MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Post  NUR WAKHID on Thu 07 Mar 2013, 19:06

Fungsi mitokondria
Peran utama mitokondria adalah sebagai pabrik energi sel yang menghasilkan energi dalam bentuk ATP. Metabolisme karbohidrat akan berakhir di mitokondria ketika piruvat di transpor dan dioksidasi oleh O2 menjadi CO2 dan air. Energi yang dihasilkan sangat efisien yaitu sekitar tiga puluh molekul ATP yang diproduksi untuk setiap molekul glukosa yang dioksidasi, sedangkan dalam proses glikolisis hanya dihasilkan dua molekul ATP. Proses pembentukan energi atau dikenal sebagai fosforilasi oksidatif terdiri atas lima tahapan reaksi enzimatis yang melibatkan kompleks enzim yang terdapat pada membran bagian dalam mitokondria. Proses pembentukan ATP melibatkan proses transpor elektron dengan bantuan empat kompleks enzim, yang terdiri dari kompleks I (NADH dehidrogenase), kompleks II (suksinat dehidrogenase), kompleks III (koenzim Q sitokrom C reduktase), kompleks IV (sitokrom oksidase), dan juga dengan bantuan FoF1 ATP Sintase dan Adenine Nucleotide Translocator (ANT)[5].

Siklus Hidup Mitokondria
Mitokondria dapat melakukan replikasi secara mandiri (self replicating) seperti sel bakteri. Replikasi terjadi apabila mitokondria ini menjadi terlalu besar sehingga melakukan pemecahan (fission). Pada awalnya sebelum mitokondria bereplikasi, terlebih dahulu dilakukan replikasi DNA mitokondria. Proses ini dimulai dari pembelahan pada bagian dalam yang kemudian diikuti pembelahan pada bagian luar. Proses ini melibatkan pengkerutan bagian dalam dan kemudian bagian luar membran seperti ada yang menjepit mitokondria. Kemudian akan terjadi pemisahan dua bagian mitokondria[6].

DNA mitokondria
Mitokondria memiliki DNA tersendiri, yang dikenal sebagai mtDNA (Ing. mitochondrial DNA). MtDNA berpilin ganda, sirkular, dan tidak terlindungi membran (prokariotik). Karena memiliki ciri seperti DNA bakteri, perkembangan teori yang dianut cukup luas , yang menyatakan bahwa mitokondria dulunya merupakan makhluk hidup independen yang kemudian bersimbiosis dengan organisme eukariotik. Teori ini dikenal dengan teori endosimbion. Pada makhluk tingkat tinggi, DNA mitokondria yang diturunkan kepada anaknya hanya berasal dari betinanya saja (mitokondria sel telur). Mitokondria jantan tidak ikut masuk ke dalam sel telur karena letaknya yang berada di ekor sperma. Ekor sperma tidak ikut masuk ke dalam sel telur sehingga DNA mitokondria jantan tidak diturunkan.
Dalam organisme multiseluler kebanyakan, mtDNA diwariskan dari ibu (maternal diwariskan). Mekanisme ini termasuk pengenceran sederhana (telur mengandung 100.000 hingga 1.000.000 molekul mtDNA, sedangkan sperma mengandung hanya 100 sampai 1000), degradasi mtDNA sperma pada sel telur dibuahi, dan, setidaknya dalam beberapa organisme, kegagalan mtDNA sperma untuk masuk telur. Apapun mekanismenya, ini orang tua pola (uniparental) tunggal warisan mtDNA ditemukan dalam kebanyakan hewan, tanaman yang paling dan jamur juga.

warisan betina
Dalam reproduksi seksual, mitokondria biasanya diwariskan secara eksklusif dari ibunya. Mitokondria dalam sperma mamalia biasanya dihancurkan oleh sel telur setelah pembuahan. Juga, sebagian besar mitokondria hadir pada pangkal ekor sperma, yang digunakan untuk mendorong sel-sel sperma. Kadang-kadang ekor hilang selama pembuahan. Pada tahun 1999 dilaporkan bahwa sperma ayah mitokondria (mtDNA mengandung) yang ditandai dengan ubiquitin untuk memilih mereka untuk penghancuran nanti di dalam embrio. [5] Beberapa teknik fertilisasi in vitro, terutama menyuntikkan sperma ke dalam oosit, dapat mengganggu ini.

NUR WAKHID
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 676
Join date : 06.04.11
Age : 43
Lokasi : Bantul Yogyakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Post  slammy on Thu 07 Mar 2013, 19:34

mas, mau tanya kalau ATP (Adenosin Tri Phospat) itu kandungan kimia yang biasa terdapat dlm doping ayam aduan yah? kalo bener, bisa pake yg buat obat jantung itu dong, kalo ga salah kandungannya ATP dan vit b kompleks, dan harganya jauh lebih murah

slammy
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 650
Join date : 17.01.12
Lokasi : Kebon Jeruk, Jakbar

Kembali Ke Atas Go down

Re: MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Post  cay on Thu 07 Mar 2013, 19:43

Nais inpoh....meskipun saya kurang begitu paham ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ
Maklum kurang bnyak nginjak bangku sekolah ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ
Tapi menurut saya menarik tuk bahan dikusi
Silahkan yang paham berdiskusi
Saya ijin nyimak dan tunggu hasil akhirnya saja
Biar dapat ilmu praktisnya sajah
Monggo dilanjut

cay
moderator
moderator

Jumlah posting : 3975
Join date : 08.11.11
Lokasi : depok PIN BB: 51CC3639

Kembali Ke Atas Go down

Re: MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Post  tetep.teges on Thu 07 Mar 2013, 19:53

cay wrote:Nais inpoh....meskipun saya kurang begitu paham ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ
Maklum kurang bnyak nginjak bangku sekolah ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ
Tapi menurut saya menarik tuk bahan dikusi
Silahkan yang paham berdiskusi
Saya ijin nyimak dan tunggu hasil akhirnya saja
Biar dapat ilmu praktisnya sajah
Monggo dilanjut

enak ajah..dapat ilmu praktisnya..he..he.....ane dah habis 7 ayam gan..utak atik Doping...

tetep.teges
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 466
Join date : 05.10.11
Age : 40
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Post  Tengu on Thu 07 Mar 2013, 20:13

tetep.teges wrote:
cay wrote:Nais inpoh....meskipun saya kurang begitu paham ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ
Maklum kurang bnyak nginjak bangku sekolah ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ
Tapi menurut saya menarik tuk bahan dikusi
Silahkan yang paham berdiskusi
Saya ijin nyimak dan tunggu hasil akhirnya saja
Biar dapat ilmu praktisnya sajah
Monggo dilanjut

enak ajah..dapat ilmu praktisnya..he..he.....ane dah habis 7 ayam gan..utak atik Doping...
Silahkan di lanjut kang teges, hubungannya dengan doping?


Terakhir diubah oleh Tengu tanggal Thu 07 Mar 2013, 20:22, total 1 kali diubah

Tengu
kopral
kopral

Jumlah posting : 36
Join date : 22.12.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Post  slammy on Thu 07 Mar 2013, 20:14

tetep.teges wrote:
cay wrote:Nais inpoh....meskipun saya kurang begitu paham ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ
Maklum kurang bnyak nginjak bangku sekolah ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ
Tapi menurut saya menarik tuk bahan dikusi
Silahkan yang paham berdiskusi
Saya ijin nyimak dan tunggu hasil akhirnya saja
Biar dapat ilmu praktisnya sajah
Monggo dilanjut

enak ajah..dapat ilmu praktisnya..he..he.....ane dah habis 7 ayam gan..utak atik Doping...

bos, TS nya bukan ngomongin doping tp struktur DNA yg lebih berhubungan dengan faktor genetik (bahan pertimbangan untuk ternak), ane aja yg ngawur krn ada ATP nya yg setau sy merupakan kandungan umum dlm doping, jadi kalo scr perdopingan ATP ini semacam enzim atau katalis untuk membakar energi, nah ane kemarin lg liat2 buku indeks obat rupanya ATP ini umum dipakai untuk obat payah jantung, dan harga generiknya murah sekali, jauh dari harga doping ayam aduan yg sampe ratusan ribu, nah cuman ane masih teka-teki nih dosisnya ky gimana, drpd abis 7 ayam ky bang teges, hehehehe Very Happy Very Happy Very Happy

slammy
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 650
Join date : 17.01.12
Lokasi : Kebon Jeruk, Jakbar

Kembali Ke Atas Go down

Re: MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Post  Tengu on Thu 07 Mar 2013, 20:24

NUR WAKHID wrote:Fungsi mitokondria
Peran utama mitokondria adalah sebagai pabrik energi sel yang menghasilkan energi dalam bentuk ATP. Metabolisme karbohidrat akan berakhir di mitokondria ketika piruvat di transpor dan dioksidasi oleh O2 menjadi CO2 dan air. Energi yang dihasilkan sangat efisien yaitu sekitar tiga puluh molekul ATP yang diproduksi untuk setiap molekul glukosa yang dioksidasi, sedangkan dalam proses glikolisis hanya dihasilkan dua molekul ATP. Proses pembentukan energi atau dikenal sebagai fosforilasi oksidatif terdiri atas lima tahapan reaksi enzimatis yang melibatkan kompleks enzim yang terdapat pada membran bagian dalam mitokondria. Proses pembentukan ATP melibatkan proses transpor elektron dengan bantuan empat kompleks enzim, yang terdiri dari kompleks I (NADH dehidrogenase), kompleks II (suksinat dehidrogenase), kompleks III (koenzim Q sitokrom C reduktase), kompleks IV (sitokrom oksidase), dan juga dengan bantuan FoF1 ATP Sintase dan Adenine Nucleotide Translocator (ANT)[5].

Siklus Hidup Mitokondria
Mitokondria dapat melakukan replikasi secara mandiri (self replicating) seperti sel bakteri. Replikasi terjadi apabila mitokondria ini menjadi terlalu besar sehingga melakukan pemecahan (fission). Pada awalnya sebelum mitokondria bereplikasi, terlebih dahulu dilakukan replikasi DNA mitokondria. Proses ini dimulai dari pembelahan pada bagian dalam yang kemudian diikuti pembelahan pada bagian luar. Proses ini melibatkan pengkerutan bagian dalam dan kemudian bagian luar membran seperti ada yang menjepit mitokondria. Kemudian akan terjadi pemisahan dua bagian mitokondria[6].

DNA mitokondria
Mitokondria memiliki DNA tersendiri, yang dikenal sebagai mtDNA (Ing. mitochondrial DNA). MtDNA berpilin ganda, sirkular, dan tidak terlindungi membran (prokariotik). Karena memiliki ciri seperti DNA bakteri, perkembangan teori yang dianut cukup luas , yang menyatakan bahwa mitokondria dulunya merupakan makhluk hidup independen yang kemudian bersimbiosis dengan organisme eukariotik. Teori ini dikenal dengan teori endosimbion. Pada makhluk tingkat tinggi, DNA mitokondria yang diturunkan kepada anaknya hanya berasal dari betinanya saja (mitokondria sel telur). Mitokondria jantan tidak ikut masuk ke dalam sel telur karena letaknya yang berada di ekor sperma. Ekor sperma tidak ikut masuk ke dalam sel telur sehingga DNA mitokondria jantan tidak diturunkan.
Dalam organisme multiseluler kebanyakan, mtDNA diwariskan dari ibu (maternal diwariskan). Mekanisme ini termasuk pengenceran sederhana (telur mengandung 100.000 hingga 1.000.000 molekul mtDNA, sedangkan sperma mengandung hanya 100 sampai 1000), degradasi mtDNA sperma pada sel telur dibuahi, dan, setidaknya dalam beberapa organisme, kegagalan mtDNA sperma untuk masuk telur. Apapun mekanismenya, ini orang tua pola (uniparental) tunggal warisan mtDNA ditemukan dalam kebanyakan hewan, tanaman yang paling dan jamur juga.

warisan betina
Dalam reproduksi seksual, mitokondria biasanya diwariskan secara eksklusif dari ibunya. Mitokondria dalam sperma mamalia biasanya dihancurkan oleh sel telur setelah pembuahan. Juga, sebagian besar mitokondria hadir pada pangkal ekor sperma, yang digunakan untuk mendorong sel-sel sperma. Kadang-kadang ekor hilang selama pembuahan. Pada tahun 1999 dilaporkan bahwa sperma ayah mitokondria (mtDNA mengandung) yang ditandai dengan ubiquitin untuk memilih mereka untuk penghancuran nanti di dalam embrio. [5] Beberapa teknik fertilisasi in vitro, terutama menyuntikkan sperma ke dalam oosit, dapat mengganggu ini.
Kaitannya dengan cros breding apa pak?

Tengu
kopral
kopral

Jumlah posting : 36
Join date : 22.12.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Post  Hercules on Thu 07 Mar 2013, 20:52

Lanjuut... masih belum dapet point pentignya....

Hercules
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 114
Join date : 10.01.13
Lokasi : Banyumas

Kembali Ke Atas Go down

Re: MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Post  dikasutanandika on Thu 07 Mar 2013, 21:14

wah, keren om...
harus dibalik nih seleksi di kandang kalo bener kaya gitu...

dikasutanandika
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 351
Join date : 17.06.11
Age : 36
Lokasi : jaksel

Kembali Ke Atas Go down

Re: MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Post  dexs mandala on Thu 07 Mar 2013, 21:22

belum tahu pasti apa maksudnya.
tapi sejauh ini menurut sy tentang perkawinan.
dimana betina memegang peranan penting dibandingkan jantan.
maaf kalau salah Smile

dexs mandala
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 194
Join date : 20.04.12
Lokasi : medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Post  priaisy on Fri 08 Mar 2013, 07:26

di hampir akhir ada kata "MAMALIA" jadi ini masih ditarik diulur ke lain MAMALIA ya? Untuk jenis unggas khususnya
Mohon tambahan ilmu untu lebih baik bagi saya

priaisy
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 152
Join date : 24.11.11
Lokasi : Kediri

Kembali Ke Atas Go down

Re: MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Post  cay on Fri 08 Mar 2013, 08:33

tetep.teges wrote:
cay wrote:Nais inpoh....meskipun saya kurang begitu paham ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ
Maklum kurang bnyak nginjak bangku sekolah ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ
Tapi menurut saya menarik tuk bahan dikusi
Silahkan yang paham berdiskusi
Saya ijin nyimak dan tunggu hasil akhirnya saja
Biar dapat ilmu praktisnya sajah
Monggo dilanjut

enak ajah..dapat ilmu praktisnya..he..he.....ane dah habis 7 ayam gan..utak atik Doping...
Jiakakakakakakakak....wuasssssemmmmm
Dipapaji ada analis, ada ilmuwan or peneliti, ada praktisi, ada pula pengamat ada juga user
Yang merupakan gabungan juga ada .....tipikal yg lain juga msh banyak ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ
Dan sebagai pengamat sekaligus user Ǧ̩̥ɑ̤̥̈̊ĸ salah donk kalo kita nunggu sambil mengamati dan setelah tercapai kesimpulan final baru kita praktekan

.~/ / \_. Ћ∂Very Happy ~
_( \_ Ћ∂Very Happy ~‎​​' =)) ‎​‎ Ћ∂Very Happy ~

Indahnya berbagi......semoga ikut kebagian ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ
Monggo dilanjut

cay
moderator
moderator

Jumlah posting : 3975
Join date : 08.11.11
Lokasi : depok PIN BB: 51CC3639

Kembali Ke Atas Go down

Re: MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Post  ekotepong on Fri 08 Mar 2013, 09:41

Ora mudeng blas......

Mungkin yang lebih mengerti bisa menjelaskan penggunaannya dalam praktek

Seperti.....kira2 belinya mitokondria dimana....atau....fungsi aktualnya gimana, anakannya pukulnya jadi keras atau anakannya jadi ngalung2 ato gimana...?

Biar lebih mudeng (bahasanya user...seperti kata bang Cay)


Piss...... Laughing Laughing Laughing

ekotepong
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 441
Join date : 19.10.11
Lokasi : Ungaran

Kembali Ke Atas Go down

Re: MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Post  Doton on Fri 08 Mar 2013, 11:50

ikut belajar biar pinter study

Doton
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 70
Join date : 06.03.13
Age : 36
Lokasi : Cengkareng, Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Post  thumper225 on Fri 08 Mar 2013, 19:33

NUR WAKHID wrote:Fungsi mitokondria
Peran utama mitokondria adalah sebagai pabrik energi sel yang menghasilkan energi dalam bentuk ATP. Metabolisme karbohidrat akan berakhir di mitokondria ketika piruvat di transpor dan dioksidasi oleh O2 menjadi CO2 dan air. Energi yang dihasilkan sangat efisien yaitu sekitar tiga puluh molekul ATP yang diproduksi untuk setiap molekul glukosa yang dioksidasi, sedangkan dalam proses glikolisis hanya dihasilkan dua molekul ATP. Proses pembentukan energi atau dikenal sebagai fosforilasi oksidatif terdiri atas lima tahapan reaksi enzimatis yang melibatkan kompleks enzim yang terdapat pada membran bagian dalam mitokondria. Proses pembentukan ATP melibatkan proses transpor elektron dengan bantuan empat kompleks enzim, yang terdiri dari kompleks I (NADH dehidrogenase), kompleks II (suksinat dehidrogenase), kompleks III (koenzim Q sitokrom C reduktase), kompleks IV (sitokrom oksidase), dan juga dengan bantuan FoF1 ATP Sintase dan Adenine Nucleotide Translocator (ANT)[5].

Siklus Hidup Mitokondria
Mitokondria dapat melakukan replikasi secara mandiri (self replicating) seperti sel bakteri. Replikasi terjadi apabila mitokondria ini menjadi terlalu besar sehingga melakukan pemecahan (fission). Pada awalnya sebelum mitokondria bereplikasi, terlebih dahulu dilakukan replikasi DNA mitokondria. Proses ini dimulai dari pembelahan pada bagian dalam yang kemudian diikuti pembelahan pada bagian luar. Proses ini melibatkan pengkerutan bagian dalam dan kemudian bagian luar membran seperti ada yang menjepit mitokondria. Kemudian akan terjadi pemisahan dua bagian mitokondria[6].

DNA mitokondria
Mitokondria memiliki DNA tersendiri, yang dikenal sebagai mtDNA (Ing. mitochondrial DNA). MtDNA berpilin ganda, sirkular, dan tidak terlindungi membran (prokariotik). Karena memiliki ciri seperti DNA bakteri, perkembangan teori yang dianut cukup luas , yang menyatakan bahwa mitokondria dulunya merupakan makhluk hidup independen yang kemudian bersimbiosis dengan organisme eukariotik. Teori ini dikenal dengan teori endosimbion. Pada makhluk tingkat tinggi, DNA mitokondria yang diturunkan kepada anaknya hanya berasal dari betinanya saja (mitokondria sel telur). Mitokondria jantan tidak ikut masuk ke dalam sel telur karena letaknya yang berada di ekor sperma. Ekor sperma tidak ikut masuk ke dalam sel telur sehingga DNA mitokondria jantan tidak diturunkan.
Dalam organisme multiseluler kebanyakan, mtDNA diwariskan dari ibu (maternal diwariskan). Mekanisme ini termasuk pengenceran sederhana (telur mengandung 100.000 hingga 1.000.000 molekul mtDNA, sedangkan sperma mengandung hanya 100 sampai 1000), degradasi mtDNA sperma pada sel telur dibuahi, dan, setidaknya dalam beberapa organisme, kegagalan mtDNA sperma untuk masuk telur. Apapun mekanismenya, ini orang tua pola (uniparental) tunggal warisan mtDNA ditemukan dalam kebanyakan hewan, tanaman yang paling dan jamur juga.

warisan betina
Dalam reproduksi seksual, mitokondria biasanya diwariskan secara eksklusif dari ibunya. Mitokondria dalam sperma mamalia biasanya dihancurkan oleh sel telur setelah pembuahan. Juga, sebagian besar mitokondria hadir pada pangkal ekor sperma, yang digunakan untuk mendorong sel-sel sperma. Kadang-kadang ekor hilang selama pembuahan. Pada tahun 1999 dilaporkan bahwa sperma ayah mitokondria (mtDNA mengandung) yang ditandai dengan ubiquitin untuk memilih mereka untuk penghancuran nanti di dalam embrio. [5] Beberapa teknik fertilisasi in vitro, terutama menyuntikkan sperma ke dalam oosit, dapat mengganggu ini.
saya ingin mencoba menjawab senior semua...mungkin maksudnya begini :
1. dahulu konon mitokondria adalah suatu makhluk hidup sendiri seukuran bakteri yang bersimbiosis ( bersatu dan saling membangun ) dengan makhluk hidup eukariotika ( dalam hal ini hewan, tumbuhan, jamur, protozoa, manusia ). jadi mitokondria bersatu dan membentuk tubuh kita, dalam hal ini tugas mitokondria untuk pernafasan dan menghasilkan adenosin triphospat (ATP) yang berguna untuk tenaga dalam hal ini tenaga sel.
2. dalam hal breeding, semua hal ini diturunkan dan memang mitokondria secara teori disebutkan diturunkan oleh betina. tetapi untuk menghasilkan suatu keturunan pastilah ada kombinasi dari jantan dan betina, dan mitokondria pun punya DNA yang bisa diturunkan. biar ga bingung dalam hal breeding antara jantan dan betina punya porsi yang sama, tinggal secara penampilan saja mana yang dominan apakah menurut si pacek atau si babon, tetapi TETAP secara genetik anakan tersebut punya kromosom babon dan paceknya. kesimpulannya tidak hanya mitokondria yang berperan dalam menurunkan suatu sifat dan penampilan keturunan tetapi kombinasi kompleks dari dua kromoson dan gen antara Pacek & Babon yang termasuk di dalamnya mitokondria tersebut, karena mitokondria bagian dari sel dan dan dari milyaran sel terbangun bagaimana wujud kita saat ini. kira - kira begini simplenya : (Gen & kromosom) -> sel -> organ -> sistem Organ -> Makhluk Hidup. [i]
bisa dibaca di http://id.wikipedia.org/wiki/Mitokondria
http://id.wikipedia.org/wiki/Simbiosis
http://id.wikipedia.org/wiki/Eukariotik
mohon maaf kalo ada salah senior semua, mohon koreksinya.
salam....

thumper225
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 282
Join date : 02.11.12
Age : 30
Lokasi : Kandang : Pekanbaru (Riau), Padang(Sumbar)

Kembali Ke Atas Go down

Re: MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Post  tetep.teges on Fri 08 Mar 2013, 23:15

thumper225 wrote:
NUR WAKHID wrote:Fungsi mitokondria
Peran utama mitokondria adalah sebagai pabrik energi sel yang menghasilkan energi dalam bentuk ATP. Metabolisme karbohidrat akan berakhir di mitokondria ketika piruvat di transpor dan dioksidasi oleh O2 menjadi CO2 dan air. Energi yang dihasilkan sangat efisien yaitu sekitar tiga puluh molekul ATP yang diproduksi untuk setiap molekul glukosa yang dioksidasi, sedangkan dalam proses glikolisis hanya dihasilkan dua molekul ATP. Proses pembentukan energi atau dikenal sebagai fosforilasi oksidatif terdiri atas lima tahapan reaksi enzimatis yang melibatkan kompleks enzim yang terdapat pada membran bagian dalam mitokondria. Proses pembentukan ATP melibatkan proses transpor elektron dengan bantuan empat kompleks enzim, yang terdiri dari kompleks I (NADH dehidrogenase), kompleks II (suksinat dehidrogenase), kompleks III (koenzim Q sitokrom C reduktase), kompleks IV (sitokrom oksidase), dan juga dengan bantuan FoF1 ATP Sintase dan Adenine Nucleotide Translocator (ANT)[5].

Siklus Hidup Mitokondria
Mitokondria dapat melakukan replikasi secara mandiri (self replicating) seperti sel bakteri. Replikasi terjadi apabila mitokondria ini menjadi terlalu besar sehingga melakukan pemecahan (fission). Pada awalnya sebelum mitokondria bereplikasi, terlebih dahulu dilakukan replikasi DNA mitokondria. Proses ini dimulai dari pembelahan pada bagian dalam yang kemudian diikuti pembelahan pada bagian luar. Proses ini melibatkan pengkerutan bagian dalam dan kemudian bagian luar membran seperti ada yang menjepit mitokondria. Kemudian akan terjadi pemisahan dua bagian mitokondria[6].

DNA mitokondria
Mitokondria memiliki DNA tersendiri, yang dikenal sebagai mtDNA (Ing. mitochondrial DNA). MtDNA berpilin ganda, sirkular, dan tidak terlindungi membran (prokariotik). Karena memiliki ciri seperti DNA bakteri, perkembangan teori yang dianut cukup luas , yang menyatakan bahwa mitokondria dulunya merupakan makhluk hidup independen yang kemudian bersimbiosis dengan organisme eukariotik. Teori ini dikenal dengan teori endosimbion. Pada makhluk tingkat tinggi, DNA mitokondria yang diturunkan kepada anaknya hanya berasal dari betinanya saja (mitokondria sel telur). Mitokondria jantan tidak ikut masuk ke dalam sel telur karena letaknya yang berada di ekor sperma. Ekor sperma tidak ikut masuk ke dalam sel telur sehingga DNA mitokondria jantan tidak diturunkan.
Dalam organisme multiseluler kebanyakan, mtDNA diwariskan dari ibu (maternal diwariskan). Mekanisme ini termasuk pengenceran sederhana (telur mengandung 100.000 hingga 1.000.000 molekul mtDNA, sedangkan sperma mengandung hanya 100 sampai 1000), degradasi mtDNA sperma pada sel telur dibuahi, dan, setidaknya dalam beberapa organisme, kegagalan mtDNA sperma untuk masuk telur. Apapun mekanismenya, ini orang tua pola (uniparental) tunggal warisan mtDNA ditemukan dalam kebanyakan hewan, tanaman yang paling dan jamur juga.

warisan betina
Dalam reproduksi seksual, mitokondria biasanya diwariskan secara eksklusif dari ibunya. Mitokondria dalam sperma mamalia biasanya dihancurkan oleh sel telur setelah pembuahan. Juga, sebagian besar mitokondria hadir pada pangkal ekor sperma, yang digunakan untuk mendorong sel-sel sperma. Kadang-kadang ekor hilang selama pembuahan. Pada tahun 1999 dilaporkan bahwa sperma ayah mitokondria (mtDNA mengandung) yang ditandai dengan ubiquitin untuk memilih mereka untuk penghancuran nanti di dalam embrio. [5] Beberapa teknik fertilisasi in vitro, terutama menyuntikkan sperma ke dalam oosit, dapat mengganggu ini.
saya ingin mencoba menjawab senior semua...mungkin maksudnya begini :
1. dahulu konon mitokondria adalah suatu makhluk hidup sendiri seukuran bakteri yang bersimbiosis ( bersatu dan saling membangun ) dengan makhluk hidup eukariotika ( dalam hal ini hewan, tumbuhan, jamur, protozoa, manusia ). jadi mitokondria bersatu dan membentuk tubuh kita, dalam hal ini tugas mitokondria untuk pernafasan dan menghasilkan adenosin triphospat (ATP) yang berguna untuk tenaga dalam hal ini tenaga sel.
2. dalam hal breeding, semua hal ini diturunkan dan memang mitokondria secara teori disebutkan diturunkan oleh betina. tetapi untuk menghasilkan suatu keturunan pastilah ada kombinasi dari jantan dan betina, dan mitokondria pun punya DNA yang bisa diturunkan. biar ga bingung dalam hal breeding antara jantan dan betina punya porsi yang sama, tinggal secara penampilan saja mana yang dominan apakah menurut si pacek atau si babon, tetapi TETAP secara genetik anakan tersebut punya kromosom babon dan paceknya. kesimpulannya tidak hanya mitokondria yang berperan dalam menurunkan suatu sifat dan penampilan keturunan tetapi kombinasi kompleks dari dua kromoson dan gen antara Pacek & Babon yang termasuk di dalamnya mitokondria tersebut, karena mitokondria bagian dari sel dan dan dari milyaran sel terbangun bagaimana wujud kita saat ini. kira - kira begini simplenya : (Gen & kromosom) -> sel -> organ -> sistem Organ -> Makhluk Hidup. [i]
bisa dibaca di http://id.wikipedia.org/wiki/Mitokondria
http://id.wikipedia.org/wiki/Simbiosis
http://id.wikipedia.org/wiki/Eukariotik
mohon maaf kalo ada salah senior semua, mohon koreksinya.
salam....

tetep butuh cerebrovit sak galon untuk mengerti.

tetep.teges
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 466
Join date : 05.10.11
Age : 40
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Post  karagan on Sat 09 Mar 2013, 15:12

Waduh...nyerah dech ilmunya cm nyampe kandang ayam

karagan
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 87
Join date : 14.12.11
Lokasi : Bumi Allah

Kembali Ke Atas Go down

Re: MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Post  thumper225 on Sun 10 Mar 2013, 09:50

karagan wrote:Waduh...nyerah dech ilmunya cm nyampe kandang ayam
kalo menurut saya bahasan ini sebagai bahan bacaan dan pembuka wacana breeding saja, tetap yg ideal dan bisa kita lakukan cara konvensional menyilangkan dua ekor ayam dan di kawinkan lg secara alami, seperti yang Mas Admin bilang tinggal pilih Pacek dan Babon sesuai selera kita permainan nya dan seleksi anakan saat mereka usia lancuran atau sudah berani ayam.
salam.....

thumper225
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 282
Join date : 02.11.12
Age : 30
Lokasi : Kandang : Pekanbaru (Riau), Padang(Sumbar)

Kembali Ke Atas Go down

Re: MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Post  gusta0211 on Tue 12 Mar 2013, 19:46

Info yang mantap sekali, walaupun ilmu ternaknya g'sampai sini.. hehehe Embarassed Very Happy

gusta0211
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 931
Join date : 19.09.12
Lokasi : Mojokerto, pin BB: 51925379, Telp: 08980020421

Kembali Ke Atas Go down

Re: MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Post  paracetamol on Thu 14 Mar 2013, 23:48

Apa gampangnya kalau ingin ayam yg ( sistim pengolahan energi baik) mesti cari indukan yg sistim pengelolaan energi baik, tetapi perlu diingat untuk pembentukan energi masih ada faktor lain yg berpengaruh, misalnya asupan oksigen yg adequat, jadi untuk crossbreeding saya pribadi belum bisa menyimpulkan apakah pengaruh mitokondria sangat besar pada hasil ternakan tsb.

paracetamol
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1325
Join date : 23.01.12
Lokasi : west borneo

Kembali Ke Atas Go down

Re: MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Post  didiw on Fri 15 Mar 2013, 00:30

jujurrrrr...... Ini ilmu bagus Smile
Tp jujurrrrr juga aku ga mudeng blas sbb ilmune belum nyampe Razz kekekkekeke

Mungkin yg senior senior ahli breeding papaji bisa membuat simple bahasannya di sertai contoh contohnya Wink

didiw
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 880
Join date : 03.01.12
Age : 39
Lokasi : Surabaya Pin BB 3276FFBB

Kembali Ke Atas Go down

Re: MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Post  Tengu on Sat 16 Mar 2013, 18:10

Silahkan di telaah berdasarkan kemampuan otak masing masing pirat

Tengu
kopral
kopral

Jumlah posting : 36
Join date : 22.12.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Post  NUR WAKHID on Tue 19 Mar 2013, 16:20

NUR WAKHID wrote:[
DNA mitokondria
Mitokondria memiliki DNA tersendiri, yang dikenal sebagai mtDNA (Ing. mitochondrial DNA). MtDNA berpilin ganda, sirkular, dan tidak terlindungi membran (prokariotik). Karena memiliki ciri seperti DNA bakteri, perkembangan teori yang dianut cukup luas , yang menyatakan bahwa mitokondria dulunya merupakan makhluk hidup independen yang kemudian bersimbiosis dengan organisme eukariotik. Teori ini dikenal dengan teori endosimbion. Pada makhluk tingkat tinggi, DNA mitokondria yang diturunkan kepada anaknya hanya berasal dari betinanya saja (mitokondria sel telur). Mitokondria jantan tidak ikut masuk ke dalam sel telur karena letaknya yang berada di ekor sperma. Ekor sperma tidak ikut masuk ke dalam sel telur sehingga DNA mitokondria jantan tidak diturunkan.
Dalam organisme multiseluler kebanyakan, mtDNA diwariskan dari ibu (maternal diwariskan). Mekanisme ini termasuk pengenceran sederhana (telur mengandung 100.000 hingga 1.000.000 molekul mtDNA, sedangkan sperma mengandung hanya 100 sampai 1000), degradasi mtDNA sperma pada sel telur dibuahi, dan, setidaknya dalam beberapa organisme, kegagalan mtDNA sperma untuk masuk telur. Apapun mekanismenya, ini orang tua pola (uniparental) tunggal warisan mtDNA ditemukan dalam kebanyakan hewan, tanaman yang paling dan jamur juga.

warisan betina
Dalam reproduksi seksual, mitokondria biasanya diwariskan secara eksklusif dari ibunya. Mitokondria dalam sperma mamalia biasanya dihancurkan oleh sel telur setelah pembuahan. Juga, sebagian besar mitokondria hadir pada pangkal ekor sperma, yang digunakan untuk mendorong sel-sel sperma. Kadang-kadang ekor hilang selama pembuahan. Pada tahun 1999 dilaporkan bahwa sperma ayah mitokondria (mtDNA mengandung) yang ditandai dengan ubiquitin untuk memilih mereka untuk penghancuran nanti di dalam embrio. [5] Beberapa teknik fertilisasi in vitro, terutama menyuntikkan sperma ke dalam oosit, dapat mengganggu ini.

main tebak-tebak aja, saya suka crossing ayam aneh2 n yang mati ukuran tapi tarian bagus, nah untuk power n daya tahannya pake babon yang tahan segala-galanya, alias ayam trah menang, harapannya dari gen mitokondria ini, gmana rekan2.

NUR WAKHID
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 676
Join date : 06.04.11
Age : 43
Lokasi : Bantul Yogyakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Post  slammy on Tue 19 Mar 2013, 19:42

NUR WAKHID wrote:Fungsi mitokondria
Peran utama mitokondria adalah sebagai pabrik energi sel yang menghasilkan energi dalam bentuk ATP. Metabolisme karbohidrat akan berakhir di mitokondria ketika piruvat di transpor dan dioksidasi oleh O2 menjadi CO2 dan air. Energi yang dihasilkan sangat efisien yaitu sekitar tiga puluh molekul ATP yang diproduksi untuk setiap molekul glukosa yang dioksidasi, sedangkan dalam proses glikolisis hanya dihasilkan dua molekul ATP. Proses pembentukan energi atau dikenal sebagai fosforilasi oksidatif terdiri atas lima tahapan reaksi enzimatis yang melibatkan kompleks enzim yang terdapat pada membran bagian dalam mitokondria. Proses pembentukan ATP melibatkan proses transpor elektron dengan bantuan empat kompleks enzim, yang terdiri dari kompleks I (NADH dehidrogenase), kompleks II (suksinat dehidrogenase), kompleks III (koenzim Q sitokrom C reduktase), kompleks IV (sitokrom oksidase), dan juga dengan bantuan FoF1 ATP Sintase dan Adenine Nucleotide Translocator (ANT)[5].

Siklus Hidup Mitokondria
Mitokondria dapat melakukan replikasi secara mandiri (self replicating) seperti sel bakteri. Replikasi terjadi apabila mitokondria ini menjadi terlalu besar sehingga melakukan pemecahan (fission). Pada awalnya sebelum mitokondria bereplikasi, terlebih dahulu dilakukan replikasi DNA mitokondria. Proses ini dimulai dari pembelahan pada bagian dalam yang kemudian diikuti pembelahan pada bagian luar. Proses ini melibatkan pengkerutan bagian dalam dan kemudian bagian luar membran seperti ada yang menjepit mitokondria. Kemudian akan terjadi pemisahan dua bagian mitokondria[6].

DNA mitokondria
Mitokondria memiliki DNA tersendiri, yang dikenal sebagai mtDNA (Ing. mitochondrial DNA). MtDNA berpilin ganda, sirkular, dan tidak terlindungi membran (prokariotik). Karena memiliki ciri seperti DNA bakteri, perkembangan teori yang dianut cukup luas , yang menyatakan bahwa mitokondria dulunya merupakan makhluk hidup independen yang kemudian bersimbiosis dengan organisme eukariotik. Teori ini dikenal dengan teori endosimbion. Pada makhluk tingkat tinggi, DNA mitokondria yang diturunkan kepada anaknya hanya berasal dari betinanya saja (mitokondria sel telur). Mitokondria jantan tidak ikut masuk ke dalam sel telur karena letaknya yang berada di ekor sperma. Ekor sperma tidak ikut masuk ke dalam sel telur sehingga DNA mitokondria jantan tidak diturunkan.
Dalam organisme multiseluler kebanyakan, mtDNA diwariskan dari ibu (maternal diwariskan). Mekanisme ini termasuk pengenceran sederhana (telur mengandung 100.000 hingga 1.000.000 molekul mtDNA, sedangkan sperma mengandung hanya 100 sampai 1000), degradasi mtDNA sperma pada sel telur dibuahi, dan, setidaknya dalam beberapa organisme, kegagalan mtDNA sperma untuk masuk telur. Apapun mekanismenya, ini orang tua pola (uniparental) tunggal warisan mtDNA ditemukan dalam kebanyakan hewan, tanaman yang paling dan jamur juga.

warisan betina
Dalam reproduksi seksual, mitokondria biasanya diwariskan secara eksklusif dari ibunya. Mitokondria dalam sperma mamalia biasanya dihancurkan oleh sel telur setelah pembuahan. Juga, sebagian besar mitokondria hadir pada pangkal ekor sperma, yang digunakan untuk mendorong sel-sel sperma. Kadang-kadang ekor hilang selama pembuahan. Pada tahun 1999 dilaporkan bahwa sperma ayah mitokondria (mtDNA mengandung) yang ditandai dengan ubiquitin untuk memilih mereka untuk penghancuran nanti di dalam embrio. [5] Beberapa teknik fertilisasi in vitro, terutama menyuntikkan sperma ke dalam oosit, dapat mengganggu ini.

beberapa hari lalu nonton tayangan Discovery Channel ttg ulasan kejadian2 kriminal yg kebetulan episode mengenai pembunuhan yg pembuktian menggunakan dukungan uji DNA. Jadi uji DNA itu ada 2 yaitu nucleotid DNA dan mitochondrial DNA. Nah pengujian sampai kepada mitochondrial DNA yang menurut tayangan tsb merupakan uji DNA yg paling akurat sampai saat ini karena dr sampel yg diambil di TKP dapat dipastikan sampel jaringan tsb berasal dr individu spesifik dan bukan dari relative (keluarga) korban saja.

kalau lihat ulasan di atas, sy cuma menebalkan fungsi dan sifat dari mitochondrial DNA saja. kalau menurut ulasan tsb maka mitochondrial DNA akan lebih diwariskan oleh betina daripada jantan (1.000.000 berbanding 1.000). sementara kalau melihat fungsinya mitokondria merupakan pabrik energi bagi sel-sel tubuh (dalam bentuk ATP/Adenosin Triphosphate).

maka relevansinya bagi peternak khususnya ayam aduan adalah.......jadi dilihat dr fungsinya dulu yah, hehehe, saya juga ngga tau bener atau ngganya, kurang lebih analoginya seperti ini :

Mitochondrial DNA = Pabrik energi = kurang lebih akan berkorelasi dengan potensi stamina dan power dari ayam aduan

Mitochondrial DNA = hampir absolut (1000 : 1) bahwa DNA ini diwariskan dari betina

Aplikasinya...peternak juga perlu melakukan seleksi betina yang akan dipakai ternak, khususnya untuk melihat stamina dan power = endurance babon dalam bertarung dan power pukulan babon.

Agak ngeri juga kalau seleksi babon ditarungkan sampai beberapa air yah, hehehehe, ya tapi begitulah kira2 pandangan saya, mohon dikoreksi... Very Happy Very Happy Very Happy

slammy
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 650
Join date : 17.01.12
Lokasi : Kebon Jeruk, Jakbar

Kembali Ke Atas Go down

Re: MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Post  Cah_Erap on Wed 20 Mar 2013, 08:02

NUR WAKHID wrote:Fungsi mitokondria
Peran utama mitokondria adalah sebagai pabrik energi sel yang menghasilkan energi dalam bentuk ATP. Metabolisme karbohidrat akan berakhir di mitokondria ketika piruvat di transpor dan dioksidasi oleh O2 menjadi CO2 dan air. Energi yang dihasilkan sangat efisien yaitu sekitar tiga puluh molekul ATP yang diproduksi untuk setiap molekul glukosa yang dioksidasi, sedangkan dalam proses glikolisis hanya dihasilkan dua molekul ATP. Proses pembentukan energi atau dikenal sebagai fosforilasi oksidatif terdiri atas lima tahapan reaksi enzimatis yang melibatkan kompleks enzim yang terdapat pada membran bagian dalam mitokondria. Proses pembentukan ATP melibatkan proses transpor elektron dengan bantuan empat kompleks enzim, yang terdiri dari kompleks I (NADH dehidrogenase), kompleks II (suksinat dehidrogenase), kompleks III (koenzim Q sitokrom C reduktase), kompleks IV (sitokrom oksidase), dan juga dengan bantuan FoF1 ATP Sintase dan Adenine Nucleotide Translocator (ANT)[5].

Siklus Hidup Mitokondria
Mitokondria dapat melakukan replikasi secara mandiri (self replicating) seperti sel bakteri. Replikasi terjadi apabila mitokondria ini menjadi terlalu besar sehingga melakukan pemecahan (fission). Pada awalnya sebelum mitokondria bereplikasi, terlebih dahulu dilakukan replikasi DNA mitokondria. Proses ini dimulai dari pembelahan pada bagian dalam yang kemudian diikuti pembelahan pada bagian luar. Proses ini melibatkan pengkerutan bagian dalam dan kemudian bagian luar membran seperti ada yang menjepit mitokondria. Kemudian akan terjadi pemisahan dua bagian mitokondria[6].

DNA mitokondria
Mitokondria memiliki DNA tersendiri, yang dikenal sebagai mtDNA (Ing. mitochondrial DNA). MtDNA berpilin ganda, sirkular, dan tidak terlindungi membran (prokariotik). Karena memiliki ciri seperti DNA bakteri, perkembangan teori yang dianut cukup luas , yang menyatakan bahwa mitokondria dulunya merupakan makhluk hidup independen yang kemudian bersimbiosis dengan organisme eukariotik. Teori ini dikenal dengan teori endosimbion. Pada makhluk tingkat tinggi, DNA mitokondria yang diturunkan kepada anaknya hanya berasal dari betinanya saja (mitokondria sel telur). Mitokondria jantan tidak ikut masuk ke dalam sel telur karena letaknya yang berada di ekor sperma. Ekor sperma tidak ikut masuk ke dalam sel telur sehingga DNA mitokondria jantan tidak diturunkan.
Dalam organisme multiseluler kebanyakan, mtDNA diwariskan dari ibu (maternal diwariskan). Mekanisme ini termasuk pengenceran sederhana (telur mengandung 100.000 hingga 1.000.000 molekul mtDNA, sedangkan sperma mengandung hanya 100 sampai 1000), degradasi mtDNA sperma pada sel telur dibuahi, dan, setidaknya dalam beberapa organisme, kegagalan mtDNA sperma untuk masuk telur. Apapun mekanismenya, ini orang tua pola (uniparental) tunggal warisan mtDNA ditemukan dalam kebanyakan hewan, tanaman yang paling dan jamur juga.

warisan betina
Dalam reproduksi seksual, mitokondria biasanya diwariskan secara eksklusif dari ibunya. Mitokondria dalam sperma mamalia biasanya dihancurkan oleh sel telur setelah pembuahan. Juga, sebagian besar mitokondria hadir pada pangkal ekor sperma, yang digunakan untuk mendorong sel-sel sperma. Kadang-kadang ekor hilang selama pembuahan. Pada tahun 1999 dilaporkan bahwa sperma ayah mitokondria (mtDNA mengandung) yang ditandai dengan ubiquitin untuk memilih mereka untuk penghancuran nanti di dalam embrio. [5] Beberapa teknik fertilisasi in vitro, terutama menyuntikkan sperma ke dalam oosit, dapat mengganggu ini.


hhhmmmmm... mungkin ini alasan logis dr botoh2 jaman dulu agar jgn sampek melepas babon u/ dijual... well, who knows??

Cah_Erap
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 148
Join date : 19.03.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: MITOKONDRIA DNA, TEORI BAGUS CROSS BREEDING.

Post  Sponsored content Today at 18:53


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik