tanya tentang babon

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

tanya tentang babon

Post  Dimas on Thu 14 Mar 2013, 10:51

ayam babon saya dirumah ndak mau dikawinin sama ayam jantan akhirnya saya kawin dodokan dengan ayam jantan saya dan akhirnya ayam babon bertelur,
tapi skrg yang jadi masalah ayam babon itu ndak mau ngeram & bertelurnya itu sembarangan padahal sudah saya taruh kandang yang ada taranganya
pertanyaan saya gimana caranya agar ayam babonq bisa nelor dan ngeram
mohon pencerahan dari mas2 senior

Dimas
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 151
Join date : 22.10.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: tanya tentang babon

Post  Kembangsawit on Thu 14 Mar 2013, 10:55

Dimas wrote:ayam babon saya dirumah ndak mau dikawinin sama ayam jantan akhirnya saya kawin dodokan dengan ayam jantan saya dan akhirnya ayam babon bertelur,
tapi skrg yang jadi masalah ayam babon itu ndak mau ngeram & bertelurnya itu sembarangan padahal sudah saya taruh kandang yang ada taranganya
pertanyaan saya gimana caranya agar ayam babonq bisa nelor dan ngeram
mohon pencerahan dari mas2 senior

kalau saya dirumah,,,babon yang seperti itu..saya tutupi saat dia bertelor disuatu tempat,,ya paling lama 3hari aku tutupi atasnya...entah pakai ceting, atau ember atau apa saja yang fungsinya tuh babon biar diem ditempat dulu dan hafal dimana bertelurnya...

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: tanya tentang babon

Post  Dimas on Thu 14 Mar 2013, 16:16

hah?
klo makani ayame gmn mas?
terus apa ayame ndak stress klo di gtuin?

Dimas
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 151
Join date : 22.10.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: tanya tentang babon

Post  cak nur on Thu 14 Mar 2013, 21:11

Dimas wrote:hah?
klo makani ayame gmn mas?
terus apa ayame ndak stress klo di gtuin?

Biasanya itu dilakukan oleh babon muda....
Nanti lama lama juga normal kok mas,.. nyantai saja...

Tapi kalo dapatnya sudah tua,.. atau STW,.. mungkin karena adaptasi....

cak nur
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 2502
Join date : 10.02.10
Age : 49
Lokasi : PASURUAN. 085204243643 / 085785628857

Kembali Ke Atas Go down

Re: tanya tentang babon

Post  Dimas on Fri 15 Mar 2013, 10:07

babon saya kira2 umur 8bulanan cak nur

Dimas
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 151
Join date : 22.10.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: tanya tentang babon

Post  Kembangsawit on Fri 15 Mar 2013, 10:20

Dimas wrote:hah?
klo makani ayame gmn mas?
terus apa ayame ndak stress klo di gtuin?

ga bakalan stres ayamnya...malah dia akan merasa nyaman karena suasana yang sepi tidak terlihat dari semua sudut pandang mata ayam tersebut...kasih aja pakan jagung atau beras masukan kedalam tempat itu..sedikit aja biar ga berak banyak....mau ayam tua atau muda kalau kondisi nelor disembarang tempat..cara paling ampuh dari nnek moyang sudah seperti itu mas...selamat mencoba

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: tanya tentang babon

Post  cak nur on Fri 15 Mar 2013, 19:28

Dimas wrote:babon saya kira2 umur 8bulanan cak nur

Berarti bener,.. masih muda,. masih belajar nelor mas...
Nyantai saja,.. gak perlu bingung,.. nanti juga bisa adaptasi dan nelor ditempat yang disediakan...
Ada lagi hal lain,..
Biasanya itu dilakukan bila dalam 1 kandang ada beberapa babon lain... karena biasanya yang lebih tua yang sering ngrusuhi,.. kalo ada ayam lain yang mo nelor...
Jadi babon muda tersebut setiap mo nelor ke petarangan biasanya selalu diganggu oleh babon lain,.. sehingga pada saat telor harus keluar,.. dia belum sempat menyesuaikan dengan tempat nelornya...
Ada cara lain, tapi makan tempat,.. yaitu memisahkan babon muda tersebut sendiri dengan pejantan sendiri... (tanpa pejantan juga bisa sebenarnya...)

selamat mencoba... Very Happy
salam sharing

cak nur
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 2502
Join date : 10.02.10
Age : 49
Lokasi : PASURUAN. 085204243643 / 085785628857

Kembali Ke Atas Go down

Re: tanya tentang babon

Post  Dimas on Sat 16 Mar 2013, 15:50

terima kasih masukanya mas" senior nanti bakal saya coba Laughing Laughing

Dimas
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 151
Join date : 22.10.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: tanya tentang babon

Post  Sponsored content Today at 17:13


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik