Dedara Telat Bertelur

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: Dedara Telat Bertelur

Post  LQ on Sat 08 Dec 2012, 19:17

Abu Aslam WSS wrote:Saya ada dua ekor dedara yang seumuran , Dedara A sdh bertelur dua kali sedang Dedara B hingga saat ini belum bertelur . Padahal badan sgt sexy dan montok tiap saya lewat ayam jinak sekali langsung merunduk ambil posisi kawin.

Langkah yang sudah saya ambil ;
1. Saya kawinkan dengan pejantan . Hasilnya Dedara B suka sekali , bahkan antusias
2. Saya kasih extra fooding kecambah
3. Saya beri minuman Egg Stimulan

Namun hingga kini belum juga bertelur , mumet saya mikir dedara saya yang satu ini

Help donk saran nya



coba force moulting cak tanto bnyak kok literaturnya,mudah2an,dgn pembentukan bulu yg baru,ikut menata organ reproduksi u. Bertelur lg,kbetulan sy pny betina dibox terus pakan dijatah,g bertelur sd usia 1,5th tp saat ini udh 2periode beranak dan normal,

LQ
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 698
Join date : 28.01.10
Age : 41
Lokasi : kandang ayam,mburi omah.

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dedara Telat Bertelur

Post  Administrator on Sat 08 Dec 2012, 21:42

fathus wrote:apa benar babon kegemukan susah bertelur? apa ada hubungannya dengan hormon atau bagaimana? mohon penjelasannya. yang saya tau secara alamiah betina akan terus menggemukkan badannya agar dia bisa bertelur lagi.
Benar. Babon yg kegemukan sulit bertelur.
Mungkin mas fathus pernah dengar istilah 'majir' ??

Setelah mengeram dan bawa anak, babon akan kurus. Ketika tubuhnya mulai gemuk (baca : kembali normal) maka dia akan bertelur kembali.
Tapi kalau lewat batas normal ideal tubuhnya, ia akan sulit bertelur.

fathus wrote:babon saya kegemukan,tp tetap rajin bertelur,hanya saja waktu mengeram karena berat badannya berlebih,telur yang dieram kadang pecah.
Kriteria gemuk menurut mas fathus ini bagaimana? Alat ukurnya apa? satuan berat (kg) apa cuma diraba kira2 dgn tangan?
Telur pecah itu bukan krn berat badan si ayam. Meskipun tidak gemuk, kalau telurnya di tindih pasti pecah.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dedara Telat Bertelur

Post  nagageni212 on Sat 08 Dec 2012, 22:37

Abu Aslam WSS wrote:Saya ada dua ekor dedara yang seumuran , Dedara A sdh bertelur dua kali sedang Dedara B hingga saat ini belum bertelur . Padahal badan sgt sexy dan montok tiap saya lewat ayam jinak sekali langsung merunduk ambil posisi kawin.

Langkah yang sudah saya ambil ;
1. Saya kawinkan dengan pejantan . Hasilnya Dedara B suka sekali , bahkan antusias
2. Saya kasih extra fooding kecambah
3. Saya beri minuman Egg Stimulan

Namun hingga kini belum juga bertelur , mumet saya mikir dedara saya yang satu ini

Help donk saran nya




saran saya untuk ayam betina yg kegemukan ,dikurung saja mas kasih makannya tomat satu buah tiap pagi dan sore jangan kasih makan yg lain dulu lakukan selama 2 minggu mudah mudahan ayam nya bisa bertelur ,biasanya telur pertamanya kuning telur nya ga bulat tapi sudah pecah

maaf kalo salah


salam

nagageni212
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 748
Join date : 12.11.12
Lokasi : pengiriman alat berat dan mobil

http://www.arthatrans lintasbuana.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dedara Telat Bertelur

Post  simkuring-adit on Sun 09 Dec 2012, 05:43

Kembangsawit wrote:
simkuring-adit wrote:mana nih cak tantonya??
cara yang mana nih yang berhasil? saya mau contek nih,soalnya dikandang juga ada babon majir..konsentrat,extra fooding dan kecambah dll pun ga berhasil.. Sad Sad Sad
mungkin bisa cocok dengan pengalamanku:
oke mas rizal,saya urut ya..
1. babon tersebut berikan ruangan khusus suhu kamar sendirikan dengan pacek.
sudah..
2. berikan tempat bertelur.
pastinya..
3. berikan pakan yang seimbang dengan energi yang akan dibutuhkan, egg stimulat juga baik
sudah juga..
4. pakan berikan biji2an saja jangan voer.
biji apa nih Question
5. semoga dengan cara itu babon mau bertelur.
semoga mas rizal,,amiiiinnnn...

simkuring-adit
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 216
Join date : 29.08.12
Age : 31
Lokasi : majalengka

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dedara Telat Bertelur

Post  thumper225 on Sun 09 Dec 2012, 09:45

Administrator wrote:
polpot wrote:sudah pernah coba pindah kandang blm om?
cuma mau berbagi cerita aja nih om... Smile
dulu temen pernah nitipin ayam babonnya ke sy ktnya ayam majir sudah lama ga bertelur, krn temen sudah merelakan ayam mau diapakan saja yaah sudah sekalian ga sy rawat (sy umbar bebas kyk ayam kampung makan jg ga begitu sy perhatiin dibandingkan dgn ayam2 babon sy dan tidurnya pun nangkring diatas pohon pokoknya bebas deh heheee... awalnya malah sering berantem sm babon tetangga jg ayam saya) sebenernya ga enak jg sm temen sy itu krn ayam babon yg tadinya sehat dlm artian sexy plus montok eh disaya malah kurus ga kerawat (krg lebih seperti itu slama 3bulanan), kabar baiknya nih babon malah bs bertelur lg... Smile
jd kesimpulan sy selain alternatif pindah kandang (krn beda suasana mungkin), ayam babon diliarkan saja seperti ngerawat ayam majir... Very Happy
Sebetulnya bukan krn di liarkan atau tidak di urus.
Yg membuatnya bertelur adlh badannya yg mulai kurus.
Betina kegemukan tidak akan bertelur lancar.

Teman sy menggunakan cara yg extrim. Betina yg kegemukan di puasakan selama 1 minggu dikandang umbar, cuma diberi air dan pakan hanya 1 sendok makan. Alhasil badan jadi kurus.
Setelah 1 minggu puasa, ayam diberi makan normal, 10 hari kemudian langsung bertelur.

Utk betina, lebih baik dibuat kurus saja. Beri makan pakan ayam petelur (tidak membuat gemuk) dan kasih vitamin petelur spt egg stimulant atau ryomicin.
mas, mau nanya juga nih..ayam saya dah bertelur 3 kali tapi skrg dah semingguan kira2 dah ga mau nelor lagi..itu knp ya mas? dan ada satu ayam lg dah nelor 10, skrg kira2 sudah 5 harian sakit dan sudah diberi terapi dan ada perubahan ke arah perbaikan tetapi dia tdk mau nelor maupun mengeram lg..apa ada saran mas untuk selanjutnya gmn mengingat telor semakin lama tidak dieramkan maka tingkat fertilitasnya akan menurun..
salam..

thumper225
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 282
Join date : 02.11.12
Age : 30
Lokasi : Kandang : Pekanbaru (Riau), Padang(Sumbar)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dedara Telat Bertelur

Post  simkuring-adit on Mon 10 Dec 2012, 08:43

thumper225 wrote:mas, mau nanya juga nih..ayam saya dah bertelur 3 kali tapi skrg dah semingguan kira2 dah ga mau nelor lagi..itu knp ya mas? dan ada satu ayam lg dah nelor 10, skrg kira2 sudah 5 harian sakit dan sudah diberi terapi dan ada perubahan ke arah perbaikan tetapi dia tdk mau nelor maupun mengeram lg..apa ada saran mas untuk selanjutnya gmn mengingat telor semakin lama tidak dieramkan maka tingkat fertilitasnya akan menurun..
salam..

nyari babu,atw pke mesin tetas..soalnya di kandang saya klo udah ga mau ngerami telornya udah susah mas..

simkuring-adit
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 216
Join date : 29.08.12
Age : 31
Lokasi : majalengka

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dedara Telat Bertelur

Post  Kembangsawit on Mon 10 Dec 2012, 09:41

simkuring-adit wrote:
Kembangsawit wrote:
simkuring-adit wrote:mana nih cak tantonya??
cara yang mana nih yang berhasil? saya mau contek nih,soalnya dikandang juga ada babon majir..konsentrat,extra fooding dan kecambah dll pun ga berhasil.. Sad Sad Sad
mungkin bisa cocok dengan pengalamanku:
oke mas rizal,saya urut ya..
1. babon tersebut berikan ruangan khusus suhu kamar sendirikan dengan pacek.
sudah..
2. berikan tempat bertelur.
pastinya..
3. berikan pakan yang seimbang dengan energi yang akan dibutuhkan, egg stimulat juga baik
sudah juga..
4. pakan berikan biji2an saja jangan voer.
biji apa nih Question
5. semoga dengan cara itu babon mau bertelur.
semoga mas rizal,,amiiiinnnn...


biji seperti jagung, beras merah, dll...karena yang jelas.. ada masalah pada saluran indung telurnya..kemungkinan tertimbun lemak akibatnya sperma tidak bisa masuk kedalam liang indung telur dengan sempurna...pakai pola pakan diet. kalau tidak bisa bertelur lagi coba dengan pacek yang lainnya. coba lagi terus, dengan sistem kawinnya mulai umbaran, duduk, atau pakai suntik. kalau semua usaha dah dicoba tinggal tunggu hasilnya..kalau tidak berhasil semuanya ( maaf banget mas ) mending dijual saja atau potong buat lauk dirumah lebih bermanfaat waktunya dan hasilnya...maaf bukan bermaksud merendahkan babonnya tapi realita saja. cari babon baru yang layak pakai saja. semoga beruntung. salam akur

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dedara Telat Bertelur

Post  Administrator on Mon 10 Dec 2012, 10:41

Kembangsawit wrote:biji seperti jagung, beras merah, dll...karena yang jelas.. ada masalah pada saluran indung telurnya..kemungkinan tertimbun lemak akibatnya sperma tidak bisa masuk kedalam liang indung telur dengan sempurna...pakai pola pakan diet. kalau tidak bisa bertelur lagi coba dengan pacek yang lainnya. coba lagi terus, dengan sistem kawinnya mulai umbaran, duduk, atau pakai suntik. kalau semua usaha dah dicoba tinggal tunggu hasilnya..kalau tidak berhasil semuanya ( maaf banget mas ) mending dijual saja atau potong buat lauk dirumah lebih bermanfaat waktunya dan hasilnya...maaf bukan bermaksud merendahkan babonnya tapi realita saja. cari babon baru yang layak pakai saja. semoga beruntung. salam akur
Sepertinya ada salah persepsi bahwa betina akan bertelur hanya bila dikawinkan.
Padahal, tanpa kawin sekalipun, bila sudah tiba waktunya, betina akan bertelur dgn sendirinya.
Hanya saja, tanpa kawin, telur2 itu tidak akan menetas.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dedara Telat Bertelur

Post  Kembangsawit on Mon 10 Dec 2012, 11:32

Administrator wrote:
Kembangsawit wrote:biji seperti jagung, beras merah, dll...karena yang jelas.. ada masalah pada saluran indung telurnya..kemungkinan tertimbun lemak akibatnya sperma tidak bisa masuk kedalam liang indung telur dengan sempurna...pakai pola pakan diet. kalau tidak bisa bertelur lagi coba dengan pacek yang lainnya. coba lagi terus, dengan sistem kawinnya mulai umbaran, duduk, atau pakai suntik. kalau semua usaha dah dicoba tinggal tunggu hasilnya..kalau tidak berhasil semuanya ( maaf banget mas ) mending dijual saja atau potong buat lauk dirumah lebih bermanfaat waktunya dan hasilnya...maaf bukan bermaksud merendahkan babonnya tapi realita saja. cari babon baru yang layak pakai saja. semoga beruntung. salam akur
Sepertinya ada salah persepsi bahwa betina akan bertelur hanya bila dikawinkan.
Padahal, tanpa kawin sekalipun, bila sudah tiba waktunya, betina akan bertelur dgn sendirinya.
Hanya saja, tanpa kawin, telur2 itu tidak akan menetas.

disimpulkan jika ingin beternak hasil kawin tersebut bang admin..jika ga ada hasil ya saranku seperti itu saja.

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dedara Telat Bertelur

Post  thumper225 on Mon 10 Dec 2012, 19:55

Administrator wrote:
Kembangsawit wrote:biji seperti jagung, beras merah, dll...karena yang jelas.. ada masalah pada saluran indung telurnya..kemungkinan tertimbun lemak akibatnya sperma tidak bisa masuk kedalam liang indung telur dengan sempurna...pakai pola pakan diet. kalau tidak bisa bertelur lagi coba dengan pacek yang lainnya. coba lagi terus, dengan sistem kawinnya mulai umbaran, duduk, atau pakai suntik. kalau semua usaha dah dicoba tinggal tunggu hasilnya..kalau tidak berhasil semuanya ( maaf banget mas ) mending dijual saja atau potong buat lauk dirumah lebih bermanfaat waktunya dan hasilnya...maaf bukan bermaksud merendahkan babonnya tapi realita saja. cari babon baru yang layak pakai saja. semoga beruntung. salam akur
Sepertinya ada salah persepsi bahwa betina akan bertelur hanya bila dikawinkan.
Padahal, tanpa kawin sekalipun, bila sudah tiba waktunya, betina akan bertelur dgn sendirinya.
Hanya saja, tanpa kawin, telur2 itu tidak akan menetas.
setuju ama bang admin, namanya telur anovulatoir alias telor yg ga dibuahi oleh sperma jantan..

thumper225
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 282
Join date : 02.11.12
Age : 30
Lokasi : Kandang : Pekanbaru (Riau), Padang(Sumbar)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dedara Telat Bertelur

Post  thumper225 on Mon 10 Dec 2012, 19:56

simkuring-adit wrote:
thumper225 wrote:mas, mau nanya juga nih..ayam saya dah bertelur 3 kali tapi skrg dah semingguan kira2 dah ga mau nelor lagi..itu knp ya mas? dan ada satu ayam lg dah nelor 10, skrg kira2 sudah 5 harian sakit dan sudah diberi terapi dan ada perubahan ke arah perbaikan tetapi dia tdk mau nelor maupun mengeram lg..apa ada saran mas untuk selanjutnya gmn mengingat telor semakin lama tidak dieramkan maka tingkat fertilitasnya akan menurun..
salam..

nyari babu,atw pke mesin tetas..soalnya di kandang saya klo udah ga mau ngerami telornya udah susah mas..
kalo kayak gini pake mesin tetas aja mas,

thumper225
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 282
Join date : 02.11.12
Age : 30
Lokasi : Kandang : Pekanbaru (Riau), Padang(Sumbar)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dedara Telat Bertelur

Post  fathus on Mon 10 Dec 2012, 20:10

Administrator wrote:
fathus wrote:apa benar babon kegemukan susah bertelur? apa ada hubungannya dengan hormon atau bagaimana? mohon penjelasannya. yang saya tau secara alamiah betina akan terus menggemukkan badannya agar dia bisa bertelur lagi.
Benar. Babon yg kegemukan sulit bertelur.
Mungkin mas fathus pernah dengar istilah 'majir' ??

Setelah mengeram dan bawa anak, babon akan kurus. Ketika tubuhnya mulai gemuk (baca : kembali normal) maka dia akan bertelur kembali.
Tapi kalau lewat batas normal ideal tubuhnya, ia akan sulit bertelur.

fathus wrote:babon saya kegemukan,tp tetap rajin bertelur,hanya saja waktu mengeram karena berat badannya berlebih,telur yang dieram kadang pecah.
Kriteria gemuk menurut mas fathus ini bagaimana? Alat ukurnya apa? satuan berat (kg) apa cuma diraba kira2 dgn tangan?
Telur pecah itu bukan krn berat badan si ayam. Meskipun tidak gemuk, kalau telurnya di tindih pasti pecah.

blm pernah dengar yang namanya "majir",apa sama dengan semacam obesitas? 4kg itu gemuk ga? biasanya babon normalnya brp? dikategorikan kegemukan itu kalau bagaimana? kalo mau ngeram kan turun ke tempat pengeramannya tuh,sering waktu turun kena injek telornya retak,esoknya tb2 udah pecah, kalo babon yg lain ga ada masalah ga pernah sering retak atau pecah.

fathus
kopral
kopral

Jumlah posting : 23
Join date : 02.10.12
Age : 28
Lokasi : Bondowoso

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dedara Telat Bertelur

Post  fathus on Mon 10 Dec 2012, 20:27

Administrator wrote:
Kembangsawit wrote:biji seperti jagung, beras merah, dll...karena yang jelas.. ada masalah pada saluran indung telurnya..kemungkinan tertimbun lemak akibatnya sperma tidak bisa masuk kedalam liang indung telur dengan sempurna...pakai pola pakan diet. kalau tidak bisa bertelur lagi coba dengan pacek yang lainnya. coba lagi terus, dengan sistem kawinnya mulai umbaran, duduk, atau pakai suntik. kalau semua usaha dah dicoba tinggal tunggu hasilnya..kalau tidak berhasil semuanya ( maaf banget mas ) mending dijual saja atau potong buat lauk dirumah lebih bermanfaat waktunya dan hasilnya...maaf bukan bermaksud merendahkan babonnya tapi realita saja. cari babon baru yang layak pakai saja. semoga beruntung. salam akur
Sepertinya ada salah persepsi bahwa betina akan bertelur hanya bila dikawinkan.
Padahal, tanpa kawin sekalipun, bila sudah tiba waktunya, betina akan bertelur dgn sendirinya.
Hanya saja, tanpa kawin, telur2 itu tidak akan menetas.

admin tanya dong,perbedaan periode bertelur babon yang kawin dan tidak kawin, kira2 babon yang dalam masa subur itu akan bertelur lebih cepat bila kawin ataukah sama dg babon yang tidak kawin(tidak dibuahi)? atau ada semacam "waiting time" gtu? apa telur yang matang akan menunggu dulu dibuahi, tetapi jika sperma tidak kunjung datang telur itu akan diproses karena sudah capek tllu lama menunggu?

fathus
kopral
kopral

Jumlah posting : 23
Join date : 02.10.12
Age : 28
Lokasi : Bondowoso

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dedara Telat Bertelur

Post  Administrator on Mon 10 Dec 2012, 22:12

fathus wrote:blm pernah dengar yang namanya "majir",apa sama dengan semacam obesitas? 4kg itu gemuk ga? biasanya babon normalnya brp? dikategorikan kegemukan itu kalau bagaimana? kalo mau ngeram kan turun ke tempat pengeramannya tuh,sering waktu turun kena injek telornya retak,esoknya tb2 udah pecah, kalo babon yg lain ga ada masalah ga pernah sering retak atau pecah.
Babon 4kg ?
Ayam jago ukuran 4kg itu sudah super besar. Susah cari musuh di arena.
Lha, babon 4kg itu sebesar apa mas?
Timbangannya salah kali tuh...
Very Happy

Gemuk utk betina ukurannya bukan berat badan. Tapi lemak yg terkandung di tubuhnya.
Ayam shamo, kalau di timbang pasti berat semua. Tapi bukan berarti kegemukan. Melainkan krn genetiknya yg besar2.

Kalau telur yg pecah krn terinjak, ini bukan hanya terjadi pada babon yg kegemukan. Babon yg normal juga punya kemungkinan yg sama.
Mungkin krn tempat mengeramnya yg terlalu sempit.


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dedara Telat Bertelur

Post  Administrator on Mon 10 Dec 2012, 22:18

fathus wrote:admin tanya dong,perbedaan periode bertelur babon yang kawin dan tidak kawin, kira2 babon yang dalam masa subur itu akan bertelur lebih cepat bila kawin ataukah sama dg babon yang tidak kawin(tidak dibuahi)? atau ada semacam "waiting time" gtu? apa telur yang matang akan menunggu dulu dibuahi, tetapi jika sperma tidak kunjung datang telur itu akan diproses karena sudah capek tllu lama menunggu?
Periodenya sama saja.
Kawin atau tidak kawin, periode bertelurnya sama saja.
Jadi, kalau betina belum siap bertelur, percuma dikawinin. Cuma nyape2in paceknya aja.
hehehe...

Contoh extrim :
Ayam betina yg lagi ngeram atau bawa anak kecil2, mau di kawinin sehari 5x sekalipun ngga akan bertelur. Kecuali nanti ketika masanya tiba, dia akan bertelur dgn sendirinya meskipun tidak di kawinin.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dedara Telat Bertelur

Post  Modesto on Tue 11 Dec 2012, 19:31

Administrator wrote:
Ayam betina yg lagi ngeram atau bawa anak kecil2, mau di kawinin sehari 5x sekalipun ngga akan bertelur. Kecuali nanti ketika masanya tiba, dia akan bertelur dgn sendirinya meskipun tidak di kawinin.
Saya ada contoh kasus mas Ary
Semisal ada 2 babon A dan B, keduanya punya siklus bertelur sama, nelur bareng dan netesin bareng
Setelah menetaskan anak, anakan babon A diambil dan ditaruh di box dengan pemanas lampu
Anakan babon B dibiarkan ikut induknya sampai disapih.

Apakah babon A lebih cepat bertelur lagi daripada babon B karena anakan babon A diambil duluan?
atau sama saja?

Trims Very Happy

Modesto
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1182
Join date : 21.03.10
Age : 35
Lokasi : Ponorogo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dedara Telat Bertelur

Post  Administrator on Tue 11 Dec 2012, 21:26

Modesto wrote:
Administrator wrote:
Ayam betina yg lagi ngeram atau bawa anak kecil2, mau di kawinin sehari 5x sekalipun ngga akan bertelur. Kecuali nanti ketika masanya tiba, dia akan bertelur dgn sendirinya meskipun tidak di kawinin.
Saya ada contoh kasus mas Ary
Semisal ada 2 babon A dan B, keduanya punya siklus bertelur sama, nelur bareng dan netesin bareng
Setelah menetaskan anak, anakan babon A diambil dan ditaruh di box dengan pemanas lampu
Anakan babon B dibiarkan ikut induknya sampai disapih.

Apakah babon A lebih cepat bertelur lagi daripada babon B karena anakan babon A diambil duluan?
atau sama saja?

Trims Very Happy
Secara teori babon A akan lebih dulu bertelur ketimbang babon B. Ini bisa dijelaskan secara logis.

Tapi tidak bisa juga diprediksi sedemikian sederhana krn ternyata banyak sekali faktor yg mempengaruhi kapan seekor betina akan bertelur.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dedara Telat Bertelur

Post  henz on Tue 11 Dec 2012, 22:25

pengalaman saya juga sama, sdh setahun tdk bisa nelor, padahal sebelumnya sdh pernah nelor. setelah dipotong, ternyata bibit telur banyak diperutnya cuma terbungkus lemak. jadi kalo rekan2 bilang ayamnya kegemukan saya rasa benar sekali.

henz
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 325
Join date : 13.04.12
Lokasi : Cemara Farm, Cicalengka Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dedara Telat Bertelur

Post  fathus on Thu 13 Dec 2012, 18:44

Administrator wrote:
fathus wrote:admin tanya dong,perbedaan periode bertelur babon yang kawin dan tidak kawin, kira2 babon yang dalam masa subur itu akan bertelur lebih cepat bila kawin ataukah sama dg babon yang tidak kawin(tidak dibuahi)? atau ada semacam "waiting time" gtu? apa telur yang matang akan menunggu dulu dibuahi, tetapi jika sperma tidak kunjung datang telur itu akan diproses karena sudah capek tllu lama menunggu?
Periodenya sama saja.
Kawin atau tidak kawin, periode bertelurnya sama saja.
Jadi, kalau betina belum siap bertelur, percuma dikawinin. Cuma nyape2in paceknya aja.
hehehe...

Contoh extrim :
Ayam betina yg lagi ngeram atau bawa anak kecil2, mau di kawinin sehari 5x sekalipun ngga akan bertelur. Kecuali nanti ketika masanya tiba, dia akan bertelur dgn sendirinya meskipun tidak di kawinin.

oh berarti sama ya babon yang dalam "masa subur" antara kawin & tidak kawin periode bertelurnya sama. kalo yang belum masa subur saya sudah mengerti itu. saya bertanya yg masa subur karena sering lupa ada babon yang dalam masa subur yang sering telat dikawinkan shg tau2 udah ada telur di dalam kurungnya

fathus
kopral
kopral

Jumlah posting : 23
Join date : 02.10.12
Age : 28
Lokasi : Bondowoso

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dedara Telat Bertelur

Post  fathus on Thu 13 Dec 2012, 18:48

henz wrote:pengalaman saya juga sama, sdh setahun tdk bisa nelor, padahal sebelumnya sdh pernah nelor. setelah dipotong, ternyata bibit telur banyak diperutnya cuma terbungkus lemak. jadi kalo rekan2 bilang ayamnya kegemukan saya rasa benar sekali.

susah dong,untuk mengetahui kegemukan atau tidak harus dipotong dulu,kan sayang banget...

fathus
kopral
kopral

Jumlah posting : 23
Join date : 02.10.12
Age : 28
Lokasi : Bondowoso

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dedara Telat Bertelur

Post  henz on Thu 13 Dec 2012, 21:34

fathus wrote:
henz wrote:pengalaman saya juga sama, sdh setahun tdk bisa nelor, padahal sebelumnya sdh pernah nelor. setelah dipotong, ternyata bibit telur banyak diperutnya cuma terbungkus lemak. jadi kalo rekan2 bilang ayamnya kegemukan saya rasa benar sekali.

susah dong,untuk mengetahui kegemukan atau tidak harus dipotong dulu,kan sayang banget...
memang sayang banget, dr bentuk tubuh, muka, kaki dan abarnya ok semua, kebetulan waktu itu kandangnya sdh overload dan krn saya tdk pernah menjual ayam betina, ya akhirnya dipotong bareng betina2 kecil. Tapi dr pengalaman itu akhirnya saya jadi yakin, kalo betina susah bertelur, dan bobot tubuhnya berat, dpt disimpulkan ayamnya kegemukan, kalo kurus, dan diduburnya tdk ada mslh, biasanya saya kasih obat cacing.

henz
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 325
Join date : 13.04.12
Lokasi : Cemara Farm, Cicalengka Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dedara Telat Bertelur

Post  pamanuye on Thu 13 Dec 2012, 22:11

study study

pamanuye
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 384
Join date : 06.11.12
Age : 36
Lokasi : pati, jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dedara Telat Bertelur

Post  zacklink on Thu 13 Dec 2012, 23:14

rudy darmawan wrote:
Abu Aslam WSS wrote:Saya ada dua ekor dedara yang seumuran , Dedara A sdh bertelur dua kali sedang Dedara B hingga saat ini belum bertelur . Padahal badan sgt sexy dan montok tiap saya lewat ayam jinak sekali langsung merunduk ambil posisi kawin.

Langkah yang sudah saya ambil ;
1. Saya kawinkan dengan pejantan . Hasilnya Dedara B suka sekali , bahkan antusias
2. Saya kasih extra fooding kecambah
3. Saya beri minuman Egg Stimulan

Namun hingga kini belum juga bertelur , mumet saya mikir dedara saya yang satu ini

Help donk saran nya





mungkin kegemukan mas,coba di kuruskan sedikit.sapa tahu mau bertelor.
Nih mas pendapat sang amatir juga nih saya...
Mnurut saya benar tuh bisa jadi kegemukan. Namun.... kegemukan itu kan... = bnyak lemak / protein....
Soooo ada kemungkinan ntuh betina kekurangan zat kapur... saya pernah dikasih tau ama ortu... biar cepat bertelur... tumbuk halur kulit kerang atau kulit telur... kasih deh ke ayam (bisa jga dicampur ama makanannya)
Kesimpulan: kulit kerang/telur bnyak zat kapurnya yg akan membentuk cangkang telur....
Dan jika ayam bertelur kekurangan zat kapur... itu lah yg akan menimbulkan kasus telur lembek...


zacklink
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 99
Join date : 07.12.12
Age : 30
Lokasi : medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dedara Telat Bertelur

Post  Administrator on Fri 14 Dec 2012, 16:18

fathus wrote:saya bertanya yg masa subur karena sering lupa ada babon yang dalam masa subur yang sering telat dikawinkan shg tau2 udah ada telur di dalam kurungnya
Ga masalah. Langsung aja kawinin.
Sy juga begitu. Krn banyak sekali betina di kandang, yg dikawinkan hanya yg sudah bertelur.
Hasilnya, dari 10 butir rata2 menetas 7-8 butir.

Kalau dari awal sudah dikawinin semua, bisa lumpuh tu pacek.
hehehe...


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dedara Telat Bertelur

Post  Hikma on Sat 15 Dec 2012, 07:27

mungkin waktu kawin babonnya sdg dapet Mas..hehe

salam "M"

Hikma

Jumlah posting : 9
Join date : 18.09.12
Age : 27
Lokasi : Palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dedara Telat Bertelur

Post  Sponsored content Today at 03:47


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik