bangkai ayam sekujur tubuh biru

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

bangkai ayam sekujur tubuh biru

Post  stevie_else on Thu 27 Jun 2013, 14:47

Mau tanya senior2 serta para hobiis ayam aduan.ayam saya terserang penyakit dan kemudian mati,yg anehnya sekujur tubuhnya biru kehitaman,pada awalnya saya mengira itu penyakit nd,td pagi seluruh ayam yg masih sehat sudah saya vaksin.apakah teman2 serta senior2 pernah mengalami ato mengetahui penyakit apa itu sebenarnya?dan cara pengobatan/pencegahannya gimana?thx b4.kalo bisa cepat ź̲̣ǻǎ̜̍ǻ⌣◦° ,soalnya keburu isi kandang ludes Crying or Very sad

stevie_else
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 89
Join date : 23.11.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: bangkai ayam sekujur tubuh biru

Post  andrioke on Thu 27 Jun 2013, 15:43

Klo ayamnya sedikit ungsiin dulu bro... kandang semprot pake disinfektan... 2 atau 3 minggu kandang lama bisa ditempatin lagi...

andrioke
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 290
Join date : 09.09.11
Lokasi : Pamulang. Tangsel

Kembali Ke Atas Go down

Re: bangkai ayam sekujur tubuh biru

Post  stevie_else on Thu 27 Jun 2013, 18:01

Makasih masukannya mas andrioke.tp masalahnya saya takut kalo malah nularin ayam di pengungsiannya.soalnya tu sakit cepet banget nyerangnya,sore blm ada gejala,tau2 paginya wajah udah biru,trus sorenya mati.jd saya juga blm bisa pastiin apa yg tersisa ini bener2 sehat semua,kalo tampilannya sih masih seger2.
Silahkan bagi rekan2 yg laen yg ingin berbagi.terima kasih

stevie_else
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 89
Join date : 23.11.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: bangkai ayam sekujur tubuh biru

Post  jagopedot on Thu 27 Jun 2013, 21:14

Kira2 apa bkn terkena sengatan hewan berbisa bro?

jagopedot
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 164
Join date : 31.05.13
Lokasi : lampung palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: bangkai ayam sekujur tubuh biru

Post  stevie_else on Thu 27 Jun 2013, 21:23

Kayaknya g deh mas,soalnya nular kok mas

stevie_else
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 89
Join date : 23.11.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: bangkai ayam sekujur tubuh biru

Post  Cah_Erap on Fri 28 Jun 2013, 07:51

kalo ekstrem sekujur tubuh biru sih belom pernah, paling muka ama jengger aja yg biru bila kena snot ato ND. pernah ngalamin sekujur tubuh biru bila ayam kena gigit ular, mati krn jemur n lupa pindah ke tempat teduh, dan kalo matinya udah terlalu lama ( mati sore tapi baru ketauan paginya).

Cah_Erap
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 148
Join date : 19.03.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: bangkai ayam sekujur tubuh biru

Post  slammy on Fri 28 Jun 2013, 08:26

kalo diungsikan juga riskan sebenarnya, apalagi kalo di tempat pengungsian ada ayam lain bisa kena tular, yg paling bisa dilakukan jaga sanitasi kandang, tiap hari dibersihkan, yg kelihatan sakit dipisahkan dari yg sehat, semua ayam kasih multivitamin biar meningkatkan ketahanan tubuh, kalo sudah potensi wabah kaya gitu sepertinya divaksin malah ga ada gunanya malah bisa mudah sakit, krn vaksin apalagi lewat suntikan butuh proses pemulihan

slammy
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 650
Join date : 17.01.12
Lokasi : Kebon Jeruk, Jakbar

Kembali Ke Atas Go down

Re: bangkai ayam sekujur tubuh biru

Post  stevie_else on Fri 28 Jun 2013, 12:08

Haduh haduh,padahal udh terlanjur sy kasih vaksin semua ayam yg tersisa.kmrn ada lg yg mulai menunjukkan gejala,sy coba kasih baytril,esok paginya tetep aja mati,berartkesimpulan saya bukan wabah snot.udah 3 nyawa menjadi korban keganasan penyakit i:(

stevie_else
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 89
Join date : 23.11.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: bangkai ayam sekujur tubuh biru

Post  jagopedot on Fri 28 Jun 2013, 16:51

Turut prihatin mas..

jagopedot
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 164
Join date : 31.05.13
Lokasi : lampung palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: bangkai ayam sekujur tubuh biru

Post  henz on Fri 28 Jun 2013, 17:05

Salah dong kalo sdh ada yg mati baru divaksin, kumannya malah dobel.......vaksin itu sebaiknya dilakukan pada saat ayam sehat, tujuannya supaya tubuh bisa membentuk sendiri anti body atau kekebalan terhadap virus penyakit tertentu, nah hal ini membutuhkan waktu beberapa hari, jadi sebaiknya ayam yg sakit dipisahkan dr yg sehat, yg sehatnya harus dijaga kondisi kesehatannya, dgn cara dijemur, dikasih vitamin, makan yg cukup, kandang bersih, kering dan hangat, agar tubuhnya tahan terhadap virus yg sedang mewabah.
Ayam yg mati karena wabah biasanya memang tubuhnya biru lebam, kalo dipotong sebelum mati juga biasanya darahnya kental dan kehitaman.......

henz
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 325
Join date : 13.04.12
Lokasi : Cemara Farm, Cicalengka Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: bangkai ayam sekujur tubuh biru

Post  sibajoe on Sat 29 Jun 2013, 07:51

kritis, kejadian ini juga pernah saya alami, dan saya blm tau penawarnya karna penyakit ini beraksi sangat2 cepat ke arah kematian, bahkan kadang tanpa gejala2 sebelumnya

sibajoe
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 236
Join date : 18.11.10
Lokasi : Aceh

Kembali Ke Atas Go down

Re: bangkai ayam sekujur tubuh biru

Post  stevie_else on Sat 29 Jun 2013, 12:01

Iya mas,bener bgt,gejalanya emg g keliatan,sore sehat tau2 bsknya sakit,trus mati.sekarang andalan saya tinggal vit b complex aja,mudah2an bisa meredam serangan wabaah ini.terima kasih atas masukan dari teman2.

stevie_else
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 89
Join date : 23.11.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: bangkai ayam sekujur tubuh biru

Post  sant on Sun 30 Jun 2013, 18:19

stevie_else wrote:Haduh haduh,padahal udh terlanjur sy kasih vaksin semua ayam yg tersisa.kmrn ada lg yg mulai menunjukkan gejala,sy coba kasih baytril,esok paginya tetep aja mati,berartkesimpulan saya bukan wabah snot.udah 3 nyawa menjadi korban keganasan penyakit i:(
benar mas... itu wabah ND
Pemberian vaksin pada saat wabah boleh di lakukan..... dan biasanya menggunakan dobel dosis.
Nah.. di sini masalahnya... vaksin ND ada 3 macam...Hitner B1, Lasota dan ND Clone.
mana yang di gunakan ???? . untuk yang Hitner B1 dan lasota tidak di sarankan sebab dapat memperparah serangan ND. Lebih baik gunakan yang ND Clone.... ini memang di gunakan bila keadaan darurat / ada serangan ND.

sant
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 174
Join date : 16.01.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: bangkai ayam sekujur tubuh biru

Post  stevie_else on Sun 30 Jun 2013, 18:42

Itu dia masalahnya mas.pas datangnya wabah itu sy blm tau kalo harusnya vaksin yg digunain tu yg clone,jd saya pake asal aja(sesuai rekomendasi yg jual)yaitu yg kecil saya pake hitchner,yg dewasa pake lasota.tp alhamdulilah skrg udh ilang kayaknya wabah itu,ayam2 saya udh keliatan seger2.sama semua kandang sy semprot pake formades dg doble dosis.terima kasih atas masukan teman2

stevie_else
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 89
Join date : 23.11.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: bangkai ayam sekujur tubuh biru

Post  sant on Mon 01 Jul 2013, 11:50

stevie_else wrote:Itu dia masalahnya mas.pas datangnya wabah itu sy blm tau kalo harusnya vaksin yg digunain tu yg clone,jd saya pake asal aja(sesuai rekomendasi yg jual)yaitu yg kecil saya pake hitchner,yg dewasa pake lasota.tp alhamdulilah skrg udh ilang kayaknya wabah itu,ayam2 saya udh keliatan seger2.sama semua kandang sy semprot pake formades dg doble dosis.terima kasih atas masukan teman2

Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy 

sant
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 174
Join date : 16.01.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: bangkai ayam sekujur tubuh biru

Post  Aptanto WSS on Mon 01 Jul 2013, 14:09

Saya ada sahabat  seorang  dokter hewan  yang  berkerja menangani kasus satwa liar . Nah  dari  beliau  kasih  info bahwa kepastian penyakit baru bisa kalau jenazah  di otopsi . Kadang secara fisik teridentifikasi penyakit a namun saat organ dalam di  bedah  maka ternyata penyakit b . Jadi tiap penyakit akan  serang organ yang  berbeda dengan ciri di organ  dalam yang  berbeda pula Very Happy 

Saya heran ama beliau kan yang mati ayam  kesayangan  beliau kok  tega tega nya di otopsi  , padahal  beliau  sangat terpukul merasa gagal jadi  dokter selamatkan  hewan  liar sering  eh  giliran yam  kesayangan tidak  bisa padahal  vaksin  sudah  full . Ayam kondisi sakit  beliau  infus ( Baru tahu ayam di infus ) dan  perhatian  kusus namun ayam tetap tak  selamat .

Jawaban  beliau , saya paksakan  otopsi walau hati menangis agar tahu penyebab  nya apa  . karena kalau sudah tahu peyebab nya saya  bisa melakukan langkah  penyelamatan terhadap ayam lain yang tidak sakit .

Aptanto WSS
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 893
Join date : 05.12.09
Age : 31
Lokasi : Surabaya - 083 857 60 70 63

Kembali Ke Atas Go down

Re: bangkai ayam sekujur tubuh biru

Post  Sponsored content Today at 05:26


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik