Macam Ayam Aduan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Macam Ayam Aduan

Post  Kembangsawit on Fri 26 Apr 2013, 09:04

salam berbagi:

berdasarkan karakteristik ayam aduan ada 2 macam yaitu : ayam aduan jalu dan ayam aduan pukul.

1. Ayam Jalu
bertarung dengan gaya sluger ( mengandalkan kelincahan dan kegesitannya )
siap bertarung pada usia 18 bulan. ciri-ciri utama fisiknya :
  • bentuk kepala kecil agak panjang dengan jengger lentur dan lebih tipis.
  • biji mata kecil, bundar dan agak masuk kedalam
  • bentuk paruh agak panjang dan kuat
  • tubuh sedikit ramping, leher agak panjang
  • pergelangan kaki kecil bulat rotan dan kering
  • jalu atau taji bisa 1 cm - 2 cm terletak dekat dengan jari kelingking dan searah jari luar
  • bulu pada tubuh serta ekornya lebat


2. Ayam Pukul
bertarung dengan gaya fighter, lebih agresif dalam menghadapi lawan. siap bertarung pada usia 12 bulan.
  • bentuk kepala agak besar jengger kecil dan kaku
  • tulang alis menonjol dan paruh agak pendek dan kokoh
  • tubuh kekar dan besar dengan tulangan yang kuat dan kokoh
  • bulu lebat dan kaku
  • otot kaki,leher,bahu,sayap kuat besar dan kokoh
  • ruas kaki kurang teratur namun kokoh
  • tidak terdapat jalu atau taji yang panjang, karena rata-rata hanya benjolan saja


semoga berguna

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam Ayam Aduan

Post  Administrator on Fri 26 Apr 2013, 09:59

Kembangsawit wrote:
1. Ayam Jalu
bertarung dengan gaya sluger ( mengandalkan kelincahan dan kegesitannya )
siap bertarung pada usia 18 bulan. ciri-ciri utama fisiknya :
  • bentuk kepala kecil agak panjang dengan jengger lentur dan lebih tipis.
  • biji mata kecil, bundar dan agak masuk kedalam
  • bentuk paruh agak panjang dan kuat
  • tubuh sedikit ramping, leher agak panjang
  • pergelangan kaki kecil bulat rotan dan kering
  • bulu pada tubuh serta ekornya lebat

Bagaimana kalau ciri2 seperti diatas, tapi jalunya kumet alias tidak tumbuh?
Apa disebut ayam jalu juga?

Kembangsawit wrote:
2. Ayam Pukul
bertarung dengan gaya fighter, lebih agresif dalam menghadapi lawan. siap bertarung pada usia 12 bulan.
  • bentuk kepala agak besar jengger kecil dan kaku
  • tulang alis menonjol dan paruh agak pendek dan kokoh
  • tubuh kekar dan besar dengan tulangan yang kuat dan kokoh
  • bulu lebat dan kaku
  • otot kaki,leher,bahu,sayap kuat besar dan kokoh
[list][*]ruas kaki kurang teratur namun kokoh
Bagaimana kalau seperti ciri2 tsb, tapi jalunya tumbuh panjang?
Apa tetap disebut ayam pukul?

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam Ayam Aduan

Post  Kembangsawit on Fri 26 Apr 2013, 10:08

Administrator wrote:
Kembangsawit wrote:
1. Ayam Jalu
bertarung dengan gaya sluger ( mengandalkan kelincahan dan kegesitannya )
siap bertarung pada usia 18 bulan. ciri-ciri utama fisiknya :
  • bentuk kepala kecil agak panjang dengan jengger lentur dan lebih tipis.
  • biji mata kecil, bundar dan agak masuk kedalam
  • bentuk paruh agak panjang dan kuat
  • tubuh sedikit ramping, leher agak panjang
  • pergelangan kaki kecil bulat rotan dan kering
  • bulu pada tubuh serta ekornya lebat

Bagaimana kalau ciri2 seperti diatas, tapi jalunya kumet alias tidak tumbuh?
Apa disebut ayam jalu juga?
Kembangsawit wrote:
menurut saya: ciri2 fisik sebagai penunjang kinerja ayam tersebut, jikamana ada ayam dengan prediksi tarung sebagai penjalu dan ternyata jalu tidak bisa panjang, bisa saja tetap dikatakan sebagai ayam jalu ( kalau dikalangan bisa saja diberikan dengan taji pasangan bentuk jalu 2cm, karena memang itu senjata utamanya ).

Kembangsawit wrote:
2. Ayam Pukul
bertarung dengan gaya fighter, lebih agresif dalam menghadapi lawan. siap bertarung pada usia 12 bulan.
  • bentuk kepala agak besar jengger kecil dan kaku
  • tulang alis menonjol dan paruh agak pendek dan kokoh
  • tubuh kekar dan besar dengan tulangan yang kuat dan kokoh
  • bulu lebat dan kaku
  • otot kaki,leher,bahu,sayap kuat besar dan kokoh
[list][*]ruas kaki kurang teratur namun kokoh
Bagaimana kalau seperti ciri2 tsb, tapi jalunya tumbuh panjang?
Apa tetap disebut ayam pukul?
Kembangsawit wrote:
kasus ini juga hampir sama dengan kinerja ayam diatas. jika prediksi ayam sebagai ayam pukul dan bilamana ayam tersebut tumbuh jalu maka alternatifnya adalah jalu dipotong untuk menunjang ayam tersebut dalam bertarung. semoga penjelasan saya bisa diterima maaf jika kurang baik mohon koreksinya Very Happy

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam Ayam Aduan

Post  Administrator on Fri 26 Apr 2013, 10:31

Kalau pakai pasang dan lepas jalu, itu artinya sudah direkayasa manusia donk... Ciri diatas yg ditulis mas KS tidak bisa jadi patokan.

Bagaimana bila :
Waktu muda (blm berjalu) menang sekian kali, setelah mabung tumbuh jalu tajam (menang sekian kali), ini disebut ayam jalu atau pukul ?


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam Ayam Aduan

Post  Kembangsawit on Fri 26 Apr 2013, 10:41

Administrator wrote:Kalau pakai pasang dan lepas jalu, itu artinya sudah direkayasa manusia donk... Ciri diatas yg ditulis mas KS tidak bisa jadi patokan.

menurut saya mas ary : patokan tersebut bisa dijadikan acuan dalam prediksi tarung ayam tersebut. kalau rekayasa manusia itu terjadi karena sebuah prediksi pola tarung dan kinerja ayam tersebut. penunjang ayam jalu tentunya pada jalu yang aktif jika pun jalu tidak keluar bisa digunakan jalu pasangan.

jika ayam pukul, dan ternyata tumbuh jalu bisa di potong jalunya untuk menunjang kinerja ayam tersebut.
thanks koreksinya

Bagaimana bila :
Waktu muda (blm berjalu) menang sekian kali, setelah mabung tumbuh jalu tajam (menang sekian kali), ini disebut ayam jalu atau pukul ?

kasus yang mas ary sebutkan adalah contoh salah satu kasus saja, belum berjalu bisa dibedakan dan sangat terlihat sekali antara jalu kumet, jalu angin, jalu centel, dan jalu panjang, serta jalu dengan poros tebal. jadi biarpun ayam muda jika bakat jalunya sudah terlihat maka jelas sekali dia ayam jalu, dan pola main ayam tersebut apakah ayam aduan dengan senjata utama jalu atau pukulan. thanks atas koreksinya


Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam Ayam Aduan

Post  sugiarto on Fri 26 Apr 2013, 10:54

saya punya ayam muka tipis halus. tapi pukulnya luar biadab. dan setiap ketemu ayam keplek malah menangnya g pernah lama.

dan saya jg punya ayam muka tebal tapi jalunya luar biadab. rekor tercepat 4 menit. itu termasuk dalam buku yang mana?

setiap tulisan KS masih belum bs di buat patokan. ente masih kurang pergaulan, bergaulah minimal di kalangan kecil. lebih bagus lagi ke kalangan minim tretes lah g mana model ayam di sana....

ayam masih kelihatan muda tapi sudah mabung 2 kali, itu menurutmu g mana KS?
salam
berbagi

sugiarto
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 310
Join date : 15.03.12
Lokasi : jl. Jelidro 79 surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam Ayam Aduan

Post  Kembangsawit on Fri 26 Apr 2013, 11:02

sugiarto wrote:saya punya ayam muka tipis halus. tapi pukulnya luar biadab. dan setiap ketemu ayam keplek malah menangnya g pernah lama.

dan saya jg punya ayam muka tebal tapi jalunya luar biadab. rekor tercepat 4 menit. itu termasuk dalam buku yang mana?

setiap tulisan KS masih belum bs di buat patokan. ente masih kurang pergaulan, bergaulah minimal di kalangan kecil. lebih bagus lagi ke kalangan minim tretes lah g mana model ayam di sana....

ayam masih kelihatan muda tapi sudah mabung 2 kali, itu menurutmu g mana KS?
salam
berbagi
versi muka tebal dan tipis memang beragam.

kalau memang begitu selamat anda memiliki ayam yang istimewa dengan jagoannya. ( diharapkan ada video biar buat saya menambah ilmu dari anda ) Very Happy

kalau bergaul wah memang perlu waktu, peluang dan tidak akan pernah surut. terimakasih sarannya

mabung moulting ngurak bodol bisa terjadi karena beberapa faktor dan bakat ayamnya sendiri mungkin salah satunya faktor makanan, cuaca dll makasih koreksinya Very Happy

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam Ayam Aduan

Post  Administrator on Fri 26 Apr 2013, 11:05

Hehehe... Keliatannya mas KS jadi bingung sendiri nih...
Very Happy

Kalau begitu, kenapa harus dibeda2kan ayam jalu atau ayam pukul berdasar ciri fisik?
Waktu muda (tidak berjalu/blm tumbuh), bisa menang.
Setelah mabung (jalu tajam), bisa menang juga.
Apakah ciri fisik ayamnya berubah ?

Kasus lain :
Ayam jalu kumet, sudah menang beberapa kali, kemudian suatu hari pakai jalu pasangan, bisa menang juga.
Atau Ayam berjalu tajam, menang beberapa kali, Setelah mabung jalunya dicopot, ternyata bisa menang juga.

Jadi menurut saya, apapun ciri fisiknya, selama ayam tsb memiliki pukulan yg akurat, silakan dirawat dgn baik. Mau berjalu atau tidak, ngga jadi masalah.
Jalu atau tidak berjalu, itu adlh sebuah pilihan buat si pemiliknya berdasar banyak faktor pertimbangan.
Mau menang cepat? Silakan kasih jalu tapi resiko kalahnya cepat juga dan rusak/cacat.
Tanpa jalu? Mungkin menangnya lebih lama tapi menghindari kalah cepat.

Kalau sy sih, tanpa jalu aja bisa menang, kenapa harus pakai jalu?
(subjektif lho... krn sy tidak suka ayam jalu panjang).
hehehe...


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam Ayam Aduan

Post  Kembangsawit on Fri 26 Apr 2013, 11:13

hehehe..bingung sih tidak bang...

main ayam baik dimanapun berada pasti banyak perbedaan dan kepuasan masing-masing saja.

dan tidak ada pakem yang mengharuskan.

mau main jalu atau adu pukul sama saja. ayam digandengkan dengan seksama.

kalau kontes di papaji tidak ada perbedaan signifikan karena semua tutup jalu.

jadi tidak ada perbedaan sama sekali dari segi senjata ayam tersebut karena menggunakan point yang terkumpul. thanks Very Happy

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam Ayam Aduan

Post  Administrator on Fri 26 Apr 2013, 11:42

Ciri2 ayam seperti yg mas KS tulis diawal topik menurut saya tidak bisa jadi acuan.
Di lapangan, banyak sekali penyimpangan, tidak sesuai dgn apa yg ditulis mas KS.

1. Ayam Jalu
bertarung dengan gaya sluger ( mengandalkan kelincahan dan kegesitannya )
siap bertarung pada usia 18 bulan. ciri-ciri utama fisiknya :
bentuk kepala kecil agak panjang dengan jengger lentur dan lebih tipis.
biji mata kecil, bundar dan agak masuk kedalam
bentuk paruh agak panjang dan kuat
tubuh sedikit ramping, leher agak panjang
pergelangan kaki kecil bulat rotan dan kering
jalu atau taji bisa 1 cm - 2 cm terletak dekat dengan jari kelingking dan searah jari luar
bulu pada tubuh serta ekornya lebat


Bernarkah ayam seperti ini lebih cocok pakai jalu tajam?
Sepertinya tidak.

2. Ayam Pukul
bertarung dengan gaya fighter, lebih agresif dalam menghadapi lawan. siap bertarung pada usia 12 bulan.
bentuk kepala agak besar jengger kecil dan kaku
tulang alis menonjol dan paruh agak pendek dan kokoh
tubuh kekar dan besar dengan tulangan yang kuat dan kokoh
bulu lebat dan kaku
otot kaki,leher,bahu,sayap kuat besar dan kokoh
ruas kaki kurang teratur namun kokoh
tidak terdapat jalu atau taji yang panjang, karena rata-rata hanya benjolan saja


Benarkah ayam dgn ciri seperti ini lebih cocok tanpa jalu?
Sepertinya belom tentu juga.

Apalagi bila dihubungkan dgn jalu pasangan. Dari pengalaman dan pengamatan saya, penggunaan jalu pasangan bukan berdasarkan ciri fisik yg mas KS tulis. Tapi lebih banyak kepada motivasi dan niat si pemilik itu sendiri.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam Ayam Aduan

Post  riokoji on Fri 26 Apr 2013, 11:54

mas KS,klo si komet ayamnya mas ari yg di gbrak sm ayam sampeyan itu termasuk ayam jalu apa ayam pukul?.mohon masukannya ya,maklum sy baru main ayam jd harus sering2 minta masukan dr senior2.

salam papaji.

riokoji
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 439
Join date : 18.12.11
Age : 30
Lokasi : Manggarai jakarta selatan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam Ayam Aduan

Post  Kembangsawit on Fri 26 Apr 2013, 11:59

Administrator wrote:Ciri2 ayam seperti yg mas KS tulis diawal topik menurut saya tidak bisa jadi acuan.
Di lapangan, banyak sekali penyimpangan, tidak sesuai dgn apa yg ditulis mas KS.

1. Ayam Jalu
bertarung dengan gaya sluger ( mengandalkan kelincahan dan kegesitannya )
siap bertarung pada usia 18 bulan. ciri-ciri utama fisiknya :
bentuk kepala kecil agak panjang dengan jengger lentur dan lebih tipis.
biji mata kecil, bundar dan agak masuk kedalam
bentuk paruh agak panjang dan kuat
tubuh sedikit ramping, leher agak panjang
pergelangan kaki kecil bulat rotan dan kering
jalu atau taji bisa 1 cm - 2 cm terletak dekat dengan jari kelingking dan searah jari luar
bulu pada tubuh serta ekornya lebat


Bernarkah ayam seperti ini lebih cocok pakai jalu tajam?
Sepertinya tidak.

boleh juga kalau toh bang ary punya ciri menurut pakem sendiri, boleh tahu bocoranya?

2. Ayam Pukul
bertarung dengan gaya fighter, lebih agresif dalam menghadapi lawan. siap bertarung pada usia 12 bulan.
bentuk kepala agak besar jengger kecil dan kaku
tulang alis menonjol dan paruh agak pendek dan kokoh
tubuh kekar dan besar dengan tulangan yang kuat dan kokoh
bulu lebat dan kaku
otot kaki,leher,bahu,sayap kuat besar dan kokoh
ruas kaki kurang teratur namun kokoh
tidak terdapat jalu atau taji yang panjang, karena rata-rata hanya benjolan saja


Benarkah ayam dgn ciri seperti ini lebih cocok tanpa jalu?
Sepertinya belom tentu juga.

hem bisa juga aku tidak masalah, silahkan bang ary memberikan ciri khusus seperti apa ?

Apalagi bila dihubungkan dgn jalu pasangan. Dari pengalaman dan pengamatan saya, penggunaan jalu pasangan bukan berdasarkan ciri fisik yg mas KS tulis. Tapi lebih banyak kepada motivasi dan niat si pemilik itu sendiri.

motivasi dan niat : khusus dikalangan breng, pro atau undangan tentunya kemenangan.

motivasi dan niat : khusus di kontes yang dikerjakan papaji tentunya kemenangan juga, bisa ditambah dengan saling kenal, silaturahmi dan lain2 dah he2 Very Happy

kalau bang ary bisa menambahkan juga bagus kok motivasi dan niat ?

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam Ayam Aduan

Post  tetep.teges on Fri 26 Apr 2013, 14:24

iki ra sido belajar...malah mumet...

Semua pitik bisa maen jalu atau pukul dilihat dari cara pukulnya dan efek pukulannya..rampung.


tetep.teges
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 466
Join date : 05.10.11
Age : 40
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam Ayam Aduan

Post  Kembangsawit on Fri 26 Apr 2013, 14:56

tetep.teges wrote:iki ra sido belajar...malah mumet...

Semua pitik bisa maen jalu atau pukul dilihat dari cara pukulnya dan efek pukulannya..rampung.

sunny cheers

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam Ayam Aduan

Post  benis on Fri 26 Apr 2013, 17:35

Makanya mas, teori orang lain jangan langsung mentah mentah dianggap seakan teori yang keluar dari sampean sendiri.
Wong sampean ini juga hanya menyadur dari sebuah buku kok.


benis
kopral
kopral

Jumlah posting : 33
Join date : 24.11.11
Lokasi : Banjarnegara

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam Ayam Aduan

Post  boncel on Sat 27 Apr 2013, 19:21

Kalo menurut saya ayam pukul itu mukulnya macem2, bs pake kuku, kaki bgn dalam/jalu, sisik kaki. Sedangkan ayam jalu jelas mukul hrs pake jalu secara tegak lurus(nikam). Jd gak sama..

boncel
kopral
kopral

Jumlah posting : 37
Join date : 04.01.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam Ayam Aduan

Post  Karmita on Sat 27 Apr 2013, 21:15

Perbedaan pendapat harus ada, tp jangan berujung perpecahan.

Ini yg saya suka dengan Forum Papaji.

Saya ikut belajar dulu dan memahami pengetahuan tentang ayam.

LANJUT.

Karmita
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 386
Join date : 27.11.12
Lokasi : Cibinong

Kembali Ke Atas Go down

Re: Macam Ayam Aduan

Post  Sponsored content Today at 23:22


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik