jalu dikelupas

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

jalu dikelupas

Post  mas anto klaten on Sat 01 May 2010, 11:31

saya pernah liat orang yang mengelupas jalu pada ayam masih muda ya sekitar umur 4 bln, katanya biar bisa tumbuh dengan baik dan besar. tapi saya masih ragu. oleh karena itu mohon pencerahannya mengenai hal itu apakah ada pengaruhnya pada jalu nantinya ketika ayam sudah dewasa. nuwun

mas anto klaten
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 748
Join date : 26.11.09
Age : 45
Lokasi : wedi klaten

http://hadiyantoprima@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

jalu di kelupas

Post  masapip on Sat 01 May 2010, 14:41

Iya Pak Hadi aku jupa penasaran di tempatku juga ada anggapan begitu tp ini hanya sekedar cerita dr mulut k mulut apa sdh berdasar pengalaman ya...

masapip
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 235
Join date : 25.04.10
Age : 38
Lokasi : Udanawu Blitar

Kembali Ke Atas Go down

Re: jalu dikelupas

Post  Hendro on Sun 02 May 2010, 06:12

Biasanya mengelupas jalu pada ayam umur 5 - 6 bulanan tujuannya untuk membuat jalu tumbuh lebih besar dan kuat setelah dewasa nanti....salam Smile

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: jalu dikelupas

Post  Tamu on Fri 25 Jun 2010, 16:43

apa kalo jalu besar pertumbuhannya lebih lambat dari jalu besar
mohon pencerahannya

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: jalu dikelupas

Post  jaghana on Wed 28 Jul 2010, 13:20

Hendro wrote:Biasanya mengelupas jalu pada ayam umur 5 - 6 bulanan tujuannya untuk membuat jalu tumbuh lebih besar dan kuat setelah dewasa nanti....salam Smile

caranya..?? pakai apa??

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: jalu dikelupas

Post  Administrator on Wed 28 Jul 2010, 16:28

Mengelupas jalu, analoginya seperti pohon yg sedang tumbuh.
Dgn memotong pohon, maka ketinggiannya akan berkurang. Jadi, ketinggiannya yg dihambat, sementara diameter pohonnya tetap bertambah.
Ketika ketinggian pohon sudah cukup, maka pangkal batang pohon akan lebih besar dan kuat dari yg seharusnya.

Demikian juga dgn jalu. Dgn mengelupas jalu, maka perpanjangannya akan terhambat, sementara diameternya terus membesar. Ketika jalu sudah mulai panjang, diameter pangkalnya sudah cukup besar dan kuat menopang jalunya.



Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: jalu dikelupas

Post  JERRYJELEK on Wed 28 Jul 2010, 17:21

Administrator wrote:Mengelupas jalu, analoginya seperti pohon yg sedang tumbuh.
Dgn memotong pohon, maka ketinggiannya akan berkurang. Jadi, ketinggiannya yg dihambat, sementara diameter pohonnya tetap bertambah.
Ketika ketinggian pohon sudah cukup, maka pangkal batang pohon akan lebih besar dan kuat dari yg seharusnya.

Demikian juga dgn jalu. Dgn mengelupas jalu, maka perpanjangannya akan terhambat, sementara diameternya terus membesar. Ketika jalu sudah mulai panjang, diameter pangkalnya sudah cukup besar dan kuat menopang jalunya.



masuk akal jg penjelasannya om....
besar dl bru panjang......
Very Happy Very Happy Very Happy

JERRYJELEK
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 160
Join date : 20.06.10
Age : 32
Lokasi : jogjakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: jalu dikelupas

Post  dede_shooter on Sun 07 Oct 2012, 12:01

caranya cabutnya gimana om????

dede_shooter
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 306
Join date : 19.05.12
Age : 29
Lokasi : Indragiri Hilir - RIAU (Tembilahan)

Kembali Ke Atas Go down

Re: jalu dikelupas

Post  Rompal Jagad on Sun 07 Oct 2012, 12:23

dede_shooter wrote:caranya cabutnya gimana om????
dokter gigi.. lol!

Rompal Jagad
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 58
Join date : 27.07.12
Age : 30
Lokasi : malang

Kembali Ke Atas Go down

Re: jalu dikelupas

Post  mr.jebess on Mon 08 Oct 2012, 19:35

Rompal Jagad wrote:
dede_shooter wrote:caranya cabutnya gimana om????
dokter gigi.. lol!


cara cabut bermacam-macam..cara gampang ambil tang putar searah jarum jam.
tercabut selesai... Very Happy Very Happy sunny

mr.jebess
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 253
Join date : 10.12.11
Lokasi : kalsel/kaltim

Kembali Ke Atas Go down

Re: jalu dikelupas

Post  FadéL on Mon 08 Oct 2012, 20:07

Kira-kira berapa lama waktu yg dibutuhkan tuk pengerasan jalu setelah dicopot ??

FadéL
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 108
Join date : 06.12.10
Age : 37
Lokasi : Desa Kuta Tinggi_kec. Blangpidie_kab. aceh barat daya_081269730297

Kembali Ke Atas Go down

Re: jalu dikelupas

Post  wild4n on Tue 09 Oct 2012, 08:44

saya pernah kupas jalu sama jago yg umurnya 6-7 bulan...
tujuan awalnya sih biar ga di abar terus.....abis pada gatel buat abar itu jago..hehehehe
yg utama bener kata yg diatas untuk memperbesar pangkal jalu biar mantap pegangan jalunya..
untuk mengembalikan / melapisi tulang jalu butuh waktu sekitar 3-4 minggu dan harus rajin di beri kalsium/kalk untuk setelah tulang jalu di lapisi dgn sempurna maka waktu memanjangkannya sama seperti jalu normal...hehehe

salam sharing... Very Happy

wild4n
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 642
Join date : 08.12.11
Lokasi : Ciledug - Tangerang (Parung serab)

Kembali Ke Atas Go down

Re: jalu dikelupas

Post  IvanElnino on Wed 10 Oct 2012, 15:17

mas anto klaten wrote:saya pernah liat orang yang mengelupas jalu pada ayam masih muda ya sekitar umur 4 bln, katanya biar bisa tumbuh dengan baik dan besar. tapi saya masih ragu. oleh karena itu mohon pencerahannya mengenai hal itu apakah ada pengaruhnya pada jalu nantinya ketika ayam sudah dewasa. nuwun
Mungkin yg dimaksud adalah sisik yg menutupi tempat tumbuhnya jalu, masa sih 4 bln udah kluar jalu..??
Kalau memang sisik yg dikelupas, itu supaya pertumbuhan jalu bs lebih cepat dibandingkan ketika ada sisik kaki yg menutupi permukaan jalu tetapi tdk menambah diameter atau besarnya jalu tsb......pohon yg ditebang setengahnya, tidak akan menumbuhkan batang pohon yg lebih besar dari batang dibawahnya........

IvanElnino
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 90
Join date : 30.07.12
Age : 41
Lokasi : Tegal - Jawa Tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: jalu dikelupas

Post  arawinda on Thu 11 Oct 2012, 20:24

Administrator wrote:Mengelupas jalu, analoginya seperti pohon yg sedang tumbuh.
Dgn memotong pohon, maka ketinggiannya akan berkurang. Jadi, ketinggiannya yg dihambat, sementara diameter pohonnya tetap bertambah.
Ketika ketinggian pohon sudah cukup, maka pangkal batang pohon akan lebih besar dan kuat dari yg seharusnya.

Demikian juga dgn jalu. Dgn mengelupas jalu, maka perpanjangannya akan terhambat, sementara diameternya terus membesar. Ketika jalu sudah mulai panjang, diameter pangkalnya sudah cukup besar dan kuat menopang jalunya.



Caranya mas???
ada videonya g? biar orang awam kayak saya g salah n malah ngerusak ayam

arawinda
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 81
Join date : 19.09.12
Age : 29
Lokasi : Bondowoso

Kembali Ke Atas Go down

Re: jalu dikelupas

Post  dede_shooter on Tue 30 Oct 2012, 08:39

teori ini udh sy praktekan., skrg udah hampir 3minggu jalu blum sekeras jalu normal!!!penhgupasan jalu yg sy lakukan ada 2tahap,, yg pertama mengupas jalu,setelah 2mingu lapisan luar jalu mulai kering dan retak, kemudian sy kupas lg, jalu kembali lembek(TIdak selembek pada pengupasan pertama).5 hri kmudian jalu mulai mengeras tapi tidak sekeras jalu normal,, pertanyaan sy: 1.apakah sdah bnar cara yg sy lakukan? 2.apakah ayam udah boleh di latih abar 10mnitan dg kondisi jalu sperti itu? mohon masukan rkan2 yg udah pngalaman kupas jalu,,,, salam kupas!!!!!!

dede_shooter
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 306
Join date : 19.05.12
Age : 29
Lokasi : Indragiri Hilir - RIAU (Tembilahan)

Kembali Ke Atas Go down

Re: jalu dikelupas

Post  Brontok on Tue 06 Aug 2013, 00:06

Saya Pernah liat teman saya lagi cabut jalu ayam muda (umur 5 bulanan dah), saya tanya kenapa begitu Om? kata ny kasian ayam ini gancang tapi jalu ny jalu nasi.. kalo di cabut nanti dia bakal tumbuh lebih besar n lebih kuat.. waktu dicabut sih kasian liat ny itu kaki ayam smpe bedarah.. pas sya tanya lagi --Lha itu berdarah Om, tar cacat lagi? Diobatin pake apa om abis dicabut?-- abis nyabut jalu nya dia muntel-muntel tanah yang agk basah terus d balur ke jalu ayam itu.. dya bilang --Didiemin ja 2 minggu pasti dah kering-- ternyata benr 2 minggu kmudian udah kering.. sekarang dah 1 bulan 2 minggu sejak jalu dicabut.. dan ternyata benar jalu nya mulai tumbuh n kali ni lebih besar dari jalu sebelum d cabut..

Waktu dicabut dia cuma pake kuku jempol aja.. trus di sekitar bekas cabutan jalunya dia ada bersihin semacam sisik/lapisan gitu.. mirip cincin cuma lunak gtu.. udah begitu aja.. hehehe

Brontok
kopral
kopral

Jumlah posting : 17
Join date : 27.05.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: jalu dikelupas

Post  lancuran kencur on Tue 06 Aug 2013, 00:46

kasian ayamny pak.g tega aku liat ny.
salam belajar

lancuran kencur
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 327
Join date : 18.07.13
Lokasi : kota kudus jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: jalu dikelupas

Post  Sponsored content Today at 10:48


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik