Telur Ayam kok gak menetas yah..?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Telur Ayam kok gak menetas yah..?

Post  Anjai Rifo kamarullah on Tue 23 Jul 2013, 14:43

Para rekan rekan papaji mau nanya nie napa yah telur ayam saya kok gk netas padahal sudah 3xmasa peneluran ,gk ada yg netas 1 ekor pun ,meskipun sudah di eramkan ke babon lain ,kenapa yah...?
Mohon Bimbingannya para senior...

Anjai Rifo kamarullah
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 114
Join date : 05.05.13
Age : 18
Lokasi : Rantau prapat,Medan.Sumatera Utara

Kembali Ke Atas Go down

Re: Telur Ayam kok gak menetas yah..?

Post  Ringgit on Tue 23 Jul 2013, 15:25

maaf bukan senior tapi mohon ijin memberikan pendapat:
1. ada pejantannya kan ???Very Happy Very Happy bisa jadi karena biang terlalu tua
2. apakah pejantannya pernah dicoba dikawainkan dengan ayam lain? apakah menetas ?
3. diternakinnya di lepas atau dijongkokkan ? bisa jadi karena proporsi biang terlalu banyak jadi biang ini gak terbuahi

maaf pendapat hobies baru

Ringgit
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 724
Join date : 16.07.13
Lokasi : Gunung Putri - Bogor082117751770

Kembali Ke Atas Go down

Re: Telur Ayam kok gak menetas yah..?

Post  Anjai Rifo kamarullah on Tue 23 Jul 2013, 21:29

Ringgit wrote:maaf bukan senior tapi mohon ijin memberikan pendapat:
1. ada pejantannya kan ???Very Happy Very Happy bisa jadi karena biang terlalu tua
2. apakah pejantannya pernah dicoba dikawainkan dengan ayam lain? apakah menetas ?
3. diternakinnya di lepas atau dijongkokkan ? bisa jadi karena proporsi biang terlalu banyak jadi biang ini gak terbuahi

maaf pendapat hobies baru

owh gitu yah bg Makasih atas informasinya yah

Anjai Rifo kamarullah
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 114
Join date : 05.05.13
Age : 18
Lokasi : Rantau prapat,Medan.Sumatera Utara

Kembali Ke Atas Go down

Re: Telur Ayam kok gak menetas yah..?

Post  Purbaya Farm on Sat 16 Nov 2013, 08:57

Saya juga bingung Nieh...punya Kasus sama dengan bang Anjai. Induk sudah 3x eraman ga ada yang netas; gimana yaa??? sudah ganti-ganti Pacek tetep juga. Sama pacek "p" tidak ada yang netes, eramannya pas musim kemarau kemarin (pacek p dg biang lain pd netes).

Lalu pindah kandang dengan pacek 'a', masih musim kemarau, juga ga ada yang netes. pacek 'a' dengan biang lain netes semua walaupun anaknya betina semua.

Lalu ketiga sebelum nelur, sampe telur dua butir dengan pacek 'a'; selanjutnya ganti dengan pacek 'i' setelah 2 minggu saya cek, bunyi koplak semua, akhirnya saya gagalkan.

ketika telurnya saya pecah, semua masih kuning utuh, kecuali satu yang busuk mungkin telur awal, tapi warna dasar kuning tetap ada.
Apakah kegagalan ini karena telur tidak dibuahi ataukah eramannya yang 'kurang' karena bulu dada di bawah hampir habis mengingat biang sudah tua dan kebetulan belum mabung lagi???? Apa beda fisik telur yang gagal menetas karena eraman/suhu 'kurang/terlalu hangat' dengan yang tidak dibuahi??? [/font]

Catatan: induk ini sudah berumur 4 th lebih, saya beli dari kandang lain. di kandang awal katanya anakannya sudah banyak. setelah gagal ngeram, biang cepat sekali bertelur, 2 minggu sudah nelur lagi. bulu dada, sela-sela kaki nyaris habis. Very Happy Smile Mad 

Purbaya Farm
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 222
Join date : 08.05.13
Age : 36
Lokasi : Dukuhwaru, Kab. Tegal & Jaktim (085714716979), pin bbm: 5A84700C.

http://www.purbayafarmtegal.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Telur Ayam kok gak menetas yah..?

Post  thumper225 on Sat 16 Nov 2013, 19:35

Purbaya Farm wrote:Saya juga bingung Nieh...punya Kasus sama dengan bang Anjai. Induk sudah 3x eraman ga ada yang netas; gimana yaa??? sudah ganti-ganti Pacek tetep juga. Sama pacek "p" tidak ada yang netes, eramannya pas musim kemarau kemarin (pacek p dg biang lain pd netes).

Lalu pindah kandang dengan pacek 'a', masih musim kemarau, juga ga ada yang netes. pacek 'a' dengan biang lain netes semua walaupun anaknya betina semua.

Lalu ketiga sebelum nelur, sampe telur dua butir dengan pacek 'a'; selanjutnya ganti dengan pacek 'i' setelah 2 minggu saya cek, bunyi koplak semua, akhirnya saya gagalkan.

ketika telurnya saya pecah, semua masih kuning utuh, kecuali satu yang busuk mungkin telur awal, tapi warna dasar kuning tetap ada.
Apakah kegagalan ini karena telur tidak dibuahi ataukah eramannya yang 'kurang' karena bulu dada di bawah hampir habis mengingat biang sudah tua dan kebetulan belum mabung lagi???? Apa beda fisik telur yang gagal menetas karena eraman/suhu 'kurang/terlalu hangat' dengan yang tidak dibuahi??? [/font]

Catatan: induk ini sudah berumur 4 th lebih, saya beli dari kandang lain. di kandang awal katanya anakannya sudah banyak. setelah gagal ngeram, biang cepat sekali bertelur, 2 minggu sudah nelur lagi. bulu dada, sela-sela kaki nyaris habis. Very Happy Smile Mad 
mungkin mau nambahin dikit mas, ada baiknya telur diteropong pas di hari ke 5 hari pengeraman apakah dibuahi (Fertil) atau tidak ditandai dengan adanya urat2 merah pembuluh darah didalan telur setelah itu baru kita bisa tau bahwasannya telur tersebut fertil apa tidak, untuk lebih jelasnya buka link indorooster aja mas http://papaji.forumotion.com/t12604-pengalamankuberbagi-yang-saya-alami-mengenai-breeding, dengan membaca artikel tersebut dapat digambarkan kearah mana kira2 penyebab telurnya gagal, salam.......

thumper225
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 282
Join date : 02.11.12
Age : 30
Lokasi : Kandang : Pekanbaru (Riau), Padang(Sumbar)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Telur Ayam kok gak menetas yah..?

Post  Purbaya Farm on Sat 16 Nov 2013, 20:23

Iya Bang saya juga udah pernah baca ulasan mas Ilham Indorooster, juga saya paling suka teropong-teropong telur...yang saya masih bingung, apakah biang saya ini masih bisa diharapkan telurnya menjadi fertil, jika sudah fertil mungkinkah nanti gagal total lagi karena bulu dadanya lagi dikit??? Sebagai usaha: ayam lg saya kasih kalk khusus warna coklat utk memenuhi kebutuhan kalsium, juga saya kasih egg stimulant utk meningkatkan fertilitas telur. thank respoannya. Very Happy Very Happy Smile 

Purbaya Farm
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 222
Join date : 08.05.13
Age : 36
Lokasi : Dukuhwaru, Kab. Tegal & Jaktim (085714716979), pin bbm: 5A84700C.

http://www.purbayafarmtegal.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Telur Ayam kok gak menetas yah..?

Post  Afen80 on Sat 16 Nov 2013, 20:45

liat treed ini jadi ingat telor-telor di kandang dan barusan saya teropong telor tersebut (malam-malam juga di jalanin mumpung ingat). eeh.. ada biang muda yang ke 9 telornya gagal semua, stelah di ingat-ingat ternyata telor-telor tersebut memang pernah berserakan di kandang karena ada biang yang mau bertelor di eraman yang sama. belum rejeki judulnya

Afen80
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 131
Join date : 22.03.13
Age : 36
Lokasi : Klirong. Kebumen

Kembali Ke Atas Go down

Re: Telur Ayam kok gak menetas yah..?

Post  Purbaya Farm on Sun 17 Nov 2013, 07:29

Nah...njenengan baru inget tuh..? awas jangan salah inget ntar belum dierami diteropong...he he; dari buku yang saya baca umur 3-5 hari eraman. klo 6-7 hari baru terlihat 'akar-akar' berarti embrio sudah mati (klo sy tdk salah baca yaa); diatas 8 hari sudah mulai gelap; klo ditrawang masih bening juga ya alamat gagal kaya saya kemaren, 14 hari msh bening; ternyata memang gagal maning-gagal maning. Lumayan klo tau kan, ga nyia-nyiain waktu babon, buat apa ngerami telur yang sdh pasti gagal. angkat aja, suruh nelor lagi yg bagus, buat ganti yg gagal...trims. Very Happy Very Happy Very Happy 

Purbaya Farm
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 222
Join date : 08.05.13
Age : 36
Lokasi : Dukuhwaru, Kab. Tegal & Jaktim (085714716979), pin bbm: 5A84700C.

http://www.purbayafarmtegal.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Telur Ayam kok gak menetas yah..?

Post  Afen80 on Sun 17 Nov 2013, 07:50

Purbaya Farm wrote:Nah...njenengan baru inget tuh..? awas jangan salah inget ntar belum dierami diteropong...he he; dari buku yang saya baca umur 3-5 hari eraman. klo 6-7 hari baru terlihat 'akar-akar' berarti embrio sudah mati (klo sy tdk salah baca yaa); diatas 8 hari sudah mulai gelap; klo ditrawang masih bening juga ya alamat gagal kaya saya kemaren, 14 hari msh bening; ternyata memang gagal maning-gagal maning. Lumayan klo tau kan, ga nyia-nyiain waktu babon, buat apa ngerami telur yang sdh pasti gagal. angkat aja, suruh nelor lagi yg bagus, buat ganti yg gagal...trims. Very Happy Very Happy Very Happy 
Iya itu babon sudah sekitar 10 hari ngeram telornya, dulu waktu belum di erami istri sudah ngingetin agar di goreng aja telornya tapi saya merasa sayang, akhirnya pagi-pagi telor di buang sebelum istri bangun hehehe,, bisa panjang ceritanya kalau istri tahu

Afen80
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 131
Join date : 22.03.13
Age : 36
Lokasi : Klirong. Kebumen

Kembali Ke Atas Go down

Re: Telur Ayam kok gak menetas yah..?

Post  Sponsored content Today at 02:49


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik