Indukan betina yang suka makan telurnya sendiri

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Indukan betina yang suka makan telurnya sendiri

Post  hendrapurba280@gmail.com on Mon 04 Mar 2013, 09:14

Salam papaji lovers,,,mohon arahannya nih buat sesepuh semuanya...saya beli ayam betina indukan kata yang punya sih sudah 2 x bertelur..nah saya merasa disitu hoki sediikit nih soalnya bertelur yang ketiga khan susah kuat tuh mas..cuman begitu ayam nya bertelur si induknya suka makanin telurnya mas gmn dunk mohon arahannya?

hendrapurba280@gmail.com
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 61
Join date : 04.03.13
Age : 30
Lokasi : medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan betina yang suka makan telurnya sendiri

Post  mamat on Mon 04 Mar 2013, 15:40

Masalah yang sama dengan saya punya mas. Saya ada dua babon dewasa, satu keturunan bangkok satunya gundul (cross saigon (tepatnya madagaskar)xbangkok). Dua-duanya makanin telurnya sendiri. kalo yang bangkok masih bisa saya siasati, saat mau bertelur saya biarkan dia milih tempat sendiri untuk bertelur dan itu pasti aman, dia gak akan makan telurnya sendiri. Setelah berhasil mengeram yang kedua (anaknya sekarang berumur 6 bulan dan 4 bulan) saya taruh dikurungan single dan ketika waktunya bertelur habislah telurnya dimakan. Seminggu yang lalu si babon ini saya kawinkan lagi dan saya buatkan kurungan 1,5x2m di kebun (hanya ada satu pasang ini saja), tadi pagi saya check ada telur di tempat eraman yang saya sediakan, moga-moga berlanjut sampai mengeram. Yang pasti untuk babon ini asal perlakuannya tepat saya masih bisa memperoleh anakannya.
Yang babon gundul ini yang masih jadi masalah, sekarang sudah periode bertelur lagi dan di kurungannya sudah saya temukan pecahan telur, mungkin sudah ada 4 periode bertelur dengan yang sekarang ini. Saya belum mencoba mensiasati perlakuan seperti babon yang satunya. Dulu saat masih usia 5-7 bulan rutin saya kasih kalk 2x seminggu.
Ada rekan yang bilang untuk potong paruh, beri tambahan kalsium, atau banyak di umbar. Saya belum mencoba untuk potong paruh, mungkin kalo terpaksa ya mungkin harus saya lakukan.
Ada rekan lain mau menambahi?

catatan: 2 babon tersebut selalu saya kurung, juuaaarrraaang banget diumbar.

mamat
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 129
Join date : 27.03.12
Lokasi : Kotagede, Jogjakarta - 081328731176

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan betina yang suka makan telurnya sendiri

Post  yu_go on Mon 04 Mar 2013, 16:27

ijin memberi mskan.. biang yg mkn tlrnya sndri ada bebrp kmngkn,.
- biang emng dsarnya sprti itu "bawa'an sdh nkal", biang skli sdh merskan nikmatnya telur, maka akan ngurangi pngen mkn tlr terus..
-lgi stress.. ada bebrp sbab, tmpt, cuaca, asupan nutrisi yg kurang.
- sdh naluri si biang itu,. cnth; pd wkt ngeram, sktr 1 mnggu tlr d'pecahkan/d'rusak, bhwa kmngknan bhw tlr trsbt tdk menetas..
"pngmtn ini dpt kta smpulkan, sktr 2-3 eraman dg cra d'amati",.
klo yg awal `biang nkal`, brarti kita cpet''an dg biang, pd saat bertlr lngsng d'ambil smbl d'lahap dg si biang.. klo tdk pnya wktu untk itu, cba d'sain petarangan kyk ayam petelur. jdi pas bertlr, tlr lngsng mengelinding d'bwh.. dg ctatan; "jdi pnya biang kmpung buat cdangan ngerami biang nkal kta, & tlr ayam kmpung mskn k'biang nkal kita biar d'mkn"..
sdngkan untk biang yg strees; mmdng jngn d'forsis trlbh dhulu, d'umbar bebas aja jngn dstuin pacek, ksh asupan nutrisi yg ckup "slh stunya mineral",.
klo sdh naluri, gpp.. mlh biang pinter ngerawat ank**nya..
twmz..

yu_go
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 101
Join date : 25.04.12
Lokasi : gresik-malang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan betina yang suka makan telurnya sendiri

Post  hendrapurba280@gmail.com on Fri 15 Mar 2013, 10:30

mamat wrote:Masalah yang sama dengan saya punya mas. Saya ada dua babon dewasa, satu keturunan bangkok satunya gundul (cross saigon (tepatnya madagaskar)xbangkok). Dua-duanya makanin telurnya sendiri. kalo yang bangkok masih bisa saya siasati, saat mau bertelur saya biarkan dia milih tempat sendiri untuk bertelur dan itu pasti aman, dia gak akan makan telurnya sendiri. Setelah berhasil mengeram yang kedua (anaknya sekarang berumur 6 bulan dan 4 bulan) saya taruh dikurungan single dan ketika waktunya bertelur habislah telurnya dimakan. Seminggu yang lalu si babon ini saya kawinkan lagi dan saya buatkan kurungan 1,5x2m di kebun (hanya ada satu pasang ini saja), tadi pagi saya check ada telur di tempat eraman yang saya sediakan, moga-moga berlanjut sampai mengeram. Yang pasti untuk babon ini asal perlakuannya tepat saya masih bisa memperoleh anakannya.
Yang babon gundul ini yang masih jadi masalah, sekarang sudah periode bertelur lagi dan di kurungannya sudah saya temukan pecahan telur, mungkin sudah ada 4 periode bertelur dengan yang sekarang ini. Saya belum mencoba mensiasati perlakuan seperti babon yang satunya. Dulu saat masih usia 5-7 bulan rutin saya kasih kalk 2x seminggu.
Ada rekan yang bilang untuk potong paruh, beri tambahan kalsium, atau banyak di umbar. Saya belum mencoba untuk potong paruh, mungkin kalo terpaksa ya mungkin harus saya lakukan.
Ada rekan lain mau menambahi?

catatan: 2 babon tersebut selalu saya kurung, juuaaarrraaang banget diumbar.

waduh kasus yang sama mas..mari kita explorer mas.ntar klo ada ide tolong di PM y mas,heheebegitu juga saya...mungkin jalan pertama telur2nya harus saya oper ketempat ayam yang bertelur yang lain mas

hendrapurba280@gmail.com
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 61
Join date : 04.03.13
Age : 30
Lokasi : medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan betina yang suka makan telurnya sendiri

Post  hendrapurba280@gmail.com on Fri 15 Mar 2013, 10:32

[quote="yu_go"]ijin memberi mskan.. biang yg mkn tlrnya sndri ada bebrp kmngkn,.
- biang emng dsarnya sprti itu "bawa'an sdh nkal", biang skli sdh merskan nikmatnya telur, maka akan ngurangi pngen mkn tlr terus..
-lgi stress.. ada bebrp sbab, tmpt,

makasih mas penjelasannya,cukup detail n logis mas.. cheers cheers

hendrapurba280@gmail.com
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 61
Join date : 04.03.13
Age : 30
Lokasi : medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan betina yang suka makan telurnya sendiri

Post  Kembangsawit on Fri 15 Mar 2013, 10:41

ada pengalaman juga nih..babon saya juga pernah pecahkan telurnya sendiri...

1. akibat tempat yang sangat tidak nyaman.
2. telur terasa enteng atau pasti tidak jadi.
3. kondisi babon kotor, jadi saat membersihkan diri dan telurnya tidak sengaja pecah.

setelah saya teliti ternyata faktor ketidak nyamanan babon tersebut yang membuat akhirnya telur dipecahkan sendiri baik sengaja dan tidak

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan betina yang suka makan telurnya sendiri

Post  mamat on Fri 15 Mar 2013, 14:31

siippp... bang Hendra...
rencana saya yang babon gundul akan saya buatkan kurungan di kebun juga, seperti babon yang satunya. Sekarang masih proses bikin kurungan, semoga hari minggu besok ini sudah bisa dipasang, kalo belum jadi harus nunggu libur lagi, maklum cuma kuli, susah mau bolos.
Babon yang blorok sudah mengeram sejak seminggu yang lalu, hanya bertelor 7 karena sudah makan beberapa telor saat masih di rumah, dan tidak ada satupun telor yang dia makan sejak saya pindah di kebun, rasanya legaaaa banget he..he.he....

mamat
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 129
Join date : 27.03.12
Lokasi : Kotagede, Jogjakarta - 081328731176

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan betina yang suka makan telurnya sendiri

Post  hendrapurba280@gmail.com on Sun 17 Mar 2013, 00:53

Kembangsawit wrote:ada pengalaman juga nih..babon saya juga pernah pecahkan telurnya sendiri...

1. akibat tempat yang sangat tidak nyaman.
2. telur terasa enteng atau pasti tidak jadi.
3. kondisi babon kotor, jadi saat membersihkan diri dan telurnya tidak sengaja pecah.

setelah saya teliti ternyata faktor ketidak nyamanan babon tersebut yang membuat akhirnya telur dipecahkan sendiri baik sengaja dan tidak

cukup logis mas ...siap dijalankan

hendrapurba280@gmail.com
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 61
Join date : 04.03.13
Age : 30
Lokasi : medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan betina yang suka makan telurnya sendiri

Post  hendrapurba280@gmail.com on Sun 17 Mar 2013, 00:55

mamat wrote:siippp... bang Hendra...
rencana saya yang babon gundul akan saya buatkan kurungan di kebun juga, seperti babon yang satunya. Sekarang masih proses bikin kurungan, semoga hari minggu besok ini sudah bisa dipasang, kalo belum jadi harus nunggu libur lagi, maklum cuma kuli, susah mau bolos.
Babon yang blorok sudah mengeram sejak seminggu yang lalu, hanya bertelor 7 karena sudah makan beberapa telor saat masih di rumah, dan tidak ada satupun telor yang dia makan sejak saya pindah di kebun, rasanya legaaaa banget he..he.he....


wew berhasil donk mas ..saya tiru deh mas..numpang duplikat ilmunya y mas

hendrapurba280@gmail.com
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 61
Join date : 04.03.13
Age : 30
Lokasi : medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan betina yang suka makan telurnya sendiri

Post  ryand klaten on Fri 12 Apr 2013, 22:49

Kasih bola ping pong mas ,biar dikira telur.kan susah pecah tuh,jadi si babon putus asa sehingga waktu lihat telur dia gak nafsu mau mecahin,ini ak dapet juga dari senior2 di forum papaji.maaf kalau cuma copy paste,masih pemula .salam

ryand klaten
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 307
Join date : 27.01.13
Age : 25
Lokasi : damaran,gayamprit ,klaten selatan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan betina yang suka makan telurnya sendiri

Post  mamat on Mon 29 Apr 2013, 10:16

tips untuk meletakkan bola pingpong di tempat eraman memang mujarab.
babon gundul yang di kebon bertelur dengan aman sentosa dan sekarang sedang mengeram.
.... menunggu sampai pertengahan bulan Mei untuk tahu seperti apa anakannya nanti .....

telur babon blorok ternyata hanya menetas 3 butir, 1 menetas mati, 1 hanya berumur sehari (diembat tikus, padahal jantan nih...), 1 betina masih bertahan.

mamat
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 129
Join date : 27.03.12
Lokasi : Kotagede, Jogjakarta - 081328731176

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan betina yang suka makan telurnya sendiri

Post  Sponsored content Today at 23:42


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik