ayam saigon di indonesia

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

ayam saigon di indonesia

Post  Amateur on Sun 01 Mar 2009, 00:33

teman2 saya setengah tahun tinggal dipulau bangka ada sedikit keanehan disini
Disini ada ayam yg gundul mirip ayam saigon didaerah perkampungan cina
Anehnya saya tanya2 ayam tersebut telah sejak dulu ada didaerah tersebut

Nah yg saya pertanyakan apakah itu ayam kampung ato ayam saigon?
Dari postur dll sama persis tp anehnya kok dah lama bgt dia ada dbangka katanya dah turun temurun pelihara ayam itu dan ayam2 itu bener2 diliarkan seperti ayam kampung biasa coba aja klo djawa parti dah disikat abis jadi duit,ha3

Amateur
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 146
Join date : 18.11.08
Age : 71

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saigon di indonesia

Post  arnanda sulistyo on Mon 02 Mar 2009, 07:57

jenis ayam botak memang ada bos, seperti ayam bulu terbalik jg, tinggal diliat dari postur gimana nih, kyknya klo asli saigon pasti tulangan dan sizenya besar dan warna kecenderungan kebanyakan hitam atau gondang

arnanda sulistyo
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 95
Join date : 02.12.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saigon di indonesia

Post  Administrator on Mon 02 Mar 2009, 10:15

Setahu saya, ayam saigon/vietnam, bulu rawis lehernya rata2 memang tipis. Tapi tidak selalu harus botak.
Botak di leher dan paha krn sengaja dicabutin. Ini sudah jadi kebiasaan perawat vietnam disana.

Dulu sy pernah punya ayam vietnam yg botak di leher (thn 2000-an). Setelah mabung, semua bulu tumbuh normal kembali.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Ayam Saigon

Post  soto_babat on Tue 03 Mar 2009, 08:31

setau saya Ayam saigon Gundul ada 3 jenis :
1. Ayam saigon Gundul (bulu hanya ada di batok kepala daerah jengger dan pangkal leher bagian depan) paha tumbuh bulu, ekor normal, rawis punggung normal.
2. Ayam Saigon tidak keluar rawis baik di leher maupun di punggung (mirip ayam babon cuman bulu rawis lebih besar & tdk lancip, ekor tdk keluar lancurnya mirip ayam babon.
3. Ayam saigon dengan botak dipunggung lehernya aja (leher bagian tengah) bulu lainnya normal, ekor sedang/normal.
saya punya yg tipe 1.
di surabaya bnyk d peternak besar daerah kalikepiting. harganya umur 8-10 bulan 2,5jt - 3,5 jt di coba.

soto_babat

Jumlah posting : 5
Join date : 12.02.09
Age : 44
Lokasi : surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saigon di indonesia

Post  Administrator on Tue 03 Mar 2009, 10:00

soto_babat wrote:di surabaya bnyk d peternak besar daerah kalikepiting. harganya umur 8-10 bulan 2,5jt - 3,5 jt di coba.

Nah... utk lihat bentuk aslinya, silakan lihat yg masih muda2 ini. Apakah botak juga??

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saigon di indonesia

Post  Amateur on Wed 11 Mar 2009, 17:50

begitu ya mas ary?
Kalau begitu skrng saya mw tanya,ayam yg gundul seperti milik tmn2 kita yg katanya saigon itu ayam apa dunk?
Yg sedari kecil mpe dewasa gundul?
Jujur saya juga telah mempunyai ayam yg katanya saigon gundul?
Apa benar itu saigon?
Mohon pencerahan!

Amateur
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 146
Join date : 18.11.08
Age : 71

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saigon di indonesia

Post  Administrator on Wed 11 Mar 2009, 22:23

Amateur wrote:begitu ya mas ary?
Kalau begitu skrng saya mw tanya,ayam yg gundul seperti milik tmn2 kita yg katanya saigon itu ayam apa dunk?
Yg sedari kecil mpe dewasa gundul?

Mungkin memang ayam saigon mas... Dasarnya, bulu leher memang tipis. Setelah dirawat, banyak yg patah dan rontok, akhirnya gundul atau sengaja digunduli.

Sewaktu kecil memang gundul. Menginjak remaja (stlh 5 bulanan) bulu leher mulai tumbuh.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saigon di indonesia

Post  ferry bun on Thu 12 Mar 2009, 15:57

setuju atas comentnya pak admin . ayam saigon walau bulunya ada juga tipis . umunnya tulangan bagus dan kasar . banyakan warna merah hitam dan kaki juga agak hitam .sekedar tambahan aja

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saigon di indonesia

Post  boy on Fri 24 Apr 2009, 10:47

Mas Chandera ayam yg diavatar apakah ayam botak dari bangka , atau ayam vietnam, bila itu ayam yg dari bangka bagaimana tarungnya bagus tdk.




salam

boy
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 250
Join date : 02.12.08
Lokasi : CARUBAN jl.KALIMAS N045 ( masuk dari depan terminal CARUBAN)

Kembali Ke Atas Go down

he3

Post  Amateur on Fri 24 Apr 2009, 12:08

bukan pak boy
Itu ayam saigon gundul

Klo ayam yg dibangka ternyata mirip ayam kampung baik tulangan maupun tarungnya jelek pak

Amateur
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 146
Join date : 18.11.08
Age : 71

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saigon di indonesia

Post  khairul_rizqi on Fri 24 Apr 2009, 19:26

saya pernah baca di salah satu buku tentang ayam aduan, ayam gundul yang mirip saigon dinamakan ayam bali. Di situ hanya terpampang foto sama nama ayamnya saja. Tidak ada penjelasan lebih lanjut. Termasuk salah satu ayam ras Indonesia. Maaf kalo salah.

salam

khairul_rizqi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 54
Join date : 10.11.08
Age : 48
Lokasi : Warujaya Parung Bogor

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saigon di indonesia

Post  boy on Sat 25 Apr 2009, 12:50

khairul_rizqi wrote:saya pernah baca di salah satu buku tentang ayam aduan, ayam gundul yang mirip saigon dinamakan ayam bali. Di situ hanya terpampang foto sama nama ayamnya saja. Tidak ada penjelasan lebih lanjut. Termasuk salah satu ayam ras Indonesia. Maaf kalo salah.

salam



Tdk perlu minta maaf mas apa yg disampaikan itu benar adanya, yg saya dengar type ayam itu sudah sulitny nyarinya di bali mungkin juga dah punah kali.( kebanyakan ayam lokal petarung dah sulit nyarinya seperti tolaki , kinantan ), sebenarnya kita
penghoby ayam tarung punya kewajiban melestarikan ayam2 tsbt.



salam

boy
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 250
Join date : 02.12.08
Lokasi : CARUBAN jl.KALIMAS N045 ( masuk dari depan terminal CARUBAN)

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saigon di indonesia

Post  cumi_cumi on Fri 01 May 2009, 21:59

avatar saya jg gundul tapi perempuan, kalau mau ayam vietnam tarung ngalung harap bersabar karena project silangan sedang berjalan

cumi_cumi
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1018
Join date : 05.11.08
Lokasi : cimanggis depok

http://www.facebook.com/#!/profile.php?id=100002649957365

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saigon di indonesia

Post  Budi on Mon 04 May 2009, 13:59

Mudah2an proyeknya sukses mas firman. Ini yg ditunggu2, saigon teknik ngalung, pukul keras, tahan pukul dan satu lagi.. gak colong playu dalam kondisi sehat walfiat... Very Happy

Dan mudah2an lagi, balikpapan bisa jadi sentra ayam saigon gundul.

Thanks,
Budi

Budi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 259
Join date : 15.08.08

http://groups.yahoo.com/group/ayam_aduan/

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saigon di indonesia

Post  boy on Wed 06 May 2009, 14:03

budi wrote:Mudah2an proyeknya sukses mas firman. Ini yg ditunggu2, saigon teknik ngalung, pukul keras, tahan pukul dan satu lagi.. gak colong playu dalam kondisi sehat walfiat... Very Happy

Dan mudah2an lagi, balikpapan bisa jadi sentra ayam saigon gundul.

Thanks,
Budi


Mas Budi di Crbn juga telah saya silang Viet dan burma, jantan viet botak, betinanya burma, tapi sayang betina telah tiwas ( kurang lebih 50 ekor ayam tiwas, kecil, muda, tua , kena flu burung ) anak silangan tersebut sisa 3 ekor, jantan 2 betina 1 , yang unik 1jantan botak dan yg 1 biasa, warna bulu ke2nya ikut induk Wido, betinanya botak warna bulu hitam, ayam tsbt tdk tiwas karena saya ungsikan ke sby , usianya sekarang sekitar 5 bln.




salam

boy
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 250
Join date : 02.12.08
Lokasi : CARUBAN jl.KALIMAS N045 ( masuk dari depan terminal CARUBAN)

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saigon di indonesia

Post  Budi on Thu 07 May 2009, 08:56

Waduh 50 ekor pak??? Ibarat investor, bagaikan harga sahamnya anjlok, bisa stress pak. Untung pak boy gak stress trus kapok main ayam lagi.. Smile bisa2 kami kehilangan rekan penghobby & forum jadi sepi.

Memang kadang2 kita gak bisa nolak ayam dari luar, entah kita beli buat unthulan atau ayam teman dibawa masuk, yg ternyata sdh terjangkit flu burung. Saya jg pernah mengalami itu dulu pak, makanya sekarang apabila sy beli ayam dr luar, pasti sy karantina di rumah teman 1 minggu, bila kondisi masih sehat baru sy bawa masuk.

Kalo ada 3ekor 5bulan, berarti lebih tua sebulan drpd anak pak Ogah (foto ada di yahoogroup ayam_aduan, si sapak, salih & sakal). Wah, nanti bisa diabar bareng nih pak. Di surabaya, dirawat teman atau dirawat di tmp pak boy sendiri? penasaran pingin liat pak.. Smile

Budi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 259
Join date : 15.08.08

http://groups.yahoo.com/group/ayam_aduan/

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saigon di indonesia

Post  boy on Thu 07 May 2009, 10:08

budi wrote:Waduh 50 ekor pak??? Ibarat investor, bagaikan harga sahamnya anjlok, bisa stress pak. Untung pak boy gak stress trus kapok main ayam lagi.. Smile bisa2 kami kehilangan rekan penghobby & forum jadi sepi.

Memang kadang2 kita gak bisa nolak ayam dari luar, entah kita beli buat unthulan atau ayam teman dibawa masuk, yg ternyata sdh terjangkit flu burung. Saya jg pernah mengalami itu dulu pak, makanya sekarang apabila sy beli ayam dr luar, pasti sy karantina di rumah teman 1 minggu, bila kondisi masih sehat baru sy bawa masuk.

Kalo ada 3ekor 5bulan, berarti lebih tua sebulan drpd anak pak Ogah (foto ada di yahoogroup ayam_aduan, si sapak, salih & sakal). Wah, nanti bisa diabar bareng nih pak. Di surabaya, dirawat teman atau dirawat di tmp pak boy sendiri? penasaran pingin liat pak.. Smile


Mas matinya tdk beruntun tapi setiap hari ada , hari ini mati 2 ekor lagi info dari crbn , keliatanya wabahnya mengenai disekitar perkampungan , tapi milih2 lokasi ada tetangga sebelah rumah tdk kena , tapi ada tetangga jarak lima rumah terkena tapi ayam mereka ayam kampung, ayam silangan ada di sby tapi gaya tarung blm ketahuan kalau panasaran boleh datang kerumah Prumahan Nirwana Regence 233 Rungkut, tapi saya adanya malam pulang ktr, dirumah tdk ada pembantu, kewalahan juga saya ngurusnya, mungkin jumat saya bawa kembali ke crbn,




salam

boy
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 250
Join date : 02.12.08
Lokasi : CARUBAN jl.KALIMAS N045 ( masuk dari depan terminal CARUBAN)

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saigon di indonesia

Post  Budi on Mon 11 May 2009, 08:42

Maaf pak boy, belum sempat ke rumah liat ayam saigonnya. Gimana? apakah sdh dibawa balik ke Caruban? Sebaiknya jangan pak kalo bisa, karena area kandang belum bebas flu burung. Biarkan bebas flu burung dulu, lalu disemprot pake disenfektan, mis Rodalon. Baru kandang bisa diisi lagi. Gimana nih abar bareng bulan Mei pak Boy?

Budi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 259
Join date : 15.08.08

http://groups.yahoo.com/group/ayam_aduan/

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saigon di indonesia

Post  cumi_cumi on Mon 18 May 2009, 00:07

Pak Boy

Cirebonnya dimana ? kenal dengan pak Herry ngga yang tinggal di losari?

Pak budi

Udah netas lagi yang kedua tapi yang ini ngga ada yang gundul
jadi saya cobalagi, gundul + gundul = Botak he he..

cumi_cumi
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1018
Join date : 05.11.08
Lokasi : cimanggis depok

http://www.facebook.com/#!/profile.php?id=100002649957365

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saigon di indonesia

Post  Budi on Mon 18 May 2009, 08:51

cumi_cumi wrote:Pak Boy

Cirebonnya dimana ? kenal dengan pak Herry ngga yang tinggal di losari?

Pak budi

Udah netas lagi yang kedua tapi yang ini ngga ada yang gundul
jadi saya cobalagi, gundul + gundul = Botak he he..

Crb itu bukan Cirebon mas, tapi Caruban (dekat Madiun).

Kok aneh, anaknya gak ada yg gundul, jgn2 nanti betina semua tuh mas.
Perlu dicoba lagi gundul+gundul, kalo hasilnya gak botak ya dibawa aja ke tukang cukur Laughing ...

Itu di avatar ada ayam gundul, anakan sendiri atau dari beli mas?

Budi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 259
Join date : 15.08.08

http://groups.yahoo.com/group/ayam_aduan/

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saigon di indonesia

Post  cumi_cumi on Mon 18 May 2009, 19:55

iya beli, nantinya buat dikawinkan dari babon dari pak budi , sekarang saya hanya fokus ternak

cumi_cumi
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1018
Join date : 05.11.08
Lokasi : cimanggis depok

http://www.facebook.com/#!/profile.php?id=100002649957365

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saigon di indonesia

Post  ompong on Fri 01 Oct 2010, 12:25

kalo saigon bulu babon,ad yg Punya gk?

ompong
kopral
kopral

Jumlah posting : 14
Join date : 30.12.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saigon di indonesia

Post  Violator on Fri 01 Oct 2010, 12:49

Budi wrote:
cumi_cumi wrote:Pak Boy

Cirebonnya dimana ? kenal dengan pak Herry ngga yang tinggal di losari?

Pak budi

Udah netas lagi yang kedua tapi yang ini ngga ada yang gundul
jadi saya cobalagi, gundul + gundul = Botak he he..

Crb itu bukan Cirebon mas, tapi Caruban (dekat Madiun).

Kok aneh, anaknya gak ada yg gundul, jgn2 nanti betina semua tuh mas.
Perlu dicoba lagi gundul+gundul, kalo hasilnya gak botak ya dibawa aja ke tukang cukur Laughing ...

Itu di avatar ada ayam gundul, anakan sendiri atau dari beli mas?
kra2 klo jago saigon gundul d kwinin ma bangkok betina jdnya gundul ga ya?...soalnya sy jg pngen cba mas

Violator
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 133
Join date : 19.05.10
Age : 29
Lokasi : Serang-Solo

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saigon di indonesia

Post  JERRYJELEK on Fri 01 Oct 2010, 13:41

Violator wrote:
Budi wrote:
cumi_cumi wrote:Pak Boy

Cirebonnya dimana ? kenal dengan pak Herry ngga yang tinggal di losari?

Pak budi

Udah netas lagi yang kedua tapi yang ini ngga ada yang gundul
jadi saya cobalagi, gundul + gundul = Botak he he..

Crb itu bukan Cirebon mas, tapi Caruban (dekat Madiun).

Kok aneh, anaknya gak ada yg gundul, jgn2 nanti betina semua tuh mas.
Perlu dicoba lagi gundul+gundul, kalo hasilnya gak botak ya dibawa aja ke tukang cukur Laughing ...

Itu di avatar ada ayam gundul, anakan sendiri atau dari beli mas?
kra2 klo jago saigon gundul d kwinin ma bangkok betina jdnya gundul ga ya?...soalnya sy jg pngen cba mas



kmrin saya abis coba ngawinin F1 gundul ma bobon bk nelur 6 yg netes 4 ekor 2 gondrong en 2 gundul... Very Happy Very Happy Very Happy

JERRYJELEK
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 160
Join date : 20.06.10
Age : 32
Lokasi : jogjakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saigon di indonesia

Post  IJAL GATSMYR on Wed 08 Jun 2011, 11:56

na q cari anakannya saigon di palembang malah gk ada yg jual??

IJAL GATSMYR
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 340
Join date : 07.06.11
Age : 28
Lokasi : PALEMBANG

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam saigon di indonesia

Post  Sponsored content Today at 09:29


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik