KOMPETISI AYAM LAGA DI THAILAND

Halaman 1 dari 4 1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

KOMPETISI AYAM LAGA DI THAILAND

Post  alang on Wed May 26, 2010 10:34 am

Suatu hari keponakan saya membawa sebuah majalah tentang ayam, setelah saya baca, ternyata itu majalah Media Ayam milik Pak Sutedjo yang bbrp waktu lalu pernah muncul di forum kita. Di salah satu halaman majalah tersebut ada artikel yang berisi tentang Kompetisi Ayam Laga Tingkat Internasional di Thailand, yang salah satu pesertanya berasal dari Indonesia. Berikut cuplikan artikelnya.

Ketika TICCDA merayakan HUT-nya yang pertama, lembaga ini menggelar kompetisi sabung ayam yang diberi nama International Cockfighting Amateur Competition di Tambon Thaboonmee,tahun 1999. Bekas Menteri Perdagangan dan Perniagaan Thailand, Dr. Anuwat Watanapongsiri membuka acara tersebut.

Delapan Negara ambil bagian dalam perhelatan ini seperti Cina, Jepang, Vietnam, Indonesia, Myanmar, Laos dan Kamboja. Cina mengandalkan ayam hasil biakan negerinya dari Kai Fong, Kunming dan Jen Chow. Pada kesempatan itu TICCDA juga meluncurkan seperangkat aturan main yang baku.

Bagaimana aturan dari kompetisi TICCDA yang ditetapkan menjadi aturan Asia? Yang pasti, aturan tersebut berusaha meminimalisasi cedera pada ayam. Sehingga yang tampak adalah teknik dan seni bertarung ayam tersebut. Seperti halnya tinju, TICCDA membagi pertarungan menjadi beberapa kelas.

Adapun kelas yang dipertarungkan adalah : Kelas Jerami : 2,90-2,99kg. Kelas Terbang : 3,00-3,09 kg. Kelas Bantam : 3,10-3,19kg. Kelas Super Bantam : 3,20-3,29 kg. Kelas Bulu : 3,30-3,39 kg. Kelas Ringan : 3,40-3,49 kg. Kelas Super Ringan 3,50-3,59 kg. Kelas Menengah Ringan : 3,60-3,69 kg. Kelas Ringan 3,70-3,79 kg. Kelas Berat Ringan : 3,90-3,99 kg. Kelas Berat : Tak terbatas.

Sedangkan aturan mainnya adalah sebagai berikut :
1. Pendaftaran meliputi data umum, keturunan dan berat badan.
2. Seleksi untuk kompetisi dengan mencarikan lawan yang sebanding sesuai tinggi dan berat badan.
3. Taji harus dibungkus oleh penutup yang ditetapkan TICCDA.
4. Memperbaiki paruh dan sayap dilakukan sebelum kontes.
5. Kontes dilakukan dalam 5 babak dan masing-masing berlangsung 10 menit dengan masa istirahat 2 menit.
6. Ketika masa istirharat ayam harus dipegang oleh pembantu sudut dengan fasilitas yang direkomendasikan TICCDA.
7. Luka mengelupas di kepala atau menjahit kelopak mata dilarang.
8. Penggunaan berbagai macam obet-obatan atau bahan kimia dilarang.
9. Peralatan yang digunakan untuk ayam aduan harus netral seperti air, pembalut taji dan lainnya.
10. System penjurian salah satu sebagai pemenang.
a. Kontestan dinyatakan kalah bila lari meninggalkan arena, tidak dapat berdiri tegak atau tidak bias dalam posisi
bertarung hingga tiga kali hitungan. Bias juga jika ayam tersebut berteriak keok.
b. Juri bisa menghentikan pertarungan (RSC) jka terjadi cedera serius pada ayam seperti paruh patah,
pendarahan terus menerus, kebutaan, bengkak dan lainnya. Pemilik bias menarik ayamnya dari arena dan
menyerah.
c. Penilaian dilakukan oleh tiga juri yang berada di tiga sudut. Penjurian dilakukan secara komputerisasi.


Dilansir dari Media Ayam, Vol. 02/2001, hal. 9. Tahun 2001.

alang
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 989
Join date: 28.07.09
Age: 42
Lokasi: Ciputat, Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

ayam laga thai

Post  tankker on Wed May 26, 2010 10:44 am

Pak Alang bagus sekali aritekel tsb, bisa jadi acuan kita (papaji) afro afro afro

tankker
kopral
kopral

Jumlah posting: 11
Join date: 22.01.10
Lokasi: tangerang, curug

Kembali Ke Atas Go down

Re: KOMPETISI AYAM LAGA DI THAILAND

Post  alang on Wed May 26, 2010 10:53 am

Betul pak tenkker. Dari artikel tersebut, nampaknya tidak terlalu rumit dan sangat mungkin dilakukan di Indonesia. Dan jika kita lihat tread melegalkan tarung ayam, disana sesepuh papaji pernah mencoba menggodok aturan main dalam kompetisi ayam laga spt halnya olah raga tinju. jika dibandingkan, ternyata aturan mainnya sangat mirip. Jadi kenapa tidak hal ini dilakukan di Indonesia?
Salam.

alang
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 989
Join date: 28.07.09
Age: 42
Lokasi: Ciputat, Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: KOMPETISI AYAM LAGA DI THAILAND

Post  D4v1d on Wed May 26, 2010 11:01 am

Salut...salut...kang diat emang moderator teladan.....2 hari bertapa dirumah ternyata lagi mendalami artikel sabung ayam di thailand....begitu muncul langsung membagikan hasilnya.... cheers cheers
Saya kira 2 hari ga muncul lagi hunting ayam buat jualan....hehehehehe affraid affraid drunken jocolor lol!

D4v1d
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 450
Join date: 20.10.09
Lokasi: Buitenzorg

Kembali Ke Atas Go down

Re: KOMPETISI AYAM LAGA DI THAILAND

Post  alang on Wed May 26, 2010 11:09 am

Tjipta wrote:Salut...salut...kang diat emang moderator teladan.....2 hari bertapa dirumah ternyata lagi mendalami artikel sabung ayam di thailand....begitu muncul langsung membagikan hasilnya.... cheers cheers
Saya kira 2 hari ga muncul lagi hunting ayam buat jualan....hehehehehe affraid affraid drunken jocolor lol!

Hahahaha....wah kang david tau aja saya ngetiknya 2 hari....itu pun di bantuin istri, krn saya ga kuat duduk lbh dari 10 menit...hahaha.
Ayam buat jualan? Waduh...apa ada pembeli yg percaya ya, kalo saya jualan ayam aduan ?...lah wong ngadu aja ga pernah, dari mana saya bisa buktikan kalo ayam saya bagus2? Hahaha......

alang
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 989
Join date: 28.07.09
Age: 42
Lokasi: Ciputat, Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: KOMPETISI AYAM LAGA DI THAILAND

Post  D4v1d on Wed May 26, 2010 11:16 am

hahahaha....punya KTA sayang kang kalo ga dimanfaatkan...salah satunya yah jualan ...lagian bagus kan relatif...ukurannya susah...dicoba saja adakan jualan/lelang gitu....jadi forum jual beli....lebih terisi dengan jual beli ayam...bukannya diisi dengan komentar2 saja.... Shocked

D4v1d
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 450
Join date: 20.10.09
Lokasi: Buitenzorg

Kembali Ke Atas Go down

Re: KOMPETISI AYAM LAGA DI THAILAND

Post  ferry bun on Wed May 26, 2010 12:31 pm

alang wrote:Suatu hari keponakan saya membawa sebuah majalah tentang ayam, setelah saya baca, ternyata itu majalah Media Ayam milik Pak Sutedjo yang bbrp waktu lalu pernah muncul di forum kita. Di salah satu halaman majalah tersebut ada artikel yang berisi tentang Kompetisi Ayam Laga Tingkat Internasional di Thailand, yang salah satu pesertanya berasal dari Indonesia. Berikut cuplikan artikelnya.

Ketika TICCDA merayakan HUT-nya yang pertama, lembaga ini menggelar kompetisi sabung ayam yang diberi nama International Cockfighting Amateur Competition di Tambon Thaboonmee,tahun 1999. Bekas Menteri Perdagangan dan Perniagaan Thailand, Dr. Anuwat Watanapongsiri membuka acara tersebut.

Delapan Negara ambil bagian dalam perhelatan ini seperti Cina, Jepang, Vietnam, Indonesia, Myanmar, Laos dan Kamboja. Cina mengandalkan ayam hasil biakan negerinya dari Kai Fong, Kunming dan Jen Chow. Pada kesempatan itu TICCDA juga meluncurkan seperangkat aturan main yang baku.

Bagaimana aturan dari kompetisi TICCDA yang ditetapkan menjadi aturan Asia? Yang pasti, aturan tersebut berusaha meminimalisasi cedera pada ayam. Sehingga yang tampak adalah teknik dan seni bertarung ayam tersebut. Seperti halnya tinju, TICCDA membagi pertarungan menjadi beberapa kelas.

Adapun kelas yang dipertarungkan adalah : Kelas Jerami : 2,90-2,99kg. Kelas Terbang : 3,00-3,09 kg. Kelas Bantam : 3,10-3,19kg. Kelas Super Bantam : 3,20-3,29 kg. Kelas Bulu : 3,30-3,39 kg. Kelas Ringan : 3,40-3,49 kg. Kelas Super Ringan 3,50-3,59 kg. Kelas Menengah Ringan : 3,60-3,69 kg. Kelas Ringan 3,70-3,79 kg. Kelas Berat Ringan : 3,90-3,99 kg. Kelas Berat : Tak terbatas.

Sedangkan aturan mainnya adalah sebagai berikut :
1. Pendaftaran meliputi data umum, keturunan dan berat badan.
2. Seleksi untuk kompetisi dengan mencarikan lawan yang sebanding sesuai tinggi dan berat badan.
3. Taji harus dibungkus oleh penutup yang ditetapkan TICCDA.
4. Memperbaiki paruh dan sayap dilakukan sebelum kontes.
5. Kontes dilakukan dalam 5 babak dan masing-masing berlangsung 10 menit dengan masa istirahat 2 menit.
6. Ketika masa istirharat ayam harus dipegang oleh pembantu sudut dengan fasilitas yang direkomendasikan TICCDA.
7. Luka mengelupas di kepala atau menjahit kelopak mata dilarang.
8. Penggunaan berbagai macam obet-obatan atau bahan kimia dilarang.
9. Peralatan yang digunakan untuk ayam aduan harus netral seperti air, pembalut taji dan lainnya.
10. System penjurian salah satu sebagai pemenang.
a. Kontestan dinyatakan kalah bila lari meninggalkan arena, tidak dapat berdiri tegak atau tidak bias dalam posisi
bertarung hingga tiga kali hitungan. Bias juga jika ayam tersebut berteriak keok.
b. Juri bisa menghentikan pertarungan (RSC) jka terjadi cedera serius pada ayam seperti paruh patah,
pendarahan terus menerus, kebutaan, bengkak dan lainnya. Pemilik bias menarik ayamnya dari arena dan
menyerah.
c. Penilaian dilakukan oleh tiga juri yang berada di tiga sudut. Penjurian dilakukan secara komputerisasi.


Dilansir dari Media Ayam, Vol. 02/2001, hal. 9. Tahun 2001.

artikel yang bagus .....
sekarang tinggal kita saja kapan adakan kontes .minimal dipusat dapat segera melakanakan ....dan jangan debat peraturan ..tatatertib ..yang selama ini saya lihat tread ..nota bene hanya debat kusir saja.....
salam Ferry Bun

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 1622
Join date: 21.01.09
Age: 51
Lokasi: Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: KOMPETISI AYAM LAGA DI THAILAND

Post  alang on Wed May 26, 2010 2:30 pm

ferry bun wrote:artikel yang bagus .....
sekarang tinggal kita saja kapan adakan kontes .minimal dipusat dapat segera melakanakan ....dan jangan debat peraturan ..tatatertib ..yang selama ini saya lihat tread ..nota bene hanya debat kusir saja.....
salam Ferry Bun

Setuju bang, rasanya Papaji sdh mampu melakukan ini. Saya sempat ngobrol dg bbrp teman mahasiswa anggota Papaji, yg notabene waktunya masih cukup luang. Nampaknya mereka siap bantu untuk tenaga operasional.
Bagaimana Mas Ary, Kang Azis, Mas Hendro....iseng2 gimana kalo kita buat kontes di pertemuan berikut di subang, sambil bagi hasil ternak bareng....????
Ayooooooooo............(kompor lagi mode : ON)
hehehe.....

alang
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 989
Join date: 28.07.09
Age: 42
Lokasi: Ciputat, Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: KOMPETISI AYAM LAGA DI THAILAND

Post  boedoet on Wed May 26, 2010 9:16 pm

alang wrote:
ferry bun wrote:artikel yang bagus .....
sekarang tinggal kita saja kapan adakan kontes .minimal dipusat dapat segera melakanakan ....dan jangan debat peraturan ..tatatertib ..yang selama ini saya lihat tread ..nota bene hanya debat kusir saja.....
salam Ferry Bun

Setuju bang, rasanya Papaji sdh mampu melakukan ini. Saya sempat ngobrol dg bbrp teman mahasiswa anggota Papaji, yg notabene waktunya masih cukup luang. Nampaknya mereka siap bantu untuk tenaga operasional.
Bagaimana Mas Ary, Kang Azis, Mas Hendro....iseng2 gimana kalo kita buat kontes di pertemuan berikut di subang, sambil bagi hasil ternak bareng....????
Ayooooooooo............(kompor lagi mode : ON)
hehehe.....


mahasiswa??????????? kayaknya saya itu orangnya, dari status memang saya, dari relasi dengan kang diat memang saya, dari pernyataan siap memang saya, asliiiiiiiiiiiiiiiiii ini saya.......... saya siap membantu kalo gak bentrok dengan kegiatan kuliah!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! horeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee
ayolah cepetan,,,, udah gak sabar nich pengen liat ayam legendaris bertarung dibawah bendera papaji, BRAVO PARA SENIOR......

SEMANGAT..........................(ini jargon dosen saya ketika saya ragu atau lelah) Twisted Evil Twisted Evil Twisted Evil Twisted Evil Twisted Evil Twisted Evil Twisted Evil

boedoet
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 73
Join date: 24.02.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: KOMPETISI AYAM LAGA DI THAILAND

Post  boedoet on Wed May 26, 2010 9:18 pm

siappppppppppppppppp bossssssssssssssssssss..........
yesssssssssssssssssss sirrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr..........
(gatel mode ON)

boedoet
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 73
Join date: 24.02.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: KOMPETISI AYAM LAGA DI THAILAND

Post  Hendro on Thu May 27, 2010 6:16 am

alang wrote:
ferry bun wrote:artikel yang bagus .....
sekarang tinggal kita saja kapan adakan kontes .minimal dipusat dapat segera melakanakan ....dan jangan debat peraturan ..tatatertib ..yang selama ini saya lihat tread ..nota bene hanya debat kusir saja.....
salam Ferry Bun

Setuju bang, rasanya Papaji sdh mampu melakukan ini. Saya sempat ngobrol dg bbrp teman mahasiswa anggota Papaji, yg notabene waktunya masih cukup luang. Nampaknya mereka siap bantu untuk tenaga operasional.
Bagaimana Mas Ary, Kang Azis, Mas Hendro....iseng2 gimana kalo kita buat kontes di pertemuan berikut di subang, sambil bagi hasil ternak bareng....????
Ayooooooooo............(kompor lagi mode : ON)
hehehe.....

Menarik dan cukup mudah untuk menyamakan persepsi...saya rasa boleh juga ide pengadaan kontes atau lebih tepatnya eksibisi dengan mengacu pada aturan diatas....untuk bulan Juni di Subang saya rasa cukup memungkinkan untuk dilaksanakan partai eksibisi tersebut tapi cukup 2 - 3 partai saja dan kita analisa bersama hasilnya apakah bisa dijadikan acuan untuk penyelenggaraan kontes secara nasional dimasa mendatang.....

Salam Very Happy

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting: 5936
Join date: 06.08.09
Age: 45
Lokasi: Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: KOMPETISI AYAM LAGA DI THAILAND

Post  Butcher on Thu May 27, 2010 9:12 am

Wah....Ulasan yang sangat menarik.

Kapan ya di Indonesia TERCINTA ini dapat direalisasikan.
Ayo mari kita majukan PAPAJI agar menjadi Organisasi yang Exist dan Bermanfaat...!!!


Bravo PAPAJI

Butcher
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 193
Join date: 12.04.10
Age: 33
Lokasi: Cianjur

http://www.facebook.com/home.php?#!/profile.php?id=1000012276673

Kembali Ke Atas Go down

Re: KOMPETISI AYAM LAGA DI THAILAND

Post  ferry bun on Thu May 27, 2010 11:03 am

Hendro wrote:
alang wrote:
ferry bun wrote:artikel yang bagus .....
sekarang tinggal kita saja kapan adakan kontes .minimal dipusat dapat segera melakanakan ....dan jangan debat peraturan ..tatatertib ..yang selama ini saya lihat tread ..nota bene hanya debat kusir saja.....
salam Ferry Bun

Setuju bang, rasanya Papaji sdh mampu melakukan ini. Saya sempat ngobrol dg bbrp teman mahasiswa anggota Papaji, yg notabene waktunya masih cukup luang. Nampaknya mereka siap bantu untuk tenaga operasional.
Bagaimana Mas Ary, Kang Azis, Mas Hendro....iseng2 gimana kalo kita buat kontes di pertemuan berikut di subang, sambil bagi hasil ternak bareng....????
Ayooooooooo............(kompor lagi mode : ON)
hehehe.....

Menarik dan cukup mudah untuk menyamakan persepsi...saya rasa boleh juga ide pengadaan kontes atau lebih tepatnya eksibisi dengan mengacu pada aturan diatas....untuk bulan Juni di Subang saya rasa cukup memungkinkan untuk dilaksanakan partai eksibisi tersebut tapi cukup 2 - 3 partai saja dan kita analisa bersama hasilnya apakah bisa dijadikan acuan untuk penyelenggaraan kontes secara nasional dimasa mendatang.....

Salam Very Happy

Nah... bantuan tenaga operasional sudah ada ...bagaimana dengan biaya operasionalnya ? dan dari mana ?
selama saya ikuti forum Papaji ...yang saya ketahui .Pengadaan KTA ...Kaus Berlogo Papaji , biaya adm jual beli ...itu semua menurut saya adalah untuk memperkuat organisasi dan kas papaji .....yang Notabene digunakan untuk kegiatan - kegiatan seperti yang tersebut diatas .....
Jadi bagaimana menurut pandangan Teman-teman ...?

dan saya saya percaya Para senior dan anggota lainya akan mendukung semua kegiatan ini .....!!!!!

Dengan tidak mengurangi rasa hormat ..sudi kiranya para senior dan anggota lainya dapat menyisihkan sedikit dana untuk membantu kegiatan yang sudah lama kita dambakan !!!!

anyway .kiranya ......Pak ary , Pak Azis , Pak hendro .Kang Diat . Kang teddy .kang David . dan teman yang lain dapat membantu solusinya supaya terwujudnya kegiatan ini !!!!!
salam ferry Bun

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 1622
Join date: 21.01.09
Age: 51
Lokasi: Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: KOMPETISI AYAM LAGA DI THAILAND

Post  Butcher on Thu May 27, 2010 11:12 am

ferry bun wrote:
Hendro wrote:
alang wrote:
ferry bun wrote:artikel yang bagus .....
sekarang tinggal kita saja kapan adakan kontes .minimal dipusat dapat segera melakanakan ....dan jangan debat peraturan ..tatatertib ..yang selama ini saya lihat tread ..nota bene hanya debat kusir saja.....
salam Ferry Bun

Setuju bang, rasanya Papaji sdh mampu melakukan ini. Saya sempat ngobrol dg bbrp teman mahasiswa anggota Papaji, yg notabene waktunya masih cukup luang. Nampaknya mereka siap bantu untuk tenaga operasional.
Bagaimana Mas Ary, Kang Azis, Mas Hendro....iseng2 gimana kalo kita buat kontes di pertemuan berikut di subang, sambil bagi hasil ternak bareng....????
Ayooooooooo............(kompor lagi mode : ON)
hehehe.....

Menarik dan cukup mudah untuk menyamakan persepsi...saya rasa boleh juga ide pengadaan kontes atau lebih tepatnya eksibisi dengan mengacu pada aturan diatas....untuk bulan Juni di Subang saya rasa cukup memungkinkan untuk dilaksanakan partai eksibisi tersebut tapi cukup 2 - 3 partai saja dan kita analisa bersama hasilnya apakah bisa dijadikan acuan untuk penyelenggaraan kontes secara nasional dimasa mendatang.....

Salam Very Happy

Nah... bantuan tenaga operasional sudah ada ...bagaimana dengan biaya operasionalnya ? dan dari mana ?
selama saya ikuti forum Papaji ...yang saya ketahui .Pengadaan KTA ...Kaus Berlogo Papaji , biaya adm jual beli ...itu semua menurut saya adalah untuk memperkuat organisasi dan kas papaji .....yang Notabene digunakan untuk kegiatan - kegiatan seperti yang tersebut diatas .....
Jadi bagaimana menurut pandangan Teman-teman ...?

dan saya saya percaya Para senior dan anggota lainya akan mendukung semua kegiatan ini .....!!!!!

Dengan tidak mengurangi rasa hormat ..sudi kiranya para senior dan anggota lainya dapat menyisihkan sedikit dana untuk membantu kegiatan yang sudah lama kita dambakan !!!!

anyway .kiranya ......Pak ary , Pak Azis , Pak hendro .Kang Diat . Kang teddy .kang David . dan teman yang lain dapat membantu solusinya supaya terwujudnya kegiatan ini !!!!!
salam ferry Bun


Wah kalau saya dukung 100%.....saya siap datang dan meramaikan saja kalu ikut turun partai nya belum bisa, karena ayam nya masih cilik-cilik.
Akan tetapi saya siap membantu apabila ada yang bisa saya bantu.

Ditunggu saja undangan nya

Butcher
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 193
Join date: 12.04.10
Age: 33
Lokasi: Cianjur

http://www.facebook.com/home.php?#!/profile.php?id=1000012276673

Kembali Ke Atas Go down

Re: KOMPETISI AYAM LAGA DI THAILAND

Post  teddy on Thu May 27, 2010 11:46 am

ferry bun wrote:
Dengan tidak mengurangi rasa hormat ..sudi kiranya para senior dan anggota lainya dapat menyisihkan sedikit dana untuk membantu kegiatan yang sudah lama kita dambakan !!!!

dan teman yang lain dapat membantu solusinya supaya terwujudnya kegiatan ini !!!!!
salam ferry Bun

weleh, Bang Ferry ..... yg paling penting adalah kesempatan (keinginan dan waktu) untuk merealisasikannya. ... dana jangan di buat masalah besar.

kalau mau !
- daftarkan jagoan kita !
- cari lawan
- ikuti kompetesinya
- ambil juara favorit-nya ... cukup dan tanpa dana.

-------
kalau diinginkan dana .... pake uang pendaftaran ... selesai !
...
...
Pemenang :
- Pemenang disetiap pertandingan
- ditambah ada Pemenang Favorit, yg diambil dari sekeksi antar pemenang dengan klasifikasi tercepat menang.

---------------- Mo Maju Kok di buat Ribet !! --------------------

nb.
- stock habis nih !, ... mesti ... mesti .... ck ... ck ... bang ferry bisa saja membuat panas.


salam,

++teddy

teddy
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 310
Join date: 22.08.08
Age: 69
Lokasi: Riung Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 4 1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik