paracetamol untuk perkembangan tulang ayam

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

paracetamol untuk perkembangan tulang ayam

Post  jokoindo on Thu 18 Jul 2013, 10:38

Salam kenal bapak2 dan rekan sekalian..mohon pencerahannya..awal cerita saya terpesona akan ayam jenis shamo opo koshamo..mbuh,ayam dari negri jepang berpostur besar,tinggi dan katanya bisa lebih dari 6kg beratnya,analisa saya ya itu postur yg dasarnya bawaan gen dari moyangnya sehingga turun temurun ayam tersebut sampai sekarang tetap terbesar,.yang menjadi pertanyaan saya,..Bisa apa tidak ayam bangkok lokal beratnya bisa mencapai 6kg dan tinggi hampir,kalau bisa apa vitamin atau obat,atau pakan yg tepat selain faktor jago dan indukan yg besar,..(biar kata ga bisa ditarung tp kalo dalam 4-6 bulan bisa 4-5kg kan bisa dikilo dan pastinya bisa untung hehehe)..?
Nah bapak2 dan rekan sekalian saya baru b uka juga dirubus ,tentang kandungan obat PARACETAMOL..yang menurut penelitian kandungan obat tsb bisa mempercepat dan menambah berat dan ukuran tulang,Apakah bapak2 dan rekan sekalian pernah mencoba atau memang sudah ada yg berhasil..mohon pencerahannya,
berikut CP dari web tsb :
Hasil uji coba menunjukkan ada korelasi positif pemberian paracetamol pada berat badan
Obat analgesik (penahan rasa sakit) paracetamol dilaporkan memiliki aktivitas dalam meningkatkan pertumbuhan ayam. Hasil uji coba pengaruh paracetamol terhadap berat badan dan penggunaan pakan pada ayam, menunjukkan adanya korelasi positif pemberian paracetamol pada berat badan. Sebelumnya, juga telah ada hasil percobaan pada tikus yang membuktikan paracetamol mampu merangsang aktivitas hormon pertumbuhan.
Percobaan pada ayam dilakukan dengan menggunakan 100 ekor ayam ?Vdalam kondisi lapangan?X ayam jantan strain Cornish dan ayam betina strain Anak. Hasilnya, berat badan ayam yang ditambahkan paracetamol dalam pakannya, lebih tinggi dibandingkan dengan kontrol. Lebih tinggi 6,5% untuk yang jantan, dan 10% untuk yang betina.
Percobaan di atas dilakukan dengan menggunakan ayam umur 5 minggu, dengan berat jantan 700 ?b 7 gram dan betina 550 ?b 7 gram, yang dibagi ke dalam 5 kelompok (masing-masing 10 ekor). Pakan dan air minum diberikan ad libitum (tak terbatas). Dan paracetamol ditambahkan dalam pakan dengan konsentrasi antara 0,1 ?V 2 gram/kg pakan. Berat ayam ditimbang sekali seminggu.
Perbedaan pemberian dosis paracetamol juga menunjukkan variasi pertambahan berat badan (tabel). Diperoleh gambaran, dosis pemberian yang paling efektif, untuk jantan adalah 0,5 mg/kg pakan dan untuk betina 2 g/kg pakan. Dari percobaan tersebut disimpulkan, paracetamol mampu meningkatkan feed utilization jantan dan betina sampai 10%. Maksudnya meningkatkan efektivitas penggunaan pakan oleh tubuh. Dengan kata lain, dapat menghemat pakan 10%.
Memicu Hormon Pertumbuhan
Penelitian lebih lanjut memberikan bukti, paracetamol menggertak pertumbuhan tulang, tidak melalui pertumbuhan daging. Dan ia tidak memicu pertumbuhan melalui peningkatan nafsu makan, karena tingkat konsumsi pakan menunjukkan angka tetap.
Mekanisme dari pengaruh positif ini kemungkinan disebabkan oleh pelepasan atau peningkatan aktivitas hormon pertumbuhan. Beberapa analisa fisiologi kerja paracetamol sehingga mampu meningkatkan feed utilization dan pertumbuhan pada ayam antara lain:
1. Paracetamol, seperti halnya analgesik lainnya, mencegah stres dan melepaskan ACTH (Adenocorticosteroid Tyroid Hormone), kemudian meniadakan kerja pembongkaran kortikosteroid pada pertumbuhan.
2. Paracetamol sebagai obat antipiretik (penurun panas) memberikan suhu lebih rendah pada ayam, konsekuensinya menurunkan oksidasi dan metabolisme seluruh komponen pakan.
3. Paracetamol menekan thalamus dan hypothalamus, dan segera menekan pusat nafsu makan di hypothalamus (hewan merasa kenyang). Dengan demikian distribusi intake pakan lebih meningkat dan memberi hasil peningkatan berat badan yang nyata.
4. Paracetamol secara langsung merangsang hypothalamus atau pituitary dan menyebabkan pelepasan STH (hormon pertumbuhan).
Yang perlu digarisbawahi dari riset ini, mekanisme (path way) paracetamol meningkatkan pertumbuhan dan penggunaan pakan masih diteliti.
Selengkapnya baca Majalah TROBOS edisi Mei 2008 maaf CP, maaf juga kalo kurang berkenan dan ini pernah dibahas,.

Salam..

jokoindo
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 99
Join date : 03.01.12
Age : 36
Lokasi : pangkalan bun kal-teng

Kembali Ke Atas Go down

Re: paracetamol untuk perkembangan tulang ayam

Post  Aang_aza on Thu 18 Jul 2013, 11:34

terima kasih informasinya

Aang_aza
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 109
Join date : 25.05.12
Age : 35
Lokasi : jl.jatihandap ds.cikadut bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: paracetamol untuk perkembangan tulang ayam

Post  jokoindo on Thu 18 Jul 2013, 12:31

pak ,..kalo udah coba kabari perkembanganya ya pak...trim's

jokoindo
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 99
Join date : 03.01.12
Age : 36
Lokasi : pangkalan bun kal-teng

Kembali Ke Atas Go down

Re: paracetamol untuk perkembangan tulang ayam

Post  rudy darmawan on Thu 18 Jul 2013, 13:27

kira" ada efek sampingnya ga ya?

rudy darmawan
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 773
Join date : 02.04.11
Age : 37
Lokasi : lumajang

Kembali Ke Atas Go down

Re: paracetamol untuk perkembangan tulang ayam

Post  paracetamol on Thu 18 Jul 2013, 13:40

Aduh kasihan diriku ini hahaha... Lanjut

paracetamol
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1325
Join date : 23.01.12
Lokasi : west borneo

Kembali Ke Atas Go down

Re: paracetamol untuk perkembangan tulang ayam

Post  Tomcats on Thu 18 Jul 2013, 15:10

paracetamol wrote:Aduh kasihan diriku ini hahaha... Lanjut
kekekeke untuk campuran pakan ayam Twisted Evil

Tomcats
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 163
Join date : 13.03.13
Lokasi : London

Kembali Ke Atas Go down

Re: paracetamol untuk perkembangan tulang ayam

Post  benis on Thu 18 Jul 2013, 16:36

ayam adu idealnya berat antara 2.6 - 3.7 kg.
kalau terlalu besar repot cari musuh Laughing

saya kira pemberian paracetamol lebih cocok untuk ayam buras pedaging.

benis
kopral
kopral

Jumlah posting : 33
Join date : 24.11.11
Lokasi : Banjarnegara

Kembali Ke Atas Go down

Re: paracetamol untuk perkembangan tulang ayam

Post  jokoindo on Thu 18 Jul 2013, 21:38

@ pak benis,..salam pak..yg bapak katakan bener apa adanya,tp saya pengen coba pak siapa tau ntar anakan gedenya bisa 3,7kg hehehe,maklum dikandang kampung blasteran 2kg an hihihi...

@ paracetamol..keberuntungan aja pak..eh kebetulan aja pak id sama judulnye hehe..

@tomcat..: salam kenal pak saya pemula dari pbun kalteng..

jokoindo
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 99
Join date : 03.01.12
Age : 36
Lokasi : pangkalan bun kal-teng

Kembali Ke Atas Go down

Re: paracetamol untuk perkembangan tulang ayam

Post  Sawerigading on Tue 05 Nov 2013, 19:08

mantap infoy....

Sawerigading
kopral
kopral

Jumlah posting : 10
Join date : 31.10.13
Age : 39
Lokasi : Palopo Sulsel

Kembali Ke Atas Go down

Re: paracetamol untuk perkembangan tulang ayam

Post  beni_es on Tue 05 Nov 2013, 21:33

ha ha,klo kebiasaan sy paracetamol atawa acetaminopen saya pake buat jago habis abaran ...ngurangi nyeri/ngilu lah kira2,dosis 1/4 kaplet +- 125mg/sehari/jago Smile


beni_es
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 562
Join date : 19.07.11
Lokasi : Denpasar

Kembali Ke Atas Go down

Re: paracetamol untuk perkembangan tulang ayam

Post  squallj on Tue 05 Nov 2013, 21:56

beni_es wrote:ha ha,klo kebiasaan sy paracetamol atawa acetaminopen saya pake buat jago habis abaran ...ngurangi nyeri/ngilu lah kira2,dosis 1/4 kaplet +- 125mg/sehari/jago Smile

tuh malah udah ada yg pake.....
tetapi untuk konsumsi harian gmn neh??

squallj
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1062
Join date : 26.02.13
Lokasi : Kediri - Nganjuk

Kembali Ke Atas Go down

Re: paracetamol untuk perkembangan tulang ayam

Post  dhekoko on Tue 05 Nov 2013, 21:59

setujuuuuu,.....
saya sudah membuktikan memang paracetamol membantu pertumbuhan (tulang) lebih maksimal...

dhekoko
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 766
Join date : 27.04.13
Lokasi : kalibaru timur semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: paracetamol untuk perkembangan tulang ayam

Post  azka on Tue 05 Nov 2013, 22:39

kalo dikasihkan keayam sebelum diadu gmn ya?
ada yg pernah coba?

azka
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 246
Join date : 14.08.13
Age : 33
Lokasi : pemalang, 087882534806

Kembali Ke Atas Go down

Re: paracetamol untuk perkembangan tulang ayam

Post  syuryadin baskoro on Wed 06 Nov 2013, 05:45

ijin nyimak om,
baru kali ini denger masalahnya:DVery HappyVery HappyVery Happy

syuryadin baskoro
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 153
Join date : 24.10.13
Age : 26
Lokasi : jl.Budi Utomo N0 38 RT 02 RW 02 Tegalkamulyan Cilacap selatan Cilacap Jawa tengah no Hp 085726480072 / 089697825255

Kembali Ke Atas Go down

Re: paracetamol untuk perkembangan tulang ayam

Post  Wong Im on Thu 07 Nov 2013, 22:52

dhekoko wrote:setujuuuuu,.....
saya sudah membuktikan memang paracetamol membantu pertumbuhan (tulang) lebih maksimal...
Boleh dong bagi2 pengalamannya, mas ! Sejak usia brapa bulan dan seberapa banyak dosisnya ? Menurut pengalaman jenengan. Matur suwun sebelumnya dan salam !

Wong Im
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 348
Join date : 24.07.11
Lokasi : Karangayam, Im

Kembali Ke Atas Go down

Re: paracetamol untuk perkembangan tulang ayam

Post  bayukelana on Fri 08 Nov 2013, 06:39

jokoindo wrote:
Diperoleh gambaran, dosis pemberian yang paling efektif, untuk jantan adalah 0,5 mg/kg pakan dan untuk betina 2 g/kg pakan. Dari percobaan tersebut disimpulkan, paracetamol mampu meningkatkan feed utilization jantan dan betina sampai 10%. Maksudnya meningkatkan efektivitas penggunaan pakan oleh tubuh. Dengan kata lain, dapat menghemat pakan 10%.
Info yang baik/bagus dan menarik untuk dicoba. Tolong dicek lagi kadarnya apa tidak salah? Kadar paracetamolnya sangat jauh berbeda untuk betina 2 g/kg pakan sedangkan untuk jantan hanya 0,5 mg/kg pakan. Terima kasih atas infonya dan untuk kebaikannya sebelumnya saya ucapkan terima kasih.................................................................... Very Happy

bayukelana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 441
Join date : 13.11.12
Lokasi : Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: paracetamol untuk perkembangan tulang ayam

Post  capten on Mon 25 Nov 2013, 18:46

...info yang menarik dan bermanfaat....studystudystudy....Very HappyVery HappyVery Happy

capten
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 867
Join date : 02.09.13
Lokasi : di kandang ayam

Kembali Ke Atas Go down

Re: paracetamol untuk perkembangan tulang ayam

Post  Sponsored content Today at 12:59


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik