mohon maaf

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

mohon maaf

Post  makkasolang on Wed 21 Apr 2010, 01:02

untuk para teman2 papaji sebelumnya saya minta maaf kl hal ini sdh pernah dibahas sebelumnya......gini...sy punya ayam umur -+3 bln warna blorok madu(panca warna)....beberapa hari yang lalu sy kasi makan profit untuk ayam (dewasa),dan sudah menghabiskan 1kg lebih profit,yang ingin sy tanyakan apakah pemberian profit ayam dewasa untuk anak ayam umur -+3 bulan tidak mempengaruhi pertumbuhan ayam(tingginya)krn ada teman yang mengatakan pemberian profit di usia seperti itu akan membuat ayam kerdil(pendek)alasannya krn ayam akan cepat kukuruyuk san tingginya tidak bertambah lagi....krn itulah makanannya tadi sore sy ganti kembali dengan profit yang khusus anak ayam.haraf pencerahan dari para senior....dan harap memaklumi pertanyaan saya krn sy masih pemula...sekali lagi masukan dan ajarannya saya sangat butuhkan...makasih sebelumnya...

makkasolang
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 53
Join date : 08.03.10
Age : 34
Lokasi : makassar

Kembali Ke Atas Go down

Re: mohon maaf

Post  Hendro on Wed 21 Apr 2010, 06:23

Makanan utama unggas adalah biji2an termasuk juga ayam aduan..jadi makanan terbaik untuk ayam adalah yang terbuat dari bahan biji2an ( jagung, beras, gabah )....makanan tambahan seperti voor yang mengandung konsentrat memang nampaknya baik untuk pertumbuhan dan terkesa cepat besar/gemuk, tetapi sebenarnya tulang yang terbentuk menjadi tidak padat dan cenderung rapuh....pertumbuhan badan dan tulang adalah bawaan alias faktor genetik artinya diberikan ransum apapun selama memenuhi asupan gizi maka ayam akan tetap tumbuh secara normal, jika dari dasarnya ayam memang tidak memiliki susunan tulang yang tebal/padat maka dengan diberikan makanan tambahan apapun juga tidak akan bisa merubah konstruksi tulang yang ada.....sebaliknya jika secara genetik ayam sudah mempunyai dasar tulangan tebal dikasi makan apapun tetap akan tumbuh dengan tulangan yang tebal....yang mempengaruhi pertumbuhan adalah jika ayam kekurangan makanan..!! maka pertumbuhan akan terhambat/kerdil karena tidak ada faktor pendukung untuk membantu proses pertumbuhannya ...

Salam Smile

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7285
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: mohon maaf

Post  Administrator on Wed 21 Apr 2010, 11:03

Menurut saya, intinya ayam harus diberikan nutrisi sesuai kebutuhannya.
Sy tidak tau apa saja komposisi profit utk ayam dewasa. Tapi kalau yg dimaksud ini adlh makanan (voer) utk ayam aduan dewasa, menurut saya pemberiannya tidak tepat bila diberikan pada anak ayam.
Voer utk ayam aduan dewasa memiliki kadar lemak yg rendah. Membuat ayam tidak cepat gemuk.
Sementara anak ayam butuh asupan nutrisi yg lengkap utk menunjang pertumbuhannya.

Saran saya, kasih saja voer ayam pedaging (pokphan 512) dicampur dgn dedak dan air panas. Agar pertumbuhan tulangnya juga bagus, campurkan grit atau tepung tulang. Atau kalau mau repot, berikan kalk secara rutin.

Mengenai ayam muda sudah berkokok, sy kira ini tidak ada hubungannya dgn makanan.

CMIIW

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: mohon maaf

Post  makkasolang on Wed 21 Apr 2010, 22:31

Administrator wrote:Menurut saya, intinya ayam harus diberikan nutrisi sesuai kebutuhannya.
Sy tidak tau apa saja komposisi profit utk ayam dewasa. Tapi kalau yg dimaksud ini adlh makanan (voer) utk ayam aduan dewasa, menurut saya pemberiannya tidak tepat bila diberikan pada anak ayam.
Voer utk ayam aduan dewasa memiliki kadar lemak yg rendah. Membuat ayam tidak cepat gemuk.
Sementara anak ayam butuh asupan nutrisi yg lengkap utk menunjang pertumbuhannya.

Saran saya, kasih saja voer ayam pedaging (pokphan 512) dicampur dgn dedak dan air panas. Agar pertumbuhan tulangnya juga bagus, campurkan grit atau tepung tulang. Atau kalau mau repot, berikan kalk secara rutin.

Mengenai ayam muda sudah berkokok, sy kira ini tidak ada hubungannya dgn makanan.

CMIIW
terimah kasih banyak mas akan masukannya,saran mas sangat berguna bagi saya.....sukur deh ada papaji forum.......hidup papaji....maju terus....

makkasolang
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 53
Join date : 08.03.10
Age : 34
Lokasi : makassar

Kembali Ke Atas Go down

Re: mohon maaf

Post  rio on Thu 22 Apr 2010, 22:53

Mas Ary

Kalau tepung tulang bisa di cari dimana dan apa kode utk tepung tsb.

rio
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 204
Join date : 16.06.09
Age : 52
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: mohon maaf

Post  Administrator on Thu 22 Apr 2010, 23:11

rio wrote:
Kalau tepung tulang bisa di cari dimana dan apa kode utk tepung tsb.

Tepung tulang adlh hasil industri rumah tangga mas... Ngga ada merk, apalagi kodenya.
Bisa dibeli di toko makanan ayam yg agak besar.

Atau bisa juga pakai 'Biofos'. Tepung kalsium dan fosfor + mineral lainnya.
Ini jauh lebih bagus, tapi harganya bisa 7x lipat lebih mahal.
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: mohon maaf

Post  m3d1n4 on Sun 25 Apr 2010, 11:59

Salam kenal all Papajiers,
Untuk pemberian kalk, dosisnya gimana Bang Ary (anak ayam & lancuran) ??
Makasih sebelumnya, Bang..

m3d1n4
kopral
kopral

Jumlah posting : 15
Join date : 28.03.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: mohon maaf

Post  Administrator on Sun 25 Apr 2010, 12:38

m3d1n4 wrote:Salam kenal all Papajiers,
Untuk pemberian kalk, dosisnya gimana Bang Ary (anak ayam & lancuran) ??
Makasih sebelumnya, Bang..

Seminggu 2-3X saja mas...

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: mohon maaf

Post  m3d1n4 on Sun 25 Apr 2010, 17:11

Administrator wrote:

Seminggu 2-3X saja mas...

Kalo misalnya dikasih Hemaviton Action + Voer aja gimana bang, tanpa ditambah yg lain?
Soalnya saya lihat kandungannya cukup kumplit juga Bang...paling tinggal nyesuaikan dosis aja kali bang...
Nah, nentuin dosis itu yg rada sulit bang tanpa bimbingan orang yg ngerti. Takutnya kelebihan dosis... Sad

m3d1n4
kopral
kopral

Jumlah posting : 15
Join date : 28.03.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: mohon maaf

Post  Administrator on Sun 25 Apr 2010, 19:16

m3d1n4 wrote:
Kalo misalnya dikasih Hemaviton Action + Voer aja gimana bang, tanpa ditambah yg lain?
Soalnya saya lihat kandungannya cukup kumplit juga Bang...paling tinggal nyesuaikan dosis aja kali bang...
Nah, nentuin dosis itu yg rada sulit bang tanpa bimbingan orang yg ngerti. Takutnya kelebihan dosis... Sad

Kasih Hemaviton boleh2 aja mas...
Tapi kayanya, untuk anak2 ayam sepertinya terlalu 'mewah'.
Kalaupun mau dikasih multivitamin, cukup yg murah2 saja. Supravit misalnya.
Cukup seminggu 1-2X.

BTW, apa Hemaviton mengandung kalsium juga...??

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: mohon maaf

Post  m3d1n4 on Sun 25 Apr 2010, 19:29

Administrator wrote:

Kasih Hemaviton boleh2 aja mas...
Tapi kayanya, untuk anak2 ayam sepertinya terlalu 'mewah'.
Kalaupun mau dikasih multivitamin, cukup yg murah2 saja. Supravit misalnya.
Cukup seminggu 1-2X.

BTW, apa Hemaviton mengandung kalsium juga...??

Setahu saya begitu, bang. Selain vitamin hemaviton action juga mengandung kalsium, zat besi, dan mineral" lainnya. coba aja tanyain sama Mbah Google.

Btw, anak ayam saya baru menginjak 1,5 bulan bang. untuk sementara, kebutuhan vitaminnya saya penuhi dgn ngasih mereka Vitachick untuk makannya dan voer BR-22 produksi PT. Shinta. Apa segitu cukup bang untuk perkembangan ayam hingga ke tahap selanjutnya?

m3d1n4
kopral
kopral

Jumlah posting : 15
Join date : 28.03.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: mohon maaf

Post  Administrator on Sun 25 Apr 2010, 19:47

m3d1n4 wrote:Setahu saya begitu, bang. Selain vitamin hemaviton action juga mengandung kalsium, zat besi, dan mineral" lainnya. coba aja tanyain sama Mbah Google.

Btw, anak ayam saya baru menginjak 1,5 bulan bang. untuk sementara, kebutuhan vitaminnya saya penuhi dgn ngasih mereka Vitachick untuk makannya dan voer BR-22 produksi PT. Shinta. Apa segitu cukup bang untuk perkembangan ayam hingga ke tahap selanjutnya?

Ooo... masih 1,5 bulan yaa...??
Sy kira ngga perlu kasih hemaviton lah... Vitachick sudah cukup.

Utk voer, kalau sy pribadi, lebih senang pakai merk Pokphan 512.
Nanti setelah umur 2,5-3 bulan, voer dicampur dedak dan tepung tulang, diaduk pakai air mendidih. Atau kalau mau lebih bagus, dicampur Biofos utk perkembangan tulangnya.

Utk vitamin dan suplement tambahan, cari yg murah meriah aja. Bisa pakai vitamin sirup utk anak kecil. Tinggal aduk sama makanannya. Sekali2 dicampur madu atau telur mentah, kuah sayur, kuah semur, kuah soto atau apa saja sisa makanan yg ada di dapur.
Beberapa peternak ada juga yg mencampurnya dgn cincangan ikan segar, belut, kerang, dll.
Maknyosss....
hehehe....

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: mohon maaf

Post  m3d1n4 on Sun 25 Apr 2010, 20:16

Oke Bang..., thanks ya atas pencerahannya...

Soal pakan ini, menurut pemahaman saya (dari hasil muter" di forum ini), adalah hal yang sangat penting dan sebagai landasan untuk perkembangan ayam kita. Juga hal yang sangat membingungkan bagi para peternak pemula seperti saya. Bukannya begitu ya Bang Ary..??

Bisa ga ya Bang soal racikan pakan ini dibakukan atau distandarisasikan buat papajiers? Very Happy

m3d1n4
kopral
kopral

Jumlah posting : 15
Join date : 28.03.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: mohon maaf

Post  Administrator on Sun 25 Apr 2010, 20:36

m3d1n4 wrote:
Soal pakan ini, menurut pemahaman saya (dari hasil muter" di forum ini), adalah hal yang sangat penting dan sebagai landasan untuk perkembangan ayam kita. Juga hal yang sangat membingungkan bagi para peternak pemula seperti saya. Bukannya begitu ya Bang Ary..??

Utk pemula, memang membingungkan dan terus coba2. Apalagi kalau gurunya banyak, satu bilang begini yg lain bilang begitu. Akhirnya bingung sendiri. hehehe...
Sy tidak menyalahkan. Semakin banyak guru, seharusnya semakin bagus. Tapi utk pemula, ada baiknya kita serap ilmu2 yg bisa masuk logika dulu. Ada penjelasan2 ilmiahnya. Ini supaya kita memiliki dasar fondasi pemahaman yg kuat.
Smile

m3d1n4 wrote:
Bisa ga ya Bang soal racikan pakan ini dibakukan atau distandarisasikan buat papajiers? Very Happy

Berhubung sy bukan pakar nutrisi, hanya tulis berdasar pengalaman dan teori seadanya, maka sepertinya sy tidak pantas membuat suatu standart khusus yg bisa diikuti oleh teman2.
Apalagi disini banyak sekali teman2 yg jauh lebih senior. Mungkin mereka2 ini lebih pantas menulis standart2 baku perawatan, pemeliharaan dan latihan.

Utk pemeliharaan, sy kira intinya adlh pemberian gizi yg seimbang. Bisa digunakan teori2 makanan pada manusia. Silakan saja search di google.
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: mohon maaf

Post  m3d1n4 on Mon 26 Apr 2010, 00:17

Tob markotob dech pencerahannya, makasih Bang. Ane paling demen nih ama Bang Admin nyang entu ini, tiap postingannya slalu detil dan terarah... Smile

Beidewei, Mas Arif mana yah...?? Kangen nih ama pembabaran ilmiahnya...hehehe Very Happy
Peace ya Mas...

m3d1n4
kopral
kopral

Jumlah posting : 15
Join date : 28.03.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: mohon maaf

Post  Rudd on Mon 03 May 2010, 00:55

Mantab pak admin...setubuh bgt deh ama pengalamannya Wink
Yg penting gizi yg cukup n seimbang...walaupun itu anak ayam dari keturunan pacek & babon besar/bagus,kalo kita ngurusnya asal2an atau tanpa asupan gizi seimbangan...jadinya juga nanti ayam asal2an n ga seimbang Smile

Rudd
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 136
Join date : 03.04.10
Age : 35
Lokasi : Depok,Jabar.

Kembali Ke Atas Go down

Re: mohon maaf

Post  Sponsored content Today at 01:08


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik