Mana yang lebih baik memberi makan dengan di campur air atau kering

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Mana yang lebih baik memberi makan dengan di campur air atau kering

Post  GuitarPlayer on Tue 27 Jan 2009, 16:58

Salam bagi semua rekan rekan,

Banyak penghoby yg memelihara/merawat ayam aduan sejak kecil. Dalam hal cara memberi makan anak ayam (anakan) mana sebenarnya yg lebih tepat apakah makanan kita campur dengan air atau diberikan dalam keadaan kering ?, apakah ke dua cara tsb akan mempunyai pengaruh yg berbeda thd pertumbuhan ayam kelak ?, karena kalau saya perhatikan anak ayam akan lebih sering makan apabila kita berikan makanan kering (tanpa di campur air) walau temboloknya tidak sampai penuh/padat seperti kalau kita beri makan dg dicampur air. Bagi teman teman yang berpengalaman dalam hal perayaman mungkin bisa memberi sedikit pencerahan ttg hal ini.

Terimakasih
Salam

GuitarPlayer
kopral
kopral

Jumlah posting : 17
Join date : 05.01.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mana yang lebih baik memberi makan dengan di campur air atau kering

Post  Administrator on Wed 28 Jan 2009, 08:57

Menurut sy hampir sama mas...
Cuma, kalo dikasih yg kering, suka diacak2 tuh... di korek2 sampe tumpah. Banyak terbuang. Sayang khan..??

Kalo masih pitik, sampai usia 1 bulan, biasanya sy kasih yg kering.
Lewat 1 bulan dicampur dgn air.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mana yang lebih baik memberi makan dengan di campur air atau kering

Post  Budi on Wed 28 Jan 2009, 09:05

GuitarPlayer wrote:Salam bagi semua rekan rekan,

Banyak penghoby yg memelihara/merawat ayam aduan sejak kecil. Dalam hal cara memberi makan anak ayam (anakan) mana sebenarnya yg lebih tepat apakah makanan kita campur dengan air atau diberikan dalam keadaan kering ?, apakah ke dua cara tsb akan mempunyai pengaruh yg berbeda thd pertumbuhan ayam kelak ?, karena kalau saya perhatikan anak ayam akan lebih sering makan apabila kita berikan makanan kering (tanpa di campur air) walau temboloknya tidak sampai penuh/padat seperti kalau kita beri makan dg dicampur air. Bagi teman teman yang berpengalaman dalam hal perayaman mungkin bisa memberi sedikit pencerahan ttg hal ini.

Terimakasih
Salam

Pemberian makanan dlm kondisi basah, tujuannya agar makanan tersebut tidak tercecer, saat ayam makan. Namun akan lebih cepat bau. Sehingga perlu dipertimbangkan dari sisi usia ayam, jumlah ayam, frekwensi pemberian makan untuk menentukan makanan diberikan dalam kondisi basah atau kering.

dari pengalaman pribadi, bila usia masih di bawah 1 bulan, sebaiknya diberikan dalam kondisi kering karena untuk usia tersebut makanan harus selalu tersedia, sehingga tidak cepat berbau walaupun makanan tersebut bertahan 1 hari di wadahnya. Utk usia 1-3bln, sebaiknya kita sajikan makanan dlm bentuk basah, krn pd usia ini, ayam mulai rakus (apabila rombongannya jmlhnya banyak) & untuk menghindari makanan tercecer.

Budi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 259
Join date : 15.08.08

http://groups.yahoo.com/group/ayam_aduan/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mana yang lebih baik memberi makan dengan di campur air atau kering

Post  one-dhi on Wed 26 May 2010, 23:38

wah...ini yang sedang saya cari "KERING VS BASAH"bagus mana ya hasilnya?
mohon info yang sudah mencobanya.
terimakasih,
BR.

one-dhi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 163
Join date : 02.09.09
Lokasi : sleman-jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mana yang lebih baik memberi makan dengan di campur air atau kering

Post  cak nur on Thu 27 May 2010, 12:17

onedhi wrote:wah...ini yang sedang saya cari "KERING VS BASAH"bagus mana ya hasilnya?
mohon info yang sudah mencobanya.
terimakasih,
BR.

Setuju dengan pendapat mas Ary,..
Tapi di rumah aku semuanya ada,.. kering,.. basah.. (bisa dipilih komposisinya: nasi + Konsentrat + Dedak)
Kering : Konsentrat; Jagung

cak nur
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 2502
Join date : 10.02.10
Age : 49
Lokasi : PASURUAN. 085204243643 / 085785628857

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mana yang lebih baik memberi makan dengan di campur air atau kering

Post  one-dhi on Thu 27 May 2010, 16:11

Setuju dengan pendapat mas Ary,..
Tapi di rumah aku semuanya ada,.. kering,.. basah.. (bisa dipilih komposisinya: nasi + Konsentrat + Dedak)
Kering : Konsentrat; Jagung[/quote]


terimakasih cak nur atas replaynya,
menurut pendapat saya anak ayam yg diberi pakan kering lebih gesit,lincah,badanya/dagingnya lebih keras dibanding yang dikasih pakan basah yang cenderung habis makan terus tidur.
kebiasaan saya kasih pakan anak ayam 0-1/1,5bln kering 1,5 keatas saya kasih basah kemudian baru ganti pakan setelah ayam siap dirawat.
sekarang saya ada anak ayam umur 1,5 bln yang rencananya mau saya kasih pakan kering terus sampai besar.
mohon sharingnya para senior/member yag pernah membesarkan anak ayam dengan pakan kering dari 0 sampai besar/jago.
mohon maaf bila ada salah kata,
terimakasih.

one-dhi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 163
Join date : 02.09.09
Lokasi : sleman-jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mana yang lebih baik memberi makan dengan di campur air atau kering

Post  Administrator on Thu 27 May 2010, 16:24

onedhi wrote:
mohon sharingnya para senior/member yag pernah membesarkan anak ayam dengan pakan kering dari 0 sampai besar/jago.
mohon maaf bila ada salah kata,
terimakasih.

Pakan kering sebetulnya bagus juga. Cuma masalahnya, banyak yg terbuang krn pakan kering mudah diceker2 dan berantakan kemana2.
Selain itu harus diperhatikan jumlah takarannya. Kalau sampai tembolok kepenuhan dgn pakan kering, lalu tercampur air minum di dalam tembolok, maka pakan tsb akan mengembang, bisa2 ayam jadi sulit bernapas.

Kalau mau dicampur dgn bahan lain seperti cacahan ikan, belut, sayuran, daging, dll, lebih baik pakai yg basah biar gampang ngaduknya.

Dipandang dari sisi ekonomis, pakan basah lebih unggul. Bisa dicampur2 dgn dedak, nasi, dll.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mana yang lebih baik memberi makan dengan di campur air atau kering

Post  Kumbang on Thu 27 May 2010, 17:13

onedhi wrote:
terimakasih cak nur atas replaynya,
menurut pendapat saya anak ayam yg diberi pakan kering lebih gesit,lincah,badanya/dagingnya lebih keras dibanding yang dikasih pakan basah yang cenderung habis makan terus tidur.
kebiasaan saya kasih pakan anak ayam 0-1/1,5bln kering 1,5 keatas saya kasih basah kemudian baru ganti pakan setelah ayam siap dirawat.
sekarang saya ada anak ayam umur 1,5 bln yang rencananya mau saya kasih pakan kering terus sampai besar.
mohon sharingnya para senior/member yag pernah membesarkan anak ayam dengan pakan kering dari 0 sampai besar/jago.
mohon maaf bila ada salah kata,
terimakasih.

Dah pernah coba om... tp ga tahan, sperti mas Admin bilang, berantakan... makanan bertaburan kemana2, kandang jg jadi cepat kotor & berbau krn tumpahan pur kering bercampur dng kotoran. Yg paling penting jd makin sering beli pakan krn banyak terbuang.
Klo bisa ngakalin supaya ga bertumpahan mungkin bagus kali yah... Rolling Eyes

Kumbang
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 158
Join date : 19.08.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mana yang lebih baik memberi makan dengan di campur air atau kering

Post  one-dhi on Sat 29 May 2010, 00:05

Dah pernah coba om... tp ga tahan, sperti mas Admin bilang, berantakan... makanan bertaburan kemana2, kandang jg jadi cepat kotor & berbau krn tumpahan pur kering bercampur dng kotoran. Yg paling penting jd makin sering beli pakan krn banyak terbuang.
Klo bisa ngakalin supaya ga bertumpahan mungkin bagus kali yah...

dah nyoba sampai berapa bln broo?
kencengnya badan beda jauh gak sama yang dikasih ransum basah?
thanks.

one-dhi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 163
Join date : 02.09.09
Lokasi : sleman-jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mana yang lebih baik memberi makan dengan di campur air atau kering

Post  Kumbang on Sat 29 May 2010, 12:20

onedhi wrote:
dah nyoba sampai berapa bln broo?
kencengnya badan beda jauh gak sama yang dikasih ransum basah?
thanks.

Gak lama, sampe kisaran umur 3 bulanan om, saat itu tujuannya bukan pembentukan tubuh tp mencoba lbh praktis (gak perlu repot2 bikin adonan pur) jd ga perhatiin dampak dr makanan kering itu terhadap tubuh ayam.

Kumbang
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 158
Join date : 19.08.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mana yang lebih baik memberi makan dengan di campur air atau kering

Post  seno on Tue 24 Aug 2010, 18:35

Administrator wrote:
onedhi wrote:
mohon sharingnya para senior/member yag pernah membesarkan anak ayam dengan pakan kering dari 0 sampai besar/jago.
mohon maaf bila ada salah kata,
terimakasih.

Pakan kering sebetulnya bagus juga. Cuma masalahnya, banyak yg terbuang krn pakan kering mudah diceker2 dan berantakan kemana2.
Selain itu harus diperhatikan jumlah takarannya. Kalau sampai tembolok kepenuhan dgn pakan kering, lalu tercampur air minum di dalam tembolok, maka pakan tsb akan mengembang, bisa2 ayam jadi sulit bernapas.

Kalau mau dicampur dgn bahan lain seperti cacahan ikan, belut, sayuran, daging, dll, lebih baik pakai yg basah biar gampang ngaduknya.

Dipandang dari sisi ekonomis, pakan basah lebih unggul. Bisa dicampur2 dgn dedak, nasi, dll.


saya setuju ma bang admin,,pakan basah lebih efisien dan gak berantakan coz ga diceker2...
jadi pakan gak banyak yg terbuang percuma...

seno
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 478
Join date : 11.02.10
Age : 34
Lokasi : Pati - Jawa Tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mana yang lebih baik memberi makan dengan di campur air atau kering

Post  ardimashud on Sun 31 Oct 2010, 19:49


Dah pernah coba om... tp ga tahan, sperti mas Admin bilang, berantakan... makanan bertaburan kemana2, kandang jg jadi cepat kotor & berbau krn tumpahan pur kering bercampur dng kotoran. Yg paling penting jd makin sering beli pakan krn banyak terbuang.
Klo bisa ngakalin supaya ga bertumpahan mungkin bagus kali yah... Rolling Eyes[/quote]


sedikit saya ada trik supaya makanan kering tidak di eker-eker atau yg jelas bisa meminimalisir makanan berserakan. saya pake kawat yang dipasang melintang diatas tempat makan, jadi kaki ayam tidak bisa masuk menyentuh pakan, kedua, kalau tempat makan penampangnya lebar, kotak misalnya, taruh aja strimin diatas pakan, jadi kalau pakan habis strimin akan turun sendiri, dan pakan akan selalu dibawah strimin, jd kaki ayam ga bisa mengobrak-abrik pakan krn terhalang strimin.

itu sebagian pengalaman saya, maaf kalo ada kekurangan.

ardimashud
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 118
Join date : 07.10.10
Lokasi : jogjakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mana yang lebih baik memberi makan dengan di campur air atau kering

Post  ipul on Sun 31 Oct 2010, 20:22

dan ati2 kasih makan kering pernah kejadian pagi2 kasih makan kering ayam berebutan saking maruknya banyak yang goyang-goyang lehernya karena saking seretnya di tenggorokan sampe ada yang merah hati mukanya ngga bisa nafas kayanya Mad Mad ,...mending basah deh TAPI jangan berlebihan soalnya kalo basah cepet bau dan sering2 cuci tempat makannya Very Happy Very Happy

ipul
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 777
Join date : 21.12.09
Lokasi : Brebes-jawa tengah,.Jl.sunan gunung jati 3 Kel. Limbangan Wetan, kec. Brebes

http://limbanganfarm.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mana yang lebih baik memberi makan dengan di campur air atau kering

Post  Sponsored content Today at 15:32


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik