merawat ayam untuk para pekerja kantoran

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

merawat ayam untuk para pekerja kantoran

Post  putratitin on Mon 15 Jul 2013, 23:36

Untuk semua suhu2 dan master2 dalam dunia ayam, saya baru 1 bulan tertarik dengan ayam bangkok, dan saya sudah membeli ayam muda kira2 umurnya (kata si penjual) 8 bulanan, taji masih belum muncul total, cuma ada benjolan tanda keluar taji aja di kaki si ayam, yang saya ingin tanyakan adalah:

1, Bagaimana cara saya merawat ayam tersebut, mengingat waktu saya bekerja di mulai dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore,

Terima kasih untuk kesudian para senior2 saya di sini, oh ya saya ada pin BB, jika berkenan tolong di invite ya 28912CFE, saya tinggal di bintan,

putratitin

Jumlah posting : 3
Join date : 15.07.13
Lokasi : bintan

Kembali Ke Atas Go down

Re: merawat ayam untuk para pekerja kantoran

Post  NUR WAKHID on Tue 16 Jul 2013, 05:19

putratitin wrote:
1, Bagaimana cara saya merawat ayam tersebut, mengingat waktu saya bekerja di mulai dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore,


bikin kandang yang luas, mungkin panjang lebih 4meter alas tanah/pasir, kasih tenggeran t=1m. kasih betina yang ga siap nelor agar ga sering kawin dan banyak gerak, sinar matahari pagi saja kalo siang mpe sore teduh. ga usah di sangkar aja. dan ini berlaku untuk masing2 jago. Ini mengacu ayam yang diliarkan=stamina terjaga.

NUR WAKHID
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 676
Join date : 06.04.11
Age : 43
Lokasi : Bantul Yogyakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: merawat ayam untuk para pekerja kantoran

Post  rie delngos on Tue 16 Jul 2013, 06:00

NUR WAKHID wrote:
putratitin wrote:
1, Bagaimana cara saya merawat ayam tersebut, mengingat waktu saya bekerja di mulai dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore,


bikin kandang yang luas, mungkin panjang lebih 4meter alas tanah/pasir, kasih tenggeran t=1m. kasih betina yang ga siap nelor agar ga sering kawin dan banyak gerak, sinar matahari pagi saja kalo siang mpe sore teduh. ga usah di sangkar aja. dan ini berlaku untuk masing2 jago. Ini mengacu ayam yang diliarkan=stamina terjaga.

Boleh numpang nyambung pertanyaan (mumpung Tema; Rada Mirif)???.

Berapa sih ketahanan ayam tanpa makan dengan ransum yang normal. kondisi ini terjadi jika kandang saya tinggal 2 hari (Sabtu dan Minggu); Pulang ke kluarga. Berhubung tempat kerja dan rumah di pisah laut dengan perjalanan 5 jam. Jadi jika hari jum'at sore kandang dan jago saya tinggal sampai minggu malemnya baru balek u, lanjutin aktifitas kerja hari senin. Apakah dengan Rutinitas seperti ini si jago mampu bertahan.

Note:
1. Kondisi Kandang di asumsikan Sama Persis dengan yang di sarankan mas NUR WAKHID
2. Saat di tinggal Jago di Beri tambahan Ransum dengan Perhitungan Ransum 2 Hari (sesuai lama di tinggal) dan wadah Air Tersedia.

>>Sumpah Uringan plus gak betah di Kontrakan tanpa Ada Jago yang di elus2...(Berhubung mau Nge-lus2 istri gak bisa karna di pulau seberang) Very HappyVery HappySmileSmileVery Happy!!!!

rie delngos
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 236
Join date : 01.03.11
Lokasi : Lombok [NTB] ~> <~ Sumbawa [NTB] CP:085333262367

Kembali Ke Atas Go down

Re: merawat ayam untuk para pekerja kantoran

Post  slammy on Tue 16 Jul 2013, 08:24

rie delngos wrote:
NUR WAKHID wrote:
putratitin wrote:
1, Bagaimana cara saya merawat ayam tersebut, mengingat waktu saya bekerja di mulai dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore,


bikin kandang yang luas, mungkin panjang lebih 4meter alas tanah/pasir, kasih tenggeran t=1m. kasih betina yang ga siap nelor agar ga sering kawin dan banyak gerak, sinar matahari pagi saja kalo siang mpe sore teduh. ga usah di sangkar aja. dan ini berlaku untuk masing2 jago. Ini mengacu ayam yang diliarkan=stamina terjaga.

Boleh numpang nyambung pertanyaan (mumpung Tema; Rada Mirif)???.

Berapa sih ketahanan ayam tanpa makan dengan ransum yang normal. kondisi ini terjadi jika kandang saya tinggal 2 hari (Sabtu dan Minggu); Pulang ke kluarga. Berhubung tempat kerja dan rumah di pisah laut dengan perjalanan 5 jam. Jadi jika hari jum'at sore kandang dan jago saya tinggal sampai minggu malemnya baru balek u, lanjutin aktifitas kerja hari senin. Apakah dengan Rutinitas seperti ini si jago mampu bertahan.

Note:
1. Kondisi Kandang di asumsikan Sama Persis dengan yang di sarankan mas NUR WAKHID
2. Saat di tinggal Jago di Beri tambahan Ransum dengan Perhitungan Ransum 2 Hari (sesuai lama di tinggal) dan wadah Air Tersedia.

>>Sumpah Uringan plus gak betah di Kontrakan tanpa Ada Jago yang di elus2...(Berhubung mau Nge-lus2 istri gak bisa karna di pulau seberang) Very HappyVery HappySmileSmileVery Happy!!!!

kalo kandangnya luas bisa pake tempat makan dan minum yang kaya buat ayam broiler itu mas, jadi makanan ga berserakan, minumannya juga terjaga kebersihannya (tidak terpapar ke udara langsung)

slammy
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 650
Join date : 17.01.12
Lokasi : Kebon Jeruk, Jakbar

Kembali Ke Atas Go down

Re: merawat ayam untuk para pekerja kantoran

Post  Hendro on Tue 16 Jul 2013, 08:26

putratitin wrote:Untuk semua suhu2 dan master2 dalam dunia ayam, saya baru 1 bulan tertarik dengan ayam bangkok, dan saya sudah membeli ayam muda kira2 umurnya (kata si penjual) 8 bulanan, taji masih belum muncul total, cuma ada benjolan tanda keluar taji aja di kaki si ayam, yang saya ingin tanyakan adalah:

1, Bagaimana cara saya merawat ayam tersebut, mengingat waktu saya bekerja di mulai dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore,

Terima kasih untuk kesudian para senior2 saya di sini, oh ya saya ada pin BB, jika berkenan tolong di invite ya 28912CFE, saya tinggal di bintan,

Merawat ayam itu mudah dan tidak menyita waktu, untuk yang sibuk kerja rutin dari pagi hingga sore bisa melakukan hal2 seperti :

Pagi jam 6 ayam difisik ringan (kliter/senam/jantur dll) cukup sekitar 15 - 30 menit, kemudian di pel2 air jangan terlalu basah karena hanya untuk mendinginkan suhu badan ayam saja, lalu masukkan ayam dalam kandang umbaran dan beri sarapan sedikit + sediakan wadah minum di kandang tersebut........................

Sore pulang kerja masukkan dalam kandang tidur sebelumnya dibersihkan dulu kaki dari bekas kotoran kemudian kasih makan, boleh juga ditambahkan vitamin, perlakukan hal tersebut mulai hari senin - kamis, khusus jumat dan sabtu cukup dikurung tanpa diumbar untuk memulihkan stamina........................

Seminggu sekali digebrak abar secara bertahap menyesuaikan kondisi ayamnya, mulai dari 3 menit meningkat jadi 5 menit sampai 3 airan jika kondisi sudah memungkinkan......................

Dengan perlakuan demikian ayam sudah layak adu ketika otot sudah terbentuk dan stamina sudah jadi........................

Kandang umbaran sebaiknya tertutup dan steril dari ayam lain disekitarnya karena jika diluar ada ayam lain bisa2 beradu kandang, ukuran kandang umbar cukup 1 m x 1,5 m beralaskan tanah gembur atau pasir, sedangkan kandang tidur cukup PLT :70x70x70 cm.....................

Salam rawat.....
SmileI love you

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: merawat ayam untuk para pekerja kantoran

Post  slammy on Tue 16 Jul 2013, 08:30

Hendro wrote:
putratitin wrote:Untuk semua suhu2 dan master2 dalam dunia ayam, saya baru 1 bulan tertarik dengan ayam bangkok, dan saya sudah membeli ayam muda kira2 umurnya (kata si penjual) 8 bulanan, taji masih belum muncul total, cuma ada benjolan tanda keluar taji aja di kaki si ayam, yang saya ingin tanyakan adalah:

1, Bagaimana cara saya merawat ayam tersebut, mengingat waktu saya bekerja di mulai dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore,

Terima kasih untuk kesudian para senior2 saya di sini, oh ya saya ada pin BB, jika berkenan tolong di invite ya 28912CFE, saya tinggal di bintan,

Merawat ayam itu mudah dan tidak menyita waktu, untuk yang sibuk kerja rutin dari pagi hingga sore bisa melakukan hal2 seperti :

Pagi jam 6 ayam difisik ringan (kliter/senam/jantur dll) cukup sekitar 15 - 30 menit, kemudian di pel2 air jangan terlalu basah karena hanya untuk mendinginkan suhu badan ayam saja, lalu masukkan ayam dalam kandang umbaran dan beri sarapan sedikit + sediakan wadah minum di kandang tersebut........................

Sore pulang kerja masukkan dalam kandang tidur sebelumnya dibersihkan dulu kaki dari bekas kotoran kemudian kasih makan, boleh juga ditambahkan vitamin, perlakukan hal tersebut mulai hari senin - kamis, khusus jumat dan sabtu cukup dikurung tanpa diumbar untuk memulihkan stamina........................

Seminggu sekali digebrak abar secara bertahap menyesuaikan kondisi ayamnya, mulai dari 3 menit meningkat jadi 5 menit sampai 3 airan jika kondisi sudah memungkinkan......................

Dengan perlakuan demikian ayam sudah layak adu ketika otot sudah terbentuk dan stamina sudah jadi........................

Kandang umbaran sebaiknya tertutup dan steril dari ayam lain disekitarnya karena jika diluar ada ayam lain bisa2 beradu kandang, ukuran kandang umbar cukup 1 m x 1,5 m beralaskan tanah gembur atau pasir, sedangkan kandang tidur cukup PLT :70x70x70 cm.....................

Salam rawat.....
SmileI love you

Pak Hendro, sy mau tanya, dr dulu penasaran sama alas kandang dengan menggunakan pasir, itu cara membersihkannya bgmana?trus saya denger juga harus mencampurkan kapur dan garam ke pasirnya, itu fungsinya untuk apa yah?mohon pencerahannya Very Happy

slammy
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 650
Join date : 17.01.12
Lokasi : Kebon Jeruk, Jakbar

Kembali Ke Atas Go down

Re: merawat ayam untuk para pekerja kantoran

Post  IJAL GATSMYR on Tue 16 Jul 2013, 10:00

putratitin wrote:Untuk semua suhu2 dan master2 dalam dunia ayam, saya baru 1 bulan tertarik dengan ayam bangkok, dan saya sudah membeli ayam muda kira2 umurnya (kata si penjual) 8 bulanan, taji masih belum muncul total, cuma ada benjolan tanda keluar taji aja di kaki si ayam, yang saya ingin tanyakan adalah:

1, Bagaimana cara saya merawat ayam tersebut, mengingat waktu saya bekerja di mulai dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore,

Terima kasih untuk kesudian para senior2 saya di sini, oh ya saya ada pin BB, jika berkenan tolong di invite ya 28912CFE, saya tinggal di bintan,

topik yg tepat seperti saya alami
lihat dl mas plihara ayam apa? hobby,ngadu atau buat cari uang hehehehe
kl buat plihara saja seperti saya alhamdllah ayam bru saya beli pertama2 saya vaksin , jam 5 subhu saya bersihkan semua kandang ayam saya,ksh makan jam 6an udah deh tu ayam d kandang doank karena saya cm hobby lht fisik ayam..jam 6 sd jam 7 kurang saya latih2 ayam saya (bkn karena buat ngadu lho) tp buat mendapatkan kegagahan otot ayam saya biar lbh enak saya lihat..kemudian saya mandiin deh..jam 7 saya berangkat kerja nanti jam 10 saya pesen k kluarga d rmh buat masukin ayam k kandang jam 10 na mkn sorenya jam 2 atau jam 3 saya mnta kshin ama org yg ada d rmh ..tiap hari gitu aja..minggu kl gk males saya abar2 aja ayam saya sm temen alhamdllah gk payah ayam saya .. tp itu buat org yg hobby lihat penampilan ayam saja y bkn pro atau hobby ke gelanggang Smile
yg laen lanjuttt....


Terakhir diubah oleh IJAL GATSMYR tanggal Tue 16 Jul 2013, 14:15, total 1 kali diubah

IJAL GATSMYR
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 340
Join date : 07.06.11
Age : 28
Lokasi : PALEMBANG

Kembali Ke Atas Go down

Re: merawat ayam untuk para pekerja kantoran

Post  IJAL GATSMYR on Tue 16 Jul 2013, 10:08

slammy wrote:
Hendro wrote:
putratitin wrote:Untuk semua suhu2 dan master2 dalam dunia ayam, saya baru 1 bulan tertarik dengan ayam bangkok, dan saya sudah membeli ayam muda kira2 umurnya (kata si penjual) 8 bulanan, taji masih belum muncul total, cuma ada benjolan tanda keluar taji aja di kaki si ayam, yang saya ingin tanyakan adalah:

1, Bagaimana cara saya merawat ayam tersebut, mengingat waktu saya bekerja di mulai dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore,

Terima kasih untuk kesudian para senior2 saya di sini, oh ya saya ada pin BB, jika berkenan tolong di invite ya 28912CFE, saya tinggal di bintan,

Merawat ayam itu mudah dan tidak menyita waktu, untuk yang sibuk kerja rutin dari pagi hingga sore bisa melakukan hal2 seperti :

Pagi jam 6 ayam difisik ringan (kliter/senam/jantur dll) cukup sekitar 15 - 30 menit, kemudian di pel2 air jangan terlalu basah karena hanya untuk mendinginkan suhu badan ayam saja, lalu masukkan ayam dalam kandang umbaran dan beri sarapan sedikit + sediakan wadah minum di kandang tersebut........................

Sore pulang kerja masukkan dalam kandang tidur sebelumnya dibersihkan dulu kaki dari bekas kotoran kemudian kasih makan, boleh juga ditambahkan vitamin, perlakukan hal tersebut mulai hari senin - kamis, khusus jumat dan sabtu cukup dikurung tanpa diumbar untuk memulihkan stamina........................

Seminggu sekali digebrak abar secara bertahap menyesuaikan kondisi ayamnya, mulai dari 3 menit meningkat jadi 5 menit sampai 3 airan jika kondisi sudah memungkinkan......................

Dengan perlakuan demikian ayam sudah layak adu ketika otot sudah terbentuk dan stamina sudah jadi........................

Kandang umbaran sebaiknya tertutup dan steril dari ayam lain disekitarnya karena jika diluar ada ayam lain bisa2 beradu kandang, ukuran kandang umbar cukup 1 m x 1,5 m beralaskan tanah gembur atau pasir, sedangkan kandang tidur cukup PLT :70x70x70 cm.....................

Salam rawat.....
SmileI love you

Pak Hendro, sy mau tanya, dr dulu penasaran sama alas kandang dengan menggunakan pasir, itu cara membersihkannya bgmana?trus saya denger juga harus mencampurkan kapur dan garam ke pasirnya, itu fungsinya untuk apa yah?mohon pencerahannya Very Happy

bersihin pakai sekop aja kotorannya..trs di rasa pasirnya bekurang di tambah
mungkin garam dan kapur buat hilangi bakteri atau kutu2 yg akan bekembang dari kotoran ayam yg nempel d pasir .. mv pemula pak hendro di rasa lbh tau atau yg laen bs menambahkan..

IJAL GATSMYR
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 340
Join date : 07.06.11
Age : 28
Lokasi : PALEMBANG

Kembali Ke Atas Go down

Re: merawat ayam untuk para pekerja kantoran

Post  putratitin on Tue 16 Jul 2013, 12:33

Saya sih untuk liat dan adu, hehehe, makasih ya master2 semua atas bantuanya

putratitin

Jumlah posting : 3
Join date : 15.07.13
Lokasi : bintan

Kembali Ke Atas Go down

Re: merawat ayam untuk para pekerja kantoran

Post  fahrudin m.efendi on Tue 16 Jul 2013, 14:20

[quote="slammy"]
Hendro wrote:
putratitin wrote:

Pak Hendro, sy mau tanya, dr dulu penasaran sama alas kandang dengan menggunakan pasir, itu cara membersihkannya bgmana?trus saya denger juga harus mencampurkan kapur dan garam ke pasirnya, itu fungsinya untuk apa yah?mohon pencerahannya Very Happy

Kapur ( Ca Co3) yang dicampurkan ke alas kandang yg memakai pasir:
1. Efektif menghilangkan bau,disamping juga dapat menyerap kotoran ayam dan mengubahnya menjadi kering... Sehingga bisa lebih lama pemakaian pasirnya
2. Meminimalkan munculnya microorganisme terutama Jamur...
3. Bagus untuk menghilangkan "Gurem"
4. Mampu menipiskan bubul


Selamat Mencoba

fahrudin m.efendi
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 545
Join date : 24.06.10
Age : 42
Lokasi : Griya Permata Asri C8/7 Serang.

Kembali Ke Atas Go down

Re: merawat ayam untuk para pekerja kantoran

Post  septo on Tue 16 Jul 2013, 14:24

Lha ini baru passsss..
semua masukan layak di coba.

septo
kopral
kopral

Jumlah posting : 11
Join date : 04.07.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: merawat ayam untuk para pekerja kantoran

Post  rie delngos on Tue 16 Jul 2013, 20:51

Mantapps lah... Pesiapan penerapan!

rie delngos
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 236
Join date : 01.03.11
Lokasi : Lombok [NTB] ~> <~ Sumbawa [NTB] CP:085333262367

Kembali Ke Atas Go down

Re: merawat ayam untuk para pekerja kantoran

Post  Sponsored content Today at 18:34


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik