Menilai Teknik, Pukulan dan Kecepatan dilihat dari Bentuk Fisik Ayam.

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Menilai Teknik, Pukulan dan Kecepatan dilihat dari Bentuk Fisik Ayam.

Post  PEN Kerinci_Jambi on Mon 08 Jul 2013, 16:50

Sebelumnya saya mohon maaf jika ada topik yg sama atau setidak2nya mirip dg topik yg saya ajukan diatas. Kalau emang sudah ada topik tsb tlg sj admin delete postingan sy ini atau admin arahkan sy ke link topik tsb.
Secara terpisah sudah ada juga dibahas di topik-topik yg lain seperti dari segi bentuk supit belakang dan ukuran brutu, mungkin gak ada salahnya juga mengulangnya lagi dalam satu rangkuman topiknya disini bukan hanya perkiraan dari segi bentuk yg saya sebutkan diatas itu sj.

Saya merasa masih mentah kalo untuk menilai dengan melihat ciri2 fisik ayam tsb perkiraan tekniknya, pukulannya, kecepatannya dan daya tahannya.
Untuk itulah mungkin perlu sharing yg bisa berdasarkan pengalaman masing2 ataupun analisa menurut logika atau teori yg ada.

Kita awali sj dg melihat fisik aym yg beragam; ada badannya yg panjang, pendek. Ada yg badannya ketika kita pegang bulat atau agak memanjang kebawah. Berbagai macam bentuk kepala. Bentuk dan panjang paruh. Bentuk kaki atau bahkan perbandingan panjang kaki dengan paha.
Bentuk jenggernya, sepit udangnya (maaf; ini bahas di daerah saya).
bahkan dari bentuk leher ada yg agak panjang bahkan ada yg pendek.

Tentu masih ada lagi ciri2 fisik ayam yg terlewatkan saya tulis diatas.
Nah dari segi berbagai macam fisik ayam tsb kira-kira bagaimana kita menilainya (memperkirakan) terhadap pukulannya (bisa sj kuat/keras, tidak keras tapi sakit, bisa pukul rapat atau malah minta agak berjarak), pukulannya cepat atau sedang atau bahkan lambatkah. bagaimana memperkirakan tekniknya dg melihat ciri fisik ayam tsb, bagaimana me-reka2 daya tahannya terhadap pukulan musuh, dll.

Mudah2an ada yg bisa banyak berbagi di forum ini.

PEN Kerinci_Jambi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 133
Join date : 14.01.10
Age : 42
Lokasi : Kel. Pondok Tinggi Kota Sungai Penuh Prop. Jambi 085269421974 PIN BB: 7e59ae58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menilai Teknik, Pukulan dan Kecepatan dilihat dari Bentuk Fisik Ayam.

Post  dede_shooter on Mon 08 Jul 2013, 19:13


dede_shooter
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 306
Join date : 19.05.12
Age : 29
Lokasi : Indragiri Hilir - RIAU (Tembilahan)

Kembali Ke Atas Go down

re

Post  Robbin_Jogja on Mon 08 Jul 2013, 20:33

udah ada posting analisa tekhnik nya pak hendro bang, paling atas noh.....
bagus tulisanya.

Robbin_Jogja
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 142
Join date : 19.08.12
Age : 27
Lokasi : Pademangan Pandak, Bantul, Jogjakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menilai Teknik, Pukulan dan Kecepatan dilihat dari Bentuk Fisik Ayam.

Post  PEN Kerinci_Jambi on Tue 09 Jul 2013, 12:16

Terimakasih atas petunjuknya.
Topik tsb kebetulan jg sudah saya baca yg mengurai khusus tetang tekhnik ayam aduan.

Tetapi yg saya maksud pada topik ini adalah dengan melihat ciri fisik ayam tanpa kita lihat tarungnya dulu kita bisa memperkirakan bagaimana tipikal ayam tsb (walaupun perkiraan kita tsb bisa sj sesuai atau tidak tapi namanya juga memprediksi tipikal ayam dg melihat ciri fisiknya). Contohnya dari segi ciri Paruh/patuk ada yg besar pendek, ada yg besar panjang dan tebal atau ada yg paruhnya kecil, mgkin kita bisa memprediksi kecepatan pukulannya. Atau dari segi ciri fisik bentuk badan, leher, brutu, dll bisa kita perkirakan tipikal ayam tsb yg bukan hanya dari segi tekniknya sj, bisa sj dari segi daya tahan thd pukulan musuh, dari segi bobot pukul, dll-nya.

Jadi intinya dan mamfaatnya khususnya sy pribadi dan mgkn rekan yg lain dg melihat ciri fisik ayam tanpa kita perlu melihat tarungnya dulu kita bisa memperkirakan atau setidaknya kita menebak bagaimana tipikal ayam tsb dari berbagai segi. walaupun sy menyadari tidak mutlak atau tidak selamanyanya perkiraan itu benar.

Hal ini ada juga gunanya kalo kita memilih aym yg belum kita lihat tarungnya.


Terakhir diubah oleh PEN Kerinci_Jambi tanggal Thu 25 Jul 2013, 10:36, total 1 kali diubah

PEN Kerinci_Jambi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 133
Join date : 14.01.10
Age : 42
Lokasi : Kel. Pondok Tinggi Kota Sungai Penuh Prop. Jambi 085269421974 PIN BB: 7e59ae58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menilai Teknik, Pukulan dan Kecepatan dilihat dari Bentuk Fisik Ayam.

Post  cha' chung on Mon 22 Jul 2013, 14:19

PEN Kerinci_Jambi wrote:Terimakasih atas petunjuknya.
Topik tsb kebetulan jg sudah saya baca yg mengurai khusus tetang tekhnik ayam aduan.

Tetapi yg saya maksud pada topik ini adalah dengan melihat ciri fisik ayam tanpa kita lihat tarungnya dulu kita bisa memperkirakan bagaimana tipikal ayam tsb (walaupun perkiraan kita tsb bisa sj sesuai atau tidak tapi namanya juga memprediksi tipikal ayam dg melihat ciri fisiknya). Contohnya dari segi ciri Paruh/patuk ada yg besar pendek, ada yg besar panjang dan tebal atau ada yg paruhnya kecil, mgkin kita bisa memprediksi kecepatan pukulannya. Atau dari segi ciri fisik bentuk badan, leher, brutu, dll bisa kita perkirakan tipikal ayam tsb yg bukan hanya dari segi tekniknya sj, bisa sj dari segi taya tahan thd pukulan musuh, dari segi bobot pukul, dll-nya.

Jadi intinya dan mamfaatnya khususnya sy pribadi dan mgkn rekan yg lain dg melihat ciri fisik ayam tanpa kita perlu melihat tarungnya dulu kita bisa memperkirakan atau setidaknya kita menebak bagaimana tipikal ayam tsb dari berbagai segi. walaupun sy menyadari tidak mutlak atau tidak selamanyanya perkiraan itu benar.

Hal ini ada juga gunanya kalo kita memilih aym yg belum kita lihat tarungnya.

Mohon bantuan penjelasan yg lebih detail bagi para senior2, karna bagi sya (pemula) masih butuh bnyk pnjelasan yg detail, tepat serta bisa diterima logika..
Klo yg sya ketahui kiat2 memilih ayam yg kita msh blm tau tarungya biasanya para bebotoh melihat dri katuranggannya trlebih kaki sang ayam..
Mohon bantuan penjelasannya bagi para senior2..
Salam pemula..

cha' chung
kopral
kopral

Jumlah posting : 48
Join date : 15.03.13
Lokasi : Tuban

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menilai Teknik, Pukulan dan Kecepatan dilihat dari Bentuk Fisik Ayam.

Post  cak nur on Mon 22 Jul 2013, 19:58

Memang ilmu semacam itu sangat bermanfaat,.. jangankan untuk pemula,. untuk yang bangkotan saja pasti perlu.. dan sebagai catatan.. yang bangkotan maen ayam pun belum tentu 'ngeh' dengan begitu itu...

Aku punya temen.. dia punya temen yang bisa 'menebak' ayam hanya dengan 'melihat' ayam tersebut.. dan bukan sekali dua kali bahkan seringkali... penilaiannya itu TEPAT !..hebat...ck..ck.ck..

Tapi bila kita tanya lebih lanjut,... berapa lama dia belajar.. he.he.he memang bukan maen-maen... dia dah puluhan tahun pegang ayam dan dah gak kehitung keluar masuk kalangan... pengalaman menjadi botoh orang keturunan juga sudah pernah dia jalani... so... memang tidak mudah, semudah kita cerita dan menjelaskan ke orang tentang ilmu seperti itu....

just sharing...

cak nur
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 2502
Join date : 10.02.10
Age : 49
Lokasi : PASURUAN. 085204243643 / 085785628857

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menilai Teknik, Pukulan dan Kecepatan dilihat dari Bentuk Fisik Ayam.

Post  lancuran kencur on Mon 22 Jul 2013, 20:13

wah saya msih jauh dong.baru suka ma ayam j 2blnan ini

lancuran kencur
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 327
Join date : 18.07.13
Lokasi : kota kudus jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menilai Teknik, Pukulan dan Kecepatan dilihat dari Bentuk Fisik Ayam.

Post  Cah_Erap on Mon 22 Jul 2013, 20:30

cak nur wrote:Memang ilmu semacam itu sangat bermanfaat,..  jangankan untuk pemula,. untuk yang bangkotan saja pasti perlu.. dan sebagai catatan.. yang bangkotan maen ayam pun belum tentu 'ngeh' dengan begitu itu...

Aku punya temen.. dia punya temen yang bisa 'menebak' ayam hanya dengan 'melihat' ayam tersebut.. dan bukan sekali dua kali bahkan seringkali... penilaiannya itu TEPAT !..hebat...ck..ck.ck..

Tapi bila kita tanya lebih lanjut,... berapa lama dia belajar.. he.he.he memang bukan maen-maen... dia dah puluhan tahun pegang ayam dan dah gak kehitung keluar masuk kalangan... pengalaman menjadi botoh orang keturunan juga sudah pernah dia jalani... so... memang tidak mudah, semudah kita cerita dan menjelaskan ke orang tentang ilmu seperti itu....

just sharing...

butulll...butul... Cak Nur...

ilmu, teori, pengetahuan atau apapun namanya boleh lah menjadi acuan awal dalam menilai tarungan seekor ayam. Tapi yg paling penting adalah praktek, praktek, praktek dan praktek..

Kalo di tempatku ada botoh tua yg kasih petuah begini:
'kowe engko pinter adu pitek nek wes ngentekne omah siji' -->> Kamu akan pinter adu ayam bila telah menghabiskan rumah satu...affraid 

Padahal dalam hati sih cuman ketawa aja,... yahhh maklum... jaman dulu khan belom ada PAPAJI...wkwkwkwkwkwkwkkkk...cheers (lebay mode on)...

Cah_Erap
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 148
Join date : 19.03.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menilai Teknik, Pukulan dan Kecepatan dilihat dari Bentuk Fisik Ayam.

Post  Sponsored content Today at 23:33


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik