baik

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 3913
Join date: 29.10.12
Age: 31
Lokasi: Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: Prinsip Airan dan Jemur

Post  Administrator on Tue Oct 30, 2012 1:04 pm

Kembangsawit wrote:yap semua aku setuju. Namun permasalahan muncul sejak ayam aduan diperlakukan khusus, seperti dimandikan dilatih dan diberi ramuan untuk lebih kuat. disaat permasalahan ini jadi polemik, saya berupaya menarik garis dasar, bahwa kipu dengan pasir adalah metode yang paling membuat ayam bahagia, karena kadar minyak serta kutu yang ada akan berkurang akibat adanya sterilisasi dari pasir. untuk kebersihan sendiri, aku pikir tanpa harus membasahi ayam seluruh tubuh bisa dibersihkan juga dengan telaten. untuk bau ayam memang ciri khas ayam mempunyai aroma unggas, namun dalam hal kesehatan kita juga harus selalu telaten membersihkan kandang ayam secara menyeluruh. sedangkan jika ayam sedang berlaga, jika terlalu sering dibiasakan dengan air maka kondisi ayam akan sangat manja, jika air telah mengering ayam akan lemas, dan akhirnya bersifat doping. namun jika ayam terbiasa kering maka dengan metabolisme normal ayam kembali seperti semula secara normal. secara logika ayam airan sama saja seperti menggunakan doping, tapi jika ayam kering dilatih secara alami dengan stamina murni dari hasil pakan serta kebiasaan sehari2. maka ayam akan kuat secara alami dan tahan banting. mungkin pendapat saya bisa diterima dengan baik
Iya setuju mas...
Makanya dalam berbagai kesempatan sy selalu mengatakan bahwa cara rawat itu tidak ada yg paling benar. Masing2 perawat punya cara dan alasannya sendiri. Ada yg suka kering, ada yg suka basah, ini kembali pada perawatnya.
Yg penting prinsip2 dasar dan tujuannya dimengerti.
Dgn mengerti prinsip dan tujuannya, perawat bisa menentukan mana pilihan yg paling tepat utk ayamnya. Yg repot adlh ketika ada orang hanya sekedar ikut2an niru cara rawat orang lain tanpa tau maksud dan tujuannya.

Mereka yg suka basahin ayam tiap hari selama rawatan, ternyata tidak ada masalah juga ketika diadu.
Soal jadi seperti 'doping' kalau tidak dibasahi, buat sy ini tidak jadi masalah. Toh disediakan waktu mengairi selama jeda ronde ketika bertarung.
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6130
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Prinsip Airan dan Jemur

Post  acay on Tue Oct 30, 2012 2:01 pm

Administrator wrote:Kita kembalikan saja pada prinsip dan tujuan dasar. Kenapa ayam harus mandi?
1. Menghilangkan kutu dan kotoran.
2. Menghilangkan bau.
3. Ayam jadi sehat dan segar.
4. Suhu badan jadi dingin/stabil sehingga ayam bisa lebih kuat menahan panas (ketika dijemur atau berlaga).

Tanpa dimandikan, mungkin ayam jadi terbiasa latihan 'keras' dijemur dan latihan/gebrak dgn suhu badan yg tinggi.
Tapi kalau sudah di arena aduan, ayam yg tidak dibasahi kemungkinan akan kewalahan mengembalikan suhu badan normalnya. Butuh waktu yg lama bagi si ayam utk mengembalikan suhu tubuhnya kembali dingin. Paruh terbuka (ngos2an), sayap dibuka, bulu leher terangkat, dsb, ini adlh reaksi alami dari ayam supaya tubuh kembali jadi normal.

Prinsip mengairi ketika berlaga adlh membantu supaya suhu badan tetap dingin/stabil.
Tanpa bantuan di airi, ayam akan butuh waktu yg lama dan kesulitan mengembalikan suhu tubuhnya yg panas.

Rawat ayam tanpa dimandikan, ya bisa2 saja. Tapi resikonya :
- Bulu kotor.
- Bau.
- Bulu kering, melintir/keriting, dan mudah patah.
Krn bau dan kotor, ayam akan mudah terserang penyakit.

Lalu mengapa ayam kampung/liar bulunya bagus2?
Ini krn ayam liar terkena hujan, embun disaat malam dan suka mandi pasir (kipu).
Mandi pasir dan embun membuat bulu tetap lembab.

ini baru jawaban cheers






acay
Jendral
Jendral

Jumlah posting: 1524
Join date: 30.09.12
Lokasi: SWO - HLP

Kembali Ke Atas Go down

Re: Prinsip Airan dan Jemur

Post  acay on Tue Oct 30, 2012 2:07 pm

Kembangsawit wrote:yap semua aku setuju. Namun permasalahan muncul sejak ayam aduan diperlakukan khusus, seperti dimandikan dilatih dan diberi ramuan untuk lebih kuat. disaat permasalahan ini jadi polemik, saya berupaya menarik garis dasar, bahwa kipu dengan pasir adalah metode yang paling membuat ayam bahagia, karena kadar minyak serta kutu yang ada akan berkurang akibat adanya sterilisasi dari pasir. untuk kebersihan sendiri, aku pikir tanpa harus membasahi ayam seluruh tubuh bisa dibersihkan juga dengan telaten. untuk bau ayam memang ciri khas ayam mempunyai aroma unggas, namun dalam hal kesehatan kita juga harus selalu telaten membersihkan kandang ayam secara menyeluruh. sedangkan jika ayam sedang berlaga, jika terlalu sering dibiasakan dengan air maka kondisi ayam akan sangat manja, jika air telah mengering ayam akan lemas, dan akhirnya bersifat doping. namun jika ayam terbiasa kering maka dengan metabolisme normal ayam kembali seperti semula secara normal. secara logika ayam airan sama saja seperti menggunakan doping, tapi jika ayam kering dilatih secara alami dengan stamina murni dari hasil pakan serta kebiasaan sehari2. maka ayam akan kuat secara alami dan tahan banting. mungkin pendapat saya bisa diterima dengan baik

dicoba di Latber antar team di Jateng aja mas Kembangsawit
ayam metode kering nya VS ayam 'didoping' ...mungkin nanti bisa terbukti TEORI kering nya

Razz Razz Razz


acay
Jendral
Jendral

Jumlah posting: 1524
Join date: 30.09.12
Lokasi: SWO - HLP

Kembali Ke Atas Go down

Re: Prinsip Airan dan Jemur

Post  Kembangsawit on Tue Oct 30, 2012 2:15 pm

acay wrote:
Kembangsawit wrote:yap semua aku setuju. Namun permasalahan muncul sejak ayam aduan diperlakukan khusus, seperti dimandikan dilatih dan diberi ramuan untuk lebih kuat. disaat permasalahan ini jadi polemik, saya berupaya menarik garis dasar, bahwa kipu dengan pasir adalah metode yang paling membuat ayam bahagia, karena kadar minyak serta kutu yang ada akan berkurang akibat adanya sterilisasi dari pasir. untuk kebersihan sendiri, aku pikir tanpa harus membasahi ayam seluruh tubuh bisa dibersihkan juga dengan telaten. untuk bau ayam memang ciri khas ayam mempunyai aroma unggas, namun dalam hal kesehatan kita juga harus selalu telaten membersihkan kandang ayam secara menyeluruh. sedangkan jika ayam sedang berlaga, jika terlalu sering dibiasakan dengan air maka kondisi ayam akan sangat manja, jika air telah mengering ayam akan lemas, dan akhirnya bersifat doping. namun jika ayam terbiasa kering maka dengan metabolisme normal ayam kembali seperti semula secara normal. secara logika ayam airan sama saja seperti menggunakan doping, tapi jika ayam kering dilatih secara alami dengan stamina murni dari hasil pakan serta kebiasaan sehari2. maka ayam akan kuat secara alami dan tahan banting. mungkin pendapat saya bisa diterima dengan baik
wah oke banget tuh...oke dech nanti waktu luang aku jadwalkan meluncur ke jateng...lam kenal gan Smile




dicoba di Latber antar team di Jateng aja mas Kembangsawit
ayam metode kering nya VS ayam 'didoping' ...mungkin nanti bisa terbukti TEORI kering nya

Razz Razz Razz


Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 3913
Join date: 29.10.12
Age: 31
Lokasi: Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: Prinsip Airan dan Jemur

Post  Kembangsawit on Tue Oct 30, 2012 2:28 pm

acay wrote:
Administrator wrote:Kita kembalikan saja pada prinsip dan tujuan dasar. Kenapa ayam harus mandi?
1. Menghilangkan kutu dan kotoran.
2. Menghilangkan bau.
3. Ayam jadi sehat dan segar.
4. Suhu badan jadi dingin/stabil sehingga ayam bisa lebih kuat menahan panas (ketika dijemur atau berlaga).

Tanpa dimandikan, mungkin ayam jadi terbiasa latihan 'keras' dijemur dan latihan/gebrak dgn suhu badan yg tinggi.
Tapi kalau sudah di arena aduan, ayam yg tidak dibasahi kemungkinan akan kewalahan mengembalikan suhu badan normalnya. Butuh waktu yg lama bagi si ayam utk mengembalikan suhu tubuhnya kembali dingin. Paruh terbuka (ngos2an), sayap dibuka, bulu leher terangkat, dsb, ini adlh reaksi alami dari ayam supaya tubuh kembali jadi normal.

Prinsip mengairi ketika berlaga adlh membantu supaya suhu badan tetap dingin/stabil.
Tanpa bantuan di airi, ayam akan butuh waktu yg lama dan kesulitan mengembalikan suhu tubuhnya yg panas.

Rawat ayam tanpa dimandikan, ya bisa2 saja. Tapi resikonya :
- Bulu kotor.
- Bau.
- Bulu kering, melintir/keriting, dan mudah patah.
Krn bau dan kotor, ayam akan mudah terserang penyakit.

Lalu mengapa ayam kampung/liar bulunya bagus2?
Ini krn ayam liar terkena hujan, embun disaat malam dan suka mandi pasir (kipu).
Mandi pasir dan embun membuat bulu tetap lembab.

ini baru jawaban cheers





untuk prinsip oke semua..tinggal good feeling aja lah kering atau basah yang penting salam kukuruyuk

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 3913
Join date: 29.10.12
Age: 31
Lokasi: Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: Prinsip Airan dan Jemur

Post  acay on Tue Oct 30, 2012 3:02 pm

Kembangsawit wrote:
acay wrote:
Administrator wrote:Kita kembalikan saja pada prinsip dan tujuan dasar. Kenapa ayam harus mandi?
1. Menghilangkan kutu dan kotoran.
2. Menghilangkan bau.
3. Ayam jadi sehat dan segar.
4. Suhu badan jadi dingin/stabil sehingga ayam bisa lebih kuat menahan panas (ketika dijemur atau berlaga).

Tanpa dimandikan, mungkin ayam jadi terbiasa latihan 'keras' dijemur dan latihan/gebrak dgn suhu badan yg tinggi.
Tapi kalau sudah di arena aduan, ayam yg tidak dibasahi kemungkinan akan kewalahan mengembalikan suhu badan normalnya. Butuh waktu yg lama bagi si ayam utk mengembalikan suhu tubuhnya kembali dingin. Paruh terbuka (ngos2an), sayap dibuka, bulu leher terangkat, dsb, ini adlh reaksi alami dari ayam supaya tubuh kembali jadi normal.

Prinsip mengairi ketika berlaga adlh membantu supaya suhu badan tetap dingin/stabil.
Tanpa bantuan di airi, ayam akan butuh waktu yg lama dan kesulitan mengembalikan suhu tubuhnya yg panas.

Rawat ayam tanpa dimandikan, ya bisa2 saja. Tapi resikonya :
- Bulu kotor.
- Bau.
- Bulu kering, melintir/keriting, dan mudah patah.
Krn bau dan kotor, ayam akan mudah terserang penyakit.

Lalu mengapa ayam kampung/liar bulunya bagus2?
Ini krn ayam liar terkena hujan, embun disaat malam dan suka mandi pasir (kipu).
Mandi pasir dan embun membuat bulu tetap lembab.

ini baru jawaban cheers

untuk prinsip oke semua..tinggal good feeling aja lah kering atau basah yang penting salam kukuruyuk

koreksi mas Sawit... yg terpenting itu bukti dari suatu TEORI
Razz Razz Razz



acay
Jendral
Jendral

Jumlah posting: 1524
Join date: 30.09.12
Lokasi: SWO - HLP

Kembali Ke Atas Go down

Re: Prinsip Airan dan Jemur

Post  soldier cock on Tue Oct 30, 2012 3:10 pm

acay wrote:

dicoba di Latber antar team di Jateng aja mas Kembangsawit
ayam metode kering nya VS ayam 'didoping' ...mungkin nanti bisa terbukti TEORI kering nya

Razz Razz Razz

Mendukung komen ini, agar lebih ilmiah mungkin ayamnya harus setetasan untuk mengkontrol kualitas ayam agar bisa ditarik kesimpulan Very Happy Very Happy Very Happy

soldier cock
kopral
kopral

Jumlah posting: 45
Join date: 28.10.12
Lokasi: Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Prinsip Airan dan Jemur

Post  andrimco on Tue Oct 30, 2012 6:54 pm

Kembangsawit wrote:Prinsip sifat ayam adalah kering, namun kita semua menggunakan sistem mandi dan airan untuk ayam, menurut saya itu kurang tepat . karena secara logika, ayam lebih baik dalam keadaan kering.
saya mempunyai beberapa koleksi ayam aduan, dan selalu membiarkan mereka dalam posisi kering, walaupun saat uji coba, dan kenyataanya selalu mengalahkan lawan tanding. untuk melatih ayam memiliki kekuatan stamina yang bagus, pakan pertama adalah singkong rebus yang aku tumbuk, dicampur dengan biji ( pakan perkutut ), minuman rebusan jahe dan kunir 1 minggu 3 kali, dengan pemberian sehari 2 kali pagi dan sore, ukuran kandang saya buat 2x2m dengan tetenger untuk ayam ketinggian 1 meter. satu bulan sebelum ada rencana tanding pakan saya tambahkan cacing tanah yang dibersihkan total kemudian dicincang. protein, karbohidrat dan kalsium yang baik maka bobot dan pukulan ayam lebih baik. sedangkan setiap hari ayam tidak aku mandikan dan jemur, karena menurut saya itu akan membuat ayam cepat lelah dan membuat ayam menjadi lemah karena akan ketergantungan pada air untuk meningkatkan stamina. demikian cara saya memelihara ayam aduan.

manusia aja walaupun nggak tarung/berkelahi juga mandi dan kena jemur matahari pagi ...biar bersih dan sehat + nggak bau n ganteng bos...kalo untuk meningkat stamina kayaknya nggak ada orang/botoh yang cuma ngandalin mandi sama di jemur...pasti suplemen dan latihan fisik secara rutin dan tidak berlebihan itu yg diutamakan.

itu menurut saya loh om...mungkin salah juga....hehehehe just kidding...

salam kenal....

tx's

andrimco
kopral
kopral

Jumlah posting: 33
Join date: 08.10.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Prinsip Airan dan Jemur

Post  La masia on Tue Oct 30, 2012 11:35 pm

wah wah pemula jadi tambah bingung, boleh dicoba juga klo gak berhasil ya gak usah di pake caranya

La masia
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 407
Join date: 21.05.12
Lokasi: bandarlampung pp unit2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Prinsip Airan dan Jemur

Post  Hendro on Wed Oct 31, 2012 6:12 am

La masia wrote:wah wah pemula jadi tambah bingung, boleh dicoba juga klo gak berhasil ya gak usah di pake caranya

Nggak usah bingung bang, semua benar asalkan paham caranya dan sesuai dengan kondisi kita, pilih saja mana yang lebih sesuai dengan kita cara rawat kering atau basah, tetapi sebenarnya yang dimaksud dengan cara rawat kering adalah pemakaian air minimal bukan berarti tidak menggunakan air sama sekali, ketika beradu dan jeda airan ayam yang biasa dirawat sistem kering tetap diair sekalipun mungkin jika ayam rawat basah akan menghabiskan seeember penuh air maka ayam rawat kering cukup segayung air saja untuk menstabilkan kondisinya........Salam Gelisah (geli2 basah)Smile

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting: 5829
Join date: 06.08.09
Age: 45
Lokasi: Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Prinsip Airan dan Jemur

Post  noaly88 on Wed Oct 31, 2012 8:21 am

Hendro wrote:

Nggak usah bingung bang, semua benar asalkan paham caranya dan sesuai dengan kondisi kita, pilih saja mana yang lebih sesuai dengan kita cara rawat kering atau basah, tetapi sebenarnya yang dimaksud dengan cara rawat kering adalah pemakaian air minimal bukan berarti tidak menggunakan air sama sekali, ketika beradu dan jeda airan ayam yang biasa dirawat sistem kering tetap diair sekalipun mungkin jika ayam rawat basah akan menghabiskan seeember penuh air maka ayam rawat kering cukup segayung air saja untuk menstabilkan kondisinya........Salam Gelisah (geli2 basah)Smile

Apa bisa dikatagorekin perawatan semi kering dan basah.... drunken drunken
Senin-jumat kering (krna sibuk kuli pirat )
Sabtu-mgu basah (krna ada waktu buat pegang ayam bounce )

Mau dong om hendro Gelisah nya (Geli2 basah... Very Happy Very Happy )

noaly88
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting: 303
Join date: 21.06.12
Lokasi: Rancamulya - Patokbeusi - Subang - Jabar

Kembali Ke Atas Go down

Re: Prinsip Airan dan Jemur

Post  Kembangsawit on Wed Oct 31, 2012 9:08 am

begini agan2..cara yang saya lakukan dengan sistem kering itu sudah saya gunakan dan berhasil, namun jika agan2 semua lebih suka yang basah juga tidak masalah. tujuan utama disini adalah memberi tahukan sesuatu hal yang dianggap tidak mungkin menjadi mungkin. ayam kering adalah ayam yang berkembang secara normal, tetap kipu ( mandi pasir ). namun hal tersebut sama dengan semi umbaran. sedangkan pola makan dan vitamin kita memberikan perhatian khusus. cara bertengger saat ayam tertidur disesuaikan dengan ayam umbaran murni, minimal tetengger ketinggian 1 meter. untuk babon tetap disediakan, sebulan sebelum tanding, saya pisahkan dari babon.model kandang yang saya pergunakan ukuran 2x3m posisi atap menggunakan policarbonat tembus sinar matahari.untuk pasir saya ganti dan dibersihkan setiap pagi. di saat laga berjalan ayam tetap dalam keadaan kering bulu. namun air minum tetap disediakan, ayam kering dengan kualitas baik, mampu mengatasi panas tubuhnya secara alami. pola pakan ayam kering adalah: singkong rebus ditumbuk, dicampur dengan biji pakan burung perkutut, 1 minggu sekali saya berikan cincangan cacing tanah yang sudah dibersihkan secara menyeluruh. untuk minuman saya menggunakan rebusan jahe plus kunir setiap pagi dan sore. kandang ayam saya juga selalu dalam keadaan kering terawat bersih, setiap sore selalu dibersihkan. semoga bisa bermanfaat. Smile

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 3913
Join date: 29.10.12
Age: 31
Lokasi: Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: Prinsip Airan dan Jemur

Post  acay on Wed Oct 31, 2012 10:53 am

Kembangsawit wrote:begini agan2..cara yang saya lakukan dengan sistem kering itu sudah saya gunakan dan berhasil, namun jika agan2 semua lebih suka yang basah juga tidak masalah. tujuan utama disini adalah memberi tahukan sesuatu hal yang dianggap tidak mungkin menjadi mungkin. ayam kering adalah ayam yang berkembang secara normal, tetap kipu ( mandi pasir ). namun hal tersebut sama dengan semi umbaran. sedangkan pola makan dan vitamin kita memberikan perhatian khusus. cara bertengger saat ayam tertidur disesuaikan dengan ayam umbaran murni, minimal tetengger ketinggian 1 meter. untuk babon tetap disediakan, sebulan sebelum tanding, saya pisahkan dari babon.model kandang yang saya pergunakan ukuran 2x3m posisi atap menggunakan policarbonat tembus sinar matahari.untuk pasir saya ganti dan dibersihkan setiap pagi. di saat laga berjalan ayam tetap dalam keadaan kering bulu. namun air minum tetap disediakan, ayam kering dengan kualitas baik, mampu mengatasi panas tubuhnya secara alami. pola pakan ayam kering adalah: singkong rebus ditumbuk, dicampur dengan biji pakan burung perkutut, 1 minggu sekali saya berikan cincangan cacing tanah yang sudah dibersihkan secara menyeluruh. untuk minuman saya menggunakan rebusan jahe plus kunir setiap pagi dan sore. kandang ayam saya juga selalu dalam keadaan kering terawat bersih, setiap sore selalu dibersihkan. semoga bisa bermanfaat. Smile

mantap teori nya mas... pasti juoos ayam kering nya
tinggal bukti nyata nya saja di Latber PAPAJI antar team Jateng besok

Razz Razz Razz


acay
Jendral
Jendral

Jumlah posting: 1524
Join date: 30.09.12
Lokasi: SWO - HLP

Kembali Ke Atas Go down

Re: Prinsip Airan dan Jemur

Post  Win Kastubi on Wed Oct 31, 2012 2:12 pm

Mas kembangsawit...apa saya boleh tanya yg agak diluar topik ini...?

Apakah Latihan-Fisik bagi ayam2 petarung, juga TIDAK PERLU...?
Krn, rekan2 kami (umumnya) selalu melatih fisik ayam2nya..., misalnya: dgn di-kliter....,dll..!
Apakah, cukup dgn kipu dan umbar saja...., sprti yg njenengan lakukan...?
Langsung....dibawa kekalangan....! Langsung diadu....??

Mohon masukkannya......

Terima kasih...........

Win Kastubi
Jendral
Jendral

Jumlah posting: 2498
Join date: 27.04.12
Lokasi: Jakarta Timur.. 0817-25.29.25 ; (021) - 99.27.27.93..

Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 7 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik