Mengatasi Musang

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Mengatasi Musang

Post  zacklink on Sat 12 Jan 2013, 20:07

Mas2 sekalian... ada yang pengalaman mengatasi musang??? Sudah kesal banget nih dibuat ntuh musang.... Ayam saya sore hari netas.. malam nya di panen musang... ampun deh..... Ntuh musang datangnya setiap kali telur netas.... Ada yang tau cara mengatasinya??? (Racun/Cebakan/atau mungkin ntuh musang bisa disuap biar berburu dikandang lainnya?? Very Happy)

zacklink
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 99
Join date : 07.12.12
Age : 30
Lokasi : medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengatasi Musang

Post  UNYIL.tawaang on Sat 12 Jan 2013, 23:37

cara paling bagus dan aman untuk mengatasi musang adalah peliharalah anjing(klo bisa).musang salah satu predatornya adalah anjing,dijamin! klo pake racun/perangkap bisa2 yg korban ayamnya!

UNYIL.tawaang
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 97
Join date : 10.10.12
Lokasi : Tawaang,kab.Minsel,sulut

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengatasi Musang

Post  zacklink on Sun 13 Jan 2013, 12:21

UNYIL.tawaang wrote:cara paling bagus dan aman untuk mengatasi musang adalah peliharalah anjing(klo bisa).musang salah satu predatornya adalah anjing,dijamin! klo pake racun/perangkap bisa2 yg korban ayamnya!
Wahhh tapi kebetulan saya tidak bisa menyentuh/memelihara anjing mas... Ada solusi lain??
Thanks masukannya mas

zacklink
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 99
Join date : 07.12.12
Age : 30
Lokasi : medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengatasi Musang

Post  benzalpha on Mon 14 Jan 2013, 10:43

kyknya bisa dengan racun tikus d masukin k dalam pisang mateng om.... Wink

benzalpha
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 57
Join date : 25.12.12
Age : 29
Lokasi : pulau belitung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengatasi Musang

Post  Kembangsawit on Mon 14 Jan 2013, 12:23

kalau ada darah ayam segar, atau telur ayam taruh saja dalam baskom..masukin ke dalam krangkeng jebakan dari besi, semalaman pasti dapat banyak dah tuh musang..
atau tanam saja pandan yang wangi disekitar kandang...dijamin musang ga mau deket2 kandang.

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengatasi Musang

Post  zacklink on Mon 14 Jan 2013, 12:45

Kembangsawit wrote:kalau ada darah ayam segar, atau telur ayam taruh saja dalam baskom..masukin ke dalam krangkeng jebakan dari besi, semalaman pasti dapat banyak dah tuh musang..
atau tanam saja pandan yang wangi disekitar kandang...dijamin musang ga mau deket2 kandang.

Wah mantap juga nih sarannya... yg seperti ini yg saya suka.... Menangkalnya dengan sistem biologi. Musang bukannya suka sama pandan mas???

zacklink
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 99
Join date : 07.12.12
Age : 30
Lokasi : medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengatasi Musang

Post  Kembangsawit on Mon 14 Jan 2013, 12:48

zacklink wrote:
Kembangsawit wrote:kalau ada darah ayam segar, atau telur ayam taruh saja dalam baskom..masukin ke dalam krangkeng jebakan dari besi, semalaman pasti dapat banyak dah tuh musang..
atau tanam saja pandan yang wangi disekitar kandang...dijamin musang ga mau deket2 kandang.

Wah mantap juga nih sarannya... yg seperti ini yg saya suka.... Menangkalnya dengan sistem biologi. Musang bukannya suka sama pandan mas???

kelenjar musang jika ketemu musuh ataupun sesama musang mereka mengeluarkan bau khas seperti pandan, jadi jika ada pandan pasti mereka tidak akan dekat2

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengatasi Musang

Post  phantom lord on Mon 14 Jan 2013, 22:26

zacklink wrote:
Kembangsawit wrote:kalau ada darah ayam segar, atau telur ayam taruh saja dalam baskom..masukin ke dalam krangkeng jebakan dari besi, semalaman pasti dapat banyak dah tuh musang..
atau tanam saja pandan yang wangi disekitar kandang...dijamin musang ga mau deket2 kandang.

Wah mantap juga nih sarannya... yg seperti ini yg saya suka.... Menangkalnya dengan sistem biologi. Musang bukannya suka sama pandan mas???
Coba saja bakar belerang pasti tidak mau mendekat ini mengadaptasi cara berburu musang dikampung saya . Jika ada musang di rumpun pohon bambu yg amat rimbun susah nangkapnya maka dibakari belerang seperti membakar kemeyan, musang bakal enggak tahan baunya lalu naik ke pucak pohon bambu baru deh kelihatan ..kita tembak bang..bang...

phantom lord
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 317
Join date : 02.05.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengatasi Musang

Post  zacklink on Thu 17 Jan 2013, 20:31

Kembangsawit wrote:
zacklink wrote:
Kembangsawit wrote:kalau ada darah ayam segar, atau telur ayam taruh saja dalam baskom..masukin ke dalam krangkeng jebakan dari besi, semalaman pasti dapat banyak dah tuh musang..
atau tanam saja pandan yang wangi disekitar kandang...dijamin musang ga mau deket2 kandang.

Wah mantap juga nih sarannya... yg seperti ini yg saya suka.... Menangkalnya dengan sistem biologi. Musang bukannya suka sama pandan mas???

kelenjar musang jika ketemu musuh ataupun sesama musang mereka mengeluarkan bau khas seperti pandan, jadi jika ada pandan pasti mereka tidak akan dekat2
oooo Gitu toh maksudnya... ia.... Masuk akal mas.... wah saya cari deh pandan wangi ntar nih...
Thanks banget infonya masss....

zacklink
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 99
Join date : 07.12.12
Age : 30
Lokasi : medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengatasi Musang

Post  zacklink on Thu 17 Jan 2013, 21:04

phantom lord wrote:
zacklink wrote:
Kembangsawit wrote:kalau ada darah ayam segar, atau telur ayam taruh saja dalam baskom..masukin ke dalam krangkeng jebakan dari besi, semalaman pasti dapat banyak dah tuh musang..
atau tanam saja pandan yang wangi disekitar kandang...dijamin musang ga mau deket2 kandang.

Wah mantap juga nih sarannya... yg seperti ini yg saya suka.... Menangkalnya dengan sistem biologi. Musang bukannya suka sama pandan mas???
Coba saja bakar belerang pasti tidak mau mendekat ini mengadaptasi cara berburu musang dikampung saya . Jika ada musang di rumpun pohon bambu yg amat rimbun susah nangkapnya maka dibakari belerang seperti membakar kemeyan, musang bakal enggak tahan baunya lalu naik ke pucak pohon bambu baru deh kelihatan ..kita tembak bang..bang...
Masukan yg mantap juga niih.... thanks mas

zacklink
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 99
Join date : 07.12.12
Age : 30
Lokasi : medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengatasi Musang

Post  Ari Nur on Fri 18 Jan 2013, 16:45

Bener gan tanem pandan, pasang jebakan, pisahkan segera anakan ayam yang baru menetas dari induknya taruh dikandang kecil dalam rumah dan klo ada kandang lovebird pake itu aja dijamin musang gk akan bisa makan tu anakan ayam jangan lupa kasih lampu biar anakan gak kedinginan...semoga membantu

Ari Nur
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 178
Join date : 20.05.12
Age : 21
Lokasi : Semarang-Bergota

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengatasi Musang

Post  zacklink on Fri 18 Jan 2013, 17:17

Ari Nur wrote:Bener gan tanem pandan, pasang jebakan, pisahkan segera anakan ayam yang baru menetas dari induknya taruh dikandang kecil dalam rumah dan klo ada kandang lovebird pake itu aja dijamin musang gk akan bisa makan tu anakan ayam jangan lupa kasih lampu biar anakan gak kedinginan...semoga membantu

Ada contoh gambar jebakan musang gak agan2...?? Yang bisa dibuat sendiri....
Soalnyaaa ayam ane yg ngeram kali ini ayam percobaan neh.... sayang kalau sampai dihajar musang lgi.... ane lgi coba silangin ayam hutan dengan siyam... Iseng2 belajar cari bibit baru....

zacklink
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 99
Join date : 07.12.12
Age : 30
Lokasi : medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengatasi Musang

Post  masboy on Sat 19 Jan 2013, 19:23

Pengalaman sama yg baru sy alami. Awalnya tidak ada curiga krn kandang baru diserang wabah ayam banyak yg mati. Tp kemudian ketika wabah sepertinya sdh lewat kok setiap hari ayam ada yg hilang 1 per 1. Sampai suatu mlm sy dengar suara ribut dikandang, sy pikir maling ternyata musang br mangsa ayam. Akhirnya sy coba racun dg racun tikus de yg murah sampai yg mahal,ternyata tdk mempan. Padahal katanya racun sht kuat bahkan babi hutan sj mati. Lalu sy cb beli jebakan musang, ternyata dia lumayan pintar sampai sekarang jmpan didalam jebakan tdk pernah disentuh sama sekali. Bingung jg mau bgmn lg...mungkin harus ditembak br bisa mati ken kalau tdk ayam bakal habis disikat satu persatu

masboy
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 435
Join date : 19.11.11
Lokasi : jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengatasi Musang

Post  Liga 3n on Wed 06 Feb 2013, 10:27

maaf mas ikut komen...

saya juga baru2 ini mengalami musibah, ayam saya di makan musang.

padahal di deket kandang tumbuh subur tu pandang wangi, tapi tumusang kok sering dateng ya???

saya sudah coba buat jebakan tapi tu musang tak kunjung tertangkap....
tapi sudah hampir 1 bulan ini tidak pernah lagi datang sih, mungkin sudah diburu dan tembak sama orang lain karena kemaren saya beritahukan kepada para tetangga disekitar yang punya senapan bahwa si musang sudah datang menyerang. pokoke ganas banget tu musang.

Liga 3n
kopral
kopral

Jumlah posting : 17
Join date : 05.02.13
Lokasi : Medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengatasi Musang

Post  Administrator on Wed 06 Feb 2013, 11:06

Dirumah saya banyak sekali musang. Sampai beranak pinak di atas loteng rumah saya.
Hampir tiap malam sy bertemu musang dan jelas2 melihat mereka makan buah rambutan, jambu atau mangga pada pohon di halaman rumah saya.
Tapi Alhamdulillah ngga ada satu ekorpun ayam yg dimangsa.
Mungkin krn kandangnya rapat, ngga bisa dimasuki musang.

Jadi solusinya mudah saja. Buatlah kandang yg tertutup dgn jeruji yg tidak bisa dimasuki oleh musang.
Ngga perlu repot berburu musang atau bikin jebakan.
hehehe...


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengatasi Musang

Post  acay on Wed 06 Feb 2013, 11:42

Administrator wrote:
Jadi solusinya mudah saja. Buatlah kandang yg tertutup dgn jeruji yg tidak bisa dimasuki oleh musang.

SETUJU cheers karena musang bukanlah Macgyver... Razz (maaf OOT)



acay
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1687
Join date : 30.09.12
Lokasi : SWO - HLP

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengatasi Musang

Post  masboy on Wed 06 Feb 2013, 19:20

bisa aja sie....tapi utk kandang alakadarnya ky punya saya yg tdk ada kandang umbarannya alias cuma kandang tidur sj. kalau ayam diumbar n kita telat nutup kandang krn misalnya telat pulang kantor atau lembur, ya langsung di ayam jadi santapan musang. capek juga tiap hari kejar2an sama musang. .....kekekeee. mana itu musang nggak pernah konsolidasi dulu mau dateng jam berapa. kadang lepas magrib...kadang menjelang subuh....selapernya dia aja pokoke

masboy
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 435
Join date : 19.11.11
Lokasi : jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengatasi Musang

Post  N-Dro on Wed 11 Feb 2015, 22:48

zacklink wrote:Mas2 sekalian... ada yang pengalaman mengatasi musang??? Sudah kesal banget nih dibuat ntuh musang.... Ayam saya sore hari netas.. malam nya di panen musang... ampun deh..... Ntuh musang datangnya setiap kali telur netas.... Ada yang tau cara mengatasinya??? (Racun/Cebakan/atau mungkin ntuh musang bisa disuap biar berburu dikandang lainnya?? Very Happy)

Tks bung zacklink atas postingnya, dan kiat dari all rekans....kebetulan saya mengalami musibah yang sama....heran setiap kali ayam, burung dara bertelur, selalu hilang tak berbekas (tidak tertinggal cangkangnya)....setelah telur habis, gantian sudah 3 ayam dan 3 burung dara yang jadi mayat tanpa kepala (badan utuh)...ini perbuatan siapa ?...ular-kah ?, kucing-kah ??, musang-kah ???. Ular kalau memangsa biasanya ditelan utuh....kucing biasanya hanya "berani" sama anak ayam dan burung dara...tapi ini yg dimangsa ayam/burung dara dewasa dan hanya dimakan kepalanya saja...kesimpulannya berarti ini perbuatan musang/luwak/careuh (bhs Sunda).

Benar saja, tadi malam (Selasa, 10 Feb 2015) sekitar pukul 23.30...kandang ayam ribut, hampir semua ayam berteriak/berkokok, burung dara berterbangan....waduh maling masuk nih pikir saya (kr 2 minggu lalu, burung beo saya disamber orang dari kandangnya)....setelah saya senterin...benar ada musang masuk....Masyaallah gede banget, ukuran badannya 2 x kucing....warnanya coklat ke hitam2an....setelah saya senterin, dia lari keluar.

Nah berkaca pada pengalaman itu, disamping kiat penangkal musang yang sudah di share oleh rekan2...saya punya kiat tambahan....TERANGIN KANDANG AYAM DENGAN LAMPU NEON (saya sudah pasang di tiga titik), supaya kawasan kandang ayam terang benderang, Insyallah ayam, burung dara aman dari pemangsa musang, karena musang rabun cahaya (tidak kuat dengan sinar). Silakan buktikan.

N-Dro

Jumlah posting : 2
Join date : 11.02.15

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengatasi Musang

Post  Langgeng NC on Thu 12 Feb 2015, 08:42

bisa dicoba disekeliling kandang dipasangi paranet, bentuknya seperti jaring hitam biasanya dipakai sebagai peneduh tanaman agar tidak kepanasan. fungsinya cuman menakuti aja, karena naluri musang menghindari benda2 yg mirip jaring. selamat mencoba

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1219
Join date : 27.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengatasi Musang

Post  ampainyuba on Mon 22 Jun 2015, 04:25

lain halaman lain rumput ni mas., kbetulan klo d kandang saya bukan musang musuh utama ny tapi tikus, bahkan saya sendiri pernah melihat langsung tikus yg ukuran ny sperti kucing dewasa, nah klo ada rekan-rekan di sini yg punya pengalaman mengusir tikus tanpa racun (klo mati di racun kadang bangkainya tersembunyi dan cuma bau yg terasa).. share donk pengalaman ny skalian..

ampainyuba
kopral
kopral

Jumlah posting : 11
Join date : 21.06.15

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengatasi Musang

Post  khaddafi on Mon 22 Jun 2015, 11:05

Langgeng NC wrote:bisa dicoba disekeliling kandang dipasangi paranet, bentuknya seperti jaring hitam biasanya dipakai sebagai peneduh tanaman agar tidak kepanasan. fungsinya cuman menakuti aja, karena naluri musang menghindari benda2 yg mirip jaring. selamat mencoba

saya sudah coba pake jaring ikan, ditutupkan ke atas kandang...ternyata berhasil...
musangnya ga memangsa lagi.... Smile

masalahnya sekarang nyamuk2 belakang rumah ...dimana ada air2 menggenang kalo malam nyamuknya menyerang ...ehhm gimana solusinya ??

khaddafi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 430
Join date : 31.10.12
Lokasi : antara pasir dan batu

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengatasi Musang

Post  Sponsored content Today at 21:01


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik