bakalan anti katuranggan

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: bakalan anti katuranggan

Post  arif on Tue Jul 13, 2010 4:17 pm

udin_kopral wrote:saya punya ayam bakalan umur + 5bln yg menurut saya tampilanya sgt tdk ideal menurut versi katuranggan..yakni jengger mentul,paruh pendek,sisik kaki amburadul,sayap kurang panjang dan centulan minyak dibrutunya bercabang...tp jujur saya suka dgn cara berantemnya yang jorok,megang apa aja dipukul(tp ini sekilas pgmtn saya klo pas aym brntm sm aym lain)...menurut senior2 gimana pola maen ayam dgn ciri2 yg saya sebtkan di atas.mtr nuwun.

kalau memang suka.. yah lanjut saja mas.. Smile

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 441
Join date: 22.06.09
Lokasi: Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: bakalan anti katuranggan

Post  jaghana on Tue Jul 13, 2010 4:35 pm

plamboyan cock wrote:Tulangan ayam termasuk katuragan bukan?ayam dgn kerja-pukul bagus kalo tulangan'y ga bagus(tipis n kecil)gimana tuh?

dulu saya pernah punya ayam seperti yg anda maksud.tulangan toge,tinggi,kaki n jalu hitam,jalu ga panjang sih cuma 1,5cm...beli di sumpyuh 125rb...trus saya turunin dikalangan pinggiran belakang budi asih,cawang.
...musuhnya, pinggang,batang lebih besar,jalu pentol n udah pernah menang katanya...si tulangan toge cuma menang tinggi n andalan jalu jahat...saya sih takut,karena ayam muda,blm pernah turun kalangan..tapi om saya yg nanding ,ya saya percaya aja..karna dia pengalaman dlm merawat & adu ayam...ternyata musuhnya nyerah dalam 3 ronde,habis dijaluin sama ayam tulangan toge saya.....

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting: 6277
Join date: 01.07.10
Age: 37
Lokasi: matraman jak-tim 085217314302. pin BB 21E26FAB

Kembali Ke Atas Go down

Re: bakalan anti katuranggan

Post  Modesto on Tue Jul 13, 2010 5:20 pm

jaghana wrote:
plamboyan cock wrote:Tulangan ayam termasuk katuragan bukan?ayam dgn kerja-pukul bagus kalo tulangan'y ga bagus(tipis n kecil)gimana tuh?

dulu saya pernah punya ayam seperti yg anda maksud.tulangan toge,tinggi,kaki n jalu hitam,jalu ga panjang sih cuma 1,5cm...beli di sumpyuh 125rb...trus saya turunin dikalangan pinggiran belakang budi asih,cawang.
...musuhnya, pinggang,batang lebih besar,jalu pentol n udah pernah menang katanya...si tulangan toge cuma menang tinggi n andalan jalu jahat...saya sih takut,karena ayam muda,blm pernah turun kalangan..tapi om saya yg nanding ,ya saya percaya aja..karna dia pengalaman dlm merawat & adu ayam...ternyata musuhnya nyerah dalam 3 ronde,habis dijaluin sama ayam tulangan toge saya.....

Mas, tulangan toge tu apa ya?

Modesto
Jendral
Jendral

Jumlah posting: 1105
Join date: 21.03.10
Age: 33
Lokasi: Ponorogo

Kembali Ke Atas Go down

Re: bakalan anti katuranggan

Post  Butcher on Tue Jul 13, 2010 5:28 pm

Administrator wrote:Ayam adlh mahluk hidup. Setiap mahluk hidup, selain memiliki ciri bentuk sifat fisik yg beragam, mereka juga memiliki sifat psikis.
Ciri fisik sering kita sebut dgn rabaan, pegangan, dll.
Sementara sifat psikis sering kita sebut dgn mental atau karakter/sifat.

Yang membuat kita kesulitas dalam memilih ayam2 bagus, adlh krn kita hanya bisa menilai dari ciri fisiknya saja. Sementara dari sisi mental, karakter atau bakatnya, kita tidak akan pernah tau sebelum membeli dan mencobanya.

Untuk itulah, nenek moyang kita dahulu membuat literatur 'katuranggan' dimana tujuannya adlh 'meneropong' utk memperkirakan ciri psikis ayam (mental, karakter, bakat) yg digambarkan/dihubungkan dari penampilan fisiknya.

Dari pengalaman saya, literatur katuranggan ini ternyata tidak bisa akurat. Banyak sekali kesalahan prediksi. Jadi sifatnya hanya sbg sebuah perkiraan saja. Tidak bisa dijadikan pedoman baku.
Dalam dunia yg lebih modern, faktor hereditas (keturunan) ternyata lebih mudah dijadikan pedoman.
Jadi menurut saya, apapun bentuk ciri fisiknya, kalau dari keturunan indukan yg baik secara mental, karakter dan bakatnya, maka kemungkinan besar anaknyapun akan mewarisi sifat2 tersebut.


Smile

Setuju mas Ari,

Tolak ukur tersebut banyak menolong sebagai indikasi awal, baru deh gebrak biar g penasaran....

Butcher
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 194
Join date: 12.04.10
Age: 32
Lokasi: Cianjur

http://www.facebook.com/home.php?#!/profile.php?id=1000012276673

Kembali Ke Atas Go down

Re: bakalan anti katuranggan

Post  Administrator on Tue Jul 13, 2010 7:17 pm

plamboyan cock wrote:Tulangan ayam termasuk katuragan bukan?ayam dgn kerja-pukul bagus kalo tulangan'y ga bagus(tipis n kecil)gimana tuh?

Sy rasa tulangan ayam bukan termasuk dalam pakem katuranggan.

Menurut sy, katuranggan itu tanda2 fisik yg bisa dinilai hanya dari melihat saja (tidak usah dipegang/diraba).
Contoh : Bentuk jengger, warna bulu, sisik kaki, bentuk ekor, penampilan, dll.
Katuranggan biasanya dihubungkan dgn 'hoki' atau 'tuah'.

Kalau anatomi lain yg sifatnya 'eksak'/ilmiah dan berpengaruh langsung pada kinerja, sepertinya bukan masuk dalam katuranggan.
Contoh : Tulangan, otot, batang leher, dll.

Tapi ada juga anatomi dinilai baik yg merupakan gabungan antara nilai eksak/ilmiah dan pakem katuranggan.
Contoh : sisik kering, bentuk patuk, bentuk sayap, dll.

CMIIW


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6109
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: bakalan anti katuranggan

Post  mas anto klaten on Wed Jul 14, 2010 7:43 am

kalau bang admin memberi masukan selalu ok, ilimiah dan musah diterima. matur thengyu

mas anto klaten
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 749
Join date: 26.11.09
Age: 42
Lokasi: wedi klaten

http://hadiyantoprima@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: bakalan anti katuranggan

Post  plamboyan cock on Wed Jul 14, 2010 10:38 am

Ok mas admin,trimakasih pencerahan'y,,,
Saya pribadi memang lebih mengutamakan faktor 'tulangan' itu sendiri(rabaan),dalam memilih dan menilai kualitas ayam drpd katuragan'y.(Anggap lah kita belum tau kualitas tehnik-pukul itu ayam,so yg saya utamakan faktor tulangan'y(rabaan),drpd katuragan'y...)

plamboyan cock
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 317
Join date: 30.10.09
Lokasi: KAF Rangkasbitung/jakarta barat 08567078871/23516fae

Kembali Ke Atas Go down

Re: bakalan anti katuranggan

Post  Administrator on Wed Jul 14, 2010 11:32 am

plamboyan cock wrote:Ok mas admin,trimakasih pencerahan'y,,,
Saya pribadi memang lebih mengutamakan faktor 'tulangan' itu sendiri(rabaan),dalam memilih dan menilai kualitas ayam drpd katuragan'y.(Anggap lah kita belum tau kualitas tehnik-pukul itu ayam,so yg saya utamakan faktor tulangan'y(rabaan),drpd katuragan'y...)

Setuju mas...
Buat saya, katuranggan hanya bonus saja. Yg penting, faktor2 utama harus terpenuhi. Termasuk kualitas tulangannya.
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6109
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: bakalan anti katuranggan

Post  jaghana on Wed Jul 14, 2010 1:56 pm

Modesto wrote:
jaghana wrote:
plamboyan cock wrote:Tulangan ayam termasuk katuragan bukan?ayam dgn kerja-pukul bagus kalo tulangan'y ga bagus(tipis n kecil)gimana tuh?

dulu saya pernah punya ayam seperti yg anda maksud.tulangan toge,tinggi,kaki n jalu hitam,jalu ga panjang sih cuma 1,5cm...beli di sumpyuh 125rb...trus saya turunin dikalangan pinggiran belakang budi asih,cawang.
...musuhnya, pinggang,batang lebih besar,jalu pentol n udah pernah menang katanya...si tulangan toge cuma menang tinggi n andalan jalu jahat...saya sih takut,karena ayam muda,blm pernah turun kalangan..tapi om saya yg nanding ,ya saya percaya aja..karna dia pengalaman dlm merawat & adu ayam...ternyata musuhnya nyerah dalam 3 ronde,habis dijaluin sama ayam tulangan toge saya.....

Mas, tulangan toge tu apa ya?

mmm...istilah aja kali...disebut tulangan toge tuh,tulangannya tipis,kesannya kurus,tinggi...mungkin sama dengan istilah tulangan kacang panjang.... Rolling Eyes Rolling Eyes

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting: 6277
Join date: 01.07.10
Age: 37
Lokasi: matraman jak-tim 085217314302. pin BB 21E26FAB

Kembali Ke Atas Go down

Re: bakalan anti katuranggan

Post  cak nur on Thu Jul 15, 2010 12:17 pm

jaghana wrote:
Modesto wrote:
jaghana wrote:
plamboyan cock wrote:Tulangan ayam termasuk katuragan bukan?ayam dgn kerja-pukul bagus kalo tulangan'y ga bagus(tipis n kecil)gimana tuh?

dulu saya pernah punya ayam seperti yg anda maksud.tulangan toge,tinggi,kaki n jalu hitam,jalu ga panjang sih cuma 1,5cm...beli di sumpyuh 125rb...trus saya turunin dikalangan pinggiran belakang budi asih,cawang.
...musuhnya, pinggang,batang lebih besar,jalu pentol n udah pernah menang katanya...si tulangan toge cuma menang tinggi n andalan jalu jahat...saya sih takut,karena ayam muda,blm pernah turun kalangan..tapi om saya yg nanding ,ya saya percaya aja..karna dia pengalaman dlm merawat & adu ayam...ternyata musuhnya nyerah dalam 3 ronde,habis dijaluin sama ayam tulangan toge saya.....

Mas, tulangan toge tu apa ya?

mmm...istilah aja kali...disebut tulangan toge tuh,tulangannya tipis,kesannya kurus,tinggi...mungkin sama dengan istilah tulangan kacang panjang.... Rolling Eyes Rolling Eyes

Wahh kayaknya mas Ary perlu menjelaskan kriteria topik Tulang ayam nih.. he.he.he..

Bagaimana batasan tulang yang bagus,.. yang kurang bagus..atau besar, tipis,..!?
Monggo mas Ary,.. dijlentrehkan...

cak nur
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting: 2416
Join date: 10.02.10
Age: 47
Lokasi: PASURUAN. 085204243643 / 085785628857

Kembali Ke Atas Go down

Re: bakalan anti katuranggan

Post  Administrator on Thu Jul 15, 2010 1:35 pm

cak nur wrote:
Wahh kayaknya mas Ary perlu menjelaskan kriteria topik Tulang ayam nih.. he.he.he..

Bagaimana batasan tulang yang bagus,.. yang kurang bagus..atau besar, tipis,..!?
Monggo mas Ary,.. dijlentrehkan...

Mengenai tulangan ayam, ini agak sulit krn harus ada contoh ayam utk di pegang dan membandingkan.
Kalau sekedar ditulis, pasti banyak yg bingung.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6109
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: bakalan anti katuranggan

Post  pak_tri on Thu Jul 15, 2010 3:53 pm

ok cak nur.... saya juga belum faham betul tentang tulang tebal,.
tulangan rapat , tlg tipis.......mohon mas admin menguraikan....
trimakasih.... cyclops cyclops cyclops

pak_tri
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting: 1725
Join date: 02.06.10
Lokasi: Semarang

http://www.facebook.com/notifications.php#!/profile.php?id=10000

Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik