Ngorok+Tembolok ngga turun

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Ngorok+Tembolok ngga turun

Post  henz on Tue 18 Jun 2013, 19:20

Dikandangku sdh Siaga 3......1 ekor ayam sdh mati akibat penyakit dgn gejala tembolok tdk turun disertai sedikit ngorok, 4 ekor sdh tertular, 2 ekor ngorok saja, 2 ekor ngorok + tembolok tdk turun. yg jadi pertanyaan, apakah penyakit ini flu burung atau tetelo atau penyakit menular lainnya ? dan langkah apa yg hrs dilakukan ? dimusnakan saja atau diobati ? ( untuk yg ini sdg saya lakukan, berbagai cara saya lakukan sesuai dgn keterangan dr rekan2 di topik tembolok tdk turun )
sebelumnya saya ucapkan Terimakasih atas jawaban dan saran rekan2 semua......

henz
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 325
Join date : 13.04.12
Lokasi : Cemara Farm, Cicalengka Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngorok+Tembolok ngga turun

Post  YFMA on Tue 18 Jun 2013, 20:06

henz wrote:Dikandangku sdh Siaga 3......1 ekor ayam sdh mati akibat penyakit dgn gejala tembolok tdk turun disertai sedikit ngorok, 4 ekor sdh tertular, 2 ekor ngorok saja, 2 ekor ngorok + tembolok tdk turun. yg jadi pertanyaan, apakah penyakit ini flu burung atau tetelo atau penyakit menular lainnya ? dan langkah apa yg hrs dilakukan ? dimusnakan saja atau diobati ? ( untuk yg ini sdg saya lakukan, berbagai cara saya lakukan sesuai dgn keterangan dr rekan2 di topik tembolok tdk turun )
sebelumnya saya ucapkan Terimakasih atas jawaban dan saran rekan2 semua......


YFMA
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 556
Join date : 18.12.11
Lokasi : Kandang Ayam

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngorok+Tembolok ngga turun

Post  YFMA on Tue 18 Jun 2013, 20:07

Tembolok tidak turun loloh aja mas pake vegeta herbal di campur air...di aduk lalu d loloh sehari 2 kali aja .. dan jangan di kasih makan dl.
3 hari aja da turun mas di jamin manjur.
di kasih sebanyak mgkn.
hehehe.
monggo di coba.

Dan bukan penyakit menular.

YFMA
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 556
Join date : 18.12.11
Lokasi : Kandang Ayam

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngorok+Tembolok ngga turun

Post  YFMA on Tue 18 Jun 2013, 20:09

Dan yang ngorok coba mas kerokin pake bulu ayam.. lalu di kasih Tetra chlor pagi 2 biji dan malam 2 biji sebelum tidur .. hehehe
Semoga lekas sembuh mas..

Ini yang saya pernah alami. salam newbie deh bouncebounce

YFMA
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 556
Join date : 18.12.11
Lokasi : Kandang Ayam

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngorok+Tembolok ngga turun

Post  Tamu on Tue 18 Jun 2013, 20:45

Coba tambah kasih minum larutan Doxyvet, pagi kalau ada panas jemur sampai mengap2 (sebelumnya kasih tetra chlor 1 capsul) sehingga ayam mau nimum, gak usah kasih makan dulu, biarkan ayam minum dan minum terus, Salam..., Cool Cool Cool

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngorok+Tembolok ngga turun

Post  henz on Wed 19 Jun 2013, 12:52

YFMA wrote:Dan yang ngorok coba mas kerokin pake bulu ayam.. lalu di kasih Tetra chlor pagi 2 biji dan malam 2 biji sebelum tidur .. hehehe
Semoga lekas sembuh mas..

Ini yang saya pernah alami. salam newbie deh bouncebounce
Thanks infonya.......kalo ngorok biasa sih sering, pake tetraclor + cabe rawit langsung sembuh.

henz
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 325
Join date : 13.04.12
Lokasi : Cemara Farm, Cicalengka Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngorok+Tembolok ngga turun

Post  henz on Wed 19 Jun 2013, 12:55

id_idiot wrote:Coba tambah kasih minum larutan Doxyvet, pagi kalau ada panas jemur sampai mengap2 (sebelumnya kasih tetra chlor 1 capsul) sehingga ayam mau nimum, gak usah kasih makan dulu, biarkan ayam minum dan minum terus, Salam..., Cool Cool Cool
Thanks infonya......cuma ayamnya ngga mau makan dan minum........lesu, kalo ngorok biasa mah makan + minum tetap normal.

henz
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 325
Join date : 13.04.12
Lokasi : Cemara Farm, Cicalengka Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngorok+Tembolok ngga turun

Post  henz on Wed 19 Jun 2013, 13:04

YFMA wrote:Tembolok tidak turun loloh aja mas pake vegeta herbal di campur air...di aduk lalu d loloh sehari 2 kali aja .. dan jangan di kasih makan dl.
3 hari aja da turun mas di jamin manjur.
di kasih sebanyak mgkn.
hehehe.
monggo di coba.

Dan bukan penyakit menular.
Thanks infonya pak.......tapi kenapa ditempat saya menular yah pak ? pertama ayam saya titipkan diteman u/ difisik krn saya tdk ada waktu u/ itu......stlh 3 minggu krn didaerahnya sdg ada wabah, ayam saya tarik kembali, selang 2 hari dirumah, tembolok macet dan ada ngorok sedikit.......selang 2 hari, ayam koit........2 hari kemudian 2 ekor ngorok saja, 1 ekor ngorok + tembolok macet.....bsknya 1 ekor lagi ngorok + tembolok macet, jadi kalo bkn penyakit menular knp ayam saya pada sakit yah ???

henz
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 325
Join date : 13.04.12
Lokasi : Cemara Farm, Cicalengka Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngorok+Tembolok ngga turun

Post  henz on Wed 19 Jun 2013, 17:53

Info terbaru, saya sembelih ayamnya 1 ekor krn tdk menunjukan tanda2 sehat, malah semakin parah, ayam sudah megap2, dihidung sdh keluar darah, daripada semakin menyebar.......yg 3 ekor menunjukan tanda2 kesembuhan, meskipun yg satu tembolok msh blm turun, tapi ngoroknya hampir tdk kedengaran, yg 1 ekor sdh tdk ngorok, 1 lagi tdk bertambah parah tapi tdk jg sehat krn ngoroknya msh berbunyi pelan.......

henz
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 325
Join date : 13.04.12
Lokasi : Cemara Farm, Cicalengka Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngorok+Tembolok ngga turun

Post  mujib on Wed 19 Jun 2013, 18:25

Oohh Tidaaaaaaaaaaaaakkk. turut berdukacita. Di Obati seng Tlaten Kang.SadSadSad

mujib
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 434
Join date : 19.02.13
Age : 28
Lokasi : Tulungagung, Jatim 085234778994, BBM: 52085D27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngorok+Tembolok ngga turun

Post  henz on Wed 19 Jun 2013, 21:28

mujib wrote:Oohh Tidaaaaaaaaaaaaakkk. turut berdukacita. Di Obati seng Tlaten Kang.SadSadSad
Pasti pak.....

henz
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 325
Join date : 13.04.12
Lokasi : Cemara Farm, Cicalengka Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngorok+Tembolok ngga turun

Post  jagopedot on Wed 19 Jun 2013, 23:50

henz wrote:
mujib wrote:Oohh Tidaaaaaaaaaaaaakkk. turut berdukacita. Di Obati seng Tlaten Kang.SadSadSad
Pasti pak.....
itu nular kang. Kasus Tembolok gak turun pada ayam akang bkn karna kurang minum..tp karna sakit itu. Sayang nya saya gak tau itu penyakit apa kang. Tetelo?? Flu burung kah?? Saya pernah ngalami seperti ini..2x malah. kesimpulan nya..semua ayam yg kena sulit utk bisa di selamatkan lg. Semua ayam yg ada di area itu akan tertular dan mati dg darah keluar dr hidung dan mulut..GANAS!! Sabar aja kang..ttp semangat. Kl kembali ternak..jgn lupa di vaksin

jagopedot
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 164
Join date : 31.05.13
Lokasi : lampung palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngorok+Tembolok ngga turun

Post  Refal on Thu 20 Jun 2013, 10:04

kalo saya buntuk mengobati tembolok tidak kempes, pake lendir tanaman lidah buaya dilolohkan dan bisa juga pake vegeta. untuk penyakit ngorok kebetulan kemarin ayam saya ngorok saya kaish obat anti ngorok di kasih pagi sore 2 hari sudah sembuh. sekedar berbagi pengalaman semoga ada manfaatnya.

Refal
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 157
Join date : 30.10.12
Age : 31
Lokasi : Karwang, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngorok+Tembolok ngga turun

Post  naga24 on Thu 20 Jun 2013, 10:14

VIRUS segera atasi, penyebarannya cepat.

naga24
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 239
Join date : 15.05.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngorok+Tembolok ngga turun

Post  jagopedot on Thu 20 Jun 2013, 11:02

[qu ote="naga24"]VIRUS segera atasi, penyebarannya cepat.[/quote]bener mas naga24.. Virus kl udah nyebar cpt dan gak kenal ampun..ngerii..hii..hii
yg di alami mas henz seperti nya bkn ngorok biasa yg di sebabkan flu.

jagopedot
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 164
Join date : 31.05.13
Lokasi : lampung palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngorok+Tembolok ngga turun

Post  Richard on Thu 20 Jun 2013, 11:20

Di tempat saya untuk mencegah penularan biasanya kami mencampurkan Rodalon satu tutup untuk 10 liter air. Ayam yang sakit hanya di pegang terakhir setelah tidak memegang ayam lainnya. Ayam yang sakit kandangnya ditutup kelambu supaya tidak kena angin.

Richard
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 182
Join date : 02.07.09
Lokasi : Ternak dan jual di Gading Serpong, Tangerang Hp 081808916888

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngorok+Tembolok ngga turun

Post  henz on Thu 20 Jun 2013, 19:27

Terimakasih atas saran dan masukan dr rekan2 semua, kemungkinan memang cekak  (menurut bhs sunda ) tapi biasanya jawer dan mukanya biru, kalo dikasus skrg ayam cuma sedikit pucat saja.....sampe skrg ayam ke-3 yg saya bilang membaik, kondisinya skrg menurun, padahal saya rajin kasih minum ( pagi, sore, malam kira2 1/2 wadah air standart ), kapsul pencerna ( eka farma ), amoksilin yg dilarutkan dgn clorofil dan obat flu anak, makannya kemaren2 dikasih pepaya, hari ini tdk dikasih krn temboloknya malah tambah besar dan tdk turun.......mudah2an tdk mewabah luas.........

henz
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 325
Join date : 13.04.12
Lokasi : Cemara Farm, Cicalengka Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngorok+Tembolok ngga turun

Post  mujib on Thu 20 Jun 2013, 22:19

Kalo ayam Ngorok + Tembolok tidak turun. Segera atasi mas. untuk pengalaman saya, jika ayam terkena Ngorok + Tembolok tidak turun, saya langsung bersihkan Temboloknya dengan memberikan air ke ayam sampai penuh, kemudian ayam saya balik dan temboloknya saya pencet sampai Temboloknya Habis tidak tersisa.
  Kalo temboloknya sudah bersih,  ayam saya kasih minum air kelapa secukupnya n 1 capsul coryvit. kemudian, ayam saya masukin ke Kurungan n saya sediakan air minum dan Sore sebelum tidur, ayam di kasih 1 capsul coryvit lagi. hari pertama di usakan jangan di kasih Makan. Biarkan ayam tidur dengan cuma air saja di temboloknya. Besoknya, pagi di kasih coryvit Lagi n sediakan air minum biar minum sendiri. kemudian, Sorenya di kasih Makan Seperti biasa. tp makananya di Batasi 1/4 dri tembolok biasa. Paginya, jangan lupa di kasih coryvit n makanan seperti biasa n sorenya di kasih Coryvit lagi. dan di hari selanjutnya kasih metode yang sama sampai ayam menandakan Kesehatanya.

Untuk ayam Kesayangan, usahakan di Umbar aja di kandang yang agak Luas Mulai hari pertama. biar ayamnya jalan2 sesukanya.

Sulit ternyata kalo di ungkapkan dengan kata - kata. kalo langsung praktek saya sudah biasa.
ada yang sembuh Total, ada juga yg mati. tp kebanyakan sembuh mas.

Salam Newbie.

mujib
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 434
Join date : 19.02.13
Age : 28
Lokasi : Tulungagung, Jatim 085234778994, BBM: 52085D27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngorok+Tembolok ngga turun

Post  YFMA on Thu 20 Jun 2013, 22:47

bukan menular mas 
mgkn aja mmg lg ga sehat ayam nya mas

YFMA
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 556
Join date : 18.12.11
Lokasi : Kandang Ayam

Kembali Ke Atas Go down

ksh promaag bsk psti lgsg kempes abiz makanan yg msh nyantol d tombolok ayam

Post  anditauk on Fri 21 Jun 2013, 09:09

henz wrote:Dikandangku sdh Siaga 3......1 ekor ayam sdh mati akibat penyakit dgn gejala tembolok tdk turun disertai sedikit ngorok, 4 ekor sdh tertular, 2 ekor ngorok saja, 2 ekor ngorok + tembolok tdk turun. yg jadi pertanyaan, apakah penyakit ini flu burung atau tetelo atau penyakit menular lainnya ? dan langkah apa yg hrs dilakukan ? dimusnakan saja atau diobati ? ( untuk yg ini sdg saya lakukan, berbagai cara saya lakukan sesuai dgn keterangan dr rekan2 di topik tembolok tdk turun )
sebelumnya saya ucapkan Terimakasih atas jawaban dan saran rekan2 semua......

anditauk

Jumlah posting : 3
Join date : 31.05.13
Age : 32
Lokasi : jombang 085735739034

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngorok+Tembolok ngga turun

Post  henz on Fri 21 Jun 2013, 12:09

mujib wrote:Kalo ayam Ngorok + Tembolok tidak turun. Segera atasi mas. untuk pengalaman saya, jika ayam terkena Ngorok + Tembolok tidak turun, saya langsung bersihkan Temboloknya dengan memberikan air ke ayam sampai penuh, kemudian ayam saya balik dan temboloknya saya pencet sampai Temboloknya Habis tidak tersisa.
  Kalo temboloknya sudah bersih,  ayam saya kasih minum air kelapa secukupnya n 1 capsul coryvit. kemudian, ayam saya masukin ke Kurungan n saya sediakan air minum dan Sore sebelum tidur, ayam di kasih 1 capsul coryvit lagi. hari pertama di usakan jangan di kasih Makan. Biarkan ayam tidur dengan cuma air saja di temboloknya. Besoknya, pagi di kasih coryvit Lagi n sediakan air minum biar minum sendiri. kemudian, Sorenya di kasih Makan Seperti biasa. tp makananya di Batasi 1/4 dri tembolok biasa. Paginya, jangan lupa di kasih coryvit n makanan seperti biasa n sorenya di kasih Coryvit lagi. dan di hari selanjutnya kasih metode yang sama sampai ayam menandakan Kesehatanya.

Untuk ayam Kesayangan, usahakan di Umbar aja di kandang yang agak Luas Mulai hari pertama. biar ayamnya jalan2 sesukanya.

Sulit ternyata kalo di ungkapkan dengan kata - kata. kalo langsung praktek saya sudah biasa.
ada yang sembuh Total, ada juga yg mati. tp kebanyakan sembuh mas.

Salam Newbie.


Jadi bkn penyakit menular yah.......( rada lega.....mengingat ayam dikandang lebih dr 100 ekor dr mulai anak sampe induk ) melihat perkembangan memang kalo itu cekak atau tetelo pasti dlm 1-2 hari akan banyak yg jadi korban, tapi kalo diamati dr ayam ke-1 yg mati ( diambil dr temen krn didaerahnya sedang ada wabah ), terus kemudian 4 ekor ngorok,2 ekor plus tembolok tdk turun dgn gejala dan ciri2 penyakitnya sama dgn yg mati pertama, saya yakin ini wabah, cuma memang ciri2 ayam yg kena tetelo atau cekak berbeda ( kalo cekak memang tembolok tdk turun, ngorok dan berlendir cuma muka dan jawer pasti biru, suhu badan dingin )
Dan sebelum2nya dr dulu, kalo cuma telih tdk turun, ngga usah dikasih makan, cuma disuruh minum aja jg sehari langsung kempleng temboloknya.
Kalo u/ kuras tembolok, saya blm berani melakukannya, krn rata2 menurut diskusi di forum ini, resikonya terlalu tinggi.
Coryvit itu apa pak ? u/ manusia atau hewan ?
Terimakasih telah berbagi pengalaman dan u/ saran2nya ......mudah2an tdk ada korban yg ke-3 ( badannya sdh ringan, krn 4 hari ngga makan, cuma minum dan dikasih pepaya sedikit )

henz
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 325
Join date : 13.04.12
Lokasi : Cemara Farm, Cicalengka Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngorok+Tembolok ngga turun

Post  sibajoe on Fri 21 Jun 2013, 12:31

ya ampun, kejadiannya sama juga kaya saya, tapi ayam nya saya ga ngorok, tadi pagi lancur bakat pukul tewas 1, ini satu lagi yang wilah mau di sembelih aja kayaknya, karna udah 3 hari di coba beberapa obat belum ada tanda2 kesembuhan sama sekali, malah makin layu ,,, tetep semangat mas ya

sibajoe
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 236
Join date : 18.11.10
Lokasi : Aceh

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngorok+Tembolok ngga turun

Post  mujib on Sat 22 Jun 2013, 19:13

Ini dia Alat untuk Mengisi Air Di Tembolok ayam.


Daripada ayam mati, mending saya spekulasi menguras Temboloknya.

Coryvit

mujib
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 434
Join date : 19.02.13
Age : 28
Lokasi : Tulungagung, Jatim 085234778994, BBM: 52085D27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngorok+Tembolok ngga turun

Post  henz on Sat 22 Jun 2013, 19:58

Ngga akan masuk paru2 pak, ngisi air ke tembolok dgn yg gitu ?

henz
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 325
Join date : 13.04.12
Lokasi : Cemara Farm, Cicalengka Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngorok+Tembolok ngga turun

Post  mujib on Sat 22 Jun 2013, 21:40

henz wrote:Ngga akan masuk paru2 pak, ngisi air ke tembolok dgn yg gitu ?

Ga tahu saya masss.. scratchscratchscratch

soalnya pengalaman saya kalo cuma saya kasih obat, ayamnya Kebanyakan tidak Sembuh n Mati.

Kalo saya Kuras Temboloknya n kasih Obat, Kebanyakan Sembuh.

Salam Newbie.

mujib
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 434
Join date : 19.02.13
Age : 28
Lokasi : Tulungagung, Jatim 085234778994, BBM: 52085D27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ngorok+Tembolok ngga turun

Post  Sponsored content Today at 14:10


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik