masalah ayam bertelur

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

masalah ayam bertelur

Post  grahamedika on Tue 11 Jun 2013, 21:31

Agan2 senior di papaji, aku ada sedikit uneg2 neh, dan sudah di cari kemana pun solusi nya nya lum ktmu.
neh aku mulai lgs cerita aja ya.

aku punya ayam sepasang, yg satu jago biasa dan satu lagi ayam betina warna hitam gt.
nah permaslhannnya ayam betina sudah memasuki tahap bertelur untuk yg kedua kali nya tapi nyata nya kok bertelur masih suka pindah2, ntr disini ntar distu, sampai yg aku temui malam ini telur nya mungkin jatuh dari atas pohon, tempat biasa nangkring klu ud menjelang maghrib.

nah sepasang ayam ini dulu kandang nya kecil yg terbuat dari kandang kayu yg di jual org, ukurannya mgkn PXLXT 70cmx50cmx50cm. nah di kandang ini ayam betina masih suka pechin telur, nah di aku buat lah kandang yg lbh besar 2mx1mx1m plus tempat tangkringan n tempat bertelur yg kira2 50cm dari atas tanah. kandag tersebut beralas kan tanah langsung. nah di tmpt ini aku pikir mgkin ayam pasti balik klu ud malam..ternyata ga balik2 juga. ada yg bilang harus di kurung +/- 1 mggu aku coba pun hasil nya tetap ga berubah. tetap nagkring di atas pohon. waktu ayam di tahap bertelur yg pertama kali aku krna byk yg retax2 bhkan ada pecah 4 biji krna di patok. nah kapan bertelur aku ambil aja lgs untuk di makan. pikir2 nanti nya klu ud masuk yg ke2 kalinya dia bertelur mgkn ud bisa di atur. tp ternyata tidak, ayam masih sama kyk dulu. jadi akhirnya ayam aku umbr aja terus. nah klu ud di umbar bertelur nya sembarang tempat, sampai yg terakhir aku temuin telur pecah(kyk nya jatuh dari atas phon). nah brsan aku tangkepin babon n pacek nya masukin kandang. biar lah bertelur di kandang.

tolong agan2 senior papaji gmana biar ayam neh bisa bertelur ga mencar2, pdhal aku ud sediakan tempat yg luas di kandang+ kain2+ pasir2+jerami. nah konyol nya neh, jerami n pasir2 nya di acak2 ma pacek, terus kain nya jujuga di berrakin gt sgala.

mohon masukan senior neh, maap neh cerita agak panjang.

grahamedika

Jumlah posting : 9
Join date : 11.06.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: masalah ayam bertelur

Post  jagopedot on Wed 12 Jun 2013, 11:40

Hadehh..gak kebayang pasti pusing banget ya mas ngurus nya.. Ijin nyimak dl deh

jagopedot
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 164
Join date : 31.05.13
Lokasi : lampung palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: masalah ayam bertelur

Post  grahamedika on Wed 12 Jun 2013, 12:36

jagopedot wrote:Hadehh..gak kebayang pasti pusing banget ya mas ngurus nya.. Ijin nyimak dl deh

ya gan, agak heran aja, kok ayam org ga bgtu, malah ini ayam susah bnr di atur, malah ada yg bilang neh ayam kyk JABLAY gt Very Happy .

ayam org di kasi kardus + kain ud mau bertelur di tmpt yg sudah di sediakan bgtu.
nah ini susah bnr, ud di kasi kaen n jerami empuk2 gt eh malah di acak2 trs di brakin.. ampun mas22 No No

grahamedika

Jumlah posting : 9
Join date : 11.06.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: masalah ayam bertelur

Post  Kembangsawit on Wed 12 Jun 2013, 14:51

babon ditutupi saja pake ceting, atau ember. biarin 3 hari ga dibuka2 tu tutup ga apa2..yang penting udara bisa masuk dan tempat tidak terkena sinar matahari langsung.

menutupi babon dengan ember atau bakul besar yang dibuat dari anyaman bambu, sangat berguna agar ayam selalu ingat dimana dia bertelur, nah tempat bertelur juga harus sejuk dan nyaman. dan juga jauh dari babon lainnya biar ga rusak telurnya.

menutupi ayam sedang bertelur ini 3 hari minimal,

semoga berguna

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: masalah ayam bertelur

Post  grahamedika on Wed 12 Jun 2013, 22:28

Kembangsawit wrote:babon ditutupi saja pake ceting, atau ember. biarin 3 hari ga dibuka2 tu tutup ga apa2..yang penting udara bisa masuk dan tempat tidak terkena sinar matahari langsung.

menutupi babon dengan ember atau bakul besar yang dibuat dari anyaman bambu, sangat berguna agar ayam selalu ingat dimana dia bertelur, nah tempat bertelur juga harus sejuk dan nyaman. dan juga jauh dari babon lainnya biar ga rusak telurnya.

menutupi ayam sedang bertelur ini 3 hari minimal,

semoga berguna
ya gan, aku pake tumpukan ban besar gpp kan? yg penting tetap ada udara,...btw tetap di kasi makan n minum kan? klo 3 hr ga dibuka2 kasian juga tuh ga di kasi minum...nti aku coba cara nya gan. thx sblum nya

grahamedika

Jumlah posting : 9
Join date : 11.06.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: masalah ayam bertelur

Post  rayhanfz on Wed 12 Jun 2013, 22:41

Kembangsawit wrote:babon ditutupi saja pake ceting, atau ember. biarin 3 hari ga dibuka2 tu tutup ga apa2..yang penting udara bisa masuk dan tempat tidak terkena sinar matahari langsung.

menutupi babon dengan ember atau bakul besar yang dibuat dari anyaman bambu, sangat berguna agar ayam selalu ingat dimana dia bertelur, nah tempat bertelur juga harus sejuk dan nyaman. dan juga jauh dari babon lainnya biar ga rusak telurnya.

menutupi ayam sedang bertelur ini 3 hari minimal,

semoga berguna

wah keliatannya mantab nih pencerahannya...

rayhanfz
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1569
Join date : 06.07.12
Age : 30
Lokasi : (sidoarjo-jawa timur) BBM D05492AD / 081252592555

http://karang-ayam.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: masalah ayam bertelur

Post  Kembangsawit on Thu 13 Jun 2013, 09:00

grahamedika wrote:
Kembangsawit wrote:babon ditutupi saja pake ceting, atau ember. biarin 3 hari ga dibuka2 tu tutup ga apa2..yang penting udara bisa masuk dan tempat tidak terkena sinar matahari langsung.

menutupi babon dengan ember atau bakul besar yang dibuat dari anyaman bambu, sangat berguna agar ayam selalu ingat dimana dia bertelur, nah tempat bertelur juga harus sejuk dan nyaman. dan juga jauh dari babon lainnya biar ga rusak telurnya.

menutupi ayam sedang bertelur ini 3 hari minimal,

semoga berguna




ya gan, aku pake tumpukan ban besar gpp kan? yg penting tetap ada udara,...btw tetap di kasi makan n minum kan? klo 3 hr ga dibuka2 kasian juga tuh ga di kasi minum...nti aku coba cara nya gan. thx sblum nya


 tumpukan ban bekas??? posisi ayamnya bagaimana? nah tuh ayam kalau loncat2 injek telur pecah  lagi. usahakan tempat telurnya landai dan ada tempat untuk babon berjalan, kalau tempatnya dalem tuh babon kalau mau masuk kan loncat, nah kalau pas kena telurnya, pasti pecah tuh telur

ayam bertelur itu ga ada masalah jika puasa mas. apalagi ayam yang sedang anggrem, itu puasa lama mas. kalau dikasih makan sama minum nanti beraknya banyak dan terkena telur, terkontaminasi kotoran tuh telurnya dong..he2

ditaruh saja itu bakul nasi dari anyaman bambu untuk menutupi ayamnya, ayam ga akan mati mas ( kecuali kehendak yang kuasa ).

nah kalau memang kawatir beri saja sedikit beras. biar kotorannya kering dan tidak banyak

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: masalah ayam bertelur

Post  grahamedika on Sat 15 Jun 2013, 23:56

Kembangsawit wrote:
grahamedika wrote:
Kembangsawit wrote:babon ditutupi saja pake ceting, atau ember. biarin 3 hari ga dibuka2 tu tutup ga apa2..yang penting udara bisa masuk dan tempat tidak terkena sinar matahari langsung.

menutupi babon dengan ember atau bakul besar yang dibuat dari anyaman bambu, sangat berguna agar ayam selalu ingat dimana dia bertelur, nah tempat bertelur juga harus sejuk dan nyaman. dan juga jauh dari babon lainnya biar ga rusak telurnya.

menutupi ayam sedang bertelur ini 3 hari minimal,

semoga berguna




ya gan, aku pake tumpukan ban besar gpp kan? yg penting tetap ada udara,...btw tetap di kasi makan n minum kan? klo 3 hr ga dibuka2 kasian juga tuh ga di kasi minum...nti aku coba cara nya gan. thx sblum nya


 tumpukan ban bekas??? posisi ayamnya bagaimana? nah tuh ayam kalau loncat2 injek telur pecah  lagi. usahakan tempat telurnya landai dan ada tempat untuk babon berjalan, kalau tempatnya dalem tuh babon kalau mau masuk kan loncat, nah kalau pas kena telurnya, pasti pecah tuh telur

ayam bertelur itu ga ada masalah jika puasa mas. apalagi ayam yang sedang anggrem, itu puasa lama mas. kalau dikasih makan sama minum nanti beraknya banyak dan terkena telur, terkontaminasi kotoran tuh telurnya dong..he2

ditaruh saja itu bakul nasi dari anyaman bambu untuk menutupi ayamnya, ayam ga akan mati mas ( kecuali kehendak yang kuasa ).

nah kalau memang kawatir beri saja sedikit beras. biar kotorannya kering dan tidak banyak

ya gan, ane ga jadi pake ban bekas, ane buat pake bekas seng, ane bikin kotak sederhana gt, ya cukuplah buat si babon muter2 n jalan2 sdkt dalam kotak, alas nya pasir smuaaaa, n cukup buat ayam mandi pasir gt. nah telur2 yg ud ada ane gabung smua k dalam. coba2 dia bertelur lalu di angremin, gan ane msh kurang jelas tentang tadi mslh ayam, klu masi dalam tahap bertelur apa dia puasa juga? apa sekali2 aja ane kasi jagung campur pur? mohon penjelasan nya. thx sblm nya ane ucapin.

grahamedika

Jumlah posting : 9
Join date : 11.06.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: masalah ayam bertelur

Post  grahamedika on Sun 16 Jun 2013, 00:02

ada yg lupa gan, itu babon masuk nya ke kandang bukan karena kehendak tuh babon, tp krn ane yg tangkepin malam2 trs ane masukin, krn klu ane ga tgkp bgtu, tuh babon ga mungkin msk ke kandang alias nangkring di pohon lagi, trs bertelur dari atas pohon tuh gan, dan telur meluncur bebas dari atas ke bawah plokkkkkkkk:x:x. pecah lagi dah.

jadi kesimpulannya ane kurung tuh babon dalam kandang sederhana yg ane buat kotak bgtu.

ane ada kandang besar, cuma ada babon laen juga yg sedang bertelur, tuh sama bandel nya dng babon yg atu lagi, sama2 ga bisa di atur bertelur nya. nah pacek nya cuma atu gan.
2 babon 1 pacek, jadi hari2 ane bergilirkan umbar nya. hehehe. gmna ada saran laen>?

grahamedika

Jumlah posting : 9
Join date : 11.06.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: masalah ayam bertelur

Post  grahamedika on Sun 16 Jun 2013, 00:41

ga bakalan stres ayamnya...malah dia akan merasa nyaman karena suasana yang sepi tidak terlihat dari semua sudut pandang mata ayam tersebut...kasih aja pakan jagung atau beras masukan kedalam tempat itu..sedikit aja biar ga berak banyak....mau ayam tua atau muda kalau kondisi nelor disembarang tempat..cara paling ampuh dari nnek moyang sudah seperti itu mas...selamat mencoba


@mas kembangsawit, itu di atas aku ambil dari kutipan nya mas, yg jadi pertanyaan, itu ayam ddi kurung -/+3hr gpp gt? kan katanya kalu lagi bertelur harus di kwinkan juga ma pacek biar telur nya bisa di buahi, na ini yg aku mungkin kurang paham..thx lagi sblmnya

grahamedika

Jumlah posting : 9
Join date : 11.06.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: masalah ayam bertelur

Post  dede_shooter on Sat 22 Jun 2013, 00:17

coba kandang bsarnya dibuat lantai bambu ato papan!!! buat jarak dari tanah kra2 50cm!! gak usah langsung lantai tanah,walwpun dikasi tangkringan, ayamkan logikanya kalo tdur cri tmpat tinggi!! jangankan 1minggu, dibiasakn ampe 3 bulan juga gak bkal mau tu aym msuk kndang sndri!!! ayo yg lain kasi masukan!!

dede_shooter
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 306
Join date : 19.05.12
Age : 29
Lokasi : Indragiri Hilir - RIAU (Tembilahan)

Kembali Ke Atas Go down

Re: masalah ayam bertelur

Post  danks on Sat 22 Jun 2013, 19:30

ada cara yang sadis nich mas...potong z pohonnya...biar dia kehialngn tempt tidur...terpaksa masuk kdg n nankring di cangkringan yang ada di kdg....heheh

danks
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 736
Join date : 24.01.10
Age : 46
Lokasi : Bandung Barat

http://www.sketsabisnis.com/?id=bisnisku

Kembali Ke Atas Go down

Re: masalah ayam bertelur

Post  Kembangsawit on Mon 24 Jun 2013, 14:21

grahamedika wrote:ga bakalan stres ayamnya...malah dia akan merasa nyaman karena suasana yang sepi tidak terlihat dari semua sudut pandang mata ayam tersebut...kasih aja pakan jagung atau beras masukan kedalam tempat itu..sedikit aja biar ga berak banyak....mau ayam tua atau muda kalau kondisi nelor disembarang tempat..cara paling ampuh dari nnek moyang sudah seperti itu mas...selamat mencoba


@mas kembangsawit, itu di atas aku ambil dari kutipan nya mas, yg jadi pertanyaan, itu ayam ddi kurung -/+3hr gpp gt? kan katanya kalu lagi bertelur harus di kwinkan juga ma pacek biar telur nya bisa di buahi, na ini yg aku mungkin kurang paham..thx lagi sblmnya
sebenarnya babon yang sudah bertelur tidak perlu di kawinkan lagi juga tidak masalah karena itu sperma pasti sudah membuahi telur2 tersebut, namun tidak ada salahnya juga babon yang bertelur dikawinkan secara rutin, agar mentalnya babon tetap terjaga karena masih memiliki pejantan, bisa dikatakan sugesti.

dikurung 3 hari ga masalah, apalagi babon yang bertelur tersebut sering kali bertelur ditempat-tempat yang tidak wajar, tentunya diterapi dengan sistem kurung tersebut, jika sudah hafal dimana telurnya maka secara otomatis babon tersebut pasti bertelur kembali ditempatnya hingga mengerami.

babon bertelur puasa?  tidak ada masalah jika sebelum bertelur kita telah memberikan vitamin, gizi, protein dan karbohidrat yang cukup. karena babon yang akan bertelur biasanya postur akan sedikit gemuk, itu diartikan babon telah menyimpan cadangan makanan untuk energi dia saat bertelur dan juga nanti untuk mengerami.

karena babon yang turun saat mengerami sesungguhnya bukan lapar, tetapi menormalkan suhu telur yang panas. sehingga inti telur tidak akan mati akibat panas berlebihan.

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: masalah ayam bertelur

Post  grahamedika on Wed 10 Jul 2013, 16:34

Terima kasih untuk agan2 atas sarannya, satu babon ane sudah mau bertelur pada tempat yg telah ane sediakan, dan skrg Crying or Very sad  tahap ngeram (10hari). tapi sayang pacek ane hilang ga tau kmna..!!

grahamedika

Jumlah posting : 9
Join date : 11.06.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: masalah ayam bertelur

Post  Sponsored content Today at 07:05


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik