Pola Pemberian Pakan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Pola Pemberian Pakan

Post  PLENYUN on Wed 21 Aug 2013, 17:39

Bagaimana sebaiknya pola pemberian pakan pada anak ayam, lancuran ataupun ayam rawat adu ?
Apakah sehari cukup sekali saja (pagi / sore) atau dua kali, pagi sarapan sore diberi lagi ?
Ada temen bilang kalau untuk anakan atau lancuran yang masih dirawat bareng2 diberi sekali saja (sore) justru makannya jadi banyak, apalagi kalau rebutan he...he...
Mohon sharing pengalaman bang admin, seniors dan rekans ........
Smile  Smile  Smile 

PLENYUN
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 152
Join date : 09.11.12
Lokasi : Purbalingga - Jawa Tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pola Pemberian Pakan

Post  HarieM on Fri 13 Sep 2013, 01:06

PLENYUN wrote:Bagaimana sebaiknya pola pemberian pakan pada anak ayam, lancuran ataupun ayam rawat adu ?
Apakah sehari cukup sekali saja (pagi / sore) atau dua kali, pagi sarapan sore diberi lagi ?
Ada temen bilang kalau untuk anakan atau lancuran yang masih dirawat bareng2 diberi sekali saja (sore) justru makannya jadi banyak, apalagi kalau rebutan he...he...
Mohon sharing pengalaman bang admin, seniors dan rekans ........
Smile      Smile      Smile 
Coba saya bantu jawab, sambil menunggu jawaban dari para senior :
kalau doc umur dibawah 1-2minggu pemberian pakan minimal 3x sehari lebih sering lebih baik lagi dengan voor 591 kering ditumbuk agak halus lalu ditaburkan di tempeh dengan takeran kira 2-3 sendok untuk sepuluh ekor anak ayam minimal 3x dalam sehari semakin umurnya bertambah frekwensi pemberian pakan semakin berkurang. air minumnya diberi vitamin.
Lampu hidup terus.
Kalau yang ikut babon makanannya ditaruh di dalam kurungan yang lobangnya dapat dilewati dengan mudah oleh anak ayam.
jadi yang makan voor anakannya bukan babonnya:D 
Kalau rawat adu paling baik menggunakan beras merah tapi harganya mahal.

CMIIW

HarieM
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 235
Join date : 26.06.12
Lokasi : 0888.5383.123 - Surabaya / Mjkt

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pola Pemberian Pakan

Post  codot04 on Fri 13 Sep 2013, 08:35

mau nanya' ne bang..
ayam saya umur 10bulan.kl makan pagi saya kasih sayur2an kayak daun pepaya muda,daun lamtoro muda,tomat,bayam.kl lg males kadang aku ksih beras merah sdikit.
trus kl sore aku kotol/loloh campuran beras merah,irisan tomat,jahe,kunyit,bawang putih.
mnurut para sni0r gmna?

codot04
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 99
Join date : 12.09.13
Age : 28
Lokasi : lasem,rembang jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pola Pemberian Pakan

Post  winnchester on Sun 15 Sep 2013, 02:22

codot04 wrote:mau nanya' ne bang..
ayam saya umur 10bulan.kl makan pagi saya kasih sayur2an kayak daun pepaya muda,daun lamtoro muda,tomat,bayam.kl lg males kadang aku ksih beras merah sdikit.
trus kl sore aku kotol/loloh campuran beras merah,irisan tomat,jahe,kunyit,bawang putih.
mnurut para sni0r gmna?
newbie coba kasih masukan nih ..
kalo bisa paginya juga dikasih sumber protein/karbohidrat spt..beras merah,jagung.gabah,dll
untuk sorenya perhatikan juga perbandingan nutrisinya yang penting kadar proteinnya harus tetep dijaga...

Monggo aGan2 yg banyak pengaLaman laennya disambung..Smile 

btw,kalo diloloh tyus apa gak capek tuh mas,hehe..

winnchester
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 144
Join date : 09.09.13
Lokasi : surakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pola Pemberian Pakan

Post  GEDRUG BUMI on Mon 16 Sep 2013, 14:16

klo saya buat 1 aayam usia 4 bulan saya kasi 594 = 3 sendok makan, kacang hijau halus = 1 sendok teh, dedak padi = 1 sendok makan, diaduk dengan air mendidih untuk 3x sehari, kadang 2x sehari. gimana menurut om2 semua, apa sudah benar, kurang benar, apa g benar sama sekali? mohon masukannya

GEDRUG BUMI
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 102
Join date : 19.07.13
Age : 26
Lokasi : malang-jawa timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pola Pemberian Pakan

Post  YFMA on Mon 16 Sep 2013, 16:33

anak ayam 3x ckup mas.. stlh msuk 2 bulan ckup 2 kali.

YFMA
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 556
Join date : 18.12.11
Lokasi : Kandang Ayam

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pola Pemberian Pakan

Post  zaran ae on Mon 16 Sep 2013, 23:20

kalo kebiasaan saya kayak gini bener ga nih ya...?
-anak ayam umur 0hari-10hari 3x sehari menggunakan voer
-anak ayam umur 11hari-45hari 2x sehari menggunakan voer tapi kasih makan yg sekenyang-kenyangnya (ketika anak ayam mulai pd kekenyangan,biasanya pd tidur) sisa pakan jgn biarkan di dalam kandang.
-umur 46hari - umur 4bln 2x sehari menggunakan voer+nasi+dedak (ayam diumbar bebas)
-umur 4bln keatas 2x sehari menggunakan voer 594 (biasanya ayam sudah mulai di boks)
-dewasa (rawat adu) kasih pakan beras merah 1/4 atau 1/5 dari porsi makan sore + extrafood. sore hari tentunya kasih pakan beras merah 4x atau 5x dari porsi makan pagi. he he he...
tp biasanya,,, pola makan seperti itu kadang berubah-ubah tergantung situasi dan kondisi DOMPET saya... Razz Razz Razz 

peace..... Smile 

zaran ae
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 753
Join date : 21.01.13
Lokasi : kota mangga - jawa barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pola Pemberian Pakan

Post  winnchester on Tue 17 Sep 2013, 00:26

zaran ae wrote:kalo kebiasaan saya kayak gini bener ga nih ya...?
-anak ayam umur 0hari-10hari 3x sehari menggunakan voer
-anak ayam umur 11hari-45hari 2x sehari menggunakan voer tapi kasih makan yg sekenyang-kenyangnya (ketika anak ayam mulai pd kekenyangan,biasanya pd tidur) sisa pakan jgn biarkan di dalam kandang.
-umur 46hari - umur 4bln 2x sehari menggunakan voer+nasi+dedak (ayam diumbar bebas)
-umur 4bln keatas 2x sehari menggunakan voer 594 (biasanya ayam sudah mulai di boks)
-dewasa (rawat adu) kasih pakan beras merah 1/4 atau 1/5 dari porsi makan sore + extrafood. sore hari tentunya kasih pakan beras merah 4x atau 5x dari porsi makan pagi. he he he...
tp biasanya,,,  pola makan seperti itu kadang berubah-ubah tergantung situasi dan kondisi DOMPET saya... Razz Razz Razz 

peace..... Smile 
waduh kalo dompetnya tebel tyus ayamnya makan enak tyus dung gan,hehe..

winnchester
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 144
Join date : 09.09.13
Lokasi : surakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pola Pemberian Pakan

Post  codot04 on Tue 17 Sep 2013, 23:55

winnchester wrote:
newbie coba kasih masukan nih ..
kalo bisa paginya juga dikasih sumber protein/
karbohidrat spt..beras merah,jagung.gabah,dll
untuk sorenya perhatikan juga perbandingan
nutrisinya yang penting kadar proteinnya harus tetep
dijaga...
Monggo aGan2 yg banyak pengaLaman laennya
disambung..
btw,kalo diloloh tyus apa gak capek tuh mas,hehe..
ok,,thank's ya

codot04
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 99
Join date : 12.09.13
Age : 28
Lokasi : lasem,rembang jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pola Pemberian Pakan

Post  Afen80 on Wed 18 Sep 2013, 19:23

kalau saya karena pemalas dan Ayam hanya untuk peliharaan aja, kalau ada yg mau beli ya di jual. makan saya berikan 2x sehari dedak+nasi utk lancuran,dere,babon,&pacek smua makanya itu. untu anakan 1-60hari saya kasih 591 pagi dan sore juga.

Afen80
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 131
Join date : 22.03.13
Age : 36
Lokasi : Klirong. Kebumen

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pola Pemberian Pakan

Post  Bersemi on Wed 18 Sep 2013, 20:26

Menurut pengalaman ane anak ayam sampe umur 2 minggu harus diberi lampu terus jgn sampe mati dan diberikan voor 591/ BR 1 setelah 3 minggu keatas dikasih 511 sama jagung giling dicampur. pasti terlihat perbedaannya. setelah agak gede baru dikasih 594, untuk yg sudah lancuran cukup sore saja pemberian airnya jam 02.00 keatas.

semoga membantu dan maaf saya masih new bieee:D Very Happy Very Happy 

Bersemi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 263
Join date : 18.09.13
Lokasi : NGANJUK BB : 295c4d68

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pola Pemberian Pakan

Post  dhekoko on Wed 18 Sep 2013, 23:06

tinggal niatannya mo gimana, mas...
kalo niatannya cuman biar ada peliharaan, beda mas sama hobi, beda juga sama ternakan baik semipro maupun profesional apalagi kalo buat makelaran ayam..Very Happy 

kalo buat peliharaan, pasti ada rijek dapur diransumnya,..Very Happy 
kalo buat hobi biasanya ransumnya membabi buta enaknya,...pokoknya enak semua ransumnya Very Happy 
kalo buat ternakan,...nah ini yang harus dicontoh, mereka ini terkesan mencari ransum yang murah meriah tapi nilai gizi yang terkandung didalamnya tidak murahan bahkan nilai kandungan gizinya lebih bagus dari pabrik pembuat pakan ayam....!!!
kalo yang makelar ayam sih jelas...kalo bisa ayamnya puasa nggak makan, tapi tetep sehat, gemuk. kan, pedagang...gimana prinsip ekonomi berlaku...
sekarang pilih yang mana?

dhekoko
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 766
Join date : 27.04.13
Lokasi : kalibaru timur semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pola Pemberian Pakan

Post  winnchester on Wed 18 Sep 2013, 23:51

dhekoko wrote:tinggal niatannya mo gimana, mas...
kalo niatannya cuman biar ada peliharaan, beda mas sama hobi, beda juga sama ternakan baik semipro maupun profesional apalagi kalo buat makelaran ayam..Very Happy 

kalo buat peliharaan, pasti ada rijek dapur diransumnya,..Very Happy 
kalo buat hobi biasanya ransumnya membabi buta enaknya,...pokoknya enak semua ransumnya Very Happy 
kalo buat ternakan,...nah ini yang harus dicontoh, mereka ini terkesan mencari ransum yang murah meriah tapi nilai gizi yang terkandung didalamnya tidak murahan bahkan nilai kandungan gizinya lebih bagus dari pabrik pembuat pakan ayam....!!!
kalo yang makelar ayam sih jelas...kalo bisa ayamnya puasa nggak makan, tapi tetep sehat, gemuk. kan, pedagang...gimana prinsip ekonomi berlaku...
sekarang pilih yang mana?
piLih ayamku yg kasih makan mas dhekoko ajahLah kaLo gtu.. Laughing Laughing 

winnchester
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 144
Join date : 09.09.13
Lokasi : surakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pola Pemberian Pakan

Post  dhekoko on Fri 20 Sep 2013, 01:25

winnchester wrote:
dhekoko wrote:tinggal niatannya mo gimana, mas...
kalo niatannya cuman biar ada peliharaan, beda mas sama hobi, beda juga sama ternakan baik semipro maupun profesional apalagi kalo buat makelaran ayam..Very Happy 

kalo buat peliharaan, pasti ada rijek dapur diransumnya,..Very Happy 
kalo buat hobi biasanya ransumnya membabi buta enaknya,...pokoknya enak semua ransumnya Very Happy 
kalo buat ternakan,...nah ini yang harus dicontoh, mereka ini terkesan mencari ransum yang murah meriah tapi nilai gizi yang terkandung didalamnya tidak murahan bahkan nilai kandungan gizinya lebih bagus dari pabrik pembuat pakan ayam....!!!
kalo yang makelar ayam sih jelas...kalo bisa ayamnya puasa nggak makan, tapi tetep sehat, gemuk. kan, pedagang...gimana prinsip ekonomi berlaku...
sekarang pilih yang mana?
piLih ayamku yg kasih makan mas dhekoko ajahLah kaLo gtu.. Laughing Laughing 
wkwkwkwkwkwk,.....kacau, kacang ijo...........Very Happy Very Happy 

dhekoko
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 766
Join date : 27.04.13
Lokasi : kalibaru timur semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pola Pemberian Pakan

Post  Sponsored content Today at 11:31


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik