formulasi pakan seharga -3,900/kg

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: formulasi pakan seharga -3,900/kg

Post  along on Mon 11 Feb 2013, 14:43

greylife wrote:
along wrote:lanjut.. Smile
Bahan yang saya gunakan disini:
1. Tepung ikan kadar protein 61% harga/kg Rp,9000,
2. Voor 591 harga/kg Rp.6500,
3. Jagung giling harga/kg Rp.5000,
4. Dedak padi halus harga/kg Rp.2000
5. Ampas tahu 1sak 40kg harga Rp.13000 jadi per kg 13000 : 40 = Rp.325,

1. Jumlah komposisi,,,
10% tepung ikan
25% voor 591
15% jagung giling
25% dedak padi
25% ampas tahu


Tamat...
Tidak dianjurkan untuk mencoba,, tapi kalau di coba ya monggo? Salam guyub

Mantap bang
tp kalo saya liat dari komposisi diatas yg mengunakan ampas tahu sebagai bahan campuran brati hrs di komsumsi sebagai ransum basah ,tp kalo jmlh ayam kita sedikit misal cm 2 ekor so kita hrs sering2 nyampur pakan sebab kl diliat dr komposisi diatas kalo bahan tercampur dlm wktu yg lama bisa menjadi basi,ato mungkin bahan selain ampas tahu bs kita campur dulu, dan setiap mau ngasi makan tambahkan ampas tahunya , tp mungkin agak sulit dlm menentukan jmlahnya biar sesuai dngn rumus campuran diatas,
kalo bleh saya minta komposisi yg tdk ada unsur basah, ato yg bs dikeringkan, biar sekali campur bs untuk pakan bbrp hari ato minggu,,
kalo pake bungkil kelapa kadang ada mslh krna bahan ini cepet jadi jamuran dan tengik,.So kita hrs lbih pintar dlm memilih bahan ransumnya,,sbnrnya ada bnyk sekali bahan untuk campuran ransum tinggal tanya pada mbah Google, tp hrs bijak juga mengingat tiap dairah memiliki keterbatasan sediaan bahan2 tersebut, spt di dairah saya tepung ikan sngat sulit didapat , padahal itu tergolong bahan inti dlm ransum olahan...


mohon share kalo ada yg udah nemu formula jitu ? Salam PAPAJI
bener om, kendalanya memang cepat basi,,,, tapi ampas ini paling murah om,, klo seandainya komposisinya diganti mungkin harga jadi sedikit tinggi,, bisa diatas 4ribu,, klo untuk cuma 1-9ekr emang ribet...!! Kecuali ada yang jual ampas diecer kiloan,, tapi klo ada tetangga punya pabrik tahu, atau peternak ulat hongkong, hehehe, kebetulan adik saya plihara ulat om,,!!

- tapi seandainya ampas ini di jemur atau dikeringkan,, lalu dibuat pelet, pakai gilingan daging, kayaknya oke dch om,!! Tapi ini masih batas pemikiran saya saja....

Salam murah om.....,,

along
kopral
kopral

Jumlah posting : 49
Join date : 23.12.12
Age : 36
Lokasi : malang

Kembali Ke Atas Go down

Re: formulasi pakan seharga -3,900/kg

Post  fahrudin m.efendi on Mon 11 Feb 2013, 16:18

[quote="along"]lanjut.. Smile
Bahan yang saya gunakan disini:
1. Tepung ikan kadar protein 61% harga/kg Rp,9000,
2. Voor 591 harga/kg Rp.6500,
3. Jagung giling harga/kg Rp.5000,
4. Dedak padi halus harga/kg Rp.2000
5. Ampas tahu 1sak 40kg harga Rp.13000 jadi per kg 13000 : 40 = Rp.325,

1. Jumlah komposisi,,,
10% tepung ikan
25% voor 591
15% jagung giling
25% dedak padi
25% ampas tahu

2. Kandungan nutrisi dari setiap bahan,,

A. Tepung ikan
. Protein.......... 61%
. Lemak........... 10%
. Serat kasar. 0,5%
. Kalori............ 4,094
. Abu............... 1,79%
. Fosfor.......... 3,0%

B. Voor 591
. Protein.......... 17,5%
. Lemak........... 3%
. Serat kasar. 8%
. Kalori............ 0,900
. Abu............... 7%
. Fosfor.......... 0,60%

C. Jagung giling
. Protein.......... 9,2%
. Lemak........... 3,9%
. Serat kasar. 3,2
. Kalori........... 3,550
. Abu............... 1,21%
. Fosfor.......... 0,256%

D. Dedak padi
. Protein.......... 11,25%
. Lemak........... 12,5%
. Serat kasar. 24,6%
. Kalori............ 1,630
. Abu............... 10,5
. Fosfor.......... -

E. Ampas tahu
. Protein.......... 17,4%
. Lemak........... 5,9%
. Serat kasar. 7,79
. Kalori............ 3,930
. Abu............... -
. Fosfor.......... 0,29%

Rumus : persentase komposisi x jumlah dari tiap nutrisi
Contoh: protein tepung ikan 61% x 0,10 = 6,1%

Total kandungan nutrisi dari mix pakan diatas:

. Protein.......... 19,04%
. Lemak........... 6,84%
. Serat kasar. 10,62%
. Kalori............ 2556,9 kkal
. Abu............... 6,34%
. Fosfor.......... 0,56%

Mantap Bro ulasanya...............
Sedikit Koreksi yang tak Bold:

Kata Nutrisionis..... Rumusnya adalah: %Protein x %Komposisi x %bahan kering( 100% -kandungan air%).
Contoh: Tepung Ikan..... 61% x 10% x 88%(kandungan airnya 12%)= 5,37%

Semoga bermanfaat

Salam

fahrudin m.efendi
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 545
Join date : 24.06.10
Age : 42
Lokasi : Griya Permata Asri C8/7 Serang.

Kembali Ke Atas Go down

Re: formulasi pakan seharga -3,900/kg

Post  herry_milanisti on Mon 11 Feb 2013, 17:15

keluar nih Jurus FAME,
bos jenderal komandan juragan Nutrisi Makanan Ternak(hayo kurang apa coba)

sipp
HFM

herry_milanisti
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 472
Join date : 12.02.10
Lokasi : Kudus, Yogyakarta, Muenchen +4915773104041

Kembali Ke Atas Go down

Re: formulasi pakan seharga -3,900/kg

Post  Mo'EL PB on Mon 11 Feb 2013, 17:21

waduh pak ketua sudah turun tangan..
mantafff Embarassed Embarassed Embarassed

Mo'EL PB
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 177
Join date : 31.10.11
Age : 31
Lokasi : Jl. Kitapa Kamp Kebon Sawo Serang - Banten 42111

Kembali Ke Atas Go down

Re: formulasi pakan seharga -3,900/kg

Post  karagan on Mon 11 Feb 2013, 18:17

Maaf mas Along untuk kadar serat kasar pada ampas tahu & dedak apa g kbalik..biasany serat kasr pd ampas tahu berkisar 20-25% makanya tdk dianjurkan untuk unggas sedang pd dedak berkisar 11-14% boleh untuk unggas asal dicampur dg bahan lain.Batas toleransi serat kasar unggas 7-8% kelebihan serat kasar menggangu pertumbuhan apalagi dimasa awal.

karagan
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 87
Join date : 14.12.11
Lokasi : Bumi Allah

Kembali Ke Atas Go down

Re: formulasi pakan seharga -3,900/kg

Post  bahaya on Mon 11 Feb 2013, 23:13

along wrote:harga pakan di jawatimur khususnya pakan produksi cp. Hpv 591 harga ditingkat pengecer 6500/kg,, saya rasa cukup memberat kan peternak,, karna hitung hitungannya bila 1ekr ayam dari umur 1-7bln makan sekitar rata-rata 120/gr/hari berarti selama 7bln: 120gr x 210hri = 25,20.kg x 6500 = Rp163.800,,/ekr klo 10ekr tingal dikalikan,, belum lagi listrik, vitamin dll, mau dijual berapa ayam lancuran 7bln?? Akhirnya saya gunakan dedak padi sebagai campuran perbandingan 1:1, cukup menghemat, 25.20kg : 2= 12,6kg x harga dedak dan voor,, harga dedak 2000 x 12,6kg= Rp.25.200,, vor591 6.500 x 12,6kg= Rp.81.900. Total jadi Rp.107.100,, hemat sekitar Rp.56.700,,/ekr, tapi pertumbuhan lambat, dan besaran ayam yang diinginkan g seperti ayam yang di beri voor 100%., jadi minus kwalitas!! Knapa? Kandungan nutrisi dari pakan dedak campur voor sedikit berbeda dari nutrisi pakan voor 591 murni,,, khususnya protein,,, protein voor591 17,5%-19% sedang pada dedak campur voor dengan perbandingan 50-50, proteinya hanya 14,42%, dari mana angka ini saya dapat?

1.Dedak padi mengandung -+ 11,35%,, jadi 11,35 x 0,50 = 5,675%
2. Sedang voor 591 mengandung protein 17,5%-19% jadi 17,5% (diambil yang terendah) x 0,50= 8,75%
TOTAL 5,675% + 8,75% = 14,425%


Kandungan nutrisi voor 591
Protein .......... min 17,5~19,5%,
Lemak .......... min 3%,
Serat ............ max 8%,
Abu ............. 7%,
Moisture ...... max 13%,
Kalori 0,90,
Phospor 0,60

Kandungan dedak+591 (50-50)
Protein .......... 14,42%,
Lemak .......... 7,57%,
Serat ............ 16,3%,
Abu ............. 8,75%,
Moisture ...... -%,
Kalori 1,265,
Phospor 0,30

Dari sini saya mencoba otak atik formulasi bahan pakan,, akhirnya saya dapet yang lumayam paslah..!!,,, dari pada 591 campur dedak! dengan kndungan protein hinga 19,5% dengan kisaran harga per kg,, Rp,3868,

Tapi nanti saya lanjutkan,, sekarang mau pulang dulu kawan!!
maaf mas along saya mau tanya bagaimana klo 591 diganti ama 511/512 karena didaerah saya 591 kaga ada yang ada 594 ato mungkin rekan rekan ada yang tau toko pakan didaerah bandung yang jual 591,makasih salam guyub

bahaya
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 98
Join date : 24.12.10
Lokasi : bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: formulasi pakan seharga -3,900/kg

Post  along on Tue 12 Feb 2013, 09:41

[quote="fahrudin m.efendi"]
along wrote:lanjut.. Smile
Bahan yang saya gunakan disini:
1. Tepung ikan kadar protein 61% harga/kg Rp,9000,
2. Voor 591 harga/kg Rp.6500,
3. Jagung giling harga/kg Rp.5000,
4. Dedak padi halus harga/kg Rp.2000
5. Ampas tahu 1sak 40kg harga Rp.13000 jadi per kg 13000 : 40 = Rp.325,

1. Jumlah komposisi,,,
10% tepung ikan
25% voor 591
15% jagung giling
25% dedak padi
25% ampas tahu

2. Kandungan nutrisi dari setiap bahan,,

A. Tepung ikan
. Protein.......... 61%
. Lemak........... 10%
. Serat kasar. 0,5%
. Kalori............ 4,094
. Abu............... 1,79%
. Fosfor.......... 3,0%

B. Voor 591
. Protein.......... 17,5%
. Lemak........... 3%
. Serat kasar. 8%
. Kalori............ 0,900
. Abu............... 7%
. Fosfor.......... 0,60%

C. Jagung giling
. Protein.......... 9,2%
. Lemak........... 3,9%
. Serat kasar. 3,2
. Kalori........... 3,550
. Abu............... 1,21%
. Fosfor.......... 0,256%

D. Dedak padi
. Protein.......... 11,25%
. Lemak........... 12,5%
. Serat kasar. 24,6%
. Kalori............ 1,630
. Abu............... 10,5
. Fosfor.......... -

E. Ampas tahu
. Protein.......... 17,4%
. Lemak........... 5,9%
. Serat kasar. 7,79
. Kalori............ 3,930
. Abu............... -
. Fosfor.......... 0,29%

Rumus : persentase komposisi x jumlah dari tiap nutrisi
Contoh: protein tepung ikan 61% x 0,10 = 6,1%

Total kandungan nutrisi dari mix pakan diatas:

. Protein.......... 19,04%
. Lemak........... 6,84%
. Serat kasar. 10,62%
. Kalori............ 2556,9 kkal
. Abu............... 6,34%
. Fosfor.......... 0,56%

Mantap Bro ulasanya...............
Sedikit Koreksi yang tak Bold:

Kata Nutrisionis..... Rumusnya adalah: %Protein x %Komposisi x %bahan kering( 100% -kandungan air%).
Contoh: Tepung Ikan..... 61% x 10% x 88%(kandungan airnya 12%)= 5,37%

Semoga bermanfaat

Salam
mantab?

Koreksi pak bos,,

Contoh rumus pak bos yang saya pakai,,

Disini saya hanya mengunakan 1 bahan 100% 594

Kandungan Protein 594 = 17,5% - 19%

Jadi 17,5 x 0,100 x(jumlah kadar air) hasilnya g akan sampai 17,5 yang seperti tertera di kemasan?

Saya rasa pembuat tepung ikan juga sudah menperhitungkan jumlah kadar air dan jumlah protein jadi,,, sama seperti cp, yang sudah mentukan kadar protein jadi pada pakan pabrikanya

Coba pak bos lihat kemasan pakan 594,, kadar airnya brapa coba dikali lagi dengan protein dan jumlah porsinya,, hasilnya g akan sampai 17,5%

Rumus yang saya pakai, saya ambil dari buku : PADUAN BETERNAK AYAM PETELUR
Dr muhamad rasyaf, Ms
Penerbit : PENEBAR SWADAYA

Maaf pak bos klo salah?

along
kopral
kopral

Jumlah posting : 49
Join date : 23.12.12
Age : 36
Lokasi : malang

Kembali Ke Atas Go down

Re: formulasi pakan seharga -3,900/kg

Post  bayukelana on Wed 13 Feb 2013, 07:24

Maaf nimbrung hanya untuk menjawab pertanyaan Bung Bahaya:
591 pdoduksi CP Surabaya sedangkan yang masuk ke Bandung berasal dari CP Tangerang. Walau demikian sudah ada yang masuk ke Bandung dijual dalam kemasan 1 Kg. Bung Bahaya di Bandungnya di mana? Kalau di sekitar Ciwastra bisa dibeli di pertigaan jalan Ciwastra-Rancasawo. Selamat mencari.
Sekali lagi maaf menyela. Selamat melanjutkan diskusi. Salam guyub.....................
....................
... I love you I love you I love you

bayukelana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 441
Join date : 13.11.12
Lokasi : Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: formulasi pakan seharga -3,900/kg

Post  diedoe on Wed 13 Feb 2013, 09:24

along wrote:
greylife wrote:
along wrote:lanjut.. Smile
Bahan yang saya gunakan disini:
1. Tepung ikan kadar protein 61% harga/kg Rp,9000,
2. Voor 591 harga/kg Rp.6500,
3. Jagung giling harga/kg Rp.5000,
4. Dedak padi halus harga/kg Rp.2000
5. Ampas tahu 1sak 40kg harga Rp.13000 jadi per kg 13000 : 40 = Rp.325,

1. Jumlah komposisi,,,
10% tepung ikan
25% voor 591
15% jagung giling
25% dedak padi
25% ampas tahu


Tamat...
Tidak dianjurkan untuk mencoba,, tapi kalau di coba ya monggo? Salam guyub

Mantap bang
tp kalo saya liat dari komposisi diatas yg mengunakan ampas tahu sebagai bahan campuran brati hrs di komsumsi sebagai ransum basah ,tp kalo jmlh ayam kita sedikit misal cm 2 ekor so kita hrs sering2 nyampur pakan sebab kl diliat dr komposisi diatas kalo bahan tercampur dlm wktu yg lama bisa menjadi basi,ato mungkin bahan selain ampas tahu bs kita campur dulu, dan setiap mau ngasi makan tambahkan ampas tahunya , tp mungkin agak sulit dlm menentukan jmlahnya biar sesuai dngn rumus campuran diatas,
kalo bleh saya minta komposisi yg tdk ada unsur basah, ato yg bs dikeringkan, biar sekali campur bs untuk pakan bbrp hari ato minggu,,
kalo pake bungkil kelapa kadang ada mslh krna bahan ini cepet jadi jamuran dan tengik,.So kita hrs lbih pintar dlm memilih bahan ransumnya,,sbnrnya ada bnyk sekali bahan untuk campuran ransum tinggal tanya pada mbah Google, tp hrs bijak juga mengingat tiap dairah memiliki keterbatasan sediaan bahan2 tersebut, spt di dairah saya tepung ikan sngat sulit didapat , padahal itu tergolong bahan inti dlm ransum olahan...


mohon share kalo ada yg udah nemu formula jitu ? Salam PAPAJI
bener om, kendalanya memang cepat basi,,,, tapi ampas ini paling murah om,, klo seandainya komposisinya diganti mungkin harga jadi sedikit tinggi,, bisa diatas 4ribu,, klo untuk cuma 1-9ekr emang ribet...!! Kecuali ada yang jual ampas diecer kiloan,, tapi klo ada tetangga punya pabrik tahu, atau peternak ulat hongkong, hehehe, kebetulan adik saya plihara ulat om,,!!

- tapi seandainya ampas ini di jemur atau dikeringkan,, lalu dibuat pelet, pakai gilingan daging, kayaknya oke dch om,!! Tapi ini masih batas pemikiran saya saja....

Salam murah om.....,,
klo ampas tempe kepake gak ya???atw tempe gak ad ampasnya???hehehe maklum ane gak pernah tanya sm pekerjanya,,cm tau klo temen ad yg pembuat tempe Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy

diedoe
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 303
Join date : 17.07.12
Lokasi : Palembang 081927691664

Kembali Ke Atas Go down

Re: formulasi pakan seharga -3,900/kg

Post  kebongce on Thu 14 Feb 2013, 14:19

ulasannya mantabs...

di tempat TS vur 591 seharga Rp 6.500,- masih terbilang cukup murah, sy di jakarta barat selalu beli di harga Rp 9.000,- sedangkan pur 511 harganya Rp 7.500,- Embarassed nasib...nasib... Embarassed ditambah lagi kesulitan cari tepung ikan Embarassed

pernah coba pake ampas kedelai/tahu, jemurnya butuh waktu 2 hari, klo cuaca jelek bisa sampai 3~ 4 hari baru kering itupun kadang keburu tumbuh jamur berwarna merah (seperti mau jd oncom). setelah kering saya blender biar jd bubuk, namun ayam juga tidak terlalu suka makan campuran ampas tahu ini karena baunya yg agak "langu". karena terkendala cuaca dan selera ayam, akhirnya saya tinggalkan campuran ini.

selama ini untuk pitikan s/d 2 bulan sy kasih campuran 591 + 511 (masing" 50%) diatas 2 bulan sy kasih campuran dedak + pur 512 + jagung giling + beras merah + nasi = 3:2:1:1:1, ingin coba campuran lain terkendala lokasi, beli tdk tahu dimana Embarassed




kebongce
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 439
Join date : 16.01.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: formulasi pakan seharga -3,900/kg

Post  bahaya on Thu 14 Feb 2013, 15:27

bayukelana wrote:Maaf nimbrung hanya untuk menjawab pertanyaan Bung Bahaya:
591 pdoduksi CP Surabaya sedangkan yang masuk ke Bandung berasal dari CP Tangerang. Walau demikian sudah ada yang masuk ke Bandung dijual dalam kemasan 1 Kg. Bung Bahaya di Bandungnya di mana? Kalau di sekitar Ciwastra bisa dibeli di pertigaan jalan Ciwastra-Rancasawo. Selamat mencari.
Sekali lagi maaf menyela. Selamat melanjutkan diskusi. Salam guyub.....................
....................
... I love you I love you I love you
ok makasih om bayu kelana atas informasinya,saya bandungnya daerah cikutra om

bahaya
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 98
Join date : 24.12.10
Lokasi : bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: formulasi pakan seharga -3,900/kg

Post  thumper225 on Fri 15 Feb 2013, 21:35

[quote="fahrudin m.efendi"]
along wrote:lanjut.. Smile
Bahan yang saya gunakan disini:
1. Tepung ikan kadar protein 61% harga/kg Rp,9000,
2. Voor 591 harga/kg Rp.6500,
3. Jagung giling harga/kg Rp.5000,
4. Dedak padi halus harga/kg Rp.2000
5. Ampas tahu 1sak 40kg harga Rp.13000 jadi per kg 13000 : 40 = Rp.325,

1. Jumlah komposisi,,,
10% tepung ikan
25% voor 591
15% jagung giling
25% dedak padi
25% ampas tahu

2. Kandungan nutrisi dari setiap bahan,,

A. Tepung ikan
. Protein.......... 61%
. Lemak........... 10%
. Serat kasar. 0,5%
. Kalori............ 4,094
. Abu............... 1,79%
. Fosfor.......... 3,0%

B. Voor 591
. Protein.......... 17,5%
. Lemak........... 3%
. Serat kasar. 8%
. Kalori............ 0,900
. Abu............... 7%
. Fosfor.......... 0,60%

C. Jagung giling
. Protein.......... 9,2%
. Lemak........... 3,9%
. Serat kasar. 3,2
. Kalori........... 3,550
. Abu............... 1,21%
. Fosfor.......... 0,256%

D. Dedak padi
. Protein.......... 11,25%
. Lemak........... 12,5%
. Serat kasar. 24,6%
. Kalori............ 1,630
. Abu............... 10,5
. Fosfor.......... -

E. Ampas tahu
. Protein.......... 17,4%
. Lemak........... 5,9%
. Serat kasar. 7,79
. Kalori............ 3,930
. Abu............... -
. Fosfor.......... 0,29%

Rumus : persentase komposisi x jumlah dari tiap nutrisi
Contoh: protein tepung ikan 61% x 0,10 = 6,1%

Total kandungan nutrisi dari mix pakan diatas:

. Protein.......... 19,04%
. Lemak........... 6,84%
. Serat kasar. 10,62%
. Kalori............ 2556,9 kkal
. Abu............... 6,34%
. Fosfor.......... 0,56%

Mantap Bro ulasanya...............
Sedikit Koreksi yang tak Bold:

Kata Nutrisionis..... Rumusnya adalah: %Protein x %Komposisi x %bahan kering( 100% -kandungan air%).
Contoh: Tepung Ikan..... 61% x 10% x 88%(kandungan airnya 12%)= 5,37%

Semoga bermanfaat

Salam
maksih pencerahannya mas, tp di tempat saya di kota pekanbaru yang jual tepung ikan kok gada ya, solusi lain bs diganti apa mas?

thumper225
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 282
Join date : 02.11.12
Age : 30
Lokasi : Kandang : Pekanbaru (Riau), Padang(Sumbar)

Kembali Ke Atas Go down

Re: formulasi pakan seharga -3,900/kg

Post  mazpraz99 on Thu 21 Feb 2013, 18:18

informasi yang menawan maz along,,,,,dan juga informasi bagus maz cay,,,tapi saya mau bertanya ,,,dengan bahan tersebut apa bisa di bikin poor sendiri? Apakah dengan perekat ubi jalar bisa tahan lama,,,,atau malah basi,,,,? Salam kukuruyuuukkk,,,

mazpraz99

Jumlah posting : 8
Join date : 21.02.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: formulasi pakan seharga -3,900/kg

Post  cay on Thu 21 Feb 2013, 18:33

mazpraz99 wrote:informasi yang menawan maz along,,,,,dan juga informasi bagus maz cay,,,tapi saya mau bertanya ,,,dengan bahan tersebut apa bisa di bikin poor sendiri? Apakah dengan perekat ubi jalar bisa tahan lama,,,,atau malah basi,,,,? Salam kukuruyuuukkk,,,
ijin jawab bang....tolong koreksi kalau salah
sebetulnya untuk perekat selain ubi jalar bisa juga dengan tepung sagu dan masih banyak lagi.......
pelet tidak akan basi sepanjang dilakukan pengeringan setelah proses pencetakan, bisa dilakukan melalui oven dengan suhu 60 derajat selama 24 jam atau diangin anginkan sampai benar benar kering

cay
moderator
moderator

Jumlah posting : 3975
Join date : 08.11.11
Lokasi : depok PIN BB: 51CC3639

Kembali Ke Atas Go down

Re: formulasi pakan seharga -3,900/kg

Post  mazpraz99 on Thu 21 Feb 2013, 18:40

ooohhhh begitu,,,,,terimaksih atas jawabannya maz cay,,,,,saya pernah uji coba pakai ketela pohung,,,yang harga di semarang 1KG/1500,- udah di blender kemudian di di campur dengan 591 + dedak + ketela + kalsium pospor,,,,sudah di keringkan tetapi bau nya basi setelah kering,,,,alhasil ayam malas makannya


mazpraz99

Jumlah posting : 8
Join date : 21.02.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: formulasi pakan seharga -3,900/kg

Post  cay on Thu 21 Feb 2013, 18:59

Ketela pohon dalam kondisi basah/mentah?
Atau dalam kondisi kering/sudah dalam bentuk gaplek atau tepung?
Kalo kita cermati bersama, bahan2 yang digunakan untuk pelet ataupun voor sepertinya dalam kondisi kering, hanya dalam proses penyatuannya memang dibutuhkan sedikit air agar bahan bisa menyatu
Mohon maap kalo salah

cay
moderator
moderator

Jumlah posting : 3975
Join date : 08.11.11
Lokasi : depok PIN BB: 51CC3639

Kembali Ke Atas Go down

Re: formulasi pakan seharga -3,900/kg

Post  henz on Fri 22 Feb 2013, 04:23

bahaya wrote:
bayukelana wrote:Maaf nimbrung hanya untuk menjawab pertanyaan Bung Bahaya:
591 pdoduksi CP Surabaya sedangkan yang masuk ke Bandung berasal dari CP Tangerang. Walau demikian sudah ada yang masuk ke Bandung dijual dalam kemasan 1 Kg. Bung Bahaya di Bandungnya di mana? Kalau di sekitar Ciwastra bisa dibeli di pertigaan jalan Ciwastra-Rancasawo. Selamat mencari.
Sekali lagi maaf menyela. Selamat melanjutkan diskusi. Salam guyub.....................
....................
... I love you I love you I love you
ok makasih om bayu kelana atas informasinya,saya bandungnya daerah cikutra om
kalo dicikutra tk pakan ayam diperempatan suci, msh dijalan cikutranya, tapi yg lebih komplit ( toko besar ) dicicaheum jajaran dunkin donut. kalo mau lebih murah cuma bkn 591, di misouri jalan malabar itu pabriknya pakan ayam, bebek, ikan dll

henz
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 325
Join date : 13.04.12
Lokasi : Cemara Farm, Cicalengka Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: formulasi pakan seharga -3,900/kg

Post  kebongce on Fri 22 Feb 2013, 14:43

maap sedikit OOT,

mohon informasi penjual tepung ikan di sekitaran jakarta barat ..? Rolling Eyes

kebongce
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 439
Join date : 16.01.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: formulasi pakan seharga -3,900/kg

Post  mazpraz99 on Fri 22 Feb 2013, 19:25

cay wrote:Ketela pohon dalam kondisi basah/mentah?
Atau dalam kondisi kering/sudah dalam bentuk gaplek atau tepung?
Kalo kita cermati bersama, bahan2 yang digunakan untuk pelet ataupun voor sepertinya dalam kondisi kering, hanya dalam proses penyatuannya memang dibutuhkan sedikit air agar bahan bisa menyatu
Mohon maap kalo salah


ketela dalam bentuk mentah setelah di blender,,,makanya jadi busuk agak kehitaman,,,,

mazpraz99

Jumlah posting : 8
Join date : 21.02.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: formulasi pakan seharga -3,900/kg

Post  mansah on Wed 06 Mar 2013, 14:16

bingung nih.. saya ngasi makan yang murmer aja, seenaknya tangan ngaduk dah...
bekatul 40% ngambil di penggilingan padi depan rumah,
ampas tahu 20% ngambil di pabrik deket rumah,
campur 594/511 20% sama
nasi/menir yang dibubur 20%

hasilnya yaaaah lumayan aja yg penting ayam bs gede... hahahahha

mansah
BANNED
BANNED

Jumlah posting : 304
Join date : 18.07.10
Lokasi : tangerang-081218167935

Kembali Ke Atas Go down

Re: formulasi pakan seharga -3,900/kg

Post  Kembangsawit on Thu 07 Mar 2013, 10:19

cay wrote:Ketela pohon dalam kondisi basah/mentah?
Atau dalam kondisi kering/sudah dalam bentuk gaplek atau tepung?
Kalo kita cermati bersama, bahan2 yang digunakan untuk pelet ataupun voor sepertinya dalam kondisi kering, hanya dalam proses penyatuannya memang dibutuhkan sedikit air agar bahan bisa menyatu
Mohon maap kalo salah

singkong itu bisa dijadikan salah satu bahan pakan ayam yang iriiiiiiiiiit bangeeeeeeeeeet....he2..kontroversi lagi ga yaaaaa?


Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: formulasi pakan seharga -3,900/kg

Post  kinanthi on Sun 10 Mar 2013, 11:48

thank's om ilmunya tentang pakan matap banget dicoba cheers

kinanthi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 52
Join date : 26.02.13
Lokasi : Malang

Kembali Ke Atas Go down

Re: formulasi pakan seharga -3,900/kg

Post  God4m on Sun 07 Apr 2013, 13:52

nais inpoh bang... Very Happy

God4m
kopral
kopral

Jumlah posting : 47
Join date : 14.02.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: formulasi pakan seharga -3,900/kg

Post  squallj on Tue 09 Apr 2013, 08:13

mantab bang...... Very Happy

squallj
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1062
Join date : 26.02.13
Lokasi : Kediri - Nganjuk

Kembali Ke Atas Go down

Re: formulasi pakan seharga -3,900/kg

Post  galihwiring on Wed 17 Apr 2013, 18:22

tepung ikan dijogja ada g y bang..nyari mau ngracik..skrg ayam sy murni tak kasih ad2 satu kilo 6500..terasa boros juga..

galihwiring
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 108
Join date : 28.02.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: formulasi pakan seharga -3,900/kg

Post  Sponsored content Today at 23:22


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik