Cara Milih Babon yang baik???

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Cara Milih Babon yang baik???

Post  joniblorok on Wed 03 Jul 2013, 09:42

Selamat Siang Para Senior
saya berniat mengawinkan Pacek saya dengan babon yg ada di kandang saya.
menurut para senior n' mbah google, ciri-ciri induk betina yang bagus sebagai berikut :
Kepala seperti kepala ular, jika dilihat dari depan
Mata menjorok kedalam dan bersih
Badan kalau dipegang seperti botol atau seperti batang pinang
Kaki kering dengan jari kaki halus dan panjang
Tulang sapit udang lebar (tulang dibawah pangkal ekor) 3 4 jari
Mempunyai tubuh yang tahan terhadap penyakit
Bulu mengkilat

tapi bila satu syarat babon diatas gak terpenuhi, misal badan tidak kaya botol/batang pinang, apakah babon itu bisa menghasilkan anakan berkualitas...

Mohon petunjuk Senior, Suhu, n' kawan kawan semua...
mator suwon-terima kasih

Very HappyVery HappyVery Happy

joniblorok
kopral
kopral

Jumlah posting : 32
Join date : 02.07.13
Age : 34

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara Milih Babon yang baik???

Post  paracetamol on Wed 03 Jul 2013, 23:49

joniblorok wrote:Selamat Siang Para Senior
saya berniat mengawinkan Pacek saya dengan babon yg ada di kandang saya.
menurut para senior n' mbah google, ciri-ciri induk betina yang bagus sebagai berikut :
Kepala seperti kepala ular, jika dilihat dari depan
Mata menjorok kedalam dan bersih
Badan kalau dipegang seperti botol atau seperti batang pinang
Kaki kering dengan jari kaki halus dan panjang
Tulang sapit udang lebar (tulang dibawah pangkal ekor) 3 4 jari
Mempunyai tubuh yang tahan terhadap penyakit
Bulu mengkilat

tapi bila satu syarat babon diatas gak terpenuhi, misal badan tidak kaya botol/batang pinang, apakah babon itu bisa menghasilkan anakan berkualitas...

Mohon petunjuk Senior, Suhu, n' kawan kawan semua...
mator suwon-terima kasih

Very HappyVery HappyVery Happy

Coba aja dulu, di breeding tak ada ukuran eksak yg ada semieksak, selamat mencoba klu gak mencoba nggak bakalan tahu jawabannya.

paracetamol
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1325
Join date : 23.01.12
Lokasi : west borneo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara Milih Babon yang baik???

Post  wawang on Thu 04 Jul 2013, 00:14

numpang nyimak....

wawang
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 89
Join date : 29.06.13
Age : 31
Lokasi : sidoarjo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara Milih Babon yang baik???

Post  joniblorok on Thu 04 Jul 2013, 09:39

paracetamol wrote:
joniblorok wrote:Selamat Siang Para Senior
saya berniat mengawinkan Pacek saya dengan babon yg ada di kandang saya.
menurut para senior n' mbah google, ciri-ciri induk betina yang bagus sebagai berikut :
Kepala seperti kepala ular, jika dilihat dari depan
Mata menjorok kedalam dan bersih
Badan kalau dipegang seperti botol atau seperti batang pinang
Kaki kering dengan jari kaki halus dan panjang
Tulang sapit udang lebar (tulang dibawah pangkal ekor) 3 4 jari
Mempunyai tubuh yang tahan terhadap penyakit
Bulu mengkilat

tapi bila satu syarat babon diatas gak terpenuhi, misal badan tidak kaya botol/batang pinang, apakah babon itu bisa menghasilkan anakan berkualitas...

Mohon petunjuk Senior, Suhu, n' kawan kawan semua...
mator suwon-terima kasih

Very HappyVery HappyVery Happy

Coba aja dulu, di breeding tak ada ukuran eksak yg ada semieksak, selamat mencoba klu gak mencoba nggak bakalan tahu jawabannya.

OK mas bro.... trimakasih usulnya...
Very HappyVery Happy

joniblorok
kopral
kopral

Jumlah posting : 32
Join date : 02.07.13
Age : 34

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara Milih Babon yang baik???

Post  si blorok madu on Sat 10 Aug 2013, 12:28

kl sy pribadi biang yang baik untuk ternak adalah biang yang berasal dr trah bagus yang sesuai dengan angan2 kita... kl bisa ya punya kerja bagus dan pukulan merusak

si blorok madu
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 72
Join date : 23.04.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara Milih Babon yang baik???

Post  bayukelana on Fri 16 Aug 2013, 07:14

[quote="joniblorok"]Selamat Siang Para Senior
saya berniat mengawinkan Pacek saya dengan babon yg ada di kandang saya.
menurut para senior n' mbah google, ciri-ciri induk betina yang bagus sebagai berikut :
Kepala seperti kepala ular, jika dilihat dari depan
Mata menjorok kedalam dan bersih
Badan kalau dipegang seperti botol atau seperti batang pinang
Kaki kering dengan jari kaki halus dan panjang
Tulang sapit udang lebar (tulang dibawah pangkal ekor) 3 4 jari
Mempunyai tubuh yang tahan terhadap penyakit
Bulu mengkilat

tapi bila satu syarat babon diatas gak terpenuhi, misal badan tidak kaya botol/batang pinang, apakah babon itu bisa menghasilkan anakan berkualitas...

Mohon petunjuk Senior, Suhu, n' kawan kawan semua...
mator suwon-terima kasih

Yang disebutkan di atas adalah karakter yang paling disukai bukan saja untuk babon tetapi juga untuk yang jantan kecuali tulang supit, untuk jantan disukai tulang supit yang sempit. Karakter ideal tersebut dikemukakan berdasarkan pengalaman: banyak ayam yang anakannya bagus karakternya seperti begitu. Tapi, seperti kata bang paracetamol, hal tersebut bukan merupakan suatu yang pasti. Mungkin/bisa saja babon yang karakternya hanya sebagian atau malah seluruhnya tidak seperti tersebut di atas dapat menghasilkan anakan yang baik. Jadi, just go on!!!
Selamat menjadi penghulu, semoga berhasil....................................
Very HappyI love you

bayukelana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 441
Join date : 13.11.12
Lokasi : Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara Milih Babon yang baik???

Post  azka on Fri 16 Aug 2013, 08:12

ditunggu laporan hasilnya mas bro..

azka
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 246
Join date : 14.08.13
Age : 33
Lokasi : pemalang, 087882534806

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara Milih Babon yang baik???

Post  jauhari on Fri 16 Aug 2013, 18:18

kalo menurut saya babon bagus itu yang kalo nelor 9, netes 9 (fertil), anakannya yg jantan fisiknya bagus, maennya bagus, pukulannya bagus.

nah buat ndapetin yg kayak gt kelamaen kalo semua babon ditunggu anakannya, sya cari dari dere2 yg bapaknya dl fisiknya bagus, maennya bagus, pukulannya bagus.

kalo saya seleksi fisik untuk nyari babon unggul sya abaikan.

tapi itu prinsip, smpe sekarang jg masih blm dapet yg sesuai kriteria
hehehehee...
CMIIW

jauhari
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 282
Join date : 21.10.12
Age : 27
Lokasi : Banyuwangi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara Milih Babon yang baik???

Post  Ranowibowo on Thu 05 Sep 2013, 14:26

sepaham dg mas jauhari... :-)

Ranowibowo
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 935
Join date : 11.08.12
Age : 30
Lokasi : SOBA, Hp: 085252564940 / BB : 55291D93

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara Milih Babon yang baik???

Post  simkuring-adit on Thu 05 Sep 2013, 20:41

maaf,junior ikut nimbrung..Very Happy
masalah kualitas memang parental stock yg digunakan mempunyai peran penting,tapi kalo salah satu ciri fisik tidak sesuai dengan yg kita anggap baik, selama itu masih bisa di tolelir kenapa ngga di coba dulu mas...Very Happy
klo mnurut sya tergantung tujuan utama mas joni melakukan crossbreed tsb,,kalo niatnya ngejar fisik ayam ya memang idealnya seperti yang sudah ditulis sebelumnya oleh mas joni,,tapi kalo niatnya ngejar tipe main ayam ya cari lah parental stock yang tipenya sesuai dengan keinginan mas joni tanpa harus pusing mikirin keseluruhan ciri fisik ayam yg menurut kita ideal..
ga sedikit loh ayam yg ciri fisiknya jauh dari ideal tapi kualitasnya bagus...Very HappyVery HappyVery Happy

salam guyub papaji
RazzRazzRazz

simkuring-adit
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 216
Join date : 29.08.12
Age : 31
Lokasi : majalengka

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara Milih Babon yang baik???

Post  ariant on Fri 06 Sep 2013, 15:25

ikut nyimak

ariant
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 77
Join date : 05.02.13
Lokasi : selarong

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara Milih Babon yang baik???

Post  sembeleky on Fri 06 Sep 2013, 17:19

simkuring-adit wrote:maaf,junior ikut nimbrung..Very Happy
masalah kualitas memang parental stock yg digunakan mempunyai peran penting,tapi kalo salah satu ciri fisik tidak sesuai dengan yg kita anggap baik, selama itu masih bisa di tolelir kenapa ngga di coba dulu mas...Very Happy
klo mnurut sya tergantung tujuan utama mas joni melakukan crossbreed tsb,,kalo niatnya ngejar fisik ayam ya memang idealnya seperti yang sudah ditulis sebelumnya oleh mas joni,,tapi kalo niatnya ngejar tipe main ayam ya cari lah parental stock yang tipenya sesuai dengan keinginan mas joni tanpa harus pusing mikirin keseluruhan ciri fisik ayam yg menurut kita ideal..
ga sedikit loh ayam yg ciri fisiknya jauh dari ideal tapi kualitasnya bagus...Very HappyVery HappyVery Happy

salam guyub papaji
RazzRazzRazz
setuju sama mas ini saya,selain sama dg cara diatas, memilih biang yg bgus itu membutuhkan waktu yg lama soalnya nunggu anakannya besar dulu, kira2 sesuai harapan ato tidak. biang yg bagus menurut saya adalah biang yg bisa mencetak jawara2. gak peduli ciri fisiknya, gak peduli teknik mainnya. soalnya tidak sedikit terjadi kasus biang dengan tekhnik bagus dan ciri fisik bagus anakannya pada jadi untulan. nah kalo ada biang kaya gini(yg bisa nurunin anakan champion)pasti haryanya selangit,dan si empunya pun memilih untuk membiarkan si biang ini mati tua dari pada harus keluar dari peternakannya. soalnya saya jg punya temen seorang botoh lawas punya biang andalan satu, mainnya biasa tp pukulnya luar biasa,tiap mukul pasti jiling. ditawar berapapun sm orang ga dikasih emang terbukti,dipacekin sama macem2 pacek anakannya pasti ada yg juara.

sembeleky
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 86
Join date : 19.10.12
Age : 29
Lokasi : pati

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara Milih Babon yang baik???

Post  Tamu on Fri 06 Sep 2013, 17:43

si blorok madu wrote:kl sy pribadi biang yang baik untuk ternak adalah biang yang berasal dr trah bagus yang sesuai dengan angan2 kita... kl bisa ya punya kerja bagus dan pukulan merusak

SUPER..., Very Happy

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara Milih Babon yang baik???

Post  jauhari on Fri 06 Sep 2013, 19:19

share info lagi nih, wktu emak sya 2 tahun yg lalu beli ayam buat syukuran ada 1 babon kampung wana putih polos, secara fisik jelek bgt, karena tetangga ada yg percaya ayam putih polos bisa buat penangkal balak (bencana), ditukarlah dg jago dan dirawatnya. kira2 setahun yg lalu ayam tersebut diumbar dan dipacekin sm jago blorok saya (afkir krna beli tertarik warnanya). slsatu anaknya jd lancuran yg aga mirip paceknya, wktu nyari2 ayam buat tes ayam baru ternyata 1 lancuran anakan babon putih tsb punya solah lari dan pukulan pranggal yg halus/pelan sekali. sya lanjutin abar sampe aga lama itung2 latihan nafas karena ngejar2 ayam solah lari, tapi ternyata di menit ke 6 tiba2 kepala ayam saya berdarah2, krna ga sempat ngamati pukulannya lancuran milik tetangga saya, setelah saya angkat saya hitung ada 8 luka kena jalu. padahal ayam afkir sya yg dl jd paceknya ga ada bakat solah lari, apalagi jalu ganas..

klo dh terbukti babon cetak secara fisik, dan slalu menurunkan anakan solah lari + pranggal jalu joss kyk gt ap penting trah dan postur babonnya??

tp y memang sulit menemukan talenta babon dg tidak sengaja spti ini
paling gampang y lihat leluhurnya, & harganya jg ga mungkin harga ayam kampung

jauhari
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 282
Join date : 21.10.12
Age : 27
Lokasi : Banyuwangi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara Milih Babon yang baik???

Post  joniblorok on Thu 12 Sep 2013, 15:21

terima kasih atas pencerahannya saudara2 semua.....

ini si Babon baru aja Nelor....
entar kalo anakan udah pada gede saya share hasilnya....

Very HappyVery HappyVery Happy
Salam Kompak Selalu....

joniblorok
kopral
kopral

Jumlah posting : 32
Join date : 02.07.13
Age : 34

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara Milih Babon yang baik???

Post  rayhanfz on Thu 12 Sep 2013, 15:38

yang paling penting untuk babon adalah

bisa bertelur dengan baik
bisa mengerami telurnya dengan baik
dan prosentase penetasan 99%....itu lebih baik Very Happy

serta bisa menjaga anak2nya sampai besar hehehe

rayhanfz
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1570
Join date : 06.07.12
Age : 30
Lokasi : (sidoarjo-jawa timur) BBM D05492AD / 081252592555

http://karang-ayam.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara Milih Babon yang baik???

Post  si_toro on Thu 14 Nov 2013, 23:52

maaf sodara sodara. hanya berbagi , kalo saya memilih babon yang jelas kinerja nya , yg di liat bukan dari tulang tampang atau postur , itu nomer sekian lah, yg terpenting biyang gaya pertarungan nya , tau dimana harus menyimpan pukulan , mukulnya gk ngasal . akurasinya 90 % pada titik lemah lawan , serta mukulnya banyak sekali, namun tidam berantai , tapi selompat demi selompat namun terus terusan , kelak anaknya akan seperti itu , dimana kalah juga musuh rusak ... hehehe

si_toro
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 127
Join date : 23.05.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara Milih Babon yang baik???

Post  Sponsored content Today at 18:56


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik