cek darah ayam cemani

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

cek darah ayam cemani

Post  Karismadi on Thu 08 Apr 2010, 11:08

seperti apa sih mas mas semua ngecek darahnya hitam atau merah keitaman.. di beset dulu sadis ey.. he he he...
thaks info na....

ada info seputar ayam hutan???
kalo ayam bekisar aku pernah pelihara tapi pacekna ayam hutan sumatra... jadi kurang dahsyat... ada info tidak ayam hutan hijau... seperti di foto profik ku.. he he he

Karismadi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 239
Join date : 07.04.10
Age : 29
Lokasi : Lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: cek darah ayam cemani

Post  petruk on Thu 08 Apr 2010, 13:59

Karismadi wrote:seperti apa sih mas mas semua ngecek darahnya hitam atau merah keitaman.. di beset dulu sadis ey.. he he he...
thaks info na....


Ayam cemani yang serba hitam sangat sulit ditemukan, terutama lidah dah darahnya. Kalo hanya sekedar hitam banyak yaitu ayam kedu.
Hati-hati bila beli ayam cemani !!!
Biasanya orang cari ayam cemani untuk keperluan khusus dan tujuannya disembelih. Sy pernah mendengar pengakuan salah seorang penjual di temanggung. Bila ada orang mencari ayam cemani, dia sebernarnya hanya memanfaatkan ayam kedu yg dipermax :

1. Lidahnya dicat.
2. Ayam disuntik dengan cairan tertentu dengan tujuan darahnya berubah hitam. Perubahan ini hanya bertahan 7 - 10 hr. Waktu g sangat longgar karena ayam tersebut bakal disembilih.

petruk

Jumlah posting : 5
Join date : 08.04.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: cek darah ayam cemani

Post  gerimis on Fri 09 Apr 2010, 09:52

Salam kenal...mas. Pecinta ayam hias juga mas...
Kalo saya sih ada kepikiran mau nyoba nyilang ayam asli indonesia dengan ayam bangkok, mau tau haslinya nanti kaya gimana...bagus ga ya...hehehe...

gerimis
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 335
Join date : 01.02.10
Age : 35
Lokasi : jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: cek darah ayam cemani

Post  brehoo on Mon 13 Sep 2010, 00:10

seperti apa sih mas mas semua ngecek darahnya hitam atau merah keitaman.. di beset dulu sadis ey.. he he he...
thaks info na.... maaf mas klo menurut sya cara ngecek darah ayam cemani,, cuma ditusuk jenger nya pake sped suntik,trus darah nya di hisap pke speed tersebut ,kemudian diteteskan ke atas kapas,,begitu mas menurut buku yang saya baca,,salam Smile

brehoo
kopral
kopral

Jumlah posting : 33
Join date : 30.08.10
Lokasi : batusangkar, sumatra barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: cek darah ayam cemani

Post  Hendro on Mon 13 Sep 2010, 05:41

Bisa juga dengan mengambil salah satu bulu ayam yang masih muda/rebung kemudian diteteskan kekertas tisue....benar kata mas Petruk banyak pembeli yang keliru membeli ayam cemani tetapi sebenarnya ayam Kedu karena penampilan secara fisik hampir sama dan sulit dibedakan kecuali melihat warna darah, lidah dan tulang yang semuanya serba hitam.....salam Smile

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: cek darah ayam cemani

Post  tokedho yodhe on Sun 08 Sep 2013, 18:30

Ayam cemani adalah ayam kedu hitam yang memiliki sebaran warna hitam menyeluruh. Ayam kedu hitam biasa non cemani adalah ayam yang memiliki warna hitam hanya pada bulunya saja, sedangkan jengger, paruh, kaki atau mata bisa tidak berwarna hitam.

Menurut literatur yang pernah saya baca cara mengecek darah ayam cemani adalah dengan cara melukai jengger ayam tersebut lalu darah yang yang keluar diambil.
- jika darah diteteskan di tisu pada umumnya darah akan menunjukkan warna aslinya yaitu merah.
- jika darah diteteskan di kertas kemasan rokok (allumunium foil) atau kertas yang tidak menyerap air maka darah akan menunjukkan warna yang lebih pekat yaitu warna seolah-olah kehitam-hitaman. Ini yang sering dimanfaatkan oleh oknum.
- jika bulu ayam yang dicabut lalu bulunya diperas yang akan keluar bukan darah tetapi minyak pada bulu yang berwarna kehitam-hitaman. Ini juga yang sering dimanfaatkan oleh oknum.
- untuk membuat darah ayam cemani lebih pekat maka umumnya ayam akan diberi makanan dengan ramuan tertentu misalnya dengan tinta cumi-cumi.

tokedho yodhe
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 127
Join date : 07.09.13
Lokasi : cirebon

Kembali Ke Atas Go down

Re: cek darah ayam cemani

Post  dhekoko on Sun 08 Sep 2013, 20:36

Karismadi wrote:seperti apa sih mas mas semua ngecek darahnya hitam atau merah keitaman.. di beset dulu sadis ey.. he he he...
thaks info na....

ada info seputar ayam hutan???
kalo ayam bekisar aku pernah pelihara tapi pacekna ayam hutan sumatra... jadi kurang dahsyat... ada info tidak ayam hutan hijau... seperti di foto profik ku.. he he he
boleh tuh mas ayam hutan sumatranya..
ada anakan jantannya mas?

dhekoko
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 766
Join date : 27.04.13
Lokasi : kalibaru timur semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: cek darah ayam cemani

Post  cumi_cumi on Mon 09 Sep 2013, 08:42

[quote="- untuk membuat darah ayam cemani lebih pekat maka umumnya ayam akan diberi makanan dengan ramuan tertentu misalnya dengan tinta cumi-cumi.[/quote]

wkwkwkwk kok tinta saya di bawa bawa:D

cumi_cumi
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1018
Join date : 05.11.08
Lokasi : cimanggis depok

http://www.facebook.com/#!/profile.php?id=100002649957365

Kembali Ke Atas Go down

Re: cek darah ayam cemani

Post  Aang Christiono on Fri 13 Sep 2013, 16:22

tokedho yodhe wrote:Ayam cemani adalah ayam kedu hitam yang memiliki sebaran warna hitam menyeluruh. Ayam kedu hitam biasa non cemani adalah ayam yang memiliki warna hitam hanya pada bulunya saja, sedangkan jengger, paruh, kaki atau mata bisa tidak berwarna hitam.

Menurut literatur yang pernah saya baca cara mengecek darah ayam cemani adalah dengan cara melukai jengger ayam tersebut lalu darah yang yang keluar diambil.
- jika darah diteteskan di tisu pada umumnya darah akan menunjukkan warna aslinya yaitu merah.
- jika darah diteteskan di kertas kemasan rokok (allumunium foil) atau kertas yang tidak menyerap air maka darah akan menunjukkan warna yang lebih pekat yaitu warna seolah-olah kehitam-hitaman. Ini yang sering dimanfaatkan oleh oknum.
- jika bulu ayam yang dicabut lalu bulunya diperas yang akan keluar bukan darah tetapi minyak pada bulu yang berwarna kehitam-hitaman. Ini juga yang sering dimanfaatkan oleh oknum.
- untuk membuat darah ayam cemani lebih pekat maka umumnya ayam akan diberi makanan dengan ramuan tertentu misalnya dengan tinta cumi-cumi.
Info yang berguna mas..

salam Smile

Aang Christiono
kopral
kopral

Jumlah posting : 34
Join date : 10.06.13
Age : 31
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: cek darah ayam cemani

Post  cemani kedu Temanggung on Sun 29 May 2016, 20:34

setahu saya cemani darah hitam itu gak ada,,, hehheh Cool Cool Cool Cool

cemani kedu Temanggung

Jumlah posting : 5
Join date : 29.05.16
Age : 27
Lokasi : temanggung

http://www.facebook.com/CemaniKeduAsli

Kembali Ke Atas Go down

Re: cek darah ayam cemani

Post  Sponsored content Today at 23:00


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik