Lancuran Gak Ada Nyali

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Lancuran Gak Ada Nyali

Post  dani medan on Tue Jun 11, 2013 1:42 am

Salam hormat buat para senior papaji...

Mau nanya ni gan mengenai lancuran yang belum ada mentalnya. Tapi maaf sebelumnya ya, mungkin sudah pernah dibahas atau tidak, dan atau saya yang salah forum ni.

Gini gan, saya punya lancuran jali umur 8 bulan, bulu sudah kompilt tapi pas waktu ngabar eh,,, malah lari, dicoba besoknya ama ayam lain yang ukurannya lebih muda dan lebih kecil juga lari.

Ni ayam belum punya nyali atau memang gak ada nyali ya ?
Itu gimana ya gan ? Apakah ditunggu untuk punya nyali atau dijual murah aja ?

Mohon sharingnya ya.

dani medan
kopral
kopral

Jumlah posting : 44
Join date : 17.05.13
Age : 34
Lokasi : Medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lancuran Gak Ada Nyali

Post  Sad Rizal on Tue Jun 11, 2013 6:19 am

mengenai kesiapan mental ayam utk bertarung bermacam macam ada yg mulai dari umur 3 bulan ada jg sampe dengan siap mabung baru berani dgn ayam. lebih baik dirawat aja dl mas, sring di umbar dengan yg betina dan jauh kan dari ayam jantan lainnya.

Sad Rizal
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 322
Join date : 08.01.13
Lokasi : Padang, West Sumatera

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lancuran Gak Ada Nyali

Post  jagopedot on Tue Jun 11, 2013 9:12 am

Ijin nyimak..

jagopedot
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 164
Join date : 31.05.13
Lokasi : lampung palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lancuran Gak Ada Nyali

Post  wild4n on Tue Jun 11, 2013 8:33 pm

dani medan wrote:Salam hormat buat para senior papaji...

Mau nanya ni gan mengenai lancuran yang belum ada mentalnya. Tapi maaf sebelumnya ya, mungkin sudah pernah dibahas atau tidak, dan atau saya yang salah forum ni.

Gini gan, saya punya lancuran jali umur 8 bulan, bulu sudah kompilt tapi pas waktu ngabar eh,,, malah lari, dicoba besoknya ama ayam lain yang ukurannya lebih muda dan lebih kecil juga lari.

Ni ayam belum punya nyali atau memang gak ada nyali ya ?
Itu gimana ya gan ? Apakah ditunggu untuk punya nyali atau dijual murah aja ?

Mohon sharingnya ya.
saya malah orang yg ga sabar dalam rawat ayam...dulu pernah punya yg begini.. sampai selesai mabung masih pilih".. jadi ga ngadu ngadu malah, klo ayam banyak sih bisa di cuekin tuh ayam soalnya masih banyak yg bisa di adu/abar.. tapi ayam saya waktu itu sedikit, jadi ga ikut abar sama temen",.....
skarang terserah sang pemilik sabar atau nggak.. Question Question Very Happy Very Happy Very Happy

wild4n
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 642
Join date : 07.12.11
Lokasi : Ciledug - Tangerang (Parung serab)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lancuran Gak Ada Nyali

Post  didik adi on Tue Jun 11, 2013 9:10 pm

Sad Rizal wrote:mengenai kesiapan mental ayam utk bertarung bermacam macam ada yg mulai dari umur 3 bulan ada jg sampe dengan siap mabung baru berani dgn ayam. lebih baik dirawat aja dl mas, sring di umbar dengan yg betina dan jauh kan dari ayam jantan lainnya.
setuju, mas...

didik adi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 511
Join date : 20.05.11
Lokasi : weleri, jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lancuran Gak Ada Nyali

Post  Kembangsawit on Tue Jun 11, 2013 9:31 pm

wild4n wrote:
dani medan wrote:Salam hormat buat para senior papaji...

Mau nanya ni gan mengenai lancuran yang belum ada mentalnya. Tapi maaf sebelumnya ya, mungkin sudah pernah dibahas atau tidak, dan atau saya yang salah forum ni.

Gini gan, saya punya lancuran jali umur 8 bulan, bulu sudah kompilt tapi pas waktu ngabar eh,,, malah lari, dicoba besoknya ama ayam lain yang ukurannya lebih muda dan lebih kecil juga lari.

Ni ayam belum punya nyali atau memang gak ada nyali ya ?
Itu gimana ya gan ? Apakah ditunggu untuk punya nyali atau dijual murah aja ?

Mohon sharingnya ya.
saya malah orang yg ga sabar dalam rawat ayam...dulu pernah punya yg begini.. sampai selesai mabung masih pilih".. jadi ga ngadu ngadu malah, klo ayam banyak sih bisa di cuekin tuh ayam soalnya masih banyak yg bisa di adu/abar.. tapi ayam saya waktu itu sedikit, jadi ga ikut abar sama temen",.....
skarang terserah sang pemilik sabar atau nggak.. Question Question Very Happy Very Happy Very Happy

sepertinya akan sabar. karena suka dengan corak ayamnya nih.

saran saya, sabar dulu saja sampai tuntas mabung. biarkan dikawinkan dulu saja.

diumbar bebas tapi jangan ada jago lainnya. diusahakan steril bener2 ya.

jali warna yang unik mas, sayangi lancuranmu itu.

cari aja anakan ayam kampung yang usia 5 bulan buat mainan lancuran jali, biar nguber2 sepuasnya, kan bisa sekalian buat latihan kliteran.

sesudah puas masa mabungnya, rawat kembali, kalau bisa menambah nafsu amarahnya kasih daging kambing mentah seminggu 2 kali dah maksimal 3 potong kecil seukuran sate kambing aja, biar beringas.

gebrak pertama, ayam lawannya yang lancuran jangan dilepaskan. saat gebrak lawannya bungkus patuk, bungkus jalu, ekor dipegang biar si-jali mukul sepuasnya. 2-3menit berikutnya setelah terlihat mantap hati bertarungnya, baru lawanya dilepaskan dengan catatan anda harus selalu memperhatikan tingkah kepala dan lirikan mata si-jali siapa tahu siap-siap kabur kembali. nah kalau celingukan alias godeg-godeg mencari jalan kabur segera pegang kembali lawannya, kemudian aten-ateni kembali dengan cara ekor dipegang dan biarkan si-jali memukul kembali.

jika sudah mantap bertarung biarkan bertarung sampai kedua ayam menempel jual beli pukulan. jangan lupa berikan waktu gebrak paling tidak 5 menit pertama tarung. setelah 5 menit bertarung angkat kedua ayam, masukan kedalam kandang bulat kemudian kedua ayam ini didekatkan satu sama lain, ini berfungsi sebagai terapi untuk si-jali agar tidak takut ayam lagi.

gebrak 1 minggu 2 kali 5 menitan sudah cukup. kemudian gebrak selang waktu 2 minggu berilkutnya durasi 10 menit. 1 minggu sekali saja. terus berikutnya sampai minggu ke 4, abaran perdana 15 menit.

setelah diabar, latihlah fisiknya. jika tidak memiliki waktu latihan fisik cukup sore saja, bisa kliter atau berenang. waktu dipagi hari cukup diumbar saja.

" trik saya : didalam kandang umbaran bentangkan tali sebagai pijakan saat ayam bertengger " posisi tali tidak perlu terlalu kendur ataupun terlalu kencang, ini untuk melatih paha, kesimbangan serta lompatan ayam.

salam berbagi Very Happy

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 28.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lancuran Gak Ada Nyali

Post  dani medan on Tue Jun 11, 2013 9:55 pm

Sad Rizal wrote:mengenai kesiapan mental ayam utk bertarung bermacam macam ada yg mulai dari umur 3 bulan ada jg sampe dengan siap mabung baru berani dgn ayam. lebih baik dirawat aja dl mas, sring di umbar dengan yg betina dan jauh kan dari ayam jantan lainnya.

gitu ya mas ya...

dani medan
kopral
kopral

Jumlah posting : 44
Join date : 17.05.13
Age : 34
Lokasi : Medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lancuran Gak Ada Nyali

Post  dani medan on Tue Jun 11, 2013 9:57 pm

didik adi wrote:
Sad Rizal wrote:mengenai kesiapan mental ayam utk bertarung bermacam macam ada yg mulai dari umur 3 bulan ada jg sampe dengan siap mabung baru berani dgn ayam. lebih baik dirawat aja dl mas, sring di umbar dengan yg betina dan jauh kan dari ayam jantan lainnya.
setuju, mas...


hehe...
sekarang sih mudah-mudahan sabar mas, tapi besok gak tau juga ya....

dani medan
kopral
kopral

Jumlah posting : 44
Join date : 17.05.13
Age : 34
Lokasi : Medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lancuran Gak Ada Nyali

Post  dani medan on Tue Jun 11, 2013 10:02 pm


sepertinya akan sabar. karena suka dengan corak ayamnya nih.

saran saya, sabar dulu saja sampai tuntas mabung. biarkan dikawinkan dulu saja.

diumbar bebas tapi jangan ada jago lainnya. diusahakan steril bener2 ya.

jali warna yang unik mas, sayangi lancuranmu itu.

cari aja anakan ayam kampung yang usia 5 bulan buat mainan lancuran jali, biar nguber2 sepuasnya, kan bisa sekalian buat latihan kliteran.

sesudah puas masa mabungnya, rawat kembali, kalau bisa menambah nafsu amarahnya kasih daging kambing mentah seminggu 2 kali dah maksimal 3 potong kecil seukuran sate kambing aja, biar beringas.

gebrak pertama, ayam lawannya yang lancuran jangan dilepaskan. saat gebrak lawannya bungkus patuk, bungkus jalu, ekor dipegang biar si-jali mukul sepuasnya. 2-3menit berikutnya setelah terlihat mantap hati bertarungnya, baru lawanya dilepaskan dengan catatan anda harus selalu memperhatikan tingkah kepala dan lirikan mata si-jali siapa tahu siap-siap kabur kembali. nah kalau celingukan alias godeg-godeg mencari jalan kabur segera pegang kembali lawannya, kemudian aten-ateni kembali dengan cara ekor dipegang dan biarkan si-jali memukul kembali.

jika sudah mantap bertarung biarkan bertarung sampai kedua ayam menempel jual beli pukulan. jangan lupa berikan waktu gebrak paling tidak 5 menit pertama tarung. setelah 5 menit bertarung angkat kedua ayam, masukan kedalam kandang bulat kemudian kedua ayam ini didekatkan satu sama lain, ini berfungsi sebagai terapi untuk si-jali agar tidak takut ayam lagi.

gebrak 1 minggu 2 kali 5 menitan sudah cukup. kemudian gebrak selang waktu 2 minggu berilkutnya durasi 10 menit. 1 minggu sekali saja. terus berikutnya sampai minggu ke 4, abaran perdana 15 menit.

setelah diabar, latihlah fisiknya. jika tidak memiliki waktu latihan fisik cukup sore saja, bisa kliter atau berenang. waktu dipagi hari cukup diumbar saja.

" trik saya : didalam kandang umbaran bentangkan tali sebagai pijakan saat ayam bertengger " posisi tali tidak perlu terlalu kendur ataupun terlalu kencang, ini untuk melatih paha, kesimbangan serta lompatan ayam.

salam berbagi Very Happy [/quote]


terima kasih atas masukannya ya mas, mudah-mudahan si jali bisa jadi petarung, tapi kendalanya saat ni, jago yang lain masih ada, trus apalagi kalo jago lain berkokok, wuih... sijali malah bengong aja, kayak orang bedong, hehe...

terima kasih untuk semuanya sobat... Smile

dani medan
kopral
kopral

Jumlah posting : 44
Join date : 17.05.13
Age : 34
Lokasi : Medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lancuran Gak Ada Nyali

Post  Tamu on Tue Jun 11, 2013 10:36 pm

Coba diisolasi dari ayam2 tua yang ada dikandang, taruh ditempat terpisah, kasih dere yang belum siap kawin untuk mengeluarkan naluri jantannya, ntar pasti berani sama jago, kira2 1 bulanan cukup, Salam, Smile Smile Smile

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Lancuran Gak Ada Nyali

Post  dani medan on Wed Jun 12, 2013 1:53 am

id_idiot wrote:Coba diisolasi dari ayam2 tua yang ada dikandang, taruh ditempat terpisah, kasih dere yang belum siap kawin untuk mengeluarkan naluri jantannya, ntar pasti berani sama jago, kira2 1 bulanan cukup, Salam, Smile Smile Smile


Ok mas, ntar kita coba deh,
jadi si jali gak usah dijual dulu ya...

trims ya Very Happy

dani medan
kopral
kopral

Jumlah posting : 44
Join date : 17.05.13
Age : 34
Lokasi : Medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lancuran Gak Ada Nyali

Post  Panjasunan Sabdo on Sat Aug 03, 2013 11:31 am

dani medan wrote:Salam hormat buat para senior papaji...

Mau nanya ni gan mengenai lancuran yang belum ada mentalnya. Tapi maaf sebelumnya ya, mungkin sudah pernah dibahas atau tidak, dan atau saya yang salah forum ni.

Gini gan, saya punya lancuran jali umur 8 bulan, bulu sudah kompilt tapi pas waktu ngabar eh,,, malah lari, dicoba besoknya ama ayam lain yang ukurannya lebih muda dan lebih kecil juga lari.

Ni ayam belum punya nyali atau memang gak ada nyali ya ?
Itu gimana ya gan ? Apakah ditunggu untuk punya nyali atau dijual murah aja ?

Mohon sharingnya ya.

kl saya mending sabar ja mas lihat perkembangan ayam, kl dipaksakan malah bisa tmbah ciut nyali.
kadang memang ada luncuran yg istilahnya telat matang mentalnya tp pst ada moment nya ayam mau tarung. dg catatan ayam normal2 ja. kalau memang g mau tarung jg y brarti ada masalah sama ayamnya.

Panjasunan Sabdo
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 129
Join date : 28.07.13
Age : 27
Lokasi : Sumbersari - Jember

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lancuran Gak Ada Nyali

Post  asmoro on Tue Sep 17, 2013 7:11 am

junior urun saran soalnya pernah punya juga yang model gitu... emang kadang nyebelin, kalo ane intinya buat kondisi ayam prima, kalo ayam prima kebanyakan nyalinya ngikut, ayam ga usah banyak dipegangin mas.... kalo rawatan saya sekarang: pagi mandi + jemur (asal kering saja) lamaan dikit juga ga apa yang penting jangan sampe mangap, terus masuk kandang umbaran +air minum (kebetulan ada ruangan ga kepake 3x3m) sampe sore, sore jam 4an masuk kandang tidur + makan (ane kasih 594+ beras merah+ jagung giling+ air) udah deh, kecuali hari sabtu minggu ane kasih senam kliteran 30 nenit, kemaren jajal abaran 3 aer ga mangap blas, umur ayam ane baru 7 bulanan, kemaren ketemu lawan 6:9 kalah saapaapane, tapi ngatasi bos, lawan sempet kejiling 2x, untuk extrafood saketemunya ada cindil ta kasih cindil ada pisang ta kasih pisang, tapi katanya bagus tomat mas, semoga ada manfaatnya.Very Happy

asmoro

Jumlah posting : 6
Join date : 24.04.12
Age : 29
Lokasi : magetan jawa timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: Lancuran Gak Ada Nyali

Post  Sponsored content Today at 10:51 pm


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik